Spesial Prediksi AKB48 Senbatsu Sousenkyo 2017 〜Mazu wa Tatakaou! Hanashi wa Sorekara da〜 : Treble win for Sashihara ? Revenge dari member Underated , Kejutan Member Allstar dan Bangkitnya Matsui Jurina !




Dalam pagelaran Sousenkyo ke-8 AKB48 tahun 2016 lalu, tercipta sebuah sejarah yang mungkin gaakan bisa diulangi lagi oleh member 48 lain. Secara mengejutkan, Teater Manager HKT48, Sashihara Rino berhasil meraih back-to-back gelar ratu Senbatsu Sousenkyo ! Sebuah prestasi yang sangat hebat karena belum ada satupun member yang bisa melakukan hal ini. Nama-nama " Heavyweight " yang kisah rivalitasnya melegenda di seluruh dunia, Atsuko Maeda dan Oshima Yuko pun sampai akhir perjalanannya di AKB tidak " mampu " meraih raihan ini.


Beberapa hari ini, di Internet mulai muncul banyak banget tentang prediksi Sousenkyo AKB yang akan digelar bulan Juni nanti. Well, sekarang mungkin terlalu buru-buru untuk bisa menerawang member mana saja yang akan masuk ke top #80, tapi ini menunjukan sebuah excitement dari para fans dalam memeriahkan Senbatsu Sousenkyo tahun 2017.

Dan ane adalah salah satu dari fans AKB yang merasakan excitement itu coooyy !! Jadi, dalam artikel ini, meskipun Sousenkyo akan digelar 3 bulan lagi, ane udah gatel banget pengen nulis prediksi yang akan terjadi di Sousenkyo tahun ini, ane bakalan bahas secara detil tentang member yang berpotensi masuk TOP #16, peluang member youngster, jadwal dan lokasi yang akan digunakan untuk Sousenkyo nanti !


Introduction to Senbatsu Sousenkyo 2017



Bulan Agustus 2012 lalu, seorang member yang dikatakan sebagai " The face of AKB48 " dan " Enternal Ace " , Atsuko Maeda, graduate dari AKB48. Banyak yang berkata jika ini adalah the end of the beginning dari perjalanan panjang AKB, mereka harus membuka halaman baru untuk kembali menulis bagian sejarah mereka yang sempat terhenti, ya, ini adalah awal dari Jilid ke-2 AKB48. Tapi, kenangan indah yang telah Atsuko berikan selama di AKB masih akan tetap terlukis indah dalam hati setiap fans, its still a memorable story.

Lima tahun telah berlalu, dan selama rentang waktu tersebut, tidak hanya AKB tapi seluruh 48 Group mengalami perubahan dan perombakan yang sangat besar. Terutama pada tahun 2015 hingga 2016 yang disebut sebagai " Turbulent years of 48 Group " , terdapat banyak " gejolak " yang terjadi di masing-masing grup, Jilid ke-2 AKB48 mungkin baru saja dimulai setelah 3 tahun masih merasakan transisi setelah kepergian Atsuko, kemudian ditambah oleh kembali lepasnya " Giant Member " , Oshima Yuko.


48 Grup dilanda Gejolak setelah Maeda Grad, 2 tahun kemudian Oshima menambah "kekacauan" yang ada di grup, graduatenya Takahashi membuka "jalan" bagi member veteran untuk keluar bersamanya.

Takahashi Minami, sang General Manager dari AKB48 memutuskan untuk graduate ketika AKB merayakan ulang tahunnya yang ke-10, hal ini ternyata menjadi sebuah " pintu gerbang " bagi para member veteran untuk mengikuti langkahnya seperti Takajo Aki, Kawaei Rina dan Miyazawa Sae. Selain itu, pentolan dari Nagoya, Matsui Rena pun graduate, lalu kemudian 2 Officer SKE, Shibata Aya dan Matsumura Kaori lebih memilih untuk tidak berpartisipasi dalam Sousenkyo 2016. NMB48 juga mengalami situasi yang emergency, salah satu Ace nya, Watanabe Miyuki graduate, dan dalam edisi Sousenkyo 2016, hanya 3 member NMB yang berhasil masuk 2 jajaran tertinggi Sousenkyo ( Senbatsu : Sayaka Yamamoto . Undergirl : Shiroma Miru dan Okita Ayaka), paling sedikit diantara grup lainnya. Jika saja Sayanee milih graduate atau ga ikut partisipasi di Sousenkyo, sudah dipastikan posisi NMB di Sousenkyo jadi meragukan, apakah akan karam atau malah melesat ? tentu kalian udah tau jawabannya yang mana.

Sayanee pecah dalam tangisan karena kecewa dengan hasil Sousenkyo 2015
Keep strong !

Keseriusan dari Sayanee untuk membawa ambisinya agar status NMB menjadi lebih " terhormat " dimata fans bisa dilihat ketika stage show di teater NMB beberapa hari setelah Sousenkyo 2015 digelar, Yamamoto Sayaka, yang saat itu berdiri di podium Sousenkyo menerima piala rank ke #6 dengan tegar, tidak ada air mata yang turun dimatanya, well, Sayanee emang ga pernah kelihatan nangis waktu di Sousenkyo, tapi ternyata ketegarannya saat dipodium itu pecah saat dia tampil di teater NMB, Sayanee terlihat sangat " hancur " karena kecewa ambisinya itu musnah.

Bagi NMB48, apa yang dialami oleh 2 ace nya itu membuat masa depan NMB menjadi tanda tanya, apa yang akan terjadi pada grup ini kedepannya nanti ?


Miyawaki dan Kodama seperti backing dari Sashihara, ane harap setelah Sasshi ga ada mereka bisa gantiin emak

Satu-satunya grup yang " aman " dalam periode Turbulent ini hanya HKT48, mereka memiliki ekspetasi yang besar pada seorang Sashihara Rino, ditambah 2 backing member yang tumbuh sebagai next generation Ace , Miyawaki Sakura dan Kodama Haruka.


