3 Indikator yang akan menjadi jaminan 48 Grup di masa depan [ MNL48, AKB48 Team 8 dan Sakamichi 46 ]




Sebelumnya, ane pernah nulis tentang Hal yang harus dilakukan AKB48 untuk tetap bisa bertahan dimasa depan , ya, untuk tetap eksis selama 10 tahun kedepan atau mungkin lebih, AKB48 harus melakukan hal-hal unik atau tidak mainstream, sesuatu yang membuat fans tidak jenuh dengan menampilkan sesuatu yang fresh.


Kali ini ane bakalan bahas hal yang lebih besar, yang berkaitan dengan 48 Grup ga cuman AKB48 aje. Well, ini adalah 3 Indikator kesuksesan AKB48 dimasa depan, yang akan menjamin keberlangsungan 48 Grup selama mungkin. 3 Indikator ini adalah MNL48, AKB48 Team 8 dan Sakamichi Series.


MNL48


 Pengumuman di bukanya audisi gen-1 dari BNK48 (30 Juli 2016)


Dibawah ini, ada berita tentang AKB48 Taiwan Audition yang digelar pada 17 April 2014 lalu, salah satu peserta yang lolos dalam audisi ini, Zhang Yu-Ling (張羽翎), menjadi trending topik saat itu karena ketika mengikuti audisi, dia masih duduk di bangku kelas 6 SD dan Yu-Ling juga merupakan seorang artis cilik di Taipei. Yu-Ling menyanyikan lagu "Heavy Rotation" ketika audisi dengan menggunakan gaun warna merah buatan ibunda-nya.


Zhang Yu-Ling

BNK48 dan TPE48 adalah sister group overseas dari AKB48, apa 2 grup ini adalah elemen penting 48 Grup di masa depan ? mungkin . Tapi, yang lebih tepatnya untuk menjadi salah satu INDIKATOR penting 48 Grup dimasa depan adalah sister grup baru yang berbasiskan di kota Manila, Filipina, MNL48.

KENAPA ? Itu karena dalam pembentukan MNL48, terdapat point-point yang sangat jauh berbeda dengan grup lainnya.  
APA YANG MEMBUAT MNL48 BERBEDA ? Saat pembentukan sister group overseas diumumkan di negara yang mendapatkan "anugrah" untuk membuka audisi (contoh : Bangkok, Shanghai, Jakarta), para fans di masing-masing negara sangatlah antusias dan juga memberikan respon positif pada grup. Gelombang Japanophile pun mulai melanda ketiga negara ini. Coba bandingkan dengan Filipina, mereka seperti "kurang antusias" dengan di bentuknya MNL48, gaung-nya kurang terdengar di seantero Manila.

Kalo boleh jujur, setelah melakukan riset kenapa Filipina kurang antusias dengan 48 Grup adalah karena K-POP dan musik-musik western lebih populer di telinga remaja-remaja Filipina dibandingkan dengan lagu-lagu 48 Grup, dan mereka juga cukup "acuh" dengan dibentuknya MNL48 di negeri mereka. Kemungkinan besar persentase dari orang-orang di Fipilina yang mengetahui AKB48 adalah 0 % ( Mungkin dengan adanya jaringan internet, terdapat beberapa fans di Filipina yang sangat antusias. Akan tetapi, terakhir yang ane denger, hampir sebagian besar remaja di Filipina itu tidak tahu menahu tentang AKB48 ) . Hingga saat ini, MNL48 adalah first case AKB48 mengalami "kendala" ketika mendirikan sister group overseas.

JKT48 dari Indonesia adalah sister grup overseas pertama yang dibentuk oleh AKB48. Kenapa AKB48 membuat sister group di Jakarta padahal saat itu di Asia Tenggara sedang dilanda oleh Hallyu Taifu / Badai Korea / Demam Korea yang sangat kuat ? K-POP sangatlah populer di Indonesia, sedangkan J-POP ? Ane pikir hanya sebagian kecil remaja Indonesia yang suka, POP Indonesia lebih baik ( mungkin ada 10 % - 20 % remaja Indonesia menyukai J-POP saat itu ) sehingga ada kemungkinan jika AKS membuat sister grup AKB di Indonesia akan diterima baik oleh para fans. Dan sekarang, hal itu terbukti. JKT48 meraih kesuksesan yang sangat besar di Indonesia.


