Hasil Analisa AKB48 Senbatsu Sousenkyo 2016 : Secercah Harapan pada Generasi Muda







Pada 18 Juni 2016 lalu, event tahunan akbar AKB, the Senbatsu Sousenkyo dihelat di HARD OFF ECO Stadium, Niigata. Seperti biasa, sebanyak 80 member akan dipilih dari jumlah keseluruhan 272 member yang ada di 48 Grup di Jepang.




Secara menakjubkan, Sashihara Rino (HKT) berhasil memenangkan edisi SSK tahun ini, dan ya ini adalah pertamakalinya seorang member bisa back to back meraih posisi pertama dalam sejarah Sousenkyo.
Dibawah Sasshi ada Watanabe Mayu dari AKB yang menempati rank ke #2 dan di rank ke #3 dihuni oleh Matsui Jurina dari SKE. Dari #80 member pilihan di SSK tahun ini, AKB48 menjadi grup yang paling banyak mengirimkan wakilnya, yaitu sebanyak 28 Member, diikuti oleh SKE48 : 20 Member, HKT48 : 19 Member, NMB48 : 11 Member, NGT48 : 2 Member.





Sebelum main event digelar, terdapat konser yang ditampilkan oleh masing-masing grup. Sebagai pembukaan, Kapten NGT48, Kitahara Rie, bersama dengan member allstar dari AKB, SKE, NMB dan HKT datang ke stadium dengan mengendarai mobil. Ya, mereka yang datang dengan naik mobil ini adalah para kandidat kuat di Sousenkyo '16 ini.



Pada saat konser, diumumkan juga jika grup yang paling banyak mengirimkan wakilnya di Sousenkyo tahun ini, maka akan mendapatkan stage song baru sebagai reward nya. Secara satu persatu, seluruh grup tampil dalam konser ini. Di setiap jeda awal lagu, tiap member dari grup menampilkan "jikosoukai" nya masing-masing, dan hal ini membuat para fans sangat senang karena mereka menjadi semakin mengenal para member ini. Selain itu, seluruh member mengenakan selendang penanda nama mereka sendiri, setiap member diberi waktu 10 detik untuk menampilkan appeal mereka di stage. Ya, ini adalah chance untuk meraih lebih banyak dukungan dari fans untuk modal di SSK tahun depan atau untuk membangun fanbase yang kuat. Atmosfir di Eco Stadium menjadi sangat "panas" dan meriah hingga sampai pada main event yang digelar malam harinya.



NGT48 mendapatkan surprise ketika sedang tampil di konser SSK. Lewat VTR, NGT akan mendapatkan debut major label dengan Sony Music Entertainment, melihat hal ini sontak membuat para member NGT48 menangis bahagia di atas stage. NGT akan merilis single debutnya awal tahun 2017 nanti.

Kitahara Rie, kapten dari NGT48 memberikan komentarnya, :

" Aku sangat terkejut ! Benar-benar surprise yang sangat mendadak ! Lalu berita ini diumumkan saat konser sekarang ini di Niigata, di markas NGT, ini membuat kita semua senang. Melihat air mata kebahagiaan yang jatuh dari seluruh member ini memberiku kekuatan untuk terus bekerja keras, bersama-sama dengan ke 26 member NGT ini mulai dari sekarang. Kita akan berusaha untuk membuat lagu yang baik sekarang, sebuah debut lagu dari Niigata yang bisa dinikmati dan dicintai oleh seluruh masyarakat Jepang. Kami juga ingin membawa NGT semakin terkenal dan dicintai oleh masyarakat. "


UPCOMING GIRL







Dalam jajaran Upcoming Girl (#65-#80) , secara mengejutkan, terdapat nama Kato Minami di rank #76 sebagai salah satu perwakilan member lokal dari Niigata. Belum setahun Katomina berada di NGT, tapi, dia membuat sebuah prestasi yang sangat impresif di Sousenkyo. Hal ini membuat seisi Eco Stadium bergemuruh karena tidak percaya dan sangat surprise melihat Katomina masuk rank. Setelah namanya dipanggil, Kato, yang tubuhnya sangat atletis, melakukan gerakan akrobatik front roll untuk mengungkapkan rasa kegembirannya.



FUTURE GIRL








Di Future Girl (#49-#64), dihuni oleh member-member "unik" seperti Tani Marika dari SKE (#55) dan Kojina Yui dari HKT (#53) yang setelah dihinggapi rasa panik yang hebat, dia kebelet ingin pergi ke toilet, lalu di posisi center Future Girl, di rank #49 ada Futamura Haruka dari SKE yang terlihat kebingungan karena menjadi center di FG, dia berkata " Wha, apa yang terjadi pada rank ku ? " .


NEXT GIRL








Lalu pada golongan member Next Girl (#33-#48), Sutou Ririka, yang berada di rank ke #44 dia sempat berfikir ingin graduate dari grup, " aku masih tidak mau pulang ke Tokyo ! " (nb. rumah orang tuanya di Tokyo) , ya ini menguatkan teori kalo Riripon tidak akan memutuskan untuk grad. Selain itu, Kuranoo Narumi meraih rank yang paling tinggi diantara rekan-rekannya di Team 8 dengan berada di #34.

UNDER GIRL










Di Under Girl (#17-#32), selain Takeuchi Saki dari SKE yang menjadi topik hangat dikalangan fans karena secara tiba-tiba merangsek ke UG di rank #31, ada juga Yabuki Nako dari HKT yang menembus ke posisi #28 setelah di Sousenkyo 2 tahun sebelumnya ditidak pernah masuk rank. Di posisi center, atau rank ke #17, diisi oleh member veteran dan juga salah satu founder member dari AKB, Minegishi Minami. Ini adalah SSK terakhir bagi Miichan.

THE SENBATSU





Dan di jajaran Senbatsu (#1-#16), Nyan Nyan Kamen menjadi sosok yang paling mencuri spotlight pada malam 18 Juni lalu, versi hensin dari Kojima Haruna ini meraih rank #16. Ada sebuah scene dimana Nyan Kamen (Kojima) dikejar-kejar oleh polisi, dia tertangkap, membuka topengnya lalu berkata, " Aku, Kojima Haruna dari AKB48 ....... mengumumkan akan graduate ! " . Ya, Kojima Haruna mengumumkan kelulusannya dari AKB48. Di spot ke #13, diisi oleh center dari single "Tsubasa wa Iranai" , Mukaichi Mion. Secara tegas, Mion mengatakan " Ini adalah bukan center pertama dan terakhirku di sini ! " , Mion berusmpah untuk terus berusaha di masa depan untuk AKB.



Kitahara Rie, Kapten dari NGT48 menjadi perwakilan dari Niigata di jajaran Senbatsu (di rank #12). Kitarie turun satu peringkat dari tahun lalu, dalam speech nya, Kitarie berkata tentang rasa cintanya pada member dan juga grup NGT48, dia berjanji akan berada digaris depan untuk membawa NGT48 menjadi yang terbaik setelah mendapat debut major single. Pertama kalinya mengikuti Sousenkyo dengan menjabat sebagai Soukantoku, Yokoyama Yui berada di rank #11. Tanggung jawab yang berat dalam menjalani tugasnya sebagai Soukantoku disampaikannya lewat speech dengan terbata-bata. Setelah cukup "susah payah" menyampaikan apa yang ada dalam benaknya, sebagai penutup dalam pidatonya, sebagai Soukantoku, dia berkata, " Mulai dari sekarang, aku harap kalian semua akan terus mendukung 48 Grup".








Di jajaran top 5 Sousenkyo, member yang diharapkan menjadi Queen di Sousenkyo tahun ini, Kashiwagi Yuki (AKB48, kennin dengan NGT),  harus puas di posisi ke #5. Yukirin, yang menjabat kennin dengan NGT, di tahun ini telah bisa merealisasi impiannya untuk menggelar Konser Tur Solo pertamanya, dia mengucapkan terima kasih pada seluruh fans dengan ekspresi kepuasan terpancar diwajahnya ketika di podium. Di posisi #4, terdapat member NMB, Yamamoto Sayaka, yang dalam speech nya dia berkata, " Amore untuk semua orang ! " (nb. Amore adalah bahasa Italia yang artinya Cinta) dengan dialek Kansai yang menimbulkan tawa dari seluruh fans. Matsui Jurina yang sekarang berfokus pada kegiatannya di SKE dan merobek jabatan kennin nya dengan AKB berada di rank ke #3. Jurina telah melakukan yang terbaik sepanjang tahun ini dan meraih top 3 bukanlah hal yang buruk bagi Grup Nagoya. Jurina masih belum puas dengan raihannya ini dan berkata, "aku masih bertekad untuk meraih posisi puncak !" , lalu kemudian dia berteriak, "aku tidak akan graduate selama 5 tahun kedepan ! " . Di tempat kedua ada Watanabe Mayu. Mayu diharapkan untuk bisa balas dendam karena posisinya kemarin diambil alih Sashihara, tapi dia hanya bisa berada di satu peringkat dibawah top spot, Mayu dengan raut wajah kecewa karena tidak bisa memberikan yang terbaik untuk fansnya, dia berkata, "wha, sayang sekali ! " . Selain itu, Mayu juga menyampaikan pesan untuk para youngster atau member muda, " Pemandangan yang bisa kalian lihat sekarang jangan diambil hanya untuk bisa diberikan. Kalian mungkin tidak akan bisa lagi melihat pemandangan yang sama selamanya. Jadi, aku harap kalian tidak akan lupa untuk mengucap rasa syukur bisa berada dilingkungan ini " . Kemudian di peringkat pertama, sama seperti SSK tahun lalu, di tempati oleh Sashihara Rino dari HKT. Sashihara meraih prestasi yang bahkan tidak pernah diraih oleh 2 Akihabara no Kami, Maeda Atsuko dan Oshima Yuko, yaitu gelar back-to-back  Queen of Sousenkyo, dan merasakan 3 kali duduk di atas tahta Sousenkyo. Sashihara, yang duduk di tahta yang hanya boleh diduduki oleh 1 orang member ini dia berteriak, "  Sungguh ! Terima Kasih Banyak!" . Prestasi Sashihara yang fenomenal ini menarik perhatian dari member legend AKB48, the real leader of AKB, Takahashi Minami. Takahashi mengatakan Sashihara adalah "Bakemon" atau monster karena bisa meraih Queen of Sousenkyo 2 tahun berturut-turut, yang pertama kalinya dalam sejarah Sousenkyo. Dengan margin yang sangat besar dengan sang peringkat #2, Watanabe Mayu, yaitu 67.398 vote, Sashihara sangat kuat berada di puncak dengan raihan 243.011 vote.