Kejutan Sousenkyo tahun lalu, Kato Minami, apakah tahun ini magis Katomina akan berlanjut ?

Oh iya, jangan lupakan juga NGT48 yang melakukan debutnya di awal tahun 2016. Pada tanggal 10 Januari 2016, NGT48 resmi membuka teaternya yang berada di Lovela 2 Bandai City lantai 4, bersamaan dengan peluncuran team NIII, lalu kemudian beberapa hari selanjutnya diumumkan pembuatan CD debut single NGT yang akhirnya rilis pada 2 Maret kemarin. NGT juga langsung bisa berpartisipasi dalam Sousenkyo 2016 dengan memunculkan member-member potensial seperti Kato Minami, Ogino Yuka dan Nakai Rika.

Ane pikir di Sousenkyo 2016 kemarin meskipun aura pertarungan antara masing-masing grup ga seberisik saat Sousenkyo 2015, tapi dengan bertambahnya satu grup ke dalam persaingan Sousenkyo, menambah rumit perasingan antar member untuk mendapatkan spot di top #80. Tapi jujur aje nih, pasti ada hal-hal yang terjadi di Sousenkyo 2016 dan akan menjadi trigger bagi beberapa member, apa itu ? masih menjadi misteri, silahkan cari dan diskusiin sendiri.

Riripon dan Sarina, jisedai 48 grup yang akan memimpin masing-masing Grup

Dan di tahun 2017 ini, AKB48 akan benar-benar membuka Jilid ke-2 mereka. Dan tentu saja, kekuatan dari para member next generation sangat dibutuhkan untuk membawa 48 Group kedalam Jilid yang baru ini. Kalo menurut pandangan ane sebagai scout sekarang, member yang bisa dibilang next-gen 48 Grup mereka yang sudah dikenal publik diantaranya adalah Sutou Ririka (NMB48), Soda Sarina (SKE48) dan Ogino Yuka (NGT). Mereka bertiga (dan beberapa lainnya) akan memainkan peran yang besar bagi grup dimasa depan, para fans pun sangat senang dengan para youngster ini dan pasti jumlah vote yang akan mereka raih di SSK akan menanjak di setiap tahunnya.




STU48, grup baru 48 yang akan melakukan debutnya tahun ini, mendapatkan restu dari manajemen AKB untuk mengikuti Sousenkyo. Well, jujur saja ane ga terlalu terkejut dengan berita ini karena dalam 44 member yang berhasil menjadi generasi pertama STU (abaikan Sasshi ame Naachan, mereka Kennin dan "hanya" mendompleng STU48 agar lebih "ngangkat"), ada beberapa nama yang sudah malang melintang di Industri idol, #10 Otani Marina (14), #22 Imamura Mizuki (17), #25 Minekichi Arisa (12) dan #31 Chiho Ishida (14). Mereka berempat adalah member dari Actor's School Hiroshima / SPL∞ASH.


Poin-poin penting dalam Senbatsu Sousenkyo 2017




Well, apakah akan ada kejutan dalam waktu 3 bulan sebelum Sousenkyo tahun ini digelar ? Siapa yang akan tetap bertahan dan siapa yang akan mundur ? Jika melihat dalam 3 Sousenkyo sebelumnya, ada cukup banyak member top flight yang memutuskan untuk tidak berpartisipasi. Bagaimana dengan tahun ini ? Mari kita lihat situasi yang dialami para member Kami7 48 grup dalam setahun terakhir ini.

Sashihara Rino : Di seitansainya tahun 2016 lalu, Sasshi mengatakan masih bimbang untuk mengikuti Sousenkyo, tapi dalam sebuah Press Conference beberapa waktu lalu, Sasshi bertekad untuk bisa meraih Queen Senbatsu 3 kali berturut-turut.

Watanabe Mayu : Adem ayem, tidak mengatakan apapun.

Matsui Jurina : Seperti dalam specch nya di SSK tahun lalu, dia akan masih berada di 48 Grup selama 5 tahun kedepan.

Yamamoto Sayaka* : Tahun lalu menjadi tahun yang penuh dilema bagi dirinya, tapi dengan meraih peringkat pertama dalam singing battle di Kohaku, apakah itu akan menjadi booster untuk dirinya agar bisa meraih tahta Queen of Senbatsu ?

Kashiwagi Yuki* : Terus terang ane Khawatir sama Yukirin, kalo Mayu sih ane maklum karena wajahnye cukup ada dimana-mana, tapi kalo Yukirin ? dia tidak ada pergerakan sama sekali selama setahun ini, The last Sousenkyo ?

Miyawaki Sakura : Kandidat kuat pengrusak Top #5 Sousenkyo.

Ket * : sudah dipastikan tidak mengikuti Sousenkyo tahun ini

Apakah Sasshi bertekad untuk meraih Sousenkyo 3 kali berturut-turut ? Dalam seitansainya, dia mengatakan bahwa tahun 2017 ini adalah Sousenkyo terakhirnya. Jujur aja ane ga yakin kalo apa yang Sasshi ucapin itu bener dari hatinya, bukan tahun ini, tapi di Sousenkyo tahun 2018 nanti. Dan ternyata feeling ane itu bener, menurut info yang ane dapetin dari temen Jepang ane yang ikut HS ke booth nya Sasshi, dia bilang kalo tahun 2018 tu Sousenkyo terakhirnya, bukan tahun ini. Jadi, artinya Sasshi ready buat bikin sejarah baru lagi di AKB. Dan untuk para member 48 grup lainnya yang memutuskan untuk stay ikut Sousenkyo, ini saatnya kalian untuk bersiap-siap.

Watanabe Mayu dan Kashiwagi Yuki, What's wrong with you two ?!


