404 Wota Guide : Chant untuk konser dan show teater



Well, mungkin udah banyak yang ngasih tau pada kalian semua tentang wotagei guide di blog lain. Ya, guide nya yang udah jadul banget dan juga kaga lengkap karena cuman copas dari blog satu ke blog yang lain. Maka dari itu, ane disini memutuskan untuk bikin guide wotagei ini dengan kemasan yang berbeda dari kebanyakan blog lainnya.


Mempelajari teknik wotagei ini bukanlah suatu kewajiban untuk bisa menonton konser AKB. Guide ini dibuat untuk mereka yang ingin belajar teknik-teknik wotagei. Jadi kalian jangan bersusah diri buat mempelajarinya. Kadang, cara terbaik untuk bisa mempelajari wotagei ini adalah dengan pengalaman menonton langsung konser AKB48.


1.0 Apa itu itu Wotagei dan kenapa kita harus melakukannya ?

Kalau kalian menonton konser Idol, baik itu AKB48, Hello! Project, Momoiro Clover Z, Perfume, dll, kalian pasti akan melihat chant dan dancing dari para fans. Itulah yang disebut dengan Wotagei (ヲタ芸).

Wotagei mempunyai arti "Seni dari Wota (fans Idol Grup)" . Kenapa disebut seperti itu ? Itu karena mengacu pada gerakan dance dan juga sorakan-sorakan yang ditunjukan oleh para wota tersbut. Lompatan, tepuk tangan dan chant adalah elemen penting dalam melakukan wotagei. Wotagei ini mempunyai bidang yang cukup luas, dan juga meliputi sekian banyak skill . Tapi, dalam postingan ini ane hanya akan ngebahas tentang apa-apa saja yang digunakan dalam konser AKB48.

Wotagei dalam konser atau show teater AKB48 hanya sebatas chant dan gerakan tangan yang simple , karena ruangannya sempit, terlebih kalo lagi nonton teater yang hanya diperbolehkan untuk duduk.

Partisipasi dari fans sangatlah penting dalam konser-konser yang ada di Jepang. Wotagei membantu dalam meningkatkan gairah dan excitement ketika berada dalam konser. Ini juga sebuah hal yang membangun "hubungan" antara kalian dengan member AKB48, dan juga dengan sesama wota juga.

Sekarang, mari kita masuk ke guide yang sebenarnya, kita mulai dari yang paling penting :

2.0 The MIXes

MIXes adalah chants dari fans dalam lagu AKB48 yang temponya sedang atau tinggi. Melakukan MIX dalam lagu yang sedih, mellow, lambat, dan tipe ballad sangat tidak diperbolehkan. MIX hanya boleh diteriakan ketika tidak ada member yang bernyanyi dalam lagu, seperti ketika di awal lagu, atau selama bagian melody atau insturmental. Ini membantu untuk membangun intensitas show tanpa menggangu member bernyanyi. Dan ini juga lebih terorganisir atau rapi dibanding berteriak-teriak random dari antar fans.

Kata-kata dalam MIX ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan lirik yang ada dalam lagu. Sebagai catatan saja, MIX bukanlah berasal dari AKB48, atau hanya ditunjukan untuk AKB48. MIX ini telah digunakan dalam lagu-lagu Idol jauh sebelum AKB48 dibentuk. Ada banyak sekali variasi dari MIX ini, tapi dibawah ini ada 3 tipe yang sering digunakan dalam konser AKB48.

  • 2.1 | Standard MIX

Aaaa
あ~
(atau biasa disebut the 1st MIX)
Standard MIX ini adalah salah satu yang selalu digunakan dalam lagu AKB48. Diteriakan ketika lagu dimulai dan kemudian berhenti ketika para member mulai bernyanyi
 
Pertama-tama, dimulai dengan "Aaaa Yossha Ikuzo!", yang artinya "AYO KITA MULAI !!!", lalu kemudian masuk ke MIX.

MIX pertama dalam sebuah lagu selalu diawali dari Standard MIX. Kalian ga boleh memulai MIX dengan yang lain. Biasanya, kalian hanya boleh berteriak Standard MIX ini sekali, lalu kalian akan masuk ke Japanese MIX dalam instrumental selanjutnya.

Aturan perurutan dari MIXes adalah :
Standard (1st) Japanese (2nd) Ainu (3rd)
Yossha Ikuzo!
よっしゃいくぞー!
Tiger (Taiga)
タイガー
Fire (Faiya)
ファイヤー
Cyber (Saiba)
サイバー
Fiber (Faiba)
ファイバー
Diver (Daiba)
ダイバー
Viber (Baiba)
バイバー
Jya Jya!
ジャージャー!







