Istilah - Istilah yang ada di 48 Family Group ( Repost)




Sebelumnye gue ucapin Merry Christmas buat umat Kristiani di seluruh dunia :D . Semoga tetap dalam curahanNYA :) . Dan gue harap juga jangan ada pertikaian lagi sesama antar agama *Piss ^^v

Konichiwa Minna :v . Di pagi yang indah ini gue bakal bahas tentang istilah - istilah yang ada di 58 Family, sebenernya ini udah di post dulu banget di blog ini, cuman gue pengen ngeshare lagi, biar pada tau gitu, apa salhnya kalo kita bisa berbagi :3

Okeh, bagi yang newbie pasti ngerasa aneh kalo pertama kali ikut gathering atau lagi ngbrol-ngbrol ringan sama friend kamu yang udah cukup tau tentang idol grup asal jepang itu,kaya denger kata Jikoushoukai, Kenkyuusei, Wotagei dan lainnya -_- .

Langsung aja ke Lokasi coy !




Sebagai permulaan, gue pecahkan nama singkatan dari 48Family :



AKB48 : Akihabara (Jepang)



SKE48 : Sakae (Jepang)



NMB48 : Namba (Jepang)



HKT48 : Hakata (Jepang)


JKT48 : Jakarta (Indonesia)



SNH48 : Shanghai (China)



TPE48 : Taipei (Taiwan) (Sampe sekarang belum ada :v)



SDN48 : Saturday Night (Jepang) (Disbanded)



OJS48 : Osaka (Jepang)



Nogizaka46 : Nogizaka (Jepang)





That's all of 48Family, sebuah idol grup yang di buat atau di produseri oleh Yasushi Akimoto, mungkin ada yang janggal,dan membuat kamu penasaran dan bertanya sama rumput yang bergoyang atau yang sedang berjoget atau mungkin hal-hal yang berkaitan dengan benda mati lainnya "Kenapa ada Nogizaka46?? Loh perasaan selama hidupku menekuni 48Family gaada tuh yang namanya OJS48?!!!" Okey, calm down bro, ayah akan bantu menjelaskan :D

- Yang pertama Nogizaka46, as you know, konsep group NOGIZAKA46 [NGZK46] adalah “Tidak Ada Konsep” (Hanya ?!). Seperti itulah yang dikatakan bos besar atau sang Produser Akimoto Yasushi. Akimoto Yasushi adalah produser yang telah sukses dengan luar biasa, biasa luar dan sangat luar biasa mencetuskan konsep “Idol You can Meet” dari Super Idol group AKB48 beserta seluruh shimai groupnya seperti SKE48, NMB48, HKT48, JKT48 dan SNH48 ke puncak kepopuleran di bidang Entertainment ke seluruh Jepang bahkan ke seluruh dunia (WoW !!). Namun pada Tanggal 8 Agustus 2011, Bos Besar mengumumkan pembentukan sebuah Idol Group baru dengan nama NOGIZAKA46 dan beliau mengklaim bahwa NGZK46 adalah Idol group “Rival Resmi” dari AKB48.

- Kedua yaitu OJS48, nah si OJS48 (OJISAN48) ini adalah seonggok (loh) maksud gua sebuah Idol Grup yang dibentuk oleh Aki-P, si Pak Boss dari AKB48 dan 48 Family lainnya. OJS48 ini dibentuk pada tahun 2010 lalu. Dan sudah memiliki single yang berjudul "Shinkokyuu (Deep Breathing)".
OJS48 yang diambil dari kata OJISAN yang dalam bahasa Jepang berarti (Orang Tua) ini, mempunyai sekitar 16 orang member yang beranggotakan para pria - pria yang sudah tua, berusia sekitar 61 Tahun keatas(busett) , yang merupakan pensiunan polisi dan juga detektif. (Hahaha,ada ada aja ni pak bos,bikin idol grup lansia semua -_-)



Berikut adalah istilah-istilah dalam 48 Family :



THEATER : Tempat berlatih, Belajar, Bermain, Bertemu Fans, Perform, Event.

HKT Theater

SKE Theatre

AKB Theatre

NMB Theatre

JKT Theatre

SNH Theatre


SWAG : Singkatan dari "Stuff We All Get". Barang2 atau merchandise resmi yang dikumpulkan/dikoleksi oleh Wota. Contoh: CD, DVD, trading card, foto, poster, dll.