Hey ? Ada apa dengan lu olang beldua ??

Mungkin hanya Watanabe Mayu yang bisa menyaingi monster dari Hakata, Sashihara Rino di Sousenkyo, akan tetapi, persaingan mereka bisa saja tidak akan sebrutal pada tahun-tahun sebelumnya. Tahun lalu, perbandingan jumlah vote antara Mayu dan Sasshi sebanyak 70.000, dan tentu saja ini adalah absolute win bagi Sasshi. Ane pikir peluang Mayu untuk menang tahun ini "cukup" kecil, dan Mayuyu juga pasti menyadari jika dia ikut Sousenkyo tahun ini pasti akan jadi runner-up lagi atau paling tidak turun rank ke #3. Ane bilang kek gitu karena dalam speech nya di Sousenkyo tahun kemarin Mayu ngomong sesuatu seperti itu.

Tapi, ane gaakan banyak berspekulasi dulu tentang Mayuyu.


Its ok lah ga ikut Sousenkyo juga, Semangat Yuki !!

Jika Mayu memutuskan untuk tidak berpartisipasi dalam Senkyo, apa yang akan Kashiwagi Yuki lakukan ? Di jajaran top #5 Senbatsu tahun lalu, hanya Yukirin keadaannya "samar" dalam berita Sousenkyo tahun ini. Di Sousenkyo tahun 2015 lalu, Yukirin dengan luar biasa berada di peringkat ke-2 dengan melewati sahabatnya, Mayuyu dan menempel Sasshi yang menjadi Queen Senbatsu. Tapi sayang, setelah Sousenkyo digelar, Yuki terhempas berita miring tentang skandalnya dengan member Johnny Acs yang dirilis oleh majalah Bunshun, itu membuat dirinya depresi, dan menimbulkan kekecewaan dimata para fansnya, lalu kemudian apa dampak dari skandalnya itu ? Yukirin kehilangan 75.073 Vote di Sousenkyo tahun berikutnya dan terjun bebas ke posisi #5. Ketika seorang member dihadapkan dengan situasi yang tidak menentu, keteguhan hati dan niat dari member itu akan menjadi jawaban dari keraguan yang di rasakan. Ane bilang kek gini ga cuman buat Yukirin, tapi buat Mayu juga. cheers up Yuki, you can do it !

Dan ternyata jawaban dari keteguhan hati dan niat Kashiwagi Yuki belum kuat, dia memutuskan untuk tidak berpartisipasi karena dia " mengkhawatirkan banyak hal. " seperti dalam tulisan di blognya. Keraguan yang hinggap dalam pikirannya membuat Yukirin lebih memilih untuk mundur dalam SSK tahun ini.

Akankah Sashihara Rino meraih Queen of Sousenkyo 3 kali berturut-turut ?


treble win sousenkyo ? Mak, are you kidding me ?!

Ini yang menjadi trending topik di dunia netizen Jepang, banyak suara yang mengatakan " Apakah Sasshi bisa meraih perhatian ' light user' dan kembali memenangkan Sousenkyo 3 kali berturut-turut ?? " . Apa itu " Light User " ? Mereka adalah para fans yang ngikutin perkembangan Sousenkyo di setiap tahunnya tapi tidak mau / males memberikan vote pada salah satu member. Jika kalian ga pernah absen nonton Sousenkyo dari tahun 2013 lalu, kalian pasti akan tahu jika Sasshi memiliki fans " hardcore " di dalam dan luar Jepang, inilah modal dan kekuatan Sasshi untuk bisa meraih thropy treble win Sousenkyo 2017, jadi meskipun Sasshi ga punya interest buat ikut Sousenkyo tapi tetep maksain ikut, jumlah vote nya pasti tetep stabil. Jika ada kemungkinan kalau Sasshi akan jatuh di Senkyo, Watanabe Mayu lah yang punya peluang untuk merangsek naik mengambil tahta Sasshi. Apakah ada lagi member selain Mayu yang punya potensi menggusur Sasshi ? Jika melihat dari trend positif dari member top #7 setahun belakangan ini .... Yamamoto Sayaka ? Cukup sulit bagi Sayanee karena dia perlu meningkatkan lagi jumlah vote nya melebihi raihan 110 ribu fans yang diraih tahun lalu karena perbandingan jumlah vote Sayanee dengan Sasshi sangatlah besar, kurang lebih terbentang sebanyak 120.000 vote


Rintangan itu bernama Watanabe Mayu

Its time to change the wind ? or become a loser again ? Mayu, please go to the top !

Jadi, menurut pandangan ane, Mayuyu lah yang punya chance menggeser Sasshi karena " hanya " berbeda 70.000 vote saja, akan tetapi, meskipun jumlah vote Sasshi tahun ini akan berkurang sebanyak 30.000 vote , dan 30 ribu vote itu masuk ke kantong fans Mayuyu, dia masih gaakan bisa takeover Sasshi disinggasana nya. Mayu bisa saja mempunyai kesempatan untuk "nendang" Sasshi tahun ini jika Kashiwagi Yuki memutuskan untuk tidak ikut Sousenkyo. Dalam sejarah Sousenkyo, jika ada seorang member terkenal yang memutuskan untuk tidak ikut berpartisipasi, maka vote nya akan ;
  1. Dipecah ke member 48 lain menurut kemauan si fans.
  2. Diberikan pada member yang sangat dekat dengan si member yang ga ikut Senkyo itu. 
  3. Di "hanguskan" , maksudnya para fans memutuskan untuk jadi spectator Sousenkyo tanpa memberikan votenya untuk member lain.
Inget, jumlah fans yang ngevote itu ga berasal dari pembelian CD doang, tapi ada juga dari AKB48 Fanclub member, AKB48 OFFICIAL NET membership, AKB48 Official Smartphone App Member, DMM LOD masing-masing Grup dan Mobile member. Jadi, kalo bener Yukirin ga ikut Senkyo tahun ini (dan ini udah fix Yukirin ga ikut SSK'17), jumlah vote dari fans Yukirin lewat pembelian CD single, LOD DMM, Mobile Member, dll akan mengalir ke Mayuyu, dan diprediksi jika jumlah vote Mayu akan bertambah hingga 230.000 ! Ya, itu adalah jumlah vote yang sangat besar dan juga penting bagi Mayu untuk meruntuhkan dinasti Sashihara di AKB, dan harusnya Mayu sadar akan hal ini dan mulai berfikir untuk bergerak mempromosikan dirinya secepat mungkin. 