JKT48 Story Eps 01


Ane pikir, suatu hal yang sama sekali tidak dikenal saat ini, akan menjadi sesuatu yang sangat menarik dimasa depan . Ini adalah teori " クールジャパンの世界戦略 / Japan Cool Global Strategy " . Sebenarnya, ada beberapa "kepentingan" dibalik terbentuknya MNL48 di Filipina ini. Menggunakan nama "AKB48 Group Company" sebagai alat untuk memperkenalkan Jepang di luar negeri, dan pemerintah Filipina pun menggangapnya sebagai perusahaan NPO (Non-Profit Oriented), tidak ada yang backing dari manapun. Para pengusaha yang membantu mewujudkan berdirinya MNL48 adalah dari kaum independen (Mereka adalah pengusaha yang sukses di Filipina tapi gagal ketika menjalani bisnis di Jepang). Dan tampaknya, para pengusaha ini berusaha untuk mendirikan jembatan antara Filipina dan Jepang.

Salah satu pengusaha yang membantu AKB48 di Manila, CEO dari HalloHallo.Inc, Yasunari Okada

Dalam acara TV (kalo tidak salah dalam acara TV lokal Jepang di Kansai), staf pilihan dari pengusaha independen Filipina (kita singkat PIF / MNL48) dan juga perwakilan AKS terlibat sebuah diskusi tentang visi dan misi MNL48. Staff yang terlihat masih muda dari AKS ini memberikan pertanyaan tentang manajemen 48 Grup pada staff PIF, dan saat denger jawaban dari staff PIF, ane sampe mikir sejenak sambil ngedumel, "apa ini serius atau maen-maen doang !?". Tampaknya staff dari PIF ini adalah seseorang yang amatir, tidak tau apa-apa tentang manajemen, well, mungkin dia tau sedikit managerial dari restoran tempat dia kerja ?

Tapi, justru karena "ke-amatiran" itulah yang membuat AKS memberikan tanggung jawab ini pada staff MNL48. Akan menjadi hal yang sangat menarik jika seorang amatiran menangani Grup, sama seperti yang terjadi di AKB ketika diawal-awal pembentukannya. Ane rasa dengan seperti ini, staff MNL48 pasti akan menyuguhkan hal yang berbeda dan sangat menarik dibanding grup lainnya.

How to Vote

Contoh vote nb. Ayo dukung Erii-chan bro ! :v

Dan itu terbukti, untuk audisi generasi pertama MNL48 pun para staff MNL48 melakukan hal yang sangat unik. Para peserta audisi akan mendaftar secara online dan manajemen memberlakukan voting rules untuk memilih member generasi pertama mereka, caranya adalah para fans di persilahkan untuk mem-vote peserta audisi pilihannya dan mungkin 15-17 peserta yang memperoleh jumlah vote tertinggi akan lolos audisi. Konsepnya sama seperti Senbatsu Sousenkyo.

Untuk catatan saja, bagi para member 48 Grup di Jepang yang akan di Kaigai-kan ke MNL48 ane minta untuk berhati-hati karena kemanan di negeri ini sedang tidak kondusif, situasi politik juga tidak stabil, kita tidak akan tahu bahaya apa yang akan terjadi selanjutnya disini. Rata-rata umur di negeri ini adalah 24 tahun, sangat muda dibanding Jepang (46 tahun), dan ditambah dengan jumlah penduduk di negara Filipina yang menyentuh angka 100 juta, ane rasa MNL48 akan menjadi sesuatu hal yang menarik dan meraih kesuksesan dimasa depan.


