Profil : Shinoda Mariko

Shinoda Mariko


Terus terang gue sebagai fans dan pengamat (Kata temen gue) dari AKB, kaget banget waktu doi ngumumin kelulusannya saat senbatsu sousenkyo untuk single ke 32 AKB, "Koisuru Fortune Cookies" ! . Sedih sangat liatnya, Takamina juga ampe nangis segukan, kalo gue sampe tumpeh-tumpeh ke depan laptop T_T.
Bagi para member AKB, pasti ngerasa kehilangan banget, Mariko-sama adalah sosok yang selalu mencairkan suasana dengan ke konyolannya dalam acara tv, waktu lagi konser, atau saat latihan di teater. Contohnya bisa diliat dalam acara GUAM, atau di suatu sesi dalam acara AKBingo, konyol banget :D . Gue respect sama Member ini, sosoknya sama kaya Takamina kalo menurut gue (cuman joke nya mariko selalu berhasil :v), kerja keras nya selama ini membuahkan hasil yang bikin doi sukses kaya sekarang ini.

Dan karena sifatnya yang friendly pula, membuat doi di seganin sama junior-juniornya. Contohnya adalah Kami Oshi gue sendiri, Jurina Matsui, kalo ente oshinya sama kaya gue pasti tau gimana hubungan doi sama Juritan :)


Profil

Nama : Shinoda Mariko (篠田麻里子)
Panggilan : Mariko-sama (麻里子様), Maririn (まりりん)
Ulang Tahun : March 11, 1986 (age 27)
Asal : Fukuoka, Japan
Blood Type : A
Hobi : Fashion, Berbelanja
Height : 168cm
Bust : 87cm
Waist : 57cm
Hips : 85cm
Former Group : AKB48
Former Team : Team A
Debut : January, 2006 / 1.5 Generation
Graduated : July, 2013


Mariko-sama

Mariko-sama lahir pada 11 Maret 1986, di  Maebaru, Fukuoka. Setiap orang yang mengetahui latar belakang dari Shinoda Mariko, dan kerasnya perjuangan doi untuk masuk menjadi personil AKB48, tidak akan sia-sia memilih doi sebagai panutan atau fans.

Berangkat dari sebuah keluarga sederhana di Fukuoka, Mariko berangkat ke Tokyo untuk mengikuti audisi generasi pertama AKB48, setelah melihat iklan disebuah majalah mengenai audisi Idol Group di Akihabara, Tokyo. Sayangnya doi tidak lulus seleksi tahap awal di bulan Oktober 2005. Dan malangnya, Mariko menerima berita bahwa orang tuanya di kampung halamannya tidak mampu lagi membiayai kehidupan Mariko di kota besar seperti Tokyo. Dan Mariko pun tidak memiliki uang untuk kembali ke kampung halamannya.

Mariko waktu masih menjadi pekerja part time di AKB cafe

Mariko-sama harus berusaha menghidupi dirinya sendiri dengan cara bekerja. Kebetulan, sebuah kafe di depan AKB48 Theater berada, sedang mencari karyawan dan Mariko diterima bekerja disana sebagai pelayan, di bulan Desember 2005. Mariko adalah seorang pelayan yang sangat baik dan sangat akrab dengan para pelanggan. Karena itulah Mariko begitu disukai oleh semua pengunjung kafe itu. Sambil bekerja di kafe, doi masih berharap agar bisa menjadi anggota dari AKB48, "Kapan ya aku bisa naik ke panggung itu."

Saat Teater AKB selalu mendapati bangku yang kosong melompong ketika diadakan pertunjukan teater, Mariko turut membantu sebagai di staf belakang panggung. Pada malam musim dingin bulan Desember, doi berdiri di atas trotoar sambil membagi-bagikan brosur pertunjukan AKB48 kepada orang-orang yang lewat. Dan hal itu bisa doi lakukan hingga larut tengah malam. Saat Mariko membagikan brosur, dalam udara musim dingin yang sangat menusuk tulang, banyak sekali cobaan yang harus dilaluinya. Tidak jarang Mariko melihat brosur yang doi bagikan dibuang dan disobek di depan matanya, dimaki orang karena menghalangi jalan, beberapa kali hampir tertabrak sepeda. Memang sangat menyakitkan, namun, Mariko tidak menyerah. Dia masih memiliki impian, suatu saat dia akan berdiri diatas panggung Theater AKB48, untuk menari dan bernyanyi bersama rekan-rekannya.