Tapi, itu hanya kemungkinan saja, iya kan ?


Disaat momentum untuk menjungkirkan Sashihara itu ada, princess of Namba lebih memilih untuk mundur dalam Sousenkyo


Sayanee vs Sasshi ? I'm on Sayaka side..

Yamamoto Sayaka berhasil menjadi pemenang dalam kontes menyanyi AKB di NHK Kohaku Utagassen akhir tahun 2016 lalu. Tentu saja ini bisa menjadi psywar dari Sayanee pada Sasshi untuk bertarung di Sousenkyo bulan Juni nanti. Pada NHK 67's Kohaku Utagassen yang digelar pada 31 Desember 2016 lalu, member Senbatsu Kohaku dari AKB48 diumumkan ke mata publik, dan tanpa di duga, pemenang back-to-back Sousenkyo, Sashihara Rino berada di posisi kedua, Yamamoto Sayaka dari NMB berhak untuk menjadi pemenang dalam kontes ini.

NHK AKB48 no Yume no Kouhaku Senbatsu Ranking

1. Yamamoto Sayaka (41.190 Suara)
2. Sashihara Rino (34.247 Suara)
3. Shimazaki Haruka (19.002 Suara)
4. Watanabe Mayu (15.473 Suara)
5. Miyawaki Sakura (11.552 Suara)
6. Yoshida Akari (11.101 Suara)
7. Kojima Haruna (10.957 Suara)
8. Yokoyama Yui (9.758 Suara)
9. Kashiwagi Yuki (9.220 Suara)
10. Ichikawa Miori (8.624 Suara)
11. Matsui Jurina (8.541 Suara)
12. Oya Shizuka (8.110 Suara)
13. Suda Akari (5.954 Suara)
14. Kitahara Rie (5.870 Suara)
15. Shiroma Miru (5.659 Suara)
16. Minegishi Minami (5.408 Suara)

Bisa dilihat jika perbandingan vote Sayanee dan Sasshi dengan rank ke-3 (Shimazaki Haruka) terpaut cukup jauh, Shimazaki telah mengumumkan graduatenya dan otomatis dia tidak masuk dalam persaingan Sousenkyo. Dibawah Paruru terdapat nama Watanabe Mayu, Mayu berada di peringkat 4 dengan raihan 15.473 vote, coba sebutin berapa selisih antara Sasshi dan Mayu disini ? hampir setengahnya dari jumlah vote Sasshi, iya kan ? Mungkin hanya dengan melihat ini, percikan api persaingan Sayanee dan Sasshi di Sousenkyo mulai terlihat.

Belakangan ini, line HS Sayanee selalu penuh, modal untuk nembus top #3 Sousenkyo ?

Momentum kepopuleran Yamamoto Sayaka sedang menanjak belakangan ini, contohnya ketika saat Handshake Event, line Sayanee selalu panjang dan menjadi booth yang paling sering sold out duluan. Jadi tidak ada alasan jika Sayanee mulai bisa mengklaim dirinya pantas untuk berada di posisi pertama Sousenkyo.

Sayanee mempunyai reputasi sebagai the best singer in 48 Group saat ini, dia juga sudah merilis solo debutnya tahun lalu dengan album " Rainbow " . Teknik vokal Sayanee berada diatas rata-rata level 48 Group, skill dance nya juga bisa dibilang bagus, setingkat dibawah Matsui Jurina. Dia juga salah satu member gravure elit yang dimiliki oleh 48 Grup, selain itu Sayanee memiliki sense of humor yang sangat baik, jadi wajar aja kalo dia disebut sebagai " The complete Idol " .

Tapi sayang, ditengah momentum yang sangat hebat ini, Yamamoto Sayaka lebih memilih untuk menepati perkataannya tahun lalu bahwa Sosuenkyo tahun 2016 menjadi Sousenkyo terakhirnya.


Bagaimana dengan rival terdekat Sasshi lainnya ?

 
Apakah ambisi itu masih ada Ju ?

Wakil dari SKE48, Matsui Jurina akan menjadi salah satu batu sandungan Sasshi untuk meraih ambisinya. Pada Sousenkyo tahun lalu, dia berada di posisi ke #3 , tapi ketika di Kohaku, Jurina melempem dan harus puas di peringkat ke #11. Ketika dalam perayaan " Seijin-shiki / age of ceremony " AKB48, dia berada di posisi center dan menjadi pusat perhatian media. Jurina berada di peringkat ke #19 dalam ranking nama yang paling dicari di Yahoo! Japan, meskipun dia kalah oleh 2 member NMB Yoshida Akari (#14) dan Kinoshita Momoka (#15), ini menunjukan sepertinya manajemen sudah mengurangi " pushing " pada seluruh member.

Sayang banget doi malah grad, meskipun nyebelin tapi kehadiran Paruru di AKB & Sousenkyo sangat dinantikan. Good luck Zakki-san !

Shimazaki Haruka telah graduate tahun lalu, dan Sousenkyo kemarin adalah yang terakhir bagi dirinya. Ya, dia meraih posisi ke #3 di Kohaku Senbatsu, tapi mungkin itu bentuk rasa cinta dari para fans untuk kelulusannya.