AKB48 TEAM 8




Sebelum masuk ke inti cerita, mari kita baca dahulu kutipan berita dibawah ini ⬇

Kutipan dari berita di Nippon Shimbun edisi 13/10/2016,

" Jumlah wisatawan China yang datang untuk mengunjungi Jepang meningkat dengan sangat pesat, dan tujuan mereka ke Jepang adalah untuk membeli accesoris dan mengikuti Handshake Event dari AKB48, dan hal ini telah di konfirmasi oleh media terbesar di China, Xinhua News "
Menurut China National Tourism Administration, karena tarif pajak naik, di tahun 2015 setiap warga China yang melakukan liburan ke Jepang rata-rata menghabiskan uang 284.000¥ , 160.000¥ nya digunakan untuk belanja. Dan pada pertengahan awal tahun 2016 ini menurun menjadi sekitar 124.000¥. Jumlah turis China yang memilih untuk tidak berkelompok (Tour) atau secara Individu ke Jepang dalam 11 tahun terakhir ini meningkat 1/4 nya, dari hanya 44% menjadi 54% , ( bertambah 4000 turis Individu ).

Dalam polling internet yang bertajuk, " Apa yang kalian lakukan ketika di Jepang ? " , jawaban dari para turis China ini beragam, selain untuk Berbelanja dan menikmati Onsen (Pemandian air panas), ada juga jawaban seperti Menikmati masakan khas Jepang, berfoto dengan menggunakan Kimono, menginap di hotel, mencoba untuk membuat soba dan ingin  bertemu dengan member Idol. Melihat dari hasil survey nya, dapat dipastikan jika turis China yang pergi ke Jepang rata-rata dalam rentang usia Remaja hingga Dewasa Awal (20-40 tahun). Perlu dicatat juga bahwa kunjungan turis China ke Jepang selama tahun 2015 kemarin mencapai 4.990.000 orang, dan ditahun 2016 ini sudah hampir mencapai 7.000.000 orang.

Sedangkan di China sendiri, SNH48 yang sempat mengalami masalah dengan manajemen AKB48 mulai memperbaiki kesalahan mereka dengan membangun dinasti 48 sendiri (48 China ?) karena pihak AKS masih cukup "sakit hati" dengan SNH48, para fans SNH48 di China juga masih merasa sakit hati karena di campakan oleh AKB48. Hal ini di perparah dengan memburuknya situasi politik China - Korea Selatan yang membuat segala hal tentang Korea dilarang di China, dalam arti lain, Dunia entertain / Industri hiburan China sedang dalam krisis. Melihat hal ini, mendengar kata-kata, "SNH48 masih tetap menjadi bagian AKB48 Group" mungkin bukanlah suatu hal yang harus diperdebatkan oleh para fans. Tapi, apa mungkin AKB48 Group akan melakukan tour di China ? Jadi, ane harap, ane pribadi sebagai fans 48 Grup dari Indonesia dan juga para wota di Jepang sana ingin mencoba untuk membangun jembatan baru untuk perdamaian kita sesama fans 48 Grup, dan kami harap kalian (para fans SNH48) memaafkan dan menerima kami lagi.

Mau diterima atau tidak, faktanya kalau AKB48 Group bukanlah hanya sebagai Idol Grup saja, lebih tepatnya adalah " Pionir dari era Idol Sengoku Jidai / Idol Star Wars / Perang Dunia Idol"

Ngomong-ngomong soal Pionir, ada sebuah momentum kebangkitan yang sangat menarik bagi ane, dan itu adalah AKB48 Team 8. Well, mari sekarang kita bahas Team 8 dari AKB48 ini ..