  • 2.2 | Japanese MIX

Aaaa
あ~
(atau biasa disebut 2nd MIX)

 Japanese MIX digunakan di instrumental ke 2 dalam sebuah lagu. Dalam beberapa kasus, dapat digunakan di awal lagu, bisa kalian cek di bagian 2.4.

Tidak seperti Standard MIX, untuk Japanese (dan Ainu) MIX, kalian memulai chant dengan "Mou Iccho Ikuzo!", yang artinya "AYO KITA MULAI SATU KALI LAGI !!!"

Pada dasarnya, Japanese MIX ini hanyalah terjemahan bahasa Jepang dari Standard MIX.
Mou Iccho Ikuzo!
もういっちょいくぞー!
Tora
Hii
Jinzou
人造
Seni
繊維
Ama
海女
Shindou
振動
Kasen-tobi-jokyo!
化繊飛除去!


  • 2.3 | Ainu MIX

Aaaa
あ~
(atau biasa disebut 3rd MIX)
 
Ainu MIX cukup jarang digunakan, tapi kalian tetap harus tau MIX ini. Kalo kalian gatau apa itu AINU, bisa cek disini..

Alasan kenapa Ainu MIX jarang digunakan adalah karena semenjak MIX harus diteriakan ketika bagian instrumental dalam lagu, untuk meneriakan MIX Ainu ini, lagu harus mempunyai 3 Instrumental (lihat aturan MIX). Dan sangatlah sedikit lagu AKB yang mempunyai 3 Instrumental.
 
Ainu MIX masih digunakan dalam 3-ren MIX (Bagian 2.5) dan menjadi elemen yang paling penting dalam AKB48 Overture.
Mou Iccho Ikuzo!
もういっちょいくぞー!
Chape
チャペ
Ape
アペ
Kara
カラ
Kira (Kina)
キラ (キナ)
Rara
ララ
Tusuke
トゥスケ動
Myohontusuke!
ミョーホントゥスケ!


  • 2.4 | 2-Ren MIX (2連MIX)

Aaaa Yossha Ikuzo! Tiger Fire Cyber  Fiber Diver Viber Jya Jya!
 
 Tora Hii Jinzou Seni Ama Shindou Kasen-tobi-jyokyo!
あ~ よっしゃいくぞー タイガー ファイヤー サイバー ファイバー ダイバー バイバー ジャージャー!
 
 虎 火 人造 繊維 海女 振動 化繊飛除去!

(atau biasa disebut 1-2 MIX)

2-ren MIX digunakan dalam lagu yang mempunyai intro atau instrumen yang panjang. Ini adalah penggabungan dari Standard MIX dan Japanese MIX. Seperti Standard, Japanese dan Ainu MIX, kalian harus berhenti ngechants ketika para member mulai bernyanyi.

Kalian tidak boleh berteriak " Aaaa Mou Icho Ikuzo! " letika di awal lagu seperti dalam japanese MIX. Seperti yang ane katakan sebelumnya, itu hanya sebuah isyarat untuk memulai MIX.

  • 2.5 | 3-Ren MIX (3連MIX)

Aaaa Yossha Ikuzo! Tiger Fire Cyber  Fiber Diver Viber Jya Jya!
 
 Tora Hii Jinzou Seni Ama Shindou Kasen-tobi-jyokyo!
 
   Chape Ape Kara Kira Rara Tusuke Myohontusuke!
あ~ よっしゃいくぞー タイガー ファイヤー サイバー ファイバー ダイバー バイバー ジャージャー!
 
 虎 火 人造 繊維 海女 振動 化繊飛除去!
 
   チャペ アペ カラ キラ(キナ) ララ トゥスケ ミョーホントゥスケ!

(atau biasa disebut 1-2-3 MIX)

3-ren MIX jarang diteriakan karena harus dalam lagu yang mempunyai instrumental sangat panjang. Seperti 2-ren MIX, 3-ren MIX ini adalah campuran dari Standard, Japanese dan Ainu MIX. Ini tetap digunakan dalam Overture AKB48, dan ane ga berpikir kalo hal ini akan berubah atau diganti.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, chant ini hanya bisa digunakan dalam lagu yang mempunyai intro atau istrumen yang sangat panjang, tapi, karena Ainu MIX ga terlu sering digunakan, banyak orang atau fans tidak tau apa yang harus diteriakan dalam Ainu MIX. Maka dari itu, fans sekarang ini menggunakan 1.5-ren MIX. (Bagian 2.6).

  • 2.6 | 1.5-ren MIX / 2.5-ren MIX (1.5連MIX / 2.5連MIX)


Aaaa Yossha Ikuzo! Tiger Fire Cyber  Fiber Diver Viber Jya Jya!
 