Dalam blog officialnya, Takahashi Minami mengungkapkan perasaan kagetnya mengenai hasil SSK '16 ini ;

" Dengan raihan lebih dari 200.000 vote, ini merupakan jumlah yang sangat gila, seperti monster ! Aku bisa bilang kalo jumlah vote yang diterima oleh Sasshi sangatlah menakjubkan ! Aku pikir Sasshi menggunakan skill 'variety killer' nya ketika tampil di setiap acara TV, dan ini membuat impact yang besar terhadap dirinya. "

" Meskipun image 'bad girl' masih cukup melekat dalam diri Sasshi (Skandal) , dia selalu melakukan yang terbaik untuk dirinya dan juga para fans, dia selalu ingin menebus kesalahannya dimasa lalu dengan sebuah prestasi, dan ya, hasilnya para fans tergugah hatinya ketika melihat kesungguhan Sasshi dan terdorong untuk terus mendukung Oshimennya ini sampai akhir. "

Tirai megah Sousenkyo 2016 kemudian ditutup dengan segala kejutannya yang terjadi di sana.


Selain itu, ketika sesi MC dalam konser 48 Grup, ditayangkan trailer dari drama AKB yang berkolaborasi dengan Hollywood, 『 CROW'S BLOOD 』, yang dibintangi oleh Watanabe Mayu dan Miyawaki Sakura. Terdapat banyak scene yang "menakutkan" di drama ini, bahkan para member yang ada di stage terlihat berteriak ketika melihat adegannya, Sashihara Rino pun berteriak, "apa tidak ada adegan yang "santai" disini ?! " . Perlu di catat bahwa drama ini akan tayang di Hulu tanggal 23 Juli nanti.





Diumumkan juga bahwa AKB akan merilis Documentary yang ke-5, dengan judul 『 存在する理由 DOCUMENTARY of AKB48 / Sonzai Suru Riyu DOCUMENTARYof AKB 48 』, akan rilis pada 8 Juli 2016 nanti.








Satu lagi, sebagai tambahan, diumumkan juga sebuah project, yaitu 「#告れ日本プロジェクト / Tsugere Nihon Project」 , yang ditujukan untuk mengrekrut orang yang akan mengisi MV single 45 AKB yang dinyanyikan oleh senbatsu dari SSK '16. Syaratnya adalah mereka yang ingin masuk MV harus menyatakan cintanya pada salah satu member Senbatsu. Para masyarakat Jepang dapat menyatakan cinta kepada para member Senbatsu, cinta dalam artian mendukung Oshimen mereka.

Melihat dari keseluruhan yang terjadi di Sousenkyo tahun 2016 ini, baik dari speech yang ditampilkan oleh ke-80 member di SSK kemarin, status member, dan juga melihat peta kekuatan dari masing-masing grup, sangat realitis untuk dikatakan jika AKB benar-benar serius untuk memasuki "Bab ke II" . Pada Sousenkyo 2016 ini, untuk pertama kalinya, digelar tanpa adanya sosok "jenderal" di AKB, Takahashi Minami, yang memutuskan untuk graduate. Dalam setiap speech yang terlontar dari mulut masing-masing member ketika berdiri di podium, selalu muncul kata-kata, "bab ke 2" , "generasi selanjutnya" , dll. Sepertinya seluruh member di grup merasa jika mereka sedang masuk kedalam masa transisi di tahun ke 11 AKB berdiri ini. Jumlah vote di Sousenkyo pun bertambah dengan cukup pesat, dan hasilnya Sashihara Rino dinobatkan menjadi Queen di edisi Sousenkyo '16 ini mengulang kesuksesan tahun sebelumnya, ada sebuah kekecewaan yang dikeluarkan dari orang-orang mengenai hal ini, salah satunya adalah dari Watanabe Mayu, dia berkata " Aku tidak perlu harus melihat 'pemandangan' yang sama sekarang ini." , Sashihara pun mengeluarkan komentarnya, " Kau harus terbiasa dengan hal ini di grup, seperti halnya ketika kita disebut sebagai idol nasional. ".

Selain itu, banyaknya member generasi muda yang "unjuk gigi" di rank Sousenkyo tahun ini, bisa kita prediksi sebagai sebuah ekspansi dan persiapan "kudeta" mereka dimasa depan. Di golongan elit "Kami-7" , untuk sementara waktu sepertinya tidak ada perubahan yang besar, line up nya pun masih sama seperti tahun kemarin, selain adanya member yang graduate dan kemudian diisi oleh member yang punya kapabilitas cukup baik disini. Tapi, sebagai perwakilan member generasi muda AKB (atau youngster AKB) , Mukaichi Mion, yang juga menjadi center dalam lagu 44 AKB, "Tsubasa wa Iranai" , melompat sebanyak 31 spot ke posisi #13. Lalu ada Muto Tomu (#10) yang 2 tahun berturut-turut berhasil masuk ke jajaran Senbatsu. 2 member yang diharapkan menjadi " The Next Soukantoku " , Takahashi Juri (#15) dan Okada Nana (#14) serta member dari divisi Under Girl, Kojima Mako (#19) dan Komiyama Haruka (#21) adalah perwakilan dari Team 4 yang melesat cukup tinggi di pagelaran Sousenkyo tahun ini. Selanjutnya ada Kawamoto Saya (#27 - Under Girl) dan Kuranoo Narumi (#34 - Next Girl) yang setelah 2 Sosuenkyo hanya jadi pelengkap, berhasil masuk ke rank Sousenkyo. Selanjutnya yongster dari perwakilan sister grup, nama Takeuchi Saki (SKE #31 - Next Girl) dan Okita Ayaka (NMB #25 - Under Girl) membuat gempar seluruh fans 48 Grup dengan hasil pada PE mereka sempat menempati jajaran Senbatsu. Lalu ada duo Little Hakata Yabuki Nako (#28 - Under Girl) dan Tanaka Miku (#45 - Next Girl). Dari NGT, Kato Minami membuat gebrakan di SSK pertamanya ini dengan duduk manis di rank #76 dengan 13.571 vote, ini sangatlah impressif ! dan masih banyak lagi yang lainnya. Ini adalah sebuah momentum dari para member yang pada tahun ini baru bisa masuk rank Sousenkyo. Kita masih belum bisa melihat siapa yang berpotensi untuk menjadi Ace ketika melihat para Youngster ini, tapi tidak diragukan lagi kalo mereka ini adalah tulang punggung dari edisi " AKB48 : Chapter II " yang akan terus bahu-membahu agar AKB tetap eksis di masa depan. 

Shimazaki Haruka dan Minegishi Minami menyatakan jika tahun ini adalah terakhir kalinya mereka mengikuti Sousenkyo. Saat Sousenkyo juga, Kojima Haruna mengumumkan akan graduate, Yamamoto Sayaka menilai bahwa Kojima ragu-ragu dalam mengambil keputusannya itu. Dengan berkurangnya nama-nama "elit" di SSK tahun depan, ada kemungkinan jika line up Senbatsu di SSK tahun depan mengalami perubahan yang drastis, " AKB48 Chapter II " juga diharapkan agar semakin bisa "mengolah" para member mudanya untuk bisa kompeten dan bisa membuat grup menjadi lebih kuat.

Selain itu, kita juga akan analisis program 『AKB48 45thシングル 選抜総選挙 × SHOWROOM 』yang di tayangkan beberapa hari sebelum Sousenkyo dihelat. 





Rika Nakai dari NGT48 meraih peringkat pertama dalam Showroom AKB. Nakai berbincang-bincang lewat channel nya dengan sangat menyenangkan, dia selalu menjawab postingan pertanyaan dari fansnya, sesi yang paling epic dari Nakai yang membuatnya berhasil menjadi pemuncak di Showroom AKB adalah " Virtual Handshake" nya. Mungkin efeknya belum terasa bagi Nakai di Sousenkyo tahun ini, tapi secara tidak langsung akan membuat fanbase Nakai menjadi semakin banyak dan hanya tinggal menunggu waktu agar bisa membuatnya melompat masuk ke rank Sousenkyo tahun depan.