GRADUATE : Yang sudah dinyatakan Lulus, Wisuda (loh??) atau keluar dari member 48 family.



MEMBER GENERATION : Suatu kelompok member dengan berbeda generasi dalam waktu masuk audisi.



JIKOUSHOKAI : Salam Perkenalan setiap member.



RESUFFLE : Transfer member dari satu grup 48 ke grup 48 lainnya.



WOTA : Orang2 yg tekun dalam menghafal nama member Grup Idola kesukaan mereka, dan aktif dalam kegiatan membeli SWAG, dan Sopan tentunya.


WOTAGEI : Sorakan dan gerakan khas Fans Idol Grup.



CHANT/MIX : Bentuk sorakan khas Idol Grup dibagian bagian tertentu pada lagu.


Macam- Macam Chant :

 # CHANT mix

よっしゃ、いくぞー ! (yosh iku zoh!!) [artinye: HERE WE GO!!!!]

Tiger

Fire

Cyber

Fiber

Diver

Viber

jya jya!!



# CHANT mix

もう ー丁いくぞー!(moh iccho iku zoh!!!) [artinye: HERE WE GO ONE MORE TIME!!!]

tora

He

Jinzou

Sen-ii

Ama

Shindou ~

kasen  tobijokyo!!



#CHANT mix

Chape

Ape

Kara

Kina

Rara

Tosuke ~

Myouhuntosuke


#CHANT mix

Sore sore sore sore

Sebenernye banyak si, cuman males ah, ntar aje :v


SHENSUURAKU : Berakhirnya suatu setlist lagu.



OSHIMEN (oshiteiru member) : Kadang disebut oshi, member yg kita support (member favorit) , kaya ane si Matsui Jurinaa :*



OSHIHEN : Yaitu kondisi dimana fans mengganti Oshi dari satu member ke member yang lainnya.



MD : Singkatan dari 'minna no daisuki' (suka semua member/punya lebih dari satu oshimen).

( Bingung nyari gambarnye -_- )

DD : Singkatan dari 'daredemo daisuki' (suka member2 48 group secara keseluruhan contoh: suka seluruh member JKT48, maruk banget -_-).

(Sama kaya diatas -_- )

SENBATSU : Member2 yg terpilih/terseleksi masuk dalam PV/video clip (sekitar 12-20an orang).



SENBATSU SOUSENKYO : Ajang pemilihan senbatsu lewat voting dari fans, Pemilihan member terbaik ( hanya ada di grup AKB48 dan sister2nya) di grup. member member tersebut akan muncul di video klip /music video single AKB48 yang baru.



GOLDEN RULES : Sejumlah peraturan yang harus ditaati oleh para member 48 family.



FYI, peraturannya adalah :

- Tidak boleh merokok dan minum.
- Dilarang Berpacaran (Okey -_-)
- Dilarang ke diskotik.
- Jika berpergian harus di dampingi atau ada Wali (bukan Wali band ya)
- Tidak boleh membubuhkan tanda tangan disembarang tempat (kecuali di merchandise resmi 48 Family)
- Pendidikan tetap yang utama.
- Dilarang memakai pakaian yang mencolok dan make up yang tebal.


STAGE SONG : Lagu yang terdapat di stage masing-masing tim.



UNIT SUFFLE : Unit song yg identik dengan susunan member tertentu dan diganti formasinya untuk Elemen Kejutan.



KENKYUUSEI : Tim Cadangan.



OVERTURE : Irama pembukaan setiap penampilan 48 Family.



ZOMBIE : Fans yang tidak tau malu, mengejar member dan minta foto atau TTD, dll.



WL : Waiting List atau membeli tiket secara mengantri.



HANDSHAKE EVENT : Memperdekat member dengan Fans untuk bicara dan jabat tangan, waktu hanya 10 Detik.



FANSERVICE : Layanan untuk fans. Fans yg beruntung bisa mendapat 2 shot (foto berdua dengan salah satu member), 3 shot, jadi manajer teater seharian, nge-date bareng oshi, dll.