Okey, karena ini AKB48 Team 8, mungkin ada dari kalian yang belum tahu Team 8 ini, dan ane yakin meskipun kalian wota garis keras dari 48 Grup yang tahu seluk beluk AKB48 yang ngidol dari tahun 1990 (lol) pun pasti tidak tahu bahwa ada suatu hal yang sangat spesial dari AKB48 Team 8 ini. Ya, secara khusus ane persembahkan pada kalian semua " AKB48 Team 8 Special Course for Beginners "


original Team 8

AKB48 Team 8 dibentuk pada bulan Maret 2014 lalu. Sebelum tim ini diresmikan, ada banyak sekali rumor jika Team ke 5 dari AKB setelah Team A, K, B dan 4, akan dibentuk. Dan ketika akhirnya Team 8 diumumkan, semua fans pasti berfikir, " Wah, ternyata bener sister grup AKB yang ke-5 diumumin juga ! " , tapi itu semua salah. AKB48 Team 8 adalah unofficial sister group AKB48 karena Team ini disponsori oleh Toyota, bukan AKS. 


Team 8 melakukan stage show di HKT Teater


Untuk bisa menonton show Team 8, karena tidak mempunyai teater sendiri (Karena mereka bukanlah Team resmi dari 48 Group), untuk menampilkan stage show nya Team 8 "berkelana" dari satu teater ke teater lain di 48 Group. Masing-masing member di Team 8 ini berasal dari 47 prefektur yang ada di Jepang. Dibandingkan dengan konsep, " Idol you can see " dari AKB48, Team 8 menggunakan pakem " Idol who go meet you " , dan Team 8 ini hanya beraktivitas pada akhir pekan atau event besar lainnya.

fans sangat khawatir jika Team 8 akan seperti Byte AKB

Pada awalnya, muncul suara-suara khawatir dari para wota "sepuh" di Jepang terkait dengan pembentukan AKB48 Team 8 ini yang unofficial / tidak resmi dari 48 Group, ane juga sempet mikir kalo Team ini akan "hilang dan dilupakan" seperti "Byte AKB" atau "Otona AKB". Tidak hanya para wota, para member Team 8 juga dilanda kecemasan dan ketakutan karena status Team mereka yang "tidak jelas" . Ditengah kecemasan dan rasa ketidakpastian melanda dalam hati para member Team 8, Akimoto Yasushi, sang Produser dari AKB48, memberikan surprise dengan dibuatkannya sebuah lagu original bagi mereka.

Surprise ini diumumkan setelah AKB48 melakukan konser di Okinawa, 4 bulan setelah pembentukan Team 8. Ketika mendengar pengumuman ini, para member Team 8 jatuh dalam kegembiraan, terlihat dari wajah-wajah manis mereka yang seakan tidak percaya dengan apa yang didengar kala itu. Ya, tangisan kebahagian pun menghujani langit Okinawa siang itu. Kemudian, judul lagu original Team 8 pun muncul di VTR, " 47の素敵な街へ / To 47 Wonderful Towns " . Selama mendengarkan intro dari lagu tersebut, tangisan bahagia mulai mengalir lagi, dan bahkan jauh lebih deras dari seluruh member Team 8. Saat ane nonton adegan ini, tentu saja ane pun terseret dalam lautan air mata kegembiraan mereka, ane bener-bener ikutan seneng sama kejutan yang diberikan AKI-P pada Team 8. Tapi, beberapa saat kemudian ane menyadari bahwa ada sesuatu yang berbeda dalam kasus Team 8 ini. Ketika para member Team 8 ditanya mengenai feeling mereka saat mendengar berita baik ini, dengan masih terisak dan tersendat-sendat, salah satu member Team 8 berkata " Saat kita mendengar salah satu staff berkata ' Disini, kami akan mengumumkan sesuatu yang penting pada semua orang.. ' , Aku pikir akan diumumkan pembubaran Team kita, aku benar-benar sangat takut ! "

AKB48 Team 8 sedang mengalami perkembangan yang pesat

Ketika awal-awal dibentuk, Team 8 ini dipandang sebagai "campuran gadis remaja Jepang yang innocent dan amatiran" , ada sebuah feeling dalam benak para fans kalo mereka tidak mungkin bisa mengeluarkan speech di hadapan semua orang dan dalam stage show pun pasti tidak akan bisa menampilkan performa yang layak. Dua setengah tahun setelah pembentukannya pada 2014 lalu, AKB48 Team 8 tumbuh dan berkembang menjadi Team yang memiliki pesona lebih hebat dibanding Team-Team yang ada di 48 Group, momentum ini hampir sama seperti yang dialami oleh AKB48 beberapa tahun lalu.