Penampilan pertama Mariko berasama Tim A

Mariko 2006


Ketika diadakan pemungutan suara untuk memilih anggota AKB48 terfavorit, Mariko terpilih sebagai favorit nomor satu. Penonton pertunjukan AKB48 beramai-ramai memilihnya meskipun doi bukan salah satu anggota dari AKB48. Setelah mengetahui ada pelayan kafe yang dipilih penggemar sebagai favorit, Yasushi Akimoto atau "Big Boss" mendatangi Shinoda. Mariko diberi kesempatan menjadi anggota AKB48, tetapi dengan syarat, "Kamu hafalkan 12 lagu berikut koreografinya, waktunya 4 hari sampai pertunjukan berikut.". Hari itu adalah pada tanggal 18 Januari 2006. Setelah itu, Mariko-sama berlatih dengan keras hingga mengurangi jam tidurnya. Pada pertunjukan malam 22 Januari 2006, Mariko Shinoda naik ke panggung untuk pertama kalinya dan berhak ikut dalam single pertama AKB48 berjudul “Sakura no Hanabiratachi”, yang dirilis bulan Februari 2006.. Doi terlambat satu setengah bulan dibandingkan rekan-rekannya sesama anggota Tim A. Impian Mariko-pun menjadi kenyataan. Dan sampai hari ini, Mariko masih memegang teguh prinsipnya.


"Sesulit apapun, asalkan kau terus berusaha dan tidak menyerah, hasil yang baik akan selalu datang."


Tak lama setelah bergabung dengan AKB, Shinoda mulai menunjukkan potensi dalam dirinya dan meningkat dengan cepat , sementara itu tampaknya Akimoto Yasushi telah memilih pemimpin yang pas dalam lagu "Skirt, Hirari" sebagai kelompok Sukahira Seven dan diharapkan untuk tetap bersama, dan ternyata Big Boss tampaknya berubah pikiran dan mendorong Mariko ke kelompok Sukahira dan menggeser posisi Narita Risa.


Senbatsu Tahun 2009, Mariko ke 3

Pada pemilihan senbatsu sousenkyo untuk single ke-13 pada bulan Juni/Juli 2009, namanya masuk di urutan ketiga sekaligus terpilih sebagai anggota senbatsu untuk media. Pada tahun yang sama, meski perannya kecil, doi tampil dalam serial drama Gine Sanfujinka no Onnatachi yang ditayangkan Nippon Television.

Ketika AKB48 mengadakan perombakan personel pada tahun 2010, Mariko bertahan sebagai anggota tertua di AKB48. Dua rekannya yang lebih senior, Megumi Ohori dan Noro Kayo graduate pada Februari 2010, diikuti Kazumi Urano pada bulan April (ketiganya lalu dijadikan anggota SDN48). Hasil pemilihan anggota senbatsu pada bulan Juni/Juli 2010 untuk single ke-17 menempatkannya sebagai anggota favorit urutan ketiga, posisi yang sama seperti tahun sebelumnya.

Kariernya menanjak pada tahun 2011. Doi tampil sebagai pemeran tetap dalam serial drama Taisetsu na Koto wa Subete Kimi ni Oshietekureta di Fuji Television. Drama tersebut menempati waktu tayang prima, Senin pukul 9 malam. Sebuah acara spesial yang menampilkan dirinya mulai ditayangkan televisi NHK sejak 31 Maret 2011, Marikosama no Orikousama! (Mariko Si Pintar!). Dan pada Senbatsu Sousenkyo pada bulan Juni/Juli 2011 menempatkannya sebagai anggota favorit nomor empat.

