[Special Akhir Tahun] Melihat kembali sepak terjang AKB48 selama 2016 ! Terobosan para youngster AKB48, Mass Graduate, Kejutan Tanabe Miku, Skandal member dll.



Banyak sekali momen-momen yang terjadi di tahun 2016 ini bagi AKB48. Contohnya adalah pada saat Sousenkyo kemarin, terobosan para youngster seperti Mukaichi Mion, Hiwatashi Yui, Takeuchi Saki, dll membuat event tahunan AKB ini jadi semakin menarik. Lalu kemudian berita graduatenya member inti dari AKB48, Shimazaki Haruka. Ya, itu adalah sebagian kecil momen-momen yang ada di tahun 2016. Selain itu juga ada momen "menyedihkan" dari skandal Owada Nana dan juga Nishino Miki yang mungkin kalian belum tahu.


Oke ga perlu lama-lama lagi, kita langsung aja ke daftar momen-momen 48Group yang terjadi di tahun 2016 ini, dozo !


PERSAINGAN DI EVENT TAHUNAN AKB48 LEBIH MENARIK

Ada banyak sekali member fresh yang berhasil masuk ke jajaran TOP #80 pada Sousenkyo tahun 2016 ini, tercatat ada 20 member yang baru. Dalam perebutan tahta Queen of Sousenkyo pun cukup sengit, spotlight dari media sangat banyak tunjukan pada perwakilan member dari Nagoya, Matsui Jurina. Selain Matsui, ada juga Watanabe Mayu, Kojima Haruna dan Shimazaki Haruka yang juga menarik perhatian banyak orang diseluruh dunia. Terobosan para member-member muda pun tidak bisa dibendung, Mukaichi Mion dan Hiwatashi Yui adalah salah satunya. Berbanding terbalik dengan raihan positif yang diperoleh oleh Hiwatashi dan Mukaichi, Owada Nana dan Nishino Miki malah terkena kasus skandal double dating dengan eks-member Johnny Jr, Higuchi Yuta.


【MARET 2016】


ITS TIME FOR YOUNGSTER TO PLAY ! PARA MEMBER MUDA MEMIMPIN SENIORNYA



" Kimi wa Melody " dirilis pada 9 Maret 2016.

9 Maret lalu, single AKB48 ke-43, " Kimi wa Melody " dirilis. Dengan di centeri oleh "the golden girl" Miyawaki Sakura, single ini jadi ajang comeback para member legend AKB48 seperti Atsuko Maeda, Oshima Yuko, Shinoda Mariko dan Tomomi Itano. Penggabungan antara member AKB48 yang "baru" dengan member All Stars AKB ini bisa dikatakan sebagai mimpi yang menjadi kenyataan.


【APRIL - MEI 2016】

UPACARA GRADUATE DARI TAKAHASHI MINAMI, IWASA MISAKI, DLL



Pada bulan April 2016, eks-Soukantoku AKB48, Takahashi Minami, secara resmi graduate dari AKB48.

Lalu pada bulan Mei, setelah merayakan show AKB48 4000 kali di Theater, Member yang mempunyai bakat menyanyikan lagu Enka, Iwasa Misaki, bersama dengan member populer AKB lainnya seperti Takajo Aki, Nagao Mariya dan Iwata Karen, satu demi satu meninggalkan AKB48.


【JUNI 2016】


TSUBASA WA IRANAI DIRILIS



Pada 1 Juni 2016, single ke-44 AKB, "Tsubasa wa Iranai" dirilis. Ini adalah single yang diperuntukan pada member-member muda AKB48, Mukaichi Mion di posisi center. Member AKB Hiwatashi Yui, lalu Sutou Ririka dari NMB48 dan juga Okabe Rin & Takakura Moeka dari NGT48 pun turut serta dalam single ini.