seperti dejavu, Team 8 merupakan reinkarnasi dari original AKB48


" campuran gadis amatiran, tidak mampu melakukan stage show dan berbicara didepan para fans " dan kecemasan & ketakutan para member yang berfikir " akan di bubarkan " adalah kata-kata yang sama dilontarkan ketika awal-awal AKB48 didirikan. Dan sejarah pun mengatakan bahwa semua hal itu dijadikan sebuah cambuk bagi AKB48 untuk terus berusaha dan bekerja keras yang membuka jalan mereka meraih impian untuk menjadi Idol Grup terbesar di jepang (atau Dunia) bersama-sama dengan para fans yang setia berdiri dibelakang mereka.

senior di Team 8, Ota Nao dan Hamamatsu Riona

Kekuatan dari Team 8 adalah mereka MANDIRI, tidak mempunyai Teater resmi, dan bahkan senior mereka bukanlah "pinjaman" dari Team 48 Grup lain, tapi berasal dari Team 8 sendiri. Para member yang usianya lebih tua di Team 8 saling bertukar pendapat mereka dan kemudian membimbing pada member Team 8 lainnya yang lebih muda. Kelemahan yang terjadi di 48 Group sekarang ini adalah para senpai yang kurang memberikan bimbingan dan perhatian pada kouhai nya. Oleh karena itu, AKB48 Team 8 adalah contoh yang bagus, karena prinsip AKB48 pada awal-awal debutnya adalah seperti yang dilakukan oleh Team 8 ini.

Ya, AKB48 Team 8 tidak mempunyai Teater tetap untuk perform, berbeda dengan AKB48 pada awal debutnya. Oleh karena itu, show atau konser yang dilakukan Team 8 dilakukan tiap akhir pekan, tidak terlalu sering tampil membuat para fans sangat menantikan setiap akhir pekannya untuk melihat show Team 8, dan hal inilah yang membuat mereka sangat dicintai oleh para fans. Hal ini juga sama dengan yang dialami oleh AKB48 di awal debutnya.

Team 8 murni didikan dari old school AKB48

Melihat semua hal ini, dapat dikatakan bahwa AKB48 Team 8 telah mewarisi pure-blood dari AKB48, sedangkan Team dan Group lainnya hanyalah " IMITASI / half-blood " .

Dengan pesona yang ditampilkan oleh Team 8 dapat di katakan sebagai, " Dibandingkan dengan Team-Team yang lain, AKB48 Team 8 memiliki sejarah yang sama dengan AKB48 "



By the way , berikut adalah 3 besar member AKB48 Team 8 yang sangat populer di Jepang :



Sakaguchi Nagisa / 坂口渚沙






Ota Nao / 太田奈緒

Nakano Ikumi / 中野郁海




Ada cerita menarik bagi Nakano Ikumi, ketika acara " Mechaike Dokkiri " tentang fake-graduate dari Takahashi Minami, Ikumi menangis dengan sangat keras ketika dia mendengar jika Takamina akan graduate, tapi setelah diberitahu kalau itu cuman dokkiri saja, dia langsung tertawa malu, dan di acara ini membuat namanya dikenal oleh para fans, contohnya dibawah ini ↓








(Diambil dari forum 2ch)

221: Anonymous 2014/12/06 (Sat) 20: 43: 58.70 ID: MACOV / fl
Wah, masih 14 tahun ━━━━━━ (゚ ∀ ゚) ━━━━━━ !!

222: Anonymous 2014/12/06 (Sat) 20: 43: 58.83 ID: 4NNI3nn9

Dia terlihat masih anak kecil !