Janken Taikai 2nd Winners


Pada Turnamen Janken Taikai untuk Single ke-24 AKB48 yang diadakan 20 September 2011, Mariko tampil sebagai juara, dan berhak menjadi senbatsu sekaligus center untuk pertama kalinya dalam single Ue Kara Mariko yang dirilis 7 Desember 2011 . Doi kemudian mencoba sebagai pengisi suara untuk film anime pendek Kami Usagi no Pero yang diputar di bioskop-bioskop Toho pada bulan Oktober 2011.

Pengumuman Kelulusan Shinoda Mariko di Senbatsu Sousenkyo 32 AKB

Pada Senbatsu Sousenkyo untuk single ke 32 AKB48, saat Mariko meraih posisi ke 5, dalam pertengahan speechnya, Mariko secara mengejutkan mengumumkan bahwa dia akan graduate dari AKB,sontak membuat Shock seluruh member 48 Family yang menghadiri acara itu.

  Berikut adalah pengumuman kelulusan Mariko, dan speech-nya saat meraih posisi ke 5 dalam senbatsu ke 32 :
   "First of all, thank you for so much support. Last year I said "please come with the intention to crush (us senpai)", after that a year passed where I could feel that a lot of kouhai are doing their best in order to live up to these expectations. Watching today('s event), I also thought that so many kouhai are doing their best. I was really happy and I realized that the 48 group can still go further up. Seeing my kouhai, my energetic kouhai, I decided to make one decision. I, Shinoda Mariko, will graduate from AKB48. I am not saying I was really crushed or so, but to see the energetic and powerful backs of my kouhai I became so happy. I have nothing to regret concerning AKB48. Graduation...("Mariko" calls from the audience) Thank you. My kouhai are trying to make one step forward, so I decided to step one step forward too. I thought that I want to have my graduation in my hometown, so, though it's sudden, please let me graduate during next month's Fukuoka Dome concert. I think the AKB48 group can still aim further up. I'd be glad if I could still watch over the members even after I graduated. That I could continue my life in AKB48 these past 8 years is because my fans who supported me were there. To me all fans who supported me are my treasure. Thank you. (Host: When and with what feeings did you decide the graduation?) Every year I thought I would graduate in that year. Wanting to lead my life with full power, I thought about graduation every year. But seeing everyone's energy this year, my kouhai have pushed me forward, that's how I feel. Last year I said "come with the intention to crush", but I also thought watching over everyone for a year and then hand over my seat would also be typically me, so I came to this year's decision. (Takahashi Minami asked to comment on this: It's lonely! Mariko is almost from the same generation and to part from her feels really lonely. But she really was always someone who walked ahead and seeing her walking forward I just want to push her back. I have seen her back (walking forward) a lot and today her back just looks so cool to me. She has moved forward....) Because I think our general manager is needed in AKB48 I want her to do her best here for 30, no for 100 years. (Host: What is AKB48 for you?) When I joined AKB48 I didn't have any confidence in myself, but the fact that so many people support me made me confident and I feel as if I was changed as a person. I have no regrets."

Upacara kelulusannya dari AKB48 diadakan pada konser hari kedua AKB48 2013 Manatsu no Dome Tour di Fukuoka Dome, 22 Juli 2013. Karier Mariko Shinoda selama 7 tahun di AKB48 kini harus diakhirinya. Penampilan terakhir Mariko ini, membuat para penonton yang hadir membludak. Dan dari 250 fans yang terpilih, mereka memberikan dukungan penuh hingga suara-suaranya menjadi parau.

Mariko dan Penggantinya sebagai kapten di team A, Yuihan.

Suasana di Fukuoka Dome, Mariko naek balon :D



Dilansir dari Oricon melalui Tokyo Hive (22 Juli 2013), calon pemimpin baru yaitu Yui Yokoyama yang ditunjuk oleh Mariko untuk menjadi kapten tim A AKB48 pun memiliki komentarnya sendiri mengenai kenangan akan mantan kaptennya itu.
"Saya suka bisa berada dalam tim dimana Shinoda berpikir akan menjadi hal yang benar dengan memilih saya. Saya akan membuat tim A Yokoyama sambil menggantikan tim A Shinoda, tetapi mohon izinkan saya untuk bergantung padamu pada hari ini," ungkap Yui Yokoyama dengan penuh rasa antusias.