 Tora Hii Jinzou Seni
 
   Aaaa Yossha Ikuzo! Tiger Fire Cyber  Fiber Diver Viber Jya Jya!
あ~ よっしゃいくぞー タイガー ファイヤー サイバー ファイバー ダイバー バイバー ジャージャー!
 
 虎 火 人造 繊維
 
   あ~ よっしゃいくぞー タイガー ファイヤー サイバー ファイバー ダイバー バイバー ジャージャー!

(atau biasa disebut 1-2-1 MIX)

Karena Ainu MIX ga digunakan terlalu banyak dalam lagu, banyak orang yang tidak tahu kata-kata yang diteriakan dalam MIX Ainu ini. Maka dari itu, daripada harus susah-susah ngechant pake 3-ren MIX, para fans "muda" sekarang ini memakai 1.5-ren MIX, atau kadang suka disebut 2.5-ren MIX.

Kalian memulai chant ini dengan Standard MIX, lalu kemudian beralih ke Japanese MIX. Tapi, setelah meneriakan "Seni" , yang harusnya berlanjut ke "Ama" , kalian kembali lagi ke "Aaaa Yosha Ikuzo !" dan lalu Standard MIX.

Awalnya, chant ini digunakan dalam beberapa lagu seperti Pajama Drive, Melos no Michi dan Only Today.

  • 2.7 | Campuran MIX

 Untuk lagu yang dimulai dengan "mendadak", seperti Heavy Rotation dan Yaruki Hanabi, MIX nya di tunda dahulu dan dikeluarkan nanti saat instrumental lagu berikutnya.

Ada 2 lagu dimana ketika kalian ngechants MIX berbarengan dengan member AKB48 yang masih bernyanyi, yaitu dalam Dear My Teacher dan Seifuku wa Arashi ni Yume wo Miru.

Dalam kasus kedua lagu ini, MIX nya diteriakan dalam line hanya sebelum chorus lagu, dan tanpa meneriakan " Aaaaa Yossha Ikuzo! " .

  • 3.0 | Cheers

Selain MIX, ada juga Cheers dalam gerakan wotagei di AKB48.

  • 3.1 | Oooo-ing

Kata-katanya tertulis オーイング . Ane ga tau gimana cara ngejelasinnya, tapi ane bisa nagsih kalian contohnya.

  • 3.1.1 | Hai! hai! Hai-Hai-Hai-Hai !

Contohnya seperti dalam lagu Oogoe Diamond.

  • 3.1.2 | oooOOO HAI !


Mungkin ini berasal dari PPPH ( Pan Pa-Pan Hyuu! ) , tapi hanya berteriak "oooOOO" (dengan intonasi nada naik) dan lalu "HAI!" , tanpa pake tepuk tangan . Alasannya adalah karena di teater AKB, kita hanya boleh duduk.

Beberapa fans hanya berteriak " oooOOO" tanpa diikuti dengan "HAI!".

  • 3.2 | OGS! (オージーエス!)

Pada awal dalam lagu tertentu, setelah drum beat , kalian harus berteriak "OGS!". Banyak orang yang membuat kesalahan dengan meneriakan "Fourty Eight" , yang seharusnya "OGS!" . ITU BENAR-BENAR SALAH !

OGS adalah inisial dari salah satu wota (dia adalah salah satu dari 7 orang yang menonton show pertama AKB48 Team A). Mereka (para fans dan Staff) meneriakan inisial dia, awalnya hanya sebagai lelucon di Teater AKB (Kembali ke hari dimana kalian bisa keluar masuk teater AKB secara bebas, jaman sekarang mah, ih, jangan tanya dah ribetnye kek mana) yang kemudian merembet menjadi sebuah chants reguler bagi fans di teater maupun ketika konser. Tapi, setelah semakin banyak fans yang jarang nonton ke teater tapi dateng ke acara konser AKB, dan ditambah mereka yang "ga ngerti sama sejarah OGS!" , mereka mendengar chants "OGS" menjadi "48", dan ini terus berulang, hingga kini, chant yang harusnya diteriakan OGS malah menjadi 48 oleh fans yang "hijau" itu.

Lagu-lagu yang bisa kalian berteriak "OGS!" ;

10Nen Zakura, Seifuku ga Jama wo Suru, Team B Oshi

JADI TOLONG TERIAKAN "OGS!" DAN JANGAN "FOURTY EIGHT".


  • 3.3 | Panggilan untuk Member

Dalam lagu-lagu tertentu memiliki special cheers. Karena ada banyak banget list yang bisa ditulis disini, ane bakalan nulis beberapa lagu yang paling disukai oleh fans.

