Siapa MT ? Setelah 5 tahun dan 6 Bulan, AKB48 New Setlist : 「M.T.に捧ぐ / M.T. ni Sasagu」






Point-point penting :

  • Setelah 5 tahun dan 6 Bulan, AKB48 Team A back in action dengan setlist baru.
  • Apakah M.T artinya " Minami Takahashi " ? Apa arti dibalik dari nama setlist baru Team A ini ?
  • Lagu apa saja yang terdapat di setlist dan siapa yang menyanyikannya ?
Mari kita bedah semua secara detail disini ;

Ya, setelah 5 tahun dan 6 Bulan,Yokoyama Team A dari AKB48 kembali ke stage dengan new setlist  M.T.に捧ぐ / Dedicated to M.T.



Kenapa lama sekali kita harus menunggu setlist baru ini ?


Total Produser AKB48, Akimoto Yasushi, pada tahun 2013 lalu mengumumkan bahwa AKB48 dan juga semua sister grup domestiknya (SKE48, NMB48, HKT48) akan mendapatkan stage song baru. Namun, mengingat banyaknya jadwal perform mereka (member) dan kekhawatiran jika terlalu buru-buru merealisasikan project ini akan menyebabkan penurunan kualitas show, Akimoto memutuskan untuk menunda project baru ini. Tidak perlu dikatakan lagi bahwa berita ini membuat banyak fans sangat kecewa.





Untuk merayakan ulang tahun AKB48 yang ke-10 dan juga kelulusan dari Soukantoku Takahashi Minami, serta terpilihnya Yokoyama Yui sebagai Soukantoku baru, manajemen akhirnya memutuskan untuk merilis sesuatu yang baru bagi grup.

Pada kenyataannya, ini adalah yang pertama setelah 5 tahun dan 6 bulan sejak Team A merilis setlist 「目撃者 / Mokugekisha / Eye Witness」. Selama " blank period " itu, perilisan stage song baru hanya didapatkan oleh SKE48 Team KII dengan 「ラムネの飲み方 / Ramune no Nomikatta / How to Drink Ramune」 dan NMB48 Team N dengan  「ここにだって天使はいる / Koko ni datte Tenshi wa Iru / There Are Angels Here, Too」 . Jadi, mendengar berita Team A merilis stage song baru ini membuat para fans sangat excited dan juga meningkatkan harapan bagi Team lainnya untuk merilis stage song barunya segera.





Semua orang sangat menantikan show pertama new Team A !


Show pertama stage song baru AKB48 Team A ini berlangsung di homebase mereka, Donki Akihabara Theater pada 10 Februari 2016 lalu. Show dibuka oleh kapten team, Yokoyama Yui, yang berteriak melalui loudspeaker, " Ayo kita mulai pertunjukan baru AKB48 Team A ! " .



Mereka memulai show dengan lagu "始まる。/ Hajimaru" , setelah itu, dengan cepat mereka mengganti seifuku dan menampilkan lagu dengan dance yang cukup berat, "プライムタイム /  Prime Time". Show Team A ini terasa sangat special karena panel lantai panggungnya didesain agar bisa naik dan juga turun, memberikan sebuah tontonan yang sangat berbeda dari sebelumnya bagi para fans yang menyakiskan show ini.



Unit Song yang sangat beragam


Hal yang sangat ditunggu-tunggu para fans ketika menonton setlist baru Team A ini adalah Unit song nya. Lagu "リスケ / Risuke / Schedule Change" dibawakan oleh member populer yang sama-sama akan graduate tahun depan, Kojima Haruna dan Shimazaki Haruka. Lalu ada "制服ビキニ / Seifuku Bikini / Uniform Bikini" yang dicenteri oleh Owada Nana bersama dengan para youngster AKB, Yamada Nanami dan Hiwatashi Yui. Kemudian, yang tidak kalah menarik ada WCenter, Iriyama Anna dan Shiroma Miru dalam lagu "She's Gone".







Selanjutnya, Center AKB48, Miyawaki Sakura, untuk mengambil alih stage dengan lagu solonya, "夢でKiss me! / Yume de Kiss me! / Kiss Me in my Dream" , sebelum giliran Unit grup yang dipimpin oleh Miyazaki Miho yang membawakan lagu "負け男 / Make Otoko / The Man who Lost". Lagu terakhir dalam set Unit ini adalah " 月と水鏡 / Tsuki to Mizukagami / Moonlight Refleceted on the Water" dari sang kapten, Yokoyama Yui.