Kandidat kuat Kami7 tahun ini, tapi ane hargain keputusannye untuk mundur, good luck Muto !

Meskipun sebelumnya Muto Tomu telah mendaftarkan diri untuk mengikuti Sousenkyo, tapi akhirnya dia mencabut kembali keputusannya itu. Tomu mengumumkan pengunduran dirinya lewat akun twitter resminya pada 12 April lalu. Dia menulis " Meskipun saya telah mendaftarkan diri untuk Sousenkyo AKB48, tapi sekarang saya telah mengundurkan diri ". Selanjutnya, Tomu juga menuliskan alasan dibalik pengunduran dirinya, " Untuk satu tahun ini saya ingin berusaha untuk meningkatkan kemampuan agar bisa memberikan lebih banyak kontribusi lagi bagi AKB48. ", tutupnya. Sebuah keputusan yang mengejutkan dan baru pertama kali terjadi dalam sejarah AKB48, setelah mendaftar kemudian mengundurkan diri. Dalam layanan mobile mail nya, Tomu mengungkapkan bahwa dia telah berpikir untuk tidak berpartisipasi dalam sousenkyo sejak tahun lalu ketika terdapat perayaan Sousenkyo 2017.

Pada hari tersebut terdapat pengumuman senbatsu single " High Tension ", namun Tomu tak termasuk di dalamnya walaupun pada single sebelumnya dirinya ada dalam senbatsu karena meraih peringkat ke-10 dalam Sousenkyo. Tomu merasa bahwa sepertinya Sousenkyo tak akan mengubah apapun dan tak ingin mengecewakan para fansnya lagi.

Oleh karena itu Muto Tomu memutuskan tetap berjuang di AKB48 dan meningkatkan kemampuannya tanpa berpartisipasi dalam sousenkyo. Namun di sisi lain, banyak yang melihat bahwa keputusannya untuk tak berpartisipasi karena dia ingin fokus menempuh ujian weather forecasting dan juga menempuh pendidikan S2. Muto Tomu menjadi anggota pertama dari AKB48 Group yang menempuh pendidikan S2.




Kejutan lainnya datang dari salah satu member top dari HKT48 selain Sashihara Rino dan Miyawaki Sakura, Kodama Haruka. Member yang empat kali menjadi center di single HKT48 ini meraih Senbatsu pertamanya di Sousenkyo tahun lalu. Kodama menempati peringkat #9, naik delapan peringkat dari tahun sebelumnya. Tanpa penjelasan apapun dia tidak mendaftarkan diri dalam sousenkyo tahun ini. Sebelum pendaftaran pun Haruppi ini sering absen dalam beberapa pertunjukkan HKT48. Dia pun seperti hilang dari peredaran sosial media dengan tidak memberikan update apapun. Namun beberapa minggu selepas hari terakhir pendaftaran sousenkyo, Haruppi kembali ke peredaran dan seperti berbicara pada media bahwa " dont worry guys, i'm fine here ! " .

Kabarnya, Kodama tengah memulihkan kondisi kesehatannya yang belakangan ini cukup buruk, ditambah dengan rank nya yang jauh dibawah ekspetasi ketika Kouhaku Utagassen (posisi ke #29) membuat dirinya drop , baik fisik maupun mentalnya untuk menghadapi Sousenkyo tahun ini.

Dengan ketidakikutsertaan Muto Tomu, Kodama Haruka, Shimazaki Haruka, Yamamoto Sayaka, Kojima Haruka dan Kashiwagi Yuki, artinya 6 member dari senbatsu tahun lalu tidak mengikuti kembali acara tahun ini. Hal tersebut memungkinkan untuk membuka kesempatan besar bagi nama-nama baru untuk mendobrak masuk ke posisi senbatsu.

Jumlah vote yang " nganggur " berdasarkan SSK tahun lalu karena sang empunya grad/tidak berpartisipasi
 Kemanakah jumlah vote yang "nganggur" itu akan pergi ? Siapakah yang akan mendapatkan "durian runtuh" ini ?

Member Next Generation, the dark horse dan yang tidak masuk dalam Sousenkyo tahun lalu akan membanjiri line-up top #80 tahun ini

Jisedai AKB48, Momoka Onishi, Noda Hinano dan Oguri Yui

Ane punya prediksi kalo member-member yang tahun kemarin ga masuk rank Sousenkyo dan juga para jisedai / next-gen akan berpotensi meramaikan wajah baru dari 48 Group tahun ini, siapa saja mereka ? 

AKB48 : Fukuoka Seina, Oya Shizuka, Nakanishi Chiori, Hiwatashi Yui dan Ichikawa Miori.
Team 8 : Oguri Yui, Okabe Rin, Momoka Onishi, Yamada Nanami, Nakano Ikumi dan Hayasaka Tsumugi
SKE48 : Goto Risako, Saito Makiko, Noguchi Yume, Arai Yuki dan Aoki Shiori
NMB48 : Kato Yuka, Murase Sae, Uemura Azusa dan Yamamoto Ayaka.
HKT48 : Matsuoka Hana, Shimono Yuki, Imada Mina, Tanaka Yuka dan Tanaka Natsumi
NGT48 : Nakai Rika dan Ogino Yuka.

Ketika di Sousenkyo tahun lalu, untuk pertama kalinya kuota member yang "bisa" masuk dalam jajaran Sousenkyo bertambah 20 orang, total menjadi 100 member. Di tahun 2017 ini, peringkat 81-100 dihilangkan dan kembali ke format lama, maka dari itu, mereka yang berada 20 terbawah tahun lalu (Shadow Senbatsu) statusnya menjadi " member biasa " saja dan untuk membuktikan kalo mereka bukanlah member " numpang permisi " doang di Senkyo, mereka akan merangsek masuk ke top #80, beberapa membernya ane udah sebutin dalam list diatas.