Pada konser perpisahan ini, tim A dihiasi oleh wajah-wajah seperti Takahashi Minami, serta beberapa anggota generasi pertama seperti Haruna Kojima, Tomomi Itano, dan Minegishi Minami. Kapten tim K, Oshima Yuko pun muncul di sana sambil sesekali mengisi panggung.

Sewaktu lagu perpisahan yang di dedikasikan untuk Mariko yang berjudul "Namida no Seijanai" dilantunkan, Takahashi Minami sulit untuk mengeluarkan suaranya karena isak tangis yang dihiasi oleh air mata hingga membuat Mariko menangis tersedu-sedu.

Namun suasana menjadi cair saat Minami Takahashi meminta maaf kepada audiens karena doi tak bisa menyanyi secara bagus karena menangis, yang ditanggapi secara spontan oleh Haruna Kojima, "Iya, itu terlalu cepat." Tawa kecil pun menghiasi satu teater.

Setelah Minami bernyanyi, terdapat sesi encore, dimana Takamina membacakan surat dari ibunya Mariko. Pada saat surat dibacakan, air mata yang lebih besar pun mengalir membasahi pipi Mariko kembali.

Penampilan terakhir Mariko Shinoda ditutup dengan lagu "Anata ga Itekuretakara" dan Mariko pun mengumumkan rencananya ke depan setelah lulus dari AKB48. "Setelah lulus, saya akan berfokus pada pekerjaan yang berkaitan dengan dunia fashion. Saya akan bekerja keras untuk menjadi seorang panutan masyarakat," ungkapnya penuh harapan.
Pertunjukan Team A Waiting Stage di Teater AKB48, 22 Juli 2013 merupakan pertunjukan kelulusannya dari AKB48.


Singles Participation


AKB48 A-Sides

    Aitakatta
    Seifuku ga Jama wo Suru
    Keibetsu Shiteita Aijou
    BINGO!
    Boku no Taiyou
    Romance, Irane
    Sakura no Hanabiratachi 2008
    Baby! Baby! Baby!
    Oogoe Diamond
    10nen Zakura
    Namida Surprise!
    Iiwake Maybe
    RIVER
    Sakura no Shiori
    Ponytail to Shushu
    Heavy Rotation
    Beginner
    Sakura no Ki ni Narou
    Everyday, Katyusha
    Flying Get
    Kaze wa Fuiteiru
    Ue Kara Mariko
    GIVE ME FIVE!
    Manatsu no Sounds Good!
    Gingham Check
    UZA
    Eien Pressure
    So long!
    Sayonara Crawl
    Koi Suru Fortune Cookie

AKB48 B-Sides

    Aozora no Soba ni Ite (Skirt, Hirari)
    Dakedo... (Aitakatta)
    Virgin love (Seifuku ga Jama wo Suru)
    Namida Uri no Shoujo (Keibetsu Shiteita Aijou)
    Only Today (BINGO!)
    Mirai no Kajitsu (Boku no Taiyou)
    Viva! Hurricane (Yuuhi wo Miteiru ka?)
    Ai no Moufu (Romance, Irane)
    Saigo no Seifuku (Sakura no Hanabiratachi 2008)
    Yume wo shinaseru wake ni ikanai (Baby! Baby! Baby!)
    109 (Marukyuu) (Oogoe Diamond)
    Sakurairo no Sora no Shita de (10nen Zakura)
    Majisuka Rock'n'Roll (Sakura no Shiori)
    Majijo Teppen Blues (Ponytail to Shushu)
    Yasai Sisters (Heavy Rotation)
    Lucky Seven (Heavy Rotation)
    Yoyaku Shita Christmas (Chance no Junban)
    Kurumi to Dialogue (Chance no Junban)
    Korekara Wonderland (Everyday, Katyusha)
    Yankee Soul (Everyday, Katyusha)
    Seishun to Kizukanai Mama (Flying Get)
    Ice no Kuchizuke (Flying Get)
    Yasai Uranai (Flying Get)
    Noel no Yoru (Ue Kara Mariko)
    Rinjin wa Kizutsukanai (Ue Kara Mariko)
    Sweet & Bitter (GIVE ME FIVE!)
    Choudai, Darling! (Manatsu no Sounds Good!)
    Yume no Kawa (Gingham Check)
    Kodoku na Hoshizora (UZA)
    Ruby (So long!)
    Ikiru koto (Sayonara Crawl)
    Saigo no Door (Koi Suru Fortune Cookie)
    Namida no Sei Janai (Koi Suru Fortune Cookie)