Showroom AKB ini adalah project yang sangat baik dan menarik untuk seluruh fans 48Grup daripada jejaring sosial lainnya. Kita bisa bertatap muka langsung dengan Oshimen kita, meskipun hanya lewat layar kaca, tapi secara on & real time kita bisa berinteraksi dengan mereka. Hal ini juga berdampak sangat baik untuk para member sendri karena popularitas mereka menjadi lebih meningkat, dan antrian ketika HS Event pun akan semakin panjang. Para member berusaha untuk meraih banyak simpati dari para fans, dan sangatlah menyenangkan bagi kita, sebagai fans, bisa ngobrol, diskusi dan lain-lain dengan member 48 Grup. Kami harap di SSK tahun depan pun project ini masih tetap ada.

Dengan feeling yang berbeda dari tahun sebelumnya, kami merasakan sebuah perubahan generasi yang di pimpin oleh Sashihara Rino di Senbatsu Sousenkyo tahun ini. Kami harap di SSK tahun selanjutnya akan banyak kejutan yang hadir dari para punggawa dari Chapter II AKB ini, kami sangat menunggu gebrakan kalian ! 


Sebagai apresiasi untuk mereka yang masuk ke top 16 , saya akan me-recap hasl speech masing-masing member di jajaran Senbatsu ini ;


#16
AKB48 - Unknown Team
Nyan Nyan Kamen (Kojima Haruna) / にゃんにゃん仮面(小嶋陽菜)
40.071 vote
Preliminary Result : #11 (12.630 vote)
Previous Rank : -
Rank in Last 2 Sousenkyo : - 




Aku datang dari masa depan, terimaksih untuk kalian yang singgah sebentar untuk memilihku disini (Sousenkyo). Aku merencanakan aksi ini akan berlanjut selama 10 menit ini, tapi aku pikir, kalian semua benar-benar tidak tertarik dengan hal ini. Malam ini, ada sedikit berita yang akan aku katakan, jadi, aku akan berbicara berita ini sebagai Kojima Haruna, yang artinya.... Ya, Identitas Nyan Nyan Kamen adalah aku, Kojima Haruna. Jika kalian bertanya-tanya kenapa aku memutuskan untuk hadir lagi di Sousenkyo, itu karena aku ingin berada disini untuk yang terakhir kalinya. 2 tahun lalu di event Sousenkyo juga ketika dalam sesi pidato dihadapan kalian semua aku mengatakan, " Aku punya rencana untuk graduate, tapi aku tidak mau !" , dan di Sousenkyo tahun lalu, aku tidak berpartisipasi. Tetapi, di Sousenkyo terakhirku untuk AKB ini, aku pikir, dengan tampil dengan seperti ini (Nyan Kamen) adalah untuk kepentingan bagi AKB sendiri. Dan apa yang aku katakan ini pasti akan menjadi headline disetiap koran yang akan terbit pagi hari nanti, siapkah kalian semua untuk berteriak "eehhh !??" ? SAYA, KOJIMA HARUNA, AKHIRNYA AKAN GRADUATE DARI AKB48 ! "Eeehh ?!" nya masih belum cukup ! Aku lulus dari AKB loh ?!  Terimakasih atas "eehh !?" nya dari kalian. Waktu dan tempat untuk Graduate ku masih belum ditentukan. Aku tidak mau seperti Takamina. Sangat menyenangkan mengikuti Sousenkyo tahun ini. Semuanya, tolong dukung AKB untuk kedepannya ! Terimakasih Banyak !!
nb.

Maksud dari  "Eeehh ?!" nya masih belum cukup ! adalah misi dari Kojiharu sendiri, dia tidak mau memberikan blow yang parah ketika dia mengumumkan kelulusannya, maka dari itu dibuatlah skenario Nyan Kamen.

Lalu pada, "aku tidak mau seperti Takamina" , Kojiharu tidak mau graduatenya diundur-under seperti Takahashi Minami, makanya dia memikirkan waktu yang tepat untuk graduatenya nanti.

====


#15
AKB48 - Team 4
Takahashi Juri / 高橋朱里
40.648 vote
Preliminary Result : #10 (12.705 vote)
Previous Rank :#25 (25.421 vote)
Rank in 2 Last Sousenkyo :#28 (23.612 vote)




Untuk kalian yang selalu memegang tanganku lalu kemudian menariknya hingga aku bisa sampai ditempat ini, aku ucapkan terima kasih banyak. Untuk pertma kalinya hingga saat ini, tidak peduli berapa banyak aku merasakan kekhawatiran, tidak peduli berapa banyak aku menangis, setiap saat hari bergulir terdapat banyak sekali arti bagiku. Meskipun hanya sedikit, aku merasa kerja kerasku telah terbayar. 2 tahun lalu aku menjadi bagian dari Under Girl, dan aku pun dipercaya untuk menjadi kapten team. Meskipun begitu, tidak ada banyak momen dimana aku merasa kerja kerasku akan terbayar, aku sangat iri dengan member lain yang berpidato di podium ini. Didalam hatiku, aku ingin tau apa yang harus aku lakukan agar kalian bisa menerima diriku ini. Aku sangat tertekan, dan juga merasa frustasi, disamping itu aku juga harus melanjutkanyang terbaik, aku tidak berfikir kalau inilah yang disebut sebagai "kerja keras" . Aku merasa seperti itu ketika aku sedang diuji. Aku tidak akan menyerah pada apa yang ada didepan mataku, aku tidak membenci ini, aku juga tidak akan menjadi peribadi yang lupa diri sendiri. Ketika untuk pertama kalinya aku mampu menghasilkan "buah" dari kerja kerasku, itu adalah pertama kalinya juga aku bisa meyakinkan diriku sendiri bahwa aku benar-benar bisa bekerja dengan sangat keras. Jadi, sampai saat ini, aku merasa seperti bisa mengalahkan sisi lemahku, meskipun hanya sedikit. Jika AKB berakhir hanya dalam satu Chapter, itu akan membuat semua orang kecewa dan frustasi. Kepada seluruh fans yang telah mendukung AKB hingga saat ini, dan juga kepada seluruh staff yang selalu memberikan supportnya pada kita semua, aku harap kalian semua akan tetap bisa meminjamkan kekuatan kalian. Aku harap, aku bisa membuat kalian percaya bahwa ada satu hal yang efeknya lebih hebat daripada air mata, keajaiban dan kerja keras. Sebagai member AKB dan juga kapten dari Team 4, aku akan melakukan yang terbaik. Aku harap kalian akan terus mendukung kami. Kepada seluruh fans yang mendukungku, aku katakan pada kalian kalau targetku selanjutnya adalah meraih spot yang lebih tinggi di Sousenkyo. Mengenal kalian semua adalah hal yang sangat aku banggakan. Terimakasih banyak karena telah bersama-sama bertarung denganku di Sousenkyo tahun ini, itu sangat hebat !

=====

#14
AKB48 - Team 4
Okada Nana / 岡田奈々
43.318 vote
Preliminary Result : #7 (14.889 vote)
Previous Rank :#29 (23.237 vote)
Rank in Last 2 Sousenkyo : #51 (15.873 vote) 




Kepada seluruh fans yang memberiku vote, dan juga mereka yang terus berteriak padaku, serta yang dengan sabar mendukungku diluar sana, aku ucapkan terimakasih banyak ! Sebelumnya, aku meminta maaf atas ketidaknyamanan dan kekhawatiran kalian semua ketika mendengar secara tiba-tiba aku mengumumkan akan hiatus dari grup, sebulan yang lalu. Ketika aku cukup merasa lebih baikkan, banyak fans yang berkata padaku, " Aku selalu akan menunggumu disini " , aku sangat lega mendengar perkataan mereka itu. Aku kemudian sangat senang karena mampu untuk datang kembali ke Tokyo, dan bisa bertemu lagi dengan mereka semua. Aku tidak mengatakan secara rinci kenapa aku hiatus dari grup pada kalian semua, aku hanya mengatakan jika kondisi tubuhku tidak baik, dan aku tau kalian pasti khawatir jika aku mengatakan hal ini pada kalian. Aku di diagnosis mengalami hypoglycemia , yang menyebabkan gangguan pola makanan / eating disorder, jika aku makan banyak aku pasti akan muntah. Maaf untuk tidak mengatakan yang sejujurnya pada kalian semua. Aku pikir kalian akan mulai membenciku jika aku mengatakan hal yang sebenarnya, tapi selamaaku menghilang, kalian tetap memberikan vote padaku, dan akhirnya bisa membawa diriku masuk ke Senbatsu, tempat yang selalu aku inginkan untuk bisa masuk kedalamnya. Jadi, aku putuskan untuk mengatakan apa yang sebenarnya terjadi padaku. Selama 2 minggu aku beristrahat dirumah, aku tidak bisa berhenti memkirkan AKB, dalam pikiranku aku selalu berkata, " Aku ingin bertemu dengan para member " , aku bahkan sangat cemas, "aku ingin kembali berdiri di teater !" , "aku ingin bertatap muka lagi dengan para fans !" atau " Apa yang para fans dan member lakukan saat ini di teater ? " Semua itu selalu terngiang di telinga dan pikiranku. Dari situ aku menyadari selain aku sangat mencintai AKB, aku juga sangat mencintai kalian semua (Fans). Dalam SSK 2 tahun lalu, aku mengatakan ingin bahu-membahu membangun AKB, dan perasaan itu tidak memudar dalam benakku. Dengan dipimpin oleh Soukantoku Yokoyama Yui, aku harap akan menjadi member penting bagi AKB. Dan juga aku ingin menjadi member yang mendemostrasikan bahwa kerja keras itu pasti tidak akan menghianati. Aku merasa bahwa ketika aku berusaha menekan diriku lebih jauh, semakin banyak fans yang akan mengerti apa yang aku rasakan. Aku tau kalau aku membuat kalian bingung ketika aku memotong rambutku sendiri, lalu kemudian mengumumkan bahwa aku akan hiatus dari grup, dan aku mungkin akan melakukan hal itu lagi, tapi untuk seluruh fans yang tetap sayang padaku, kalian adalah harta karun yang sangat berharga bagiku. Aku sangat yakin para fans ku ini sangatlah baik, selain itu, mereka selalu memberikan kritik padaku, dan itu sangatlah membangun bagiku, aku benar-benar mengapresiasi tindakan fansku itu. Aku ingin bersama-sama dengan fansku, tidak berada didepan atau dibelakang, tapi berjalan disampingku untuk bersama menyongsong masa depan AKB. Aku juga yakin, kalo kerja kerasku untuk berlari disini tidak akan menghianati. Semuanya, Terimakasih !
=====


