Urban Legend AKB48 : Nama seluruh Grup AKB48 Jepang selalu dimulai dengan huruf "E"


Apa kalian menyadari jika di AKB48 Group Jepang terdapat sebuah Urban Legend yang mengatakan bahwa manajemen AKB (AKS) seperti "sengaja" selalu memberikan awalan ejaan huruf "E" disetiap sisters group nya*. Contoh ; AKB (Ei-ke-bi), SKE (Es-ke-i/Esu-ke-i), NMB (En-em-bi/Enu-em-bi), HKT (Eich-ke-ti), NGT (En-ji-ti/Enu-ji-ti), STU (Esu-te-yu). Hal ini mungkin bertujuan untuk memudahkan para fans yang ingin membeli CD 48Group, kenapa ? karena ketika CD datang dari dealer ke Toko, kumpulan CD 48Grup ini tidak akan terpisah saat dijajarkan di rak yang disusun berdasarkan huruf awalan, yaitu "E / エ". Jadi ketika ada fans yang sedang belanja  ke Toko CD, ketika dia melihat huruf "E" di rak, maka CD AKB, SKE, NMB, dan sister grup lainnya akan terpampang jelas, niat awalnya mau beli satu CD AKB saja akhirnya CD 48Grup diborong semua, ini merupakan bisnis yang sangat menguntungkan, iya kan ?

nb * : ane tau kalo nama singkatan grup berasal dari nama daerah homebase grup didirikan.

Akan tetapi, tidak ada konfirmasi resmi dari manajemen tentang hal ini. Jika saja itu tidak benar, maka sebaliknya, tujuan yang ane tulis diatas itu bakalan dianggap "terlalu mengada-ngada" dan merupakan sebuah kebetulan yang bener-bener amazing.

Grup Overseas adalah Pengecualian

Perlu digaris bawahi, pengecualian untuk semua Grup Overseas AKB. Ya, meskipun SNH48 dan MNL48 memiliki ejaan awal huruf "E", mereka bukanlah 48Grup Jepang. Kenapa Grup Overseas tidak relevan ? Karena jika mereka turut masuk dalam topik diskusi ini, maka Grup yang nama awalnya dieja dengan huruf "E" tidak spesial lagi.

Berikut adalah huruf alfabet latin dan ejaannya menurut bahasa Jepang ;

A エイ / Ei
B ビィ / Bi, Byi
C シィ / Shi~i
D ディ / Di
E イー / I
F エフ / Efu
G ジィ / Ji~i
H エイチ / Eichi
I アイ / Ai
J ジェイ / Jei
K ケイ / Kei
L エル / Eru
M エム / Emu

N エヌ / Enu
O オウ / O
P ピー / Pi
Q キュー / Kyu
R アール / Aru
S エス / Esu
T ティ / Ti
U ユー / Yu
V ブイ / Bui
W ダブリュ / Daburyu
X エックス / Ekkusu
Y ワイ / Wai
Z ゼット / Zetto

Dari 26 huruf Alfabet, 8 diantaranya atau sekitar 30%, diawali dengan ejaan "E / エ". Dan tidak itu saja, dalam Alfabet bahasa Jepang sendiri, 5 dari 9 alfabet kata ejaannya diawali dengan huruf "E" , berikut adalah buktinya ;

か行 (Kagyo)… K Kei
さ行 (Sagyo)… S Esu
た行 (Tagyo)… T Ti
な行 (Nagyo)… N Enu
は行 (Hagyo)… H Eichi
ま行 (Magyo)… M Emu

や行 (Yagyo)… Y Wai
ら行 (Ragyo)… L Eru
わ行 (Wagyo)… W Daburyu

Jika kalian ingin lebih teliti lagi dalam memecahkan misteri nama group ini, kalian harus mulai melakukan research ke setiap prefektur atau kota tempat homebase grup berdiri mengenai statistik abjad dan juga karakternya. Tapi ane pikir itu bakalan useless dan buang-buang energi. Sebaliknya, jika kalian malah tertarik dan ingin meneliti jauh lebih dalam tentang Urban Legend ini, kalian bisa mulai dari ejaan huruf "E' dalam setiap grup. 

Akihabara bukanlah nama kota, tapi district

Nama-nama tempat / kota di Jepang lebih sering menggunakan alfabet dari Sagyo, Nagyo, Hagyo dan Magyo. Setelah memeriksa seluruh inisial nama kota di Jepang, yang paling major adalah huruf A, S, N, H, F, dan M, (ejaan awal "E") hampir 40% nya berasal dari alfabet Nagyo.
※ Meskipun Akihabara (AKB), Sakae (SKE), Namba (NMB) dan Hakata (HKT) bukanlah nama kota (-shi) di Jepang, hanya sebuah district dalam sebuah kota, jika kalian mengubah nama district itu dalam singkatan / Akronim, maka teori ejaan huruf "E" diawal akronim akan muncul dan menjadi prioritas utama.

Yang menarik disini adalah HKT48. Homebase dari HKT48 adalah di Hakata, kota Fukuoka. Do you get it ? Kalo saja Hakata ga dipilih pun nama Fukuoka48 pasti akan masuk kriteria, iya kan ? Nah, melihat hal ini, sepertinya ada kemungkinan kalo manajemen memang secara sengaja memilih tempat yang memiiki ejaan awal "E" untuk menjadi homebase grup.


2 comments

suka banget akulah baca postingan disini topik nya selalu baru gk copypaste selalu update informasinya selalu detail

Syukurlah kalo agan suka ame postingan" ane dimari :-bd
ane gasuka kopas si orangnya, jdi nyari info dari website luar indo gitu, biar fresh n beda,cuman resikonya bakalan dikopas ame blog indo :D


EmoticonEmoticon