Albums Participation


AKB48 Albums

    Shoujotachi yo (Koko ni Ita koto)
    Iikagen no Susume (Koko ni Ita koto)
    Overtake (Koko ni Ita koto)
    Koko ni Ita koto (Koko ni Ita koto)
    First Rabbit (1830m)
    Daiji na Jikan (1830m)
    Yasashisa no Chizu (1830m)
    Itterasshai (1830m)
    Plastic no Kuchibiru (1830m)
    Hate (1830m)
    Aozora yo Sabishikunai ka? (1830m)


Units


Stage Units

A1 (PARTY ga Hajimaru yo)
    Kiss wa Dame yo 2nd Unit

A2 (Aitakatta)
    Namida no Shounan
    Senaka Kara Dakishimete

A3 (Dareka no Tame ni)
    Bird
    Seifuku ga Jama wo Suru

A4 (Tadaima Renaichuu)
    Kikyou

H1 (Boku no Taiyou)
    Himawari

H2 (Yume wo Shinaseru Wake ni Ikanai)
    Confession

A5 (Renai Kinshi Jourei)
    Manatsu no Christmas Rose

A6 (Mokugekisha)
    Saboten to Gold Rush

Team A Waiting Stage
    Kuroi Tenshi

Team Surprise 1st Stage
    Namida ni Shizumu Taiyou
    1994-nen no Raimei
    Heart no Vector

Concert Units

AKB48 First Concert "Aitakatta ~Hashira wa Naize!~"

    Kiss wa Dame yo

AKB48 Haru no Chotto dake Zenkoku Tour ~Madamada Daze AKB48!~

    Kikyou

Live DVD wa Derudaroukedo, Yappari Iki ni Kagiruze! AKB48 Natsu Matsuri

    Namida no Shounan

AKB48 Masaka, Kono Concert no Ongen wa Ryuushutsushinai yo ne?

    Temodemo no Namida

Nenwasure Kanshasai Shuffle Sumaze, AKB! SKE mo Yoroshiku ne

    Senaka Kara Dakishimete
    Blue rose

"Kami Kouen Yotei" AKB48 NHK Hall Concert 2009

    Honehone Waltz
    Heart Gata Virus

AKB104 Senbatsu Members Sokaku Matsuri
    Nagisa no CHERRY
    Wagamama na Nagareboshi
    Manatsu no Christmas Rose
    Confession
    Skirt, Hirari

Yokohama Arena 2010 'AKB48 Manseki Matsuri Kibou Sanpi Ryouron'

    Yuuwaku no Garter
    Temodemo no Namida

Surprise wa Arimasen

    Manatsu no Christmas Rose
    I'm sure.
    Skirt, Hirari

AKB48 Kouhaku Utagassen 2011

    Tonari no Banana

Gyomu Renraku. Tanomuzo, Katayama Bucho! in Saitama Super Arena

    Kuchi Utsushi no Chocolate
    Temodemo no Namida
    Kuroi Tenshi

AKB48 in TOKYO DOME ~1830m no Yume~

    Plastic no Kuchibiru
    Temodemo no Namida
    Kuchi Utsushi no Chocolate

AKB48 Kouhaku Utagassen 2012

    Team Aka Oshi
    Mujin Eki

AKB48 Group Rinji Soukai "Shirokuro tsukeyou janai ka!"