Shizuka Oya, salah satu old gen yang masih bertahan, masuk rank Sousenkyo ? Harus !

Dalam list diatas, ada juga member-member yang wajahnya udah dikenal lama ada di 48 Grup, mereka adalah Oya Shizuka, Nakanishi Chiori, Murase Sae, Shimono Yuki, Tanaka Natsumi dan Imada Mina. Ane pikir Sousenkyo kali ini adalah the last chance untuk melampiaskan " kekecewaan " mereka tahun lalu karena masuk " Shadow Senbatsu " .

Para member jisedai , Oguri Yui, Goto Risako, Yamamoto Ayaka, Matsuoka Hana dan Nakai Rika adalah andalan atau ujung tombak dari masing-masing grup dalam generasi muda. Ane bener-bener pengen tau apakah mereka semua akan masuk top #80 tahun ini ?! Tahun lalu, secara mengejutkan Fukuoka Seina, Rika Nakai dan Ogino Yuka berhasil masuk top #100 dengan posisi yang berurutan, jadi ada kemungkinan tahun ini mereka bertiga masuk Upcoming atau Future Girl.


Matsuoka Hana

Oguri Yui dan Matsuoka Hana pada Sousenkyo tahun lalu tidak berhasil masuk rank, ane masih "cukup" ragu apakah mereka bisa nerobos ke rank Sousenkyo. Eh iye, kalo kita bicara Oguri, menurut rumor yang ane denger dia sangat populer ketika melakukan Handshake Event, apa akan mendongkrak vote nya di Sousenkyo nanti ? Di list ini, mungkin member yang paling " tidak berpengalaman " dalam Sousenkyo hanya Yamamoto Ayaka . Cukup sulit untuk menentukan bagaimana sepak terjangnya di SSK tahun ini, sepertinya masih "jauh " bagi member yang baru saja di promosikan ke Team N pada awal Tahun 2017 ini, tapi ane punya pandangan lain, jika Ayaka diberikan kesempatan untuk lebih sering tampil, baik itu di teater, variety show, event konser dll. dalam waktu setahun ini, maka bukan hal yang ga mungkin namanya ntar masuk ke top #80 Sousenkyo tahun 2018.

Point-point penting lainnya dari member jisedai  :

  • Kato Miami masuk Undergirls.
  • Sutou Ririka : Tidak mungkin kalo dirinya berada diluar jajaran Undergirl atau bahkan masuk Senbatsu tahun ini ! level Riripon bener-bener "mengerikan" , dari unranked ke posisi #44 tahun lalu dan sekarang dirinya punya TV show sendiri. Apa lagi coba ?
  • Tanaka Miku berpartisipasi dalam 2 single AKB terakhir, ane pikir rank nya akan naik ke Undergirl.
  • Yamane Suzuha untuk pertama kalinya akan masuk top #80 , banyak yang bilang kalo dirinya the next Watanabe Miyuki
  • Murakawa Vivian akan masuk rank di Upcoming Girls.
  • Tani Marika : Akan melompat kembali ke Undergirls.

Member yang masih merasakan dendam pada Sousenkyo tahun lalu akan meledak dalam edisi tahun ini

Revenge from last sousenkyo


Siapa saja member yang tahun kemarin merasa sangat furstasi dengan posisinya ? Ane mencoba buat bikinin listnya, dan inilah mereka ;

1. Miyawaki Sakura
2. Tomonaga Mio
3. Shiroma Miru
4. Furuhata Nao



Ya, ane pikir member yang bener-bener kecewa dan kesel sama dirinya sendiri di Sousenkyo tahun lalu adalah Miyawaki Sakura. Sebelumnya ane kasih dulu pengetahuan tentang dunia manajemen Idol di 48 grup. Alasan kenapa member mengalami penurunan jumlah vote adalah karena  ;
  1. Kena berita skandal.
  2. Popularitas yang hanya sementara karena satu dan lain hal.
  3. Pushing manajemen yang terlalu berlebihan, karena ekspetasi manajemen yang terlalu tinggi pada member, maka mereka akan drop.
  4. Member mempunyai rasa pesimis pada fans yang mendukungnya.
Untuk contoh mungkin ane udah beberapa kali nulis disini, Alasan no. 1 : Kasus vote Yukirin di SSK 2016. Miyawaki selama tahun 2015-2016 telah mengalami tahun yang hebat, dia beberapa kali menjadi center AKB48, menjadi tokoh utama dalam drama AKB dan antrian HS nya pun selalu ramai, tapi kenapa jumlah vote nya di Sousenkyo 2016 (60,591) jika dibandingkan dengan Sousenkyo 2015 (81,422) hasilnya menurun ? Padahal dia ga kena skandal, atau hal yang lainnya. Miyawaki frustasi karena mungkin dalam pikirannya, ketika mendengar nama-nama seperti Sasshi, Mayu, Sayanee dan Jurina, mereka adalah member-member " Istimewa " 48 Grup yang harus dia kalahkan, tapi faktanya dia selalu berada dibawah mereka berempat. Tapi, waktu ane sadar kalo tembok Sasshi-Mayu-Jurina-Sayanee makin tebel belakangan ini, ane pikir cukup mengejutkan juga. Tentu saja hal ini membuat para fans dari Miyawaki "panas" dan semakin berusaha untuk ngancurin Kwartet 48 Grup ini. Ane ngerasa kalo di Sousenkyo tahun ini fans Miyawaki Sakura akan mengeluarkan " ledakannya " .




Kekuatan semangat juang dan juga jiwa kompetitif yang dimiliki oleh Tomonaga Mio selama 3 tahun terakhir membuat dirinya terlihat sangat strong , dan ane sangat berharap Mio bisa masuk ke jajaran Senbatsu tahun lalu, ane juga yakin Mio juga ngerasain hal itu. Tapi ternyata dia harus kembali duduk di Under Girl, air matanya pun jatuh di podium Sousenkyo. Dan di tahun ini, Seluruh fans Mio pasti akan "berani mati " untuk mendorong Oshimennya ini masuk ke Senbatsu.