223:
Anonymous 2014/12/6 (Sat) 20: 43: 59.59 ID: Cf 88 a / N 6
Itu luar biasa ...

225:
Anonymous 2014/12/6 (Sat) 20: 44: 01.08 ID: ybOdheMZ
Itu tidak mungkin..

226:
Anonymous 2014/12/6 (Sat) 20: 44: 00.93 ID: t354 tqaY
Tottori-chaaannn wwwwwwwwwwwwwwwww

227:
Anonymous 2014/12/06 (Sat) 20: 44: 01.75 ID: 0e / rDSKA
Nakano, itu kereeeeeennnnnnn

240:
Anonymous 2014/12/6 (Sat) 20: 44: 0 6.34 ID: Qhgo8 BLM
Toyota-sama telah mengalami kemajuan !

241:
Anonymous 2014/12/6 (Sat) 20: 44: 0 6.55 ID: XkFHsex 9
Ini kemenangan TOYOTA !

243:
Anonymous 2014/12/6 (Sat) 20: 44: 07.51 ID: 4 C 6 tPKmM
Ini pilihanku di Team 8 !

261:
Anonymous 2014/12/6 (Sat) 20: 44: 17.25 ID: WZqLwtMn
Nakano hahahaha !

269:
Anonymous 2014/12/06 (Sat) 20: 44: 20.63 ID: 4NNI3nn9
Itu reaksi yang bagus~

271:
Anonymous 2014/12/6 (Sat) 20: 44: 21.20 ID: i / PjKRkS
Apapun yang berasal dari Tottori sangat keren

285:
Anonymous 2014/12/6 (Sat) 20: 44: 30.65 ID: UoL 8 g 0 RC
Ini Ikumi Nakano, mulai sekarang dia akan terkenal

286:
Anonymous 2014/12/6 (Sat) 20: 44: 31.13 ID: Cf 88 a / N 6
Sekarang pun dia sudah terkenal, hahaha

301:
Anonymous 2014/12/6 (Sat) 20: 44: 37.66 ID: AMlUQFLr
Tottori lucu sekali~

nb. Dibawah mereka bertiga ada Tanikawa Hijiri, Honda Hitomi, Nagano Serika, Yokoyama Yui, Yamada Nanami, Kuranoo Narumi dan Sato Nanami. (10 Besar), melihat dari masing-masing ability yang dimiliki, I think, AKB48 is in safe hand .


Gravue menggunakan swimsuit dilarang oleh TOYOTA, jadi kira-kira gravure versi Team 8 seperti ini

Tanikawa Hijiri



Ada lagi hal yang special dari Team 8 dibanding Team lainnya di 48 Group Jepang, jika member Team 48 Group lain diperbolehkan untuk melakukan sesi foto gravure (Dengan JKT48 sebagai pengecualian), untuk member AKB48 Team 8, " Gravure = NG " (NG : Not Good).

Kenapa ? Karena AKB48 Team 8 di dukung oleh TOYOTA, untuk melindungi citra dan nama besar TOYOTA, AKB48 Team 8 tidak diperkenankan foto Gravure. Hal ini juga dijadikan ciri khas untuk Team 8.

Hal special lainnya dari Team 8 adalah para fans secara bebas boleh mengambil foto atau video dari member Team 8, hal ini berbanding terbalik dengan AKB48 Group yang melarang pendistribusian foto atau video secara ilegal oleh fans atau pihak tertentu selain AKS. Dan oleh karena itu, video-video Team 8 hasil rekaman fans banyak beredar di Sosial Media dan juga Youtube tanpa dihapus oleh AKS. 


Koisuru Juuden Prius

Karena disponsori oleh TOYOTA, di setiap awal show dan konser, ketika MC mereka selalu berkata, " Kami dari Team 8, dibawah naungan TOYOTA sebagai Idol yang pergi untuk bertemu dengan kalian ! " , atau ketika dalam lagu " Koisuru Juuden Prius " yang merupakan parodi dari " Koi suru Fortune Cookies " , MV dalam lagu ini bernuansakan TOYOTA, mungkin sifatnya jadi seperti CM / Iklan Toyota dibandingkan sebagai MV sebuah Idol Group .