#13
AKB48 - Team K
Mukaichi Mion / 向井地美音
47.094 vote
Preliminary Result : #29 (8.341 vote)
Previous Rank :#44 (18.392 vote)
Rank in Last 2 Sousenkyo : Not Ranked



Aku ucapkan terima kasih banyak untuk semua yang telah vote dan juga mendukung ku selama ini. Tidak ada yang menduga jika aku akan bisa berbicara disini sebagai anggota Senbatsu. Aku masih tidak percaya, ini seperti mimpi, aku benar-benar bahagia, terima kasih banyak ! AKB akan merayakan ulangtahunnya yang ke-11 tahun ini tanpa adanya Takamina-san, dan sekarang, jilid ke-2 AKB akan segera dimulai. Aku sangat cemas di Sousenkyo pertama dalam pembukaan jilid ke-2 AKB ini, aku mendapat kesempatan untuk menjadi Center, ketika pertama kali mendengar aku diberi perintah untuk menjadi center, aku tidak punya pilihan lain, aku harus brjuang ditengah kecemasan yang besar melanda hatiku, ini adalah center pertamaku di AKB, tapi aku merasa jika para fans menerimaku sebagai center di AKB dan buktinya adalah rank ke #13 ini. Aku benar-benar bangga berada di AKB, ada 2 hal yang sangat berarti bagiku disini, Rasa cinta pada AKB dan dengan para fans. Dari sejak pertama kali bergabung AKB, aku benar-benar cinta mati dengan AKB, tapi aku baru bisa mengatakannya sekarang. Aku masuk AKB ketika masih di SMP, dan saat itu, sebelum masuk AKB, hari-hari yang kulalui sangatlah sulit. Bermimpi dalam sebuah ketidakpastian, tidak tau apa yang akan dilakukan dan juga tidak punya tujuan. Ketika sedang diselimuti kegelapan, kemudian muncullah sedikit titik cahaya dalam hidupku, itu adalah AKB. Ya, AKB memberikan cukup cahaya dalam ruang gelap yang ada dalam diriku, hanya dengan menonton AKB lewat TV aku menjadi sangat bahagia, lalu kemudian aku memberanikan diri bertemu langsung dengan mereka dan memutuskan untuk mengikuti audisi AKB. Sekarang, aku berharap mereka (fans) ingin bergabung dengan AKB karena melihat diriku disini. Jadi, impianku selanjutnya adalah bekerja keras untuk memberikan cahaya pada semua orang, aku menjadi center di "Tsubasa Wa Iranai" , dan aku harap ini bukan center terakhirku disini. Aku ingin mempunyai peran yang lebih besar di Bab ke II AKB ini. Untuk mengawali perjalananku selanjutnya di bab ke 2 AKB, aku akan menerima peringkat ku di posisi #13 ini. Aku akan melakukan yang terbaik !
=====


#12
NGT48 - Team NIII
Kitahara Rie / 北原里英
50.190 vote
Preliminary Result : #50 (5.924 vote)
Previous Rank :#11 (61.566 vote)
Rank in Last 2 Sousenkyo : #19 (34.666 vote)



Untuk semua yang telah memberikan vote & dukungan padaku, dan juga, pada seluruh fans yang selalu datang ke teater Niigata untuk terus memberikan semangat pada kita, aku ucapkan terima kasih banyak. Aku adalah Kitahara Rie, kapten dari NGT48. Sousenkyo tahun ini penuh dengan tekanan. Aku tau jika posisi ku sebagai kapten di NGT ini membuat peluangku untuk masuk Senbatsu sangat kecil. Selama preliminary, aku berada di rank ke #50, aku benar-benar sangat gugup. Aku tidak bisa meraih mimpiku di Sousenkyo tahun ini. Sekarang, aku satu-satu nya dari Niigata yang berada di Senbatsu, aku sangat senang bisa berpidato disini, tersenyum, dan bisa berpidato didepan homebase ku. Tahun lalu, aku mengatakan kalau aku akan menjadi gadis Niigata, dan setelah setahun menjadi Idol dari Niigata, aku menyadari kalau aku menjadi semakin mencintai Grup ini lebih dari apa yang aku bayangkan. Aku melihat Stasiun kereta Niigata penuh dengan member AKB, dan ketika aku keluar dari stasiun, aku meihat banyak sosok dari member grup lainnya, aku merasa sangat lega bisa berada disini. Aku senang sekali melihat mereka datang. Lalu, kemudian aku berfikir kalau aku benar-benar telah menjadi gadis dari Niigata. Dengan meraih posisi Senbatsu di Sousenkyo tahun ini, aku berterima kasih pada seluruh fans lebih dari apapun. Aku sangat bersyukur, kalian, para fans, adalah hal yang sangat penting bagiku. Dan pada seluruh member yang tidak aku temui sejak Sousenkyo tahun kemarin, aku merasa bahwa aku telah menciptakan sebuah keluarga yang baru, ini seperti aku adalah seorang Ibu yang telah mempunyai putri baru, jadi aku bertekad untuk membuat mereka semua bahagia. Ya, aku menyadari, sebagai kapten, aku tidak memiliki sebuah kharisma yang kuat, tapi, aku akan selalu berusaha agar semua fans tetap senang melihat grup ini, karena aku sangat mencintai segala hal tentang NGT. Telah diumumkan juga bahwa NGT akan memiliki single debut, aku jadi termotifasi untuk lebih membangun NGT. Jadi, tolong dukung aku untuk membawa NGT menjadi lebih hebat lagi !
=====


#11
AKB48 - Team A
Yokoyama Yui / 横山由依
58.610 vote
Preliminary Result : #26 (8.701 vote)
Previous Rank :#10 (63.414 vote)
Rank in 2 Last Sousenkyo : #13 (40.232 vote) 




Terima kasih untuk semua yang telah berpartisipasi dalam Sousenkyo ini, dan juga untuk kalian yang sudah mendukung AKB48. Aku Soukantoku AKB48, Yokoyama Yui. Di Sousenkyo tahun lalu, aku berada di rank #10, tapi, ditahun ini aku turun 1 rank ke posisi #11. Ini adalah tahun pertamaku menjalani peran sebagai Soukantoku. Aku benar-benar sangat cemas.... Aku diberi kepercayaan dari Soukantoku sebelumnya (Takahashi Minami) untuk mengambil tanggung jawab ini. Aku tidaklah mempunyai kharisma yang kuat seperti Takamina-san, dan bahkan bukan berasal dari member generasi pertama. Jadi aku bertanya-tanya, apa yang bisa aku lakukan di tahun 2016 ini. Ada banyak yang mengatakan jika tugasku sebagai Soukantoku di AKB ini hanya cuman "ngerumpi" tidak jelas. Dan banyak juga yang bilang, bahwa segala hal yang aku pikir dan lakukan hanyalah kesalahan semata. Namun, setiap aku mengalami hal ini, para fans dan juga member selalu mendukungku. Di tahun ini, aku menyadari bahwa aku telah gagal memenuhi harapan kalian. Sebagai Soukantoku, aku ingin membuat grup ini menjadi sebuah tempat dimana kalian bisa berkaca pada diri kalian sendiri, tidak peduli jika rank kalian naik atau turun. Sepertinya waktu pidato ku terlalu lama ! Maaf ! Untuk jilid ke-2 AKB ini, terdapat banyak sekali member yang mempunyai hati yang sangat kuat, member yang tidak masuk kedalam rank Sousenkyo dan juga member-member yang tidak ikut berpartisipasi. Mulai dari sekarang, aku harap kalian semua akan terus mendukung 48 Grup.