UNTUK PERTAMA KALINYA MEMBER BERHASIL MERAIH BACK-TO-BACK MENJADI QUEEN OF SOUSENKYO



Event tahunan Senbatsu Sousenkyo kembali dihelat pada 18 Juni 2016. Peringkat pertama Sousenkyo'16 masih dipegang oleh pemenang Sousenkyo tahun kemarin, ya, ini adalah absolute win bagi Member HKT48, Sashihara Rino. Selain berhasil meraih back-to-back Sousenkyo, raihan vote nya pun terhitung sangat besar dan memecahkan rekor yang dibuatnya sendiri di Sosuenkyo sebelumnya.


NYAN-NYAN KAMEN, HENSHIN DARI KOJIMA HARUNA YANG MENJADI TOPIK HANGAT NETIZEN



Ngomong-ngomong soal Sousenkyo 2016, Kojima Haruna yang "nyamar" dengan memakai topeng dan juga menggunakan nama samaran " Nyan Kamen " menjadi topik pembicaraan yang hangat bagi para fans. Nyan Kamen ini adalah dokkiri yang keren banget dari Kojima, saat pendaftarannya di Sousenkyo pun sangat misterius dan membuat seluruh fans diselimuti keheranan.


【JULI 2016】


KASUS SNS, OWADA NANA DITUDUH TERLIBAT SKANDAL DENGAN EX-MEMBER JOHNNY Jr.



Pada 21 Juli 2016, berita skandal kembali menyerang member AKB48, kali ini Owada Nana yang melalui SNS nya dianggap memiliki hubungan special dengan member Johnny Acs, Ren Nagase. Skandal ini cukup "meledak" di 48 Group dan menimbulkan ketidaknyamanan bagi grup sendiri. Ya, ini adalah awal dari sesuatu yang sangat mengejutkan terjadi beberapa bulan kemudian (Skandal Double Date)


【AGUSTUS 2016】


LOVE TRIP DIRILIS



Sebagai pemenang Sousenkyo, Sashihara Rino berhak untuk menjadi center dalam single ke-45 AKB48, "LOVE TRIP/Shiwase", yang dirilis pada 31 Agustus lalu. Single ini bernuansa pop dan sangat catchy untuk didengar.



HIRATA RINA GRADUATE



Dibulan Agustus ini, member yang dikenal dengan bahasa Inggris nya yang fasih, Hirata Rina, mengumumkan untuk graduate. Alasan dia keluar dari 48 Group adalah Hirata ingin kuliah.


PENGUMUMAN HASIL DARI 2nd RENNACHI SOUSENKYO



Kato Rena mengumumkan member yang lolos untuk mengisi line up Senbatsu di "2nd Rennachi Sousenkyo". Oguri Yui (Team 8) , Ichikawa Miori (NMB48) , dan Rika Nakai (NGT48) adalah 3 dari 16 member yang berhasil lolos. Mata Rennachi sangat tajam untuk melihat bakat-bakat terpendam yang ada di 48 Group, sehingga dia berikan kesempatan untuk membuat Sousenkyonya sendiri.


SHIMAZAKI HARUKA MENOLAK UNTUK FOTO GRAVURE



Setelah Sousenkyo selesai, seperti tahun-tahun sebelumnya, maka akan ada sesi pemotretan "Mizugi Surprise" untuk member TOP 8 Sousenkyo. Shimazaki Haruka terlihat marah dan menolak untuk memakai bikini dalam pemotretan ini. Member yang dikenal sebagai "Shio Taio" ini mungkin marah karena kurangnya vote dari para fansnya sehingga peringkat Shimazaki di Sousenkyo menurun.


【OKTOBER 2016】


SHIMAZAKI HARUKA MENGUMUMKAN GRADUATE



Sebelumnya, Shimazaki mengisyaratkan akan graduate dari AKB ketika Sousenkyo, dan pada bulan Oktober, akhirnya dia "resmikan" pengumuman graduatenya di hadapan para pers. Shimazaki menjadi center dalam single baru AKB48, "HIGH TENSION". Ya, ini adalah single terakhirnya dan diharapkan Shimazaki akan terus berada dalam "tensi yang tinggi" dan penuh semangat dalam menghadapi dunia barunya nanti.