Shiroma Miru adalah salah satu dari sedikit member NMB yang dikenal luas oleh fans di Jepang maupun luar negeri. Mirurun sangat populer dalam Handshake Event, akan tetapi hal ini tidak membuat jumlah vote nya di Sousenkyo bertambah drastis. Tapi, tahun ini jumlah vote Mirurun diprediksi akan bertambah sangat banyak. Peluang Mirurun untuk masuk Senbatsu cukup luas, tapi dalam kasus ini, dia harus giat untuk terus aktif di SNS nya agar para fans respect padanya.




Terakhir, ada Furuhata Nao dari SKE48, seorang member yang sangat ekspresif dan juga menganggap jika SKE adalah grup no 1 di dunia 48. Tahun lalu dia berada di posisi ke #29, turun 5 peringkat dari Sousenkyo tahun 2015, hal ini membuat dirinya jatuh dalam tangisan penyesalan. Tentunya ditahun ini para fans Furuhata ga akan tinggal diam, mereka akan berusaha agar dalam speechnya di Sousenkyo 2017 nanti, Nao-chan menangis bahagia.


Ane harap ntar bakalan ada pertempuran besar terjadi untuk memperebutkan Top #16 .


Member yang absen dalam Sousenkyo tahun ini (Karena telah atau akan graduate dan yang absen )




AKB48 : Oshima Ryoka, Nishino Miki, Ogasawara Mayu, Kojima Haruna, Maeda Ami, Aikasa Moe, Ishida Haruka, Nakata Chisato, Umeda Ayano, Takeuchi Miyu, Tanabe Miku, Murayama Yuiri, Fujimura Natsuki, Yamamoto Ai, Nakamura Mariko, Kashiwagi Yuki, Kizaki Yuria, Yagura Fuuko, Iriyama Anna, Okada Ayaka, Oshima Ryoka, Owada Nana, Takashi Kira, Suzuki Mariya, Noguchi Nanami, Yokoshima Aeri, Tani Yuri, Hamamatsu Riona, Fukuchi Rena, Muto Tomu.


SKE48 : Oya Masana, Suzuki Rika, Yanoho Miki, Ishida Anna, Takagi Yumana, Kato Rumi, Shibata Ami, Takeuchi Mai, Sakai Mei, Miyamae Ami, Futamura Haruka, Goto Risako, Kawai Anna.


NMB48 : Uenishi Megumi, Yamaguchi Yuki, Kinoshita Momoka, Tanigawa Airi, Kinoshita Haruna, Watanabe Miyuki, Yabushita Shu, Fujie Reina, Kishino Rika, Yamamoto Sayaka, Yagura Fuuko, Fukuchi Rena, Muranaka Yuki, Kameida Emika, Yamao Rina.


HKT48 : Anai Cihiro, Ota Aika, Inoue Yuriya, Komada Hiroka, Tsutui Riko, Kodama Haruka.


NGT48 : Mizusawa Ayaka


JKT48 : Chikano Rina

Prediksi Top #22 Senbatsu Sousenkyo 2017


Prediksi Sousenkyo 2017

Well, ini adalah prediksi line-up Senbatsu dari ane. Mungkin aja selama 3 bulan ini ada member yang menolak untuk ikut Sosuenkyo atau yang lebih parah, graduate. Jadi, nanti akan ada beberapa revisi kalo member di prediksi line-up ane ini ada yang ga ikut Senkyo.

*edited

Ini list Senbatsu udah fix, malah ane tambahin sama rank yang ada dibawahnya ;


Upcoming Girls

65. Goto Rara
66. Tanigawa Airi
67. Hidaka Yuzuki
68. Nakanishi Chiyori
69. Kojima Natsuki
70. Fujita Nana
71. Tatsuya Makiho
72. Murakawa Vivian
73. Ino Miyabi
74. Aramaki Misaki
75. Yamane Suzuha
76. Murashige Anna
77. Ichikawa Manami
78. Yumoto Ami
79. Shinozaki Ayana
80. Kitano Ruka


Future Girls

49. Shimada Haruka
50. Takeuchi Miyu
51. Moriyasu Madoka
52. Sakaguchi Riko
53. Kitagawa Ryoha
54. Okita Ayaka
55. Fukuoka Seina
56. Nojima Kano
57. Ichikawa Miori
58. Yoshida Akari
59. Oya Shizuka
60. Obata Yuna
61. Iwatate Saho
62. Takatera Sana
63. Goto Moe
64. Kimoto Kanon


Next Girls

33. Takeuchi Saki
34. Furuhata Nao
35. Ego Yuna
36. Kumazaki Haruka
37. Tashima Meru
38. Tani Marika
39. Shibuya Nagisa
40. Ota Yuri
41. Tomiyoshi Asuka
42. Ogino Yuka
43. Tanaka Yuka
44. Tano Yuka
45. Mogi Shinobu
46. Motomura Aoi
47. Matsuoka Natsumi
48. Tanaka Natsumi

Undergirl


17. Oba Mina
18. Shiroma Miru
19. Kawamoto Saya
20. Yabuki Nako
21. Kato Rena
22. Takayanagi Akane
23. Tanaka Miku
24. Nakai Rika
25. Kato Minami
26. Kuranoo Narumi
27. Oya Masana
28. Suto Ririka
29. Matsuoka Hana
30. Soda Sarina
31. Yamaguchi Maho
32. Sakaguchi Nagisa


Prediksi Top #16 Senbatsu Sousenkyo 2017 ver. Aldimatsui





#16 Taniguchi Megu ( AKB48 Team A ) / Souda Sarina ( SKE48 Team KII ) / Sutou Ririka ( NMB48 Team N )