AKB48

    Plastic no Kuchibiru

AKB48 Group

    Namida no Shounan

AKB48 Super Festival at Nissan Stadium
    Manatsu no Christmas Rose

AKB48 2013 Manatsu no Dome Tour ~Mada mada, Yaranakya Ikenai koto ga aru~

Fukuoka Dome

    Pioneer
    Plastic no Kuchibiru
    Yuuhi wo miteiru ka?


Solo Songs


    Plastic no Kuchibiru (1830m)


Photobooks


    [2008.07.15] Pendulum
    [2009.05.26] SUPER MARIKO
    [2010.07.02] Mariko
    [2011.10.28] Mariko Magazine


Solo DVDs


    [2008-09-25] 1st Solo DVD


Media Appearances


Movies

    Salaryman NEO Gekijyouban (Warai) (サラリーマンNEO 劇場版 (笑)) (2011)
    Ouran High School Host Club (2011)

Dramas

    Majisuka Gakuen (マジスカ学園) (2010)
    Sakura Kara no Tegami (桜からの手紙) (2011)
    Majisuka Gakuen 2 (マジスカ学園2) (2011)
    So long! (2013)
    Fortune Cookies (2013)

Variety Shows

    AKB 0ji 59fun
    AKB 1ji 59fun
    AKBINGO!
    Shukan AKB


 AKB48 Senbatsu Elections


    1st Senbatsu Election - #3 (Media Senbatsu)
    2nd Senbatsu Election - #3 (Media Senbatsu)
    3rd Senbatsu Election - #4 (Media Senbatsu)
    4th Senbatsu Election - #5 (Senbatsu)
    5th Senbatsu Election - #5 (Senbatsu)


AKB48 Janken Tournaments


    1st Janken Taikai - Round 2 (Lost to Sato Sumire)
    2nd Janken Taikai - Winner
    3rd Janken Taikai - #5 (Lost to Nito Moeno)

Trivia

Meskipun Mariko tidak lulus dalam audisi yang sah untuk AKB48, Mariko telah ditambahkan ke dalam grup pada awal 2006, mengikuti permintaan yang populer dari fans. Akibatnya , doi sering disebut sebagai " generasi ke 1.5 " anggota AKB48 , karena bergabung dengan grup sebelum audisi generasi kedua di gelar , tapi tidak lama setelah debut dari anggota asli AKB pada tahun 2005 . Dari member yang tersisa sebagai pendiri Tim A, doi ditunjuk sebagai kapten tim ketika AKB48 team shuffle pada Agustus 2012, menggantikan Takahashi Minami. Shinoda Mariko mengumumkan kelulusannya saat Senbatsu Sousenkyo ke 32 AKB48 , dan mmengambil tempat di kota kelahirannya Fukuoka pada akhir Juli. Kelulusannya dirayakan di Yafuoku Dome pada tanggal 21 Juli 2013, dan penampilan terakhirnya di Teater AKB48 berlangsung pada 22 Juli . Yokoyama Yui ditunjuk sebagai penerus kapten di Tim A.

Dia dekat dengan Oku Manami , Minegishi Minami , Takahashi Minami , Maeda Atsuko , Kojima Haruna , Noro Kayo dan Matsui Jurina .

Oshimen nya : Oku Manami , Matsui Jurina (juju :*) , dan Komori Mika .

Makanan favorit : curry rice.

Minuman favorit : jus 100 %

Artis favorit : Lady Gaga.

Acara TV favorit : Suberanai Hanashi.

Majalah favorit : MORE , ViVi , Glamorous , GISELe , sweet.

Musim favorit : Musim Semi & Musim Gugur.

Merek favorit : NINE dan Aula Aila.

Kota favorit : Harajuku.

Single Favorit AKB48 : Iiwake Maybe.

Dia adalah mantan pekerja part-time di AKB48' theatre cafe.

Ratusan pelanggan kafe menulis kepada Aki-P meminta agar ia diijinkan untuk ikut audisi.

Debut teater nya pada Januari 2006.

Dia dikenal secara luas karena cintanya Hamtaro dan lagu "Koike" dari Tim A Third stage.

Anggota dari Shino-Club.

Teacher and Student :D

2 comments

gw liat wajahnya aja ngakak :v


EmoticonEmoticon