Kimi no Koto ga suki Dakara ; " Da-i-su-ki " dan " Yo-ro-shi-ku " disaat yang bersamaan dengan para member yang menyanyikan itu.

Skirt Hirari ; " sekai de ichiban suki na no " bersamaan dengan member yang menyanyi.

Oogoe Diamond ; " SUKI !! "  bersamaan dengan member ketika mereka bernyanyi.

Heavy Rotation : "I want you, I need you, I love you" setelah mereka menyanyikan itu..

Namida Surprise : "Omedetou" bersamaan dengan member yang bernyanyi.

Dareka no Tame ni : "Dareka no tame ni" dan "wow wow wow wow wow wow" (dengan intonasi yang meningkat)

RIVER : "Fourty Eight!", "Got it!!", "RIVER!!" dan "Ho! Ho! Ho! Ho!"  bersama dengan member.

  • 4.0 | Panggilan Nama

Ketika ada short break diantara solo line , kalian meneriakan panggilan member yang bernyanyi. Kadang juga di teriakan ketika bernyanyi duet. Terserah kalian mau memilih siapa member yang ingin diteriakan.

Nama panggilan dibatasi agar jangan lebih dari 3 syllables / suku kata,  ('ん' tidak dihitung), lebih dari itu chants nya bakalan berantakan dan gaakan masuk dengan lagunya. Untuk member yang mempunyai lebih dari 3 suku kata, contohnya : Ta-ka-mi-na, kalian bisa ngechants "Mi-Na-Mi" sebagai gantinya. Ada juga kasus ketika nama panggilan berbeda dengan nickname si member. Contohnya : Kuramochi Asuka yang mempunyai nickname Mocchi (Mo-cchi), tapi dia malah di chants "A-su-ka".

Contoh :

2 suku kata : Mii-chan (Minegishi Minami), A-cchan (Maeda Atsuko),  Yu-kooo (Oshima Yuko)
3 suku kata: Mi-na-mi (Takahashi Minami), Ha-ru-na (Kojima Haruna), Jyu-ri-na (Matsui Jurina)

  • 4.1 Chouzetsu Kawaii (超絶かわいい)

Mempunyai arti "Sangat Lucu", chants ini diteriakan sebelum panggilan nama member yang kedua. Contohnya, ketika dalam lagu Idol no Yoake, misalnya yang menyanyi pertama adalah Mayu, ketika " koen mawari no otona-tachi ga " , fans berteriak "Mayuyu!" , lalu setelah itu ketika bagian, "watashi o dame ni suru no" , fans berteriak "Chozetsu Kawaii, Mayuyu !"

  • 5.0 | Gerakan Tangan

Ada beberapa gerakan tangan khusus yang digunakan fans dalam setiap show AKB48, dan dibagikedalam 2 kategori :

  • 5.1 | Kecha (ケチャ)

Dilakukan ketika dalam lagu yang temponya slow, atau dalam bagian slow dalam lagu yang cepat. Ada banyak lagu AKB yang upbeat tapi mempunyai bagian yang slow dalam chorus nya.

Tata cara melakukan Kecha :
  1. Bentangkan tangan kedepan, jari-jari terbuka dan mengarah ke member yang sedang bernyanyi. Jika kalian memegang lightstick jangan dibuka tangannye, ntar jatoh tu LS :v
  2. Secara perlahan ayunkan tangan keatas
  3. Arahkan tangan kalian ke dada (Seperti gerakan mengajak)
  4. Terus ulangi langkah 1-3
Contoh Video


  • 5.2 | Furicopy (振りコピ)


Furicopy adalah seni meniru gerakan tangan member. Ketika member AKB48 melakukan gerkana dengan tangan kanannya, kalian juga harus melakukan hal yang sama pada tangan kanan kalian.

Tolong hati-hati jika kalian berada dalam ruangan yang sempit, ntar bukannye seneng-seneng tapi malah ribut sama fans sebelah kalian gara-gara kepukul.

Contoh yang baik dari Furicopy adalah dalam lagu Aitakatta, ketika " Aitakatta, Aitakatta, Aitakatta, YES ! Kimi ni~~" dan juga saat bagian " lalalalala " ketika para member melambaikan tangan mereka. Kalian gabisa ngelakuin furicopy pada setiap lagu AKB.

Ciri-ciri lagu yang bisa di furicopy mungkin jika dalam lagu para member memakai standmic, karena kedua tangan harus digunakan dalam gerakan dance.

Contoh dalam lagu Flying get :





1 comments:


EmoticonEmoticon