=====


#10
AKB48 - Team K
Muto Tomu / 武藤十夢
58.624 vote
Preliminary Result : #31 (8.208 vote)
Previous Rank :#16 (44.637 vote)
Rank in Last 2 Sousenkyo : #24 (30.097 vote) 


Untuk semua yang telah mendukung dan memberikan vote nya untukku, aku ucapkan terimakasih banyak ! . Tahun lalu, ketika namaku dipanggil, aku sangat terkejut, dan pikiranku mendadak menjadi kalut saat itu. Tahun ini, aku sangat, saaangaat senang ! Hingga saat ini, aku selalu kehilangan kepercayaan diriku, dan bahkan ketika mendapatkan tempat di Senbatsu pun aku tetap suka merasa nervous dan sangat gelisah, hatiku seperti dipukul hancur berkeping-keping. Tapi, ketika Sousenkyo tahun lalu, berada di rank #16 benar-benar membuatku berubah. Jika seseorang bertanya padaku apakah aku menjadi bagian jilid ke 1 atau ke 2 AKB, aku pikir aku adalah bagian dari jilid ke 2 AKB. Sejak aku menjadi bagian dari AKB, aku telah banyak melihat member yang sangat bersinar dan juga para member senior yang terlihat sangat keren bagiku. Ketika aku menjadi bagian dari AKB, aku sangat mengagumi mereka semua. Tapi, AKB jilid ke 1 sekarang sudah selesai, aku bahkan diberitahu oleh orang-orang jika AKB itu hopless sekarang. Itu benar-benar membuatku frustasi. Tapi, sekarang ada banyak member Senbatsu sekarang yang maju kedepan untuk membuka lembaran Jilid kedua dari cerita AKB. Rank ku di Sousenkyo juga meningkat cukup baik, dan, aku merasa bahwa para member-member yang membawa jilid ke 2 AKB ini akan melanjutkan apa yang telah para senior lakukan dan juga akan mengubahnya agar menjadi lebih baik. Mulai dari sekarang, dengan raihan posisi ke #10 ini dalam hatiku, aku harap menjadi seseorang yang bermanfaat bagi AKB, aku juga berharap untuk bisa berada di jajaran terdepan sebagai member yang bisa kalian dukung di AKB. Tahun lalu, ketka aku meraih posisi #16, aku sangat khawatir kalau aku akan membuat kalian frustasi jika ditahun ini aku tidak menjadi bagian Senbatsu lagi. Aku akan terus melakukan yang terbaik, jadi tolong, lanjutkan dukungan kalian padaku !
=====


#9
HKT48 - Team H (Kennin with AKB48 Team K)
Kodama Haruka / 兒玉遥
60.591 vote
Preliminary Result : #8 (13.599 vote)
Previous Rank :#17 (43.985 vote)
Rank in Last 2 Sousenkyo : #21 (33.545 vote) 



Aku Kodama Haruka, dikenal sebagai Haruppi dari HKT48 Team H yang juga Kennin dengan AKB48 Team K. Terus selalu ada dalam bayanganku untuk menggambarkan semua scene yang indah ini, ketika aku menjadi bagian dari member Senbatsu. Untuk semua yang telah mendukungku, aku ucapkan terima kasih banyak. Selama pengumuman Preliminary Result, aku berada di rank ke #8. Tapi dalam Preliminary Result tahun kemarin, aku juga berada di rank ke #8. Jantungku berdebar-debar ketika aku berfikir apakah hasilnya akan berbeda di tahun ini ? Aku tidak menyangka kalau akhirnya aku bisa masuk ke Senbatsu untuk pertama kalinya di peringkat ke #9, aku sangat senang ! Aku telah banyak merasakan berada dalam situasi dimana aku hanya tinggal satu langkah lagi untuk meraih tujuanku. Daripada berfikir tentang langkah apa yang harus aku lakukan selanjutnya, aku sadar, aku tidak bisa berbuat apa-apa. Aku selalu sangat dekat dengan jajaran Senbatsu, dan itu memakan waktu yang sangat lama bagiku untuk bisa berada disana. Aku telah membuat kalian merasa sedih karena hal ini, maafkan aku. Tapi, para fans selalu mendukungku, mereka sangat gigih, hangat, dan selalu menyemangatiku. Kalian selalu mendukungku. Sungguh, kalian semua adan orang-orang yang sangat luar biasa. Terakhir, aku selalu dibangunkan oleh kalimat ini. Sama seperti apa yang Akimoto-sensei katakan : " Impianmu hanya berjarak satu milimeter dari jarimu " . Tidak peduli betapa pedihnya itu, hanya sebuah keyakinan yang aku butuhkan untuk bisa melanjutkan satu langkah kedepan, satu milimeter lebih dekat, sudah cukup membuatku berusaha lebih keras lagi. Segala sesuatu yang aku miliki, itu adalah rasa terima kasihku untuk semua yang telah mendukungku. Terimakasih banyak !
=====


#8
AKB48 - Team A
Shimazaki Haruka / 島崎遥香
68.126 vote
Preliminary Result : #17 (10.610 vote)
Previous Rank :#9 (73.803 vote)
Rank in Last 2 Sousenkyo : #10 (48.182 vote)  




Aku putuskan bahwa tahun ini akan menjadi Sousenkyo terakhirku. Sejak Sousenkyo tahun lalu, aku tidak melakukan banyak hal seperti apa yang seorang idol lakukan, aku bertanya-tanya, apakah aku harus berpartisi lagi (di Sousenkyo tahun depan ; maksudnya tahun ini). Aku selalu berfikir tentang graduate. Tapi pada saat itu, Soukantoku kita, Yokoyama Yui, mengatakan padaku untuk pantang menyerah. Aku ingin tau, apa yang harus aku katakan... Tapi bagiku, di tahun ini, aku benar-benar tidak mempunyai tujuan. Ini adalah tahun yang penuh tantangan, dan aku ingin tau, apakah semua orang membutuhkanku, mengerti diriku, dan akan terus mendukungku ? Jika iya, maka aku akan berjuang dengan diriku sendiri. Ini adalah saat terakhirku disini, dan mungkin akan sangat aneh jika aku mengatakan ini, untuk semua orang yang telah mendukungku, meskipun aku adalah bukanlah seseorang Idol yang seharusnya, dan pada semua orang yang menjadi fans dari member AKB lainnya dan mengatakan, "apakah baik-baik saja jika mendukung Idol seperti itu ?" (maksudnya seperti Paruru) , Aku mengucapkan terimakasih banyak, dan mengakhiri pidatoku. ..... Tokumitsu-san, apa kita punya banyak waktu ? Sebenarnya aku takut untuk melakukan ini, tapi aku ingin tau apakah aku bisa mengumumkan sebuah promo atau sesuatu yang seperti itu. 2 Juli nanti, Film baru berjudul "Haunted Campus" akan dirilis. Bertemakan tentang anak muda, horror dan cinta, 3 hal yang sangat sempurna untuk sebuah film dimusim panas. Aku harap kalian akan menontonnya. Aku tidak berfikir jika aku bisa meraih posisi ke #8, aku sangat senang, terima kasih banyak.
=====


#7
SKE48 - Team E
Suda Akari / 須田亜香里
69.159 vote
Preliminary Result : #5 (22.536 vote)
Previous Rank :#18 (43.665 vote)
Rank in Last 2 Sousenkyo : #10 (48.182 vote) 




Aku Suda Akari, Leader dari SKE48 Team E. Aku sangat berterima kasih untuk mereka yang telah mendukungku, dan untuk mereka yang mengizinkan aku untuk berdiri di podium ini. Terima kasih banyak. Saat Sousenkyo tahun lalu aku turun ke peringkat #18, setelah sebelumnya aku berada di Senbatsu, di peringkat ke #10. Aku menangis sejadi-jadinya, maafkan aku yang telah menampilkan sebuah scene yang sangat menyakitkan untuk kalian semua. Hari ini, aku bisa berada disini, dan tidak akan menangis, bukan karena aku telah meraih peringkat yang bagus. Di tahun lalu, aku menyadari apa yang sangat penting bagiku. Sampai sekarang, aku selalu berfikir bahwa hasil akhir itu adalah segalanya. Tapi, hingga sebelum kejadian itu terjadi (Sousenkyo 2015), aku selalu berada di jajaran Senbatsu. Oleh karena itu, aku menciptakan sebuah tempat untuk diriku sendiri di SKE. Selama aku bisa melihat para fans bahagia ketika melihatku, aku selalu mendapatkan apapun melalui hasil yang bagus, dan aku menyadari, jika aku bisa saja jatuh dan hilang karena terlalu memikirkan hasil akhir ini. Itu sangat memalukan, tapi di tahun lalu, aku benar-benar berfikir kalau aku telah kehilangan segalanya. Tapi aku menyadari bahwa hal yang paling penting bukanlah hasil akhir, tapi bagaimana perasaan dari banyak orang yang masuk kedalamnya. Perasaanku telah masuk kedalam sebuah kontak yang menghubungkan dengan banyak orang, dan aku sadar bahwa inilah hal yang sangat penting. Aku benar-benar sangat bersyukur. Oleh karena itu, rank ke #7 ini, bersama dengan jumlah vote dari fans untuk diriku, adalah 2 hal yang bermuara pada perasaan kebahagiaan dari diriku. Aku yakin diluaran sana ada banyak orang yang bertanya-tanya kenapa aku bisa dipanggil di peringkat #7 ini. Selama hasil Preliminary diumumkan, aku mengetik namaku sendiri di website. " Kenapa dia begitu terkenal?" adalah kalimat yang banyak ditemukan olehku. Jujur, ada banyak member yang lebih manis dariku, bahkan banyak sekali yang sangat bersinar. Aku sendiri heran kenapa aku bisa menempati rank ini. Tapi aku pikir itu bukan karena aku terkenal. Mungkin karena ada orang yang menemukanku, melihat dari pandangan yang jauh lebih dalam, kedalam hatiku. Oleh karena itu, dalam single ini, aku mungkin akan berada di posisi dimana aku akan lebih banyak bernyanyi, jadi tolong jangan bertanya, " Apa yang dia lakukan disini ?!" . Aku tidak keberatan jika kalian berkata demikian. Setiap kali seseorang berfikir, "Kenapa?", aku harus yakinkan kalian semua agar melihat seutuhnya kedalam jiwaku. Mulai dari sekarang, aku tidak akan terjebak di berada diposisi ini, tapi sebaliknya, aku akan memberikan kebahagiaan karena bisa berdiri disini. Terimakasih banyak !
=====