Team 8 pemenang Dance Battle Royal



Para member AKB48 Team 8 telah berkembang dengan sangat pesat, lebih dari apa yang kalian pikirkan. Dalam acara AKBINGO terdapat sebuah segmen perlombaan bernama, "Dance Battle / ダンスバトル" dan " Singing Battle / 歌うま選手権 " , mereka berhasil mengungguli para senpai nya. Juri dalam acara inipun menyampaikan komentarnya terhadap penampilan Team 8, " Secara teknis, hanya Team 8 yang menari dengan sangat luar biasa, sangat natural . Team yang lainnya terlihat kaku, mereka bahkan harus berlatih menari dulu bersama sensei mereka "

Ane merasa kalau AKB48 Team 8 ini akan memainkan peran yang sangat hebat di masa depan nanti, kehadiran mereka sangat dibutuhkan bagi 48 Group. Dan efeknya sudah mulai terlihat, dengan diumumkannya pembentukan sister grup baru di Jepang, STU48, yang berbasis di perairan Setouchi, ane rasa STU48 dibentuk karena melihat keberhasilan dari AKB48 Team 8.

[Intermezzo] Silahkan lihat video dibawah ini, bakat dance dari member Team 8 itu tidak main-main loh !
Team 8 : Yokoyama Yui dan Honda Hitomi

 


Untuk stage show AKB48 Team 8, budget untuk kostum dan accesories lainnya tidak mengeluarkan uang banyak, tidak ada produksi yang sangat mewah, mereka hanya fokus untuk menyanyi dan menari serta live konser. Mereka terus melesat tanpa ada masalah yang melintang. Kalaupun ada, itu berasal dari fans Team 8 sendiri, lebih tepatnya dari "wota yang karbitan " . Hal ini bisa mengganggu popularitas dari Team 8.

Ada juga yang mengkaitkan masalah ini dengan kejadian yang dialami oleh AKB48 di awal debutnya.

( Pada  awal-awal debut AKB48, para wota dari Team A dan Team K sering terlibat konflik untuk menjadi yang terbaik, para member AKB48 pun mengalami hal yang sama karena mereka merasa, semakin banyak member maka akan banyak terjadi persaingan untuk meraih spotlight di dalam single. Melihat hal ini, manajemen pun mengambil tindakan serius dengan menggelar Team Shuffle. Tapi, setelah diumumkannya Team Shuffle, para member terlihat shock, khawatir dan ketakutan. Tangisan kesedihan pun mulai terdengar dari penjuru stage di Nippon Budokan, banyak member yang jatuh pingsan karena terus menangis, shingga membuat para staff bulak balik membawa member yang pingsan menggunakan tandu. Ini hanyalah salah satu dari sejarah AKB48 yang "buruk" )


Para fans Team 8

Dalam hal yang sama, saat ini, para fans dari AKB48 Team 8 terlihat "acuh tak acuh" terhadap Senbatsu Sousenkyo karena " keberadaan mereka yang sangat jauh dan terasing " dibandingkan dengan kekuatan para fans 48 Group lainnya di Sousenkyo. Tapi itu bukanlah masalah, karena bakat dan talenta yang besar ada dalam setiap member Team 8, wajah-wajah member Team 8 telah dikenal secara luas keseluruh Jepang dan bahkan dunia, fans mereka pun menjadi semakin bertambah pesat. Jadi, bukanlah sebuah kejutan jika nama-nama yang ada di Team 8 ini tiba-tiba saja meroket dalam Sousenkyo beberapa tahun kedepan.





SAKAMICHI SERIES


(to be continued)

2 comments

Kak aldiiii, aku jadi salah satu fans team 8 sekarang . Mereka berkembang pesat ya, apalagi hiichan sudah jadi member girlgrup di Korea 😍


EmoticonEmoticon