WATANABE MAYU MENYANYIKAN OST LAGU PRECURE



Watanabe Mayu menyanyikan theme song dari "Mahotsukai Precure" pada bulan Oktober lalu. Mayu juga menjadi seiyuu dalam anime Precure ini, dan maka dari itu, untuk mempromosikan animenya ini, dia bercosplay karakter anime precure ini dalam Janken Taikai lalu.


SKANDAL DOUBLE DATE OWADA NANA DAN NISHINO MIKI





Pada bulan Oktober, Owada Nana dan Nishino Miki terlibat skandal Double Date dengan ex-member Johnny Jr hingga larut malam. Ini adalah salah satu skandal terbesar dalam sejarah AKB48. Para fans pun tidak terima dengan tindakan yang dilakukan oleh kedua member ini, dan menuntut agar mereka berdua dipecat. Dan beberapa hari kemudian keduanya mengumumkan kelulusannya.



KEMENANGAN TANABE MIKU DALAM JANKEN TAIKAI



Dalam Janken Taikai yang digelar pada 10 Oktober lalu, member veteran dari AKB48, Tanabe Miku, berhasil keluar menjadi pemenangnya. Ini disebut-sebut sebagai hasil jerih payah dan kerja kerasnya selama bertahun-tahun di AKB, kegembiraan pun tersirat dalam wajah Tanabe. 


PHOTOBOOKS MAYU YANG MELEDAK DIPASARAN



Pada 25 Desember, Photobook baru dari Watanabe Mayu, "Shiranai Uchini" dirilis dan menjadi PB yang sangat hits dan fenomenal di Jepang. Dalam PB ini merubah citra Mayu yang innocent menjadi wanita dewasa yang sangat mempesona, para fans pun sangat antusias dengan dirilisnya PB ini.


【NOVEMBER 2016】


PERLILISAN HIGH TENSION 



16 November lalu, single ke-46 AKB48, HIGH TENSION dirilis. Shimazaki Haruka yang mengumumkan graduate nya ditempatkan sebagai center dalam lagu ini. Shimazaki yang terkenal "kecut" berbanding terbalik dalam MV single ini. Oguri Yui dari Team 8 dan juga Nakai Rika dari NGT48 menjadi topik pembicaraan para fans karena berhasil menjadi senbatsu dalam lagu ini. 


GENERASI KE-16 AKB48 DIUMUMKAN



Pada 8 Desember, generasi ke-16 AKB48 diperkenalkan pada fans. Seluruh fans yang ada di teater pun memberikan semangatnya dan optimis mereka akan menjadi penopang AKB48 dimasa depan. Dari ke-19 member gen-16 AKB48 ini ada 1 member yang langsung menarik perhatian para fans, dia adalah Muto Orin. Orin-chan adalah adik dari member AKB48 Muto Tomu.

TOFU PRO WRESTLING AKAN TAYANG DI TV BULAN JANUARI NANTI



Pada bulan Desember ini, diumumkan trailer dari drama Tofu Wrestling yang akan tayang perdana pada bulan Januari 2017. Setelah jadi yankee sekolahan, lalu menjadi hostest club malam, sangat unik bagi produser untuk menayangkan edisi gulat ini dalam drama AKB48. Para fans pun cukup penasaran dengan drama ini.


【DESEMBER 2016】


CHANT UNTUK SHIMAZAKI HARUKA YANG MENGGEMA DI MUSIC STATION



Dalam siaran Music Station pada 23 Desember lalu, Shimazaki Haruka memberikan pendapatnya mengenai single HIGH TENSION ini kepada seluruh fans, dia terlihat sangat gembira dan para fans pun terus berteriak dan memberikan semangat pada Shimazaki.


KOUHAKU SENBATSU



Dalam acara Kouhaku Utagassen yang digelar pada 31 Desember ini, 48 Group memilih 48 member andalannya untuk tampil disini. Member-member yang terpilih dalam Kouhaku Senbatsu ini dan juga Shimazaki Haruka yang resmi lulus dari AKB pada malam tahun baru ini diharapkan untuk terus berkembang dan menjadi lebih baik lagi untuk kedepannya.





EmoticonEmoticon