#6
HKT48 - Team KIV (Kennin with AKB48 Team A)
Miyawaki Sakura / 宮脇咲良
78.279 vote
Preliminary Result : #12 (12.410 vote)
Previous Rank :#7 (81.422 vote) 
Rank in Last 2 Sousenkyo :#11 (45.538 vote)





Terimakasih banyak untuk semua yang telah memilihku. Ada begitu banyak sekali kekurangan dalam diriku, jadi, aku tidak tau bagaimana untuk bisa membuat diriku menjadi semakin kuat. Aku tidak tau bagaimana cara untuk berusaha lebih keras lagi. Dan akupun tidak tau, apakah aku sedang menuju kearah yang benar sekarang. Tapi, ketika aku tidak memiliki kepercayaan diri terhdapa diriku sendiri, disana ada banyak sekali fans yang mengatakan padaku bahwa "tidak apa-apa jika kau mempunyai keyakinan". Ketika aku tersenyum, ada banyak orang yang sangat bahagia ketika melihatku, dan ketia aku menangis, ada juga orang-orang yang khawatir padaku. Itu karena kalian semua ada untukku ditahun ini, meskipun hanya sedikit, itu bisa membuatku meraih kembali kepercayaan diri dalam hidupku. Ini adalah pertama kalinya aku menangis ketika speech. Aku ingin ini menjadi tangisan yang bahagia, dan berada di posisi #6 ini adalah spot yang sangat luar biasa bagiku, tapi, targetku di Sousenkyo tahun ini adalah untuk bisa memasuki top 5, jadi, ini membuatku sangat frustasi. Sekarang, ketika Kojima-san mengumumkan graduatenya itu membuatku gelisah. Setiap kali member senior graduate, kegelisahan akan terus ada dalam diriku. Dalam speech Sousenkyo tahun lalu, aku berkata bahwa aku bertekad untuk meraih posisi #1, dan selama setahun ini, aku telah bekerja bersama-sama dengan para senior. Tapi, semakin dekat aku dengan mereka, semakin besar juga aura yang terpancar dari dalam diri mereka. Dan aku selalu berfikir, jika aku tidak akan pernah bisa melewati nama besar mereka. Mungkin, aku akan mengatakan sesuatu yang gila lagi seperti, " aku ingin menghacurkan AKB" . Tapi, aku merasa kalau aku sangat tidak pantas untuk berkata seperti itu. Aku sudah bisa meraih posisi #6, tapi, apa itu tidak masalah untuk mengatakan jika aku ingin menjadi #1 di tahun depan ? Aku masih harus banyak belajar, tapi aku akan melakukan yang terbaik, bekerja dengan lebih keras lagi dan berusaha untuk mengejar ketertinggalanku dengan para member seniorku.
=====


#5
AKB48 - Team B (Kennin with NGT48 Team NIII)
Kashiwagi Yuki / 柏木由紀
92.110 vote
Preliminary Result : #6 (20.988 vote)
Previous Rank :#2 (167.183 vote) 
Rank in Last 2 Sousenkyo :#3 (104.364 vote)




Untuk semua orang yang telah memilih dan mendukungku aku ucapkan terima kasih banyak. Dalam Preliminary, aku berada di posisi #6, jadi, aku sangat bersemangat untuk melihat kiprahku di Sousenkyo tahun ini. Aku naik satu peringkat ke posisi #5, jujur, aku menjadi sangat lega sekali sekarang. Terima kasih pada kalian semua, aku sangat senang karena aku bisa berdiri di podium ini dengan senyuman yang terpancar di wajahku. Secara keseluruhan, dukungan kalian selama Sousenkyo, Handshake Event, dan event Konser, bisa membuatku berada disini karena kalian semua selalu ada untukku. Aku harap kalian semua bisa terus selalu melihat padaku, dan aku akan selalu menjadi seorang Kashiwagi Yuki yang selalu membuat kalian bersemangat untuk mendukungku. Di tahun ini, aku sempat bergelut dengan pikiranku, apa aku memutuskan untuk tidak ikut dalam Sousenkyo ? . Aku memikirkan banyak sekali hal jika aku tidak berpartisipasi tahun ini. Selama waktu itu, telah diputuskan bahwa Sousenkyo akan digelar di Niigata. Menjabat Kennin dengan NGT, semua orang di Niigata menyambutku dengan sangat ramah dan hangat, meskipun betapa menyedihkan dan tidak bisa diandalkannya diriku ini disini. Tapi ada banyak sekali orang yang sangat bergantung padaku, aku ingin melakukan yang terbaik bersama-sama dengan mereka, dan meskipun hanya sedikit, aku ingin membayar lunas kebaikan mereka padaku, jadi, aku memutuskan untuk mendaftar Sousenkyo tahun ini. Untuk para member NGT, ini menjadi Sousenkyo pertama mereka, dan aku yakin ada banyak member yang nervous, tidak suka sama Sousenkyo dan juga sangat khawatir. Sampai sekarang ini, aku mempunyai pengalaman mengarungi 8 kali tampil di Sousenkyo, dan ada satu hal yang muncul dalam benakku. Aku percaya bahwa disini, ada sebuah "magic" yang akan membuat kalian semua semakin kuat. "Magic" yang pasti akan membuat kalian semua tumbuh dan berkembang. Jadi aku mohon, semuanya, tolong perhatikan hal itu dengan baik. Aku pikir semua member, termasuk diriku, akan menjadi semakin kuat. Lalu, aku bukanlah seseorang yang bisa melakukan hal spesial, dan aku tidak berfikir bahwa aku bisa membuat sesuatu terjadi dalam diriku. Tapi, aku sangat mencintai AKB48 dan akupun sangat menyayangi para member NGT48. Dan juga, sebagai bagian dari AKB, disetiap harinya aku selalu melakukan sesuatu yang aku cintai, dan aku sangat senang sekali. Aku harap, aku bisa melatih para member juniorku untuk memiliki perasaan yang gembira ketika melakukan sesuatu yang kalian cintai. Dengan AKB yang dipimpin oleh Soukantoku Yokoyama Yui, segala hal pasti akan berubah dan menjadi sesuatu yang baru. Dengan hasil di hari ini, aku pikir para member junior akan memiliki banyak senpai yang bisa mereka panggil. Para senpai ini sudah bisa melampaui ku disini. Ketika aku melihat ini, aku tidak merasa nyaman, tapi membuatku ingin untuk memimpin dan terus mendukung grup ini. Oleh karena itu, bersama dengan seluruh member dan fans disini, ayo kita raih segala hal yang ada didepan kita, dan aku harap kalian semua akan terus mendukung AKB, NGT, seluruh grup dan juga Kashiwagi Yuki. Terimakasih banyak untuk hari ini !