7KAMI : Kami berarti dewa. Istilah ini diledakan (emang bom :v) oleh para fans karena ada beberapa member yang memang ranking popularitasnya tak pernah tergoyahkan selama di AKB48 atau biasa disebut dedengkotnya 48family. Ketujuh orang itu adalah Atsuko Maeda, Oshima Yuko, Shinoda Mariko, Tomomi Itano, Watanabe Mayu, Kojima Haruna dan Takahashi Minami. Namun dalam Sousenkyo 2012 kemarin muncul nama baru yg tiba-tiba menggoncang tatanan tradisional 7 besar tersebut, yaitu Kashiwagi Yuki. Sejak saat itu istilah Kami7 mulai banyak dipelesetkan menjadi Kami8.

Dan juga, beberapa member yang disebutin diatas ada yang sudah grad, kaya Maeda, Shinoda ame Tomomi, jadi timpang dah -_-

Sashihara Rino pada Sousenkyo 2013 secara mengejutkan meraih posisi ke 1 apakah doi bakal mengganti Kami8 menjadi Kami9? Lagipula, beberapa tahun ini, banyak member-member fresh yang haus (Minum aje :v) sama posisi senbatsu ini, sebut aje Jurina Matsui, Shimazaki Haruka, Sayaka Yamamoto, Yokoyama Yui, dan lain-lain. Gue gatau, gimana nanti aja atau mungkin jadi Kami48? makin ngaco aja -_-





IDOL : Seseorang yang bekerja di dunia hiburan yang ingin menjadi bintang/terkenal.



IDOL GRUP : kelompok idol, mereka menyanyi , menari , main film, bintang iklan, penyiar radio (khusus Hello! Project), seiyuu (pengisi suara), dll. Contoh Idol group : Hello!Project (Morning Musume, Berryz Koubou, C-ute, Smileage , Hello Project Kenkusei), AKB48, SDN48, SKE48,NMB48, HKT48, JKT48, Kenkyusei, Idoling, Momoiro Clover, dan masih banyak lagi, 100 lebih deh kalo ga salah :D, idol group bukan hanya beranggotakan wanita saja tapi juga ada yang pria. Di jepang hanya ada 1 agency idol group pria yaitu Johnny Associates /Johnny Jimusho yang isinya  Arashi, NEWS, Kat-tun, HeySayJump, Kanjani8, SMAP dll.



TAN OSHI : hanya mensupport dan focus kepada oshimennya saja bukan grupnya.



KAMI-OSHI : sangat memuja member idol yang disukainya, menyetarakan dengan Tuhan ( waduh yang ini terlalu banget ya -_- , tapi tergantung orangnya sih, bener ga coy? ) Jujujuju :3



CONCERT : pertunjukan musik, biasanya konser diadakan smpe 4hari lebih. tempatnya kadang di ruangan terbuka seperti Yomiuri Land dan tertutup seperti Saitama Super Arena.Setlist lagu biasanya 10 lagu, kadang ada yang sampai 30 lagu.



MOE : Cantik, imut, menarik.



KAWAII : kayaknya sih artinya sama kayak moe, di Hello Project biasanya “Chou Kawaii” klo di AKB48 “Chou Zetsu Kawaii”. Contoh : "ih, matsui jurina kawaii banget seeehhh :DD"



LOLI : cewe yg imut abis, badai cetar membahana dan manis seperti permen kayak anak kecil, bukan balita, tapi anak kecil,hehehe XD (Hakata member tuh banyak yang loli, rata-rata kelahiran 97-98 :v)



YURI : cewe berpoto mesra dengan cewe lain. ( thehehe :v )



CONCURRENT POSITION : seorang member yang posisinya merangkap dengan grup 48 lainnya, karena disalah satu grup 48 kekurangan member yang bisa dibilang "berkualitas" atau untuk menambah pengalaman bagi member yang tengah di hangat dibicarakan oleh fans. ( contoh : jurina matsui, doi originalnya member SKE kan? nah, karena AKB kekurangan member jadi di angkatlah jurina ke AKB juga)



Oke that's enough coy, kalo ada yang mau nambahin, yah tinggal tambahin aja oke di komentar atau di tembok kamar masing masing :) , dah ah gue mau ke alfa dulu biar disapa sama mbak yang super cetar :3

 Keep Calm and Support 48 Family :D


EmoticonEmoticon