Arti dan semangat dari M.T.に捧ぐ / Dedicated to M.T.






Lagu terakhir dalam setlist ini adalah "M.T.に捧ぐ / Dedicated to M.T." dan kapten team, Yokoyama Yui mengatakan perasaannya tentang arti dari nama stage show baru ini dan juga semangat yang ada dibalik lagu ini.

" Kami tidak akan melupakan semangat yang Takahashi Minami masukan kedalam AKB48 dan akan bekerja lebih keras lagi dari hari ini dan hari selanjutnya. Sekarang, mari kita menyanyikan lagu ini untuk MT yang sedang melihat kita dari luar sana. "



Pesan yang dikatakan oleh Yokoyama sangat jelas menunjukan bahwa MT adalah Minami Takahashi, dan Team ini akan mendedikasikan diri mereka untuk terus melanjutkan semangat dan juga energi yang Takahashi tuangkan kedalam grup AKB48 ini.


==========================
Setlist M.T. ni Sasagu (M.T.に捧ぐ)

M00.   Overture
M01. Hajimaru (始まる。)
M02. Prime Time (プライムタイム)
M03. Sagashiteageru (探してあげる)
M04. Lavender Field (ラベンダーフィールド)

    MC 

    M05. Risuke (リスケ) (Kojima Haruna, Shimazaki Haruka)
    M06. Seifuku Bikini (制服ビキニ) (Owada Nana, Yamada Nanami, Hiwatashi Yui)
    M07. She's gone (Iriyama Anna, Shiroma Miru, Taniguchi Megu, Sasaki Yukari)
    M08. Yume de Kiss me (夢でKiss me) (Miyawaki Sakura)
   M09. Make Otoko (負け男) (Miyazaki Miho, Nakanishi Chiyori, Ogasawara Mayu, Nakamura Mariko, Oya Shizuka)
    M10. Tsuki to Mizukagami (月と水鏡) (Yokoyama Yui)

    MC

M11. Monzennakacho Dance (門前仲町ダンス)
M12. Konya, Gloria wa Dare ni Dakareruno? (今夜グロリアは誰に抱かれるの?)
M13. Copy & Paste (コピー&ペースト)

    MC

M14. M.T. ni Sasagu (M.T.に捧ぐ)

Encore:

EN01. Show wa Owaranai (Showは終わらない)

EN02. Wink no Juudan (ウィンクの銃弾)

    MC

EN03. Namida wa Itsu no Hi ka (涙はいつの日か) 

※ (tambahan) Jika ada lagu baru AKB
  • Kimi wa Melody
  • Tsubasa wa Iranai
  • LOVE TRIP
Setiap Malam Halloween tanggal 30 Oktober / Seluruh member memakai Kostum Halloween

EN4. ハロウィン・ナイト / Halloween Night



Participating Members 


Iriyama Anna, Iwata Karen, Oya Shizuka, Owada Nana, Ogasawara Mayu, Kojima Natsuki, Kojima Haruna, Sasaki Yukari, Shimazaki Haruka, Shiroma Miru, Takita Kayoko, Taniguchi Megu, Nakanishi Chiyori, Nakamura Mariko, Hirata Rina, Hiwatashi Yui, Maeda Ami, Miyazaki Miho, Miyawaki Sakura, Yamada Nanami, Yokoyama Yui.
Support Member (Ichikawa Manami, Okada Ayaka, Murayama Yuiri, Mogi Shinobu)

Shonichi :

Iriyama Anna, Iwata Karen, Oya Shizuka, Owada Nana, Ogasawara Mayu, Kojima Natsuki, Kojima Haruna, Sasaki Yukari, Shimazaki Haruka, Shiroma Miru, Taniguchi Megu, Nakanishi Chiyori, Nakamura Mariko, Hiwatashi Yui, Miyazaki Miho, Miyawaki Sakura, Yamada Nanami, Yokoyama Yui.


Unders


Shonichi member
Other performing members
Team Songs
M05. Risuke
M06. Seifuku Bikini
-
M07. She's gone
-
M08. Yume de Kiss me
M09. Make Otoko
-
-
-
-
-
M10. Tsuki to Mizukagami



EmoticonEmoticon