=====



#4
NMB48 - Team N
Yamamoto Sayaka / 山本彩
110.411 vote
Preliminary Result : #4 (26.680 vote)
Previous Rank :#6 (97.866 vote)
Higher Rank in Last Sousenkyo :#6 (67.916 vote)




Tahun lalu, dan ditahun sebelumnya, aku selalu berada di posisi #6, jadi, aku sangat nervous jika aku kembali meraih posisi #6 lagi. Dan akhirnya aku bisa lolos dari kutukan itu dan berhasil naik ke posisi #4. Aku selalu berkata bahwa aku ingin meraih no #1, tapi, sekarang aku sangat senang. Terima kasih banyak ! . Di tahun ini, aku bingung apakah akan ikut berpartisipasi atau tidak. Itu karena aku merasa akan menjadi sebuah beban bagi orang-orang yang mendukungku. Ketika aku merasa sangat khawatir tentang hal itu, banyak sekali orang mengirim pesan yang sangat hangat padaku, dan terus mendukungku dari belakang, jadi aku memutuskan untuk mendaftar Sousenkyo tahun ini. Sousenkyo, event yang hanya menampilkan rank dari member, tapi dicantumkan juga jumlah vote yang masuk bagi para member tersebut. Aku pikir jumlah vote ini adalah sebuah ekspresi dari rasa cinta, dan inilah apa yang aku rasakan saat ini. Cinta bukan hanya sesuatu yang bisa kalian lihat dengan mata, tapi, kalian mengajarkan ku dengan melalui Sousenkyo ini, bahwa disini ada banyak sekali cinta yang bisa kalian lihat dengan jelas. Jika aku harus mengungkapkan perasaan ku saat ini, bagiku itu adalah AMORE !!! Sampai saat ini, aku tentu berfikir bahwa seseorang akan mengatakan "Amore" di Sousenkyo, tapi ternyata tidak ada satupun yang mengatakannya, jadi, aku memutuskan untuk mengatakan itu. Terimakasih banyak. Di tahun ini, badai graduate menaungi NMB48. Milky, seseorang yang dalam waktu sangat lama selalu berada di sisiku juga mengumumkan kelulusannya bulan April lalu. Untuk semua yang mendukungku, aku yakin hal ini membuat kalian khawatir. Ketika di Handshake Event, banyak sekali fans yang berkata padaku, "Sangat buruk mendengar Milky graduate, iya kan ?" atau "Jangan menanggung NMB di pundakmu sendirian, jangan terlalu dalam untuk difikirkan." . Aku benar-benar berterima kasih untuk ke khawatirannya, tapi tidak seperti itu. Aku tidak percaya kalau aku membawa NMB hanya oleh diriku sendiri. Di sekelilingku ada banyak sekali member yang dapat diandalkan. Dengan didukung oleh seluruh member NMB, dan juga sebagai sorang kapten team, secara bersama-sama, bahu membahu satu sama lain, aku ingin membuat sesuatu terjadi di NMB. Oleh karena itu, aku akan sangat senang jika kalian menaruh perhatian pada seluruh member di NMB. Ketika Sousenkyo tahun ini selesai, dengan kegigihan dan kerja keras yang diberikan oleh kalian, ini akan menjadi giliranku untuk melakukan yang terbaik untuk kalian semua. Aku harap aku akan membuat kalian semua bahagia, aku harap aku akan bisamelukiskan senyuman di wajah kalian. Apapun yang terjadi, aku tidak akan gampang menyerah, seperti apa yang seharusnya seorang Kansai lakukan, aku akan berusaha dengan sekuat tenaga. Aku harap kalian akan terus meneriakan dukungan kalian.

=====


#3
SKE48 - Team S
Matsui Jurina / 松井珠理奈
112.341 vote
Preliminary Result : #3 (35.469 vote)
Previous Rank :#5 (105.289 vote)
Higher Rank in Last Sousenkyo :#4 (90.910 vote)




Untuk semua orang yang telah memilih dan mendukungku, aku ucapkan terimakasih banyak. Tahun ini sangatlah melelahkan bagiku. Aku menyadari bahwa "gunung" ini sangatlah tinggi untuk di taklukan. Aku sangat senang, tapi aku juga merasa sangat frustasi. Tapi, aku pikir itu adalah motivasi yang aku terima dari kalian. Aku mnerima banyak sekali pesan yang berkata bahwa ini "semua belum berakhir" . Jadi, aku telah memutuskan.... Aku, Matsui Jurina dari SKE48, 19 Tahun, akan terus bertekad untuk meraih posisi yang lebih tinggi. Terima kasih. Aku sangat senang bisa didukung oleh banyak orang. Akhir-akhir ini, dengan semua dukungan yang kalian berikan, aku bisa tampil dalam serial drama pertamaku. Dan theme song dari Drama ini berasal dari lagu SKE. Satu impianku telah menjadi kenyataan. Oleh karena itu, impianku selanjutnya adalah meraih peringkat #1 di Sousenkyo. Di Sousenkyo tahun depan aku akan berusia 20 tahun. Jadi, aku harap, bersama-sama kita akan membuat impian ini menjadi kenyataan. Aku harap kalian akan teus melanjutkan dukungan kalian pada AKB dan Matsui Jurina. Tahun depan, aku pasti akan merebut posisi #1 ke Nagoya ! Dan juga, aku, Matsui Jurina...... tidak akan graduate selama 5 tahun kedepan !! Aku harap kalian akan terus melanjutkan dukungan kalian !
=====


#2
AKB48 - Team B
Watanabe Mayu / 渡辺麻友
175.613 vote
Preliminary Result : #1 (42.034 vote)
Previous Rank :#3 (165.789 vote)
Higher Rank in Last Sousenkyo :#1 (159.854 vote)




AHHHHH ! Ini membuatku frustasi, sungguh ! Dalam Preliminary aku berada di posisi #1. Pada 2 tahun lalu, aku bisa meraih poisi #1 , dan saat tahun lalu, aku gagal untuk bisa memenangkan Sousenkyo 2 tahun berturut-turut dan jatuh ke peringkat #3. Di tahun ini, aku benar-benar berfikir bahwa aku akan bisa kembali meraih posisi #1 , tapi sayang sekali, aku tidak bisa melakukannya, jadi ini sangat membuatku frustasi. Dinding ini benar-benar tinggi. Aku pikir tidak ada seorangpun yang bisa melewatinya. Tapi, sampai hari ini, para fans dari Jepang dan juga seluruh fans yang berada diluar Jepang, datang bersama-sama untuk memberikan dukungannya padaku. Disetiap pergelaran Sousenkyo, aku selalu merasa sangat khawatir, aku pikir, jika aku bisa, aku akan pergi melarikan diri. Itu benar-benar sangat melelahkan. Selama di suasana Sousenkyo, ketika Handshake Event banyak fans yang berkata padaku, " Aku akan mendukungmu, jadi tolong jangan khawatir." , mendengar kata-kata yang tulus dari para fans ini mengangkat semangat yng ada dalam diriku. Mereka memberiku sebuah keberanian. Oleh karena itu, aku bisa berdiri di podium hari ini. Jujur, aku pikir AKB sedang erada dalam keadaan Darurat. Banyak member senior yang graduate, dan aku pikir member yang ada saat ini tidak bisa menutupi segala hal yang perlu kita lakukan.  Para member senior membuat AKB ini untuk kami, dan aku tidak mau melihatnya berakhir seperti sekarang. Mulai dari sekarang, aku harap AKB sekarang ini, dan juga 48 Grup lainnya akan dapat terus bisa dicintai selama beberapa dekade kedepan. Bagiku, grup ini telah mengajarkan ku banyak hal. Pada seluruh staff yang mendukung kami, dan dengan rasa ucapan terimakasih yang sangat besar pada seluruh fans untuk kata-kata mereka yang selalu memberikan kita semangat dan motivasi, dan juga untuk masa depan AKB, aku ingin berontribusi lebih banyak lagi untuk kepentingan grup ini. Ada satu hal yang ingin aku sampaikan untuk para member juniorku. Aku lulus audisi dan bergabung dengan AKB ketika berusia 12 tahun. Tidak terasa sudah 10 tahun aku lewati sejak saat itu. Aku telah mengorbankan apapun yang aku punya dan memberikan seluruh masa mudaku hanya untuk AKB. Pemandangan yang bisa kalian lihat sekarang jangan diambil hanya untuk bisa diberikan. Kalian mungkin tidak akan bisa lagi melihat pemandangan yang sama selamanya. Jadi, aku harap kalian tidak akan lupa untuk mengucap rasa syukur bisa berada dilingkungan ini, dan bisa selalu didukung oleh seluruh fans kalian. Hari ini hanyalah satu momen, dan aku harap kalan bisa terus melanjutkan atau membuat momen-momen kalian tanpa ada rasa penyesalan, ketika kalian bekerja keras, kalian akan melangkah satu step lebih jauh. Sebagai member AKB, dengan kebanggaan dan tanggung jawab dalam jiwaku, aku harap untuk terus bisa lebih giat lagi disetiap harinya. Semuanya, terimakasih banyak !

=====

#1
HKT48 - Team H
Sashihara Rino / 指原莉乃
243.011 vote
Preliminary Result : #2 (41.127 vote)
Previous Rank : #1 (194.049 vote)
Higher Rank in Last Sousenkyo : #2 (141.954)





Semuanya, sungguh, terima kasih banyak. Sebagian dari diriku tidak percaya bahwa aku bisa meraih capaian 2 kali meraih kemenangan secara berturut-turut, sesuatu yang tidak pernah dilakukan, bahkan oleh seseorang yang sekaliber Acchan dan Yuko. Aku bisa melakukannya, jauh didalam lubuk hatiku, aku benar-benar sangat senang, terima kasih banyak. Mungkin ini bisa dibilang sedikit sombong, tapi aku mempunyai sebuah permintaan. Ini adalah kali ketiga aku meraih posisi #1 di Sousenkyo. Jadi tolong agar kalian semua mengakui aku sebagai si no #1. Aku telah melakukan banyak pekerjaan melalui skandal yang aku alami. Tapi, sekarang aku sudah bekerja tanpa harus lagi menggunakan berita skandalku itu. Aku tidak seperti Acchan, Yuko atau Mayu. Jadi tidak akan aneh kalau berfikir jika aku telah "di rancang" sebagai bagian dari beberapa " rencana ". Aku juga punya pikiran seperti itu. Aku telah membuat begitu banyak kesalahan. Jika kalian melihatku, tidak ada apapun yang bisa kalian lihat selain " seorang gadis yang hina" . Tapi, sama seperti raihan seorang member yang bisa mencapai peringkat #1, hubunganku dengan seluruh fans menjadi semakin dekat. Menjadi no #1 bagiku bukanlah sesuatu yang harus aku ambil untuk di berikan. Bukan berarti aku tidak bisa dikalahkan karena aku si no #1. Tapi karena para fansku bekerja dengan sangat keras untuk bisa membuatku berada disini. Kadang, aku selalu ingin kalian mengucapkan selamat padaku dengan tulus. Suatu hari nanti, aku ingin menjadi no #1 lagi, dimana aku bisa diberi kata selamat yang tulus dari hati kalian, sama seperti yang kalian berikan pada Acchan, Yuko atau Mayu. Tapi, hari ini aku sangat senang, Terima kasih banyak. Selanjutnya untuk para member HKT...... Setiap member mengeluarkan air mata kebahagiaan disini, dan bahkan para member yang tidak masuk rank pun sangat senang melihat teman atau sahabatnya bisa masuk rank  Sousenkyo. Aku sangat senang melihat hal ini. Terimakasih telah mengajarkanku sebuah kebahagiaan yang sangat luarbiasa ini. Kita adalah center dari seluruh grup yang ada di 48, sebuah single digit ranking, dan grup ini telah berkembang menjadi semakin besar. Jujur, didalam hatiku ini, aku merasa sangat senang. Itu karena kalian selalu berada disana untukku, dan membuatku termotivasi untuk bisa melakukan yang terbaik. Lalu, ini tentang masalah pribadiku, Kakek tercintaku meninggal pada bulan Februari lalu. Aku sangat menyesal menggunakan alasan kalau aku sangat sibuk sehingga tidak bisa menjenguk kakeku. Meskipun aku pulang ke Oita beberapa kali, aku tetap tidak sempat untuk bisa melihatnya. Tapi, aku mempunyai kalian untuk terus bisa mendukungku, dan hal ini membuatku bisa meraih posisi #1 2 kali berturut-turut. Aku berdiri disini sekarang. Dan aku yakin kakeku di alam sana sangat senang bisa melihatku bisa berdiri disini. Aku akan memmbawa award ini kembali ke Oita, dan membuat semua orang tau bahwa aku telah menjadi no #1 di AKB. Ini semua bekat kalian semua, sungguh, terima kasih banyak. Aku sangat mencintai AKB yang dibuat oleh Mayuyu dan Yokoyama. Dengan 2 orang ini berada dibelakangku, aku akan mencoba yang terbaik untuk tidak membuat masalah karena mereka berdua menarik diriku untuk membangun AKB brsama-sama. Biasanya aku terlalu malu untuk bisa mengatakan hal ini, dan aku tidak yakin apa aku harus mengatakannya ? karena aku belum pernah mengatakan ini sebelumnya. Aku selalu malu untuk mengatakan kalau aku tidak mempunyai rival, tapi, bagiku, kau adalah saingan terbesarku (Mayu). Mulai sekarang, mari kita membuat Grup yang lebih hebat lagi untuk menjadi wakil Idol terbaik di negeri ini.




Trivia Senbatsu Sousenkyo 2016 :

* Member yang tidak berpartisipasi di Sousenkyo 2016 :

    Team A: Ogasawara Mayu, Takahashi Minami, Maeda Ami
    Team K: Aigasa Moe, Ishida Haruka, Nakata Chisato
    Team B: Umeta Ayano, Kobayashi Kana, Takeuchi Miyu, Tanabe Miku
    Team 4: Nozawa Rena, Murayama Yuiri
    Team 8: Fujimura Natsuki, Yamamoto Ai, Iwasaki Moeka
    Team S: Oya Masana, Tsuzuki Rika, Yakata Miki
    Team KII: Ishida Anna, Takagi Yumana, Matsumura Kaori
    Team E: Kato Rumi, Shibata Aya
    Team N: Jonishi Kei, Nishimura Aika, Yamaguchi Yuki
    Team M: Kinoshita Momoka, Tanigawa Airi
    Team BII: Kinoshita Haruna, Watanabe Miyuki
    NMB48 Kenkyuusei: Shibata Yui
    Team H: Anai Chihiro
    Team KIV: Ota Aika
    Team Kaigai: Chikano Rina, Nakagawa Haruka, Miyazawa Sae

* Sousenkyo 2016 ini adalah Sousenkyo pertama bagi NGT48
* Sousenkyo pertama yang mengumumkan lebih dari 80 member ketika hasil Preliminary Result diumumkan.
* 23 Maret 2016 lalu, staff menerima aplikasi dari Nyan Nyan Kamen (にゃんにゃん仮面), yang mereka yakini bahwa aplikasi ini adalah nama alias dari Kojima Haruna. Isi dari Formulir ini diisi oleh hal yang tidak masuk akal seperti pada kolom ulang tahun yang diisi 22 Februari 2222. Kojima mengklarifikasi dihari selanjutnya bahwa itu bukanlah aplikasi dari dirinya. Pada 5 April, manajemen secara resmi menerima aplikasi dari "Nyan Nyan Kamen" . Dengan rilisnya poster Sousenkyo dari seluruh member, bisa diketahui jika Nyan Nyan Kamen adalah Kojima Haruna. Nyan Nyan Kamen juga mengatakan kalau dia adalah Kojima Haruna selama skit Komedinya di Sousenkyo.
* Iwasaki Moeka dan Shibata Yui mengirimkan aplikasinya untuk Sousenkyo tahun ini, tapi kemudian membatalkan aplikasinya tersebut setelah mereka berdua mengumumkan kelulusannya ( Iwasaki pada 3 April, Shibata pada 3 Mei).
* Jumlah total member yang mengikuti Sousenkyo tahun ini sama jumlahnya dengan Sousenkyo kemarin, sebanyak 272 member. Jumlah member ini sempat naik ketika aplikasi Nyan Kamen diterima, tapi kemudian turun kembali karena Iwasaki Moeka dan Shibata Yui graduated. Jadi jumlah totalnya adalah 271.
* Member Baito AKB Paruru Senbatsu, SHigefuji Fuyuka dan Hinode Yuka tidak bisa mengikuti Sousenkyo
*  Ketika konser sebelum main event, terdapat pengumuman bahwa bagi grup yang paling banyak mewakilkan membernya ke 80 rank Sousenkyo akan mendapatkan original stage song yang baru. AKB48 kemudian memenangkan perlombaan ini karena berhasil mewakilkan banyak membernya di Sousenkyo tahun ini.
* Jika dibandingkan dengan Sousenkyo tahun lalu, Sashihara Rino adalah satu-satunya member yang peringkatnya tidak berubah. Dia juga menjadi member pertama yang dapat meraih vote menembus 200.000, dua kali secara berturut-turut menjadi AKB no #1, dan juga memenangkan Sousenkyo 3 kali (2013, 2015, 2016)
* Kojima Haruna (dengan menggunakan nama alias Nyan Nyan Kamen) meraih peningkatan rank yang sangat tinggi ( dari non Rank ke posisi #16) , dan sebaliknya, Tano Yuka menjadi member yang mengalami penurunan rank yang sangat besar, ( Dari #47 ke non Rank)
* Mantan member AKB, Oshima Yuko datang ke stage dan membuat penampilan spesialnya dengan menjadi seorang polisi ketika adegan skit komedi dengan Nyan Kamen.
* Sousenkyo pertama bagi member Team 8 agar bisa mengirimkan wakilnya masuk ke 80 besar, ( #70 Sakaguchi Nagisa dan #38 Kuranoo Narumi) sejak debut mereka tahun 2014 lalu.
* Kashiwagi Yuki mengalami penurunan vote sebanyak 75.073 jika dibandingkan dengan Sousenkyo tahun lalu, ini adalah kehilangan vote yang paling besar dalam sejarah Sousenkyo.
* Di Sousenkyo tahun ini terdapat banyak member yang akhirnya bisa comeback ke jajaran Sousenkyo ; Murashige Anna (#80), Miyazaki Miho (#78), Nishino Miki (#61), Komada Hiroka (#60), Iwatate Saho (#51), Oshima Ryoka (#32), Iriyama Anna (#18), dan Kojima Haruna (#16) adalah member-member yang masuk rank di Sousenkyo 2014, tapi di tahun selanjutnya (SSK 2015) mereka gagal masuk atau memutuskan untuk tidak berpartisipasi di Sousenkyo.
* Team A, Team H dan Team KIV adalah Team yang bisa menghantarkan member-membernya masuk ke 5 golongan Sousenkyo (Senbatsu, Under Girl, Next Girl, Future Girl, dan Upcoming Girl)

 


Zhao Xing Fang / K Miyanoshita with N  Takamura.


1 comments:

gAN TOLONG JELASIN PERSOALAN MENGENAI HUBUNGAN ANTARA AKB48 & SNH48 DONG.. TRIMS GAN, AKU TUNGGU YAA


EmoticonEmoticon