Taniguchi Megu berada di rank #69 dalam SSK tahun lalu, mungkin sebenarnya menjadi hal yang tidak mungkin kalo dirinya bisa masuk jajaran Senbatsu tahun ini. Tapi, dengan "hilangnya" nama-nama besar yang selalu menduduki posisi Senbatsu di SSK tahun ini dan juga kenyamanan yang dirasakan oleh Megutan dihadapan media (seperti dalam acara TV AKBingo dan Nemousu Special), ane pikir akan cukup masuk akal jika nama Megu berhasil melompat jauh ke posisi Senbatsu. Line antrian HS nya selalu ramai dipadati oleh fans, ga cuman fans pria saja tapi banyak juga fans cewek ! Megutan sekarang dikenal sebagai face baru AKB48, dan ane yakin kalo seluruh fansnya bakalan nge-support dia lebih "brutal" di SSK tahun ini, jadi ya seperti yang ane bilang tadi, " cukup masuk akal jika Megu masuk Senbatsu tahun ini " . 



Melihat dari umurnya saja, Souda Sarina (24) mungkin bisa dibilang kalo dirinya sebagai member yang "rawan untuk graduate", dan hal ini tentu saja membuatnya mustahil untuk merangsek ke jajaran Senbatsu, apalagi mengingat fakta bahwa dirinya bukanlah member yang sangat populer di dunia 48. Tapi lagi-lagi ane dibuat yakin oleh fans dari Sarina karena mereka (pasti) akan nge-push habis-habisan Sarina untuk masuk Senbatsu sebelum dia mengumumkan akan graduate dari SKE48. Jujur aja ane ga terlalu tau siapa itu Souda Sarina, tapi ternyata dia mempunyai hardcore fans yang terus setia berada dibelakang dirinya ! Coba deh kalian lihat history perjalanan Sarina di Sousenkyo ;

2 tahun lalu dia masuk jajaran Future Girl (#55), dan di SSK 2016 kemarin peringkatnya naik sebanyak #25 kursi ke posisi #30 (Undergirl). Dengan prestasinya yang luar biasa ini, Sarina mungkin setidaknya bisa mengisi spot #16 Senbatsu tahun ini karena dia terus melompat jauh di setiap Sousenkyo yang dijalaninya.



Jujur aja, sebenernya sih ane bisa aja tempatin nama Sutou Ririka lebih tinggi lagi (meskipun dalam list ini ane udah nempatin dia lebih tinggi dari semestinya), mungkin di range #14-#12. Akan tetapi ada satu hal yang bikin ane ragu, dengan menimbang hirarki dari member NMB48 di Sousenkyo 3 tahun belakangan ini, hasilnya mungkin akan membuat Riripon "gigit jari" . Hirarki member NMB di SSK ? ya, tepat sekali. Kalo kalian ga ngerti coba liat aja siapa member NMB yang konsisten di setiap Sousenkyo. Shiroma Miru menjadi satu-satunya kandidat kuat dari NMB untuk mengisi spot Senbatsu tahun ini sejak mundurnya sang ace, Yamamoto Sayaka, dan Yagura Fuuko yang memutuskan untuk tidak mengikuti SSK karena mempunyai masalah dengan kulitnya, Fuuchan ga mau kulitnya terbakar oleh matahari di Okinawa. (oro?)

Sepanjang tahun ini Riripon merasa enjoy dengan perhatian yang dia dapatkan dari media, manajemen NMB dan juga seluruh fansnya. Riripon masih berusia 20 tahun, dia memiliki impian untuk menjadi seorang filsuf dan mempunyai skill nge-rap yang keren tapi juga lucu didengernya. Suaranya bener-bener indah banget dah ! Enak di denger gitu, jadi ane bisa aja 3 hari tiga malem denger terus dia ngoceh ga karuan.

Meskipun ane nulis semua alesan kenapa ane milih dia untuk bisa masuk jajaran Senbatsu seperti tulisan ane diatas, apakah semua ini akan diterjemahkan oleh para fans kedalam jumlah vote nya di SSK tahun ini ? Itu mungkin saja, ane pikir Riripon bisa meluncur ke jajaran Senbatsu bersama dengan Miru. Tapi, ane punya sebuah hipotesa mengenai hal ini ; Jika Riripon diharuskan untuk berada di Senbatsu, maka dia akan "cuman nongol" di SSK tahun ini (artinya kalo ga di posisi #16, dia ada di #15 atau #16, pokoknya rank dia di deket gerbang Senbatsu lah) . Ane pikir SSK tahun depan adalah waktu yang pas bagi Riripon untuk membuat member Senbatsu kalang kabut. Be careful guys !


#15 Oguri Yui ( AKB48 Team 8 ) / Yabuki Nako ( HKT48 Team H / AKB48 Team B )



Oguri Yui tidak pernah mendapatkan rank selama partisipasinya di Sousenkyo, tapi jujur aja ane merasakan kekuatan besar yang akan membuat Yuiyui melompat sangat jauh dan mungkin akan menjadi rekor dalam sejarah Sousenkyo AKB dengan menjadi member pertama yang melangkah jauh dari unranked ke posisi Senbatsu dalam Sousenkyo tahun ini. Yui adalah salah satu member yang memiliki kapasitas untuk mengisi kekosongan yang telah ditinggalkan oleh para member populer AKB selama 3 tahun terakhir ini. Seluruh fansnya sangatlah terobsesi pada Yui, buktinya ketika HS, line antriannya menjadi salah satu yang terpanjang diantara member-member Team 8. Selain itu, dia juga memiliki kepribadian yang amazing, ramah dan juga beautiful sehingga membuat salah satu MC AKBingo jatuh cinta pada Yuiyui, kalian pasti tau siapa yang ane maksud.

Akan sangat mengejutkan jika Yui berhasil berada di posisi #15 ini, karena ane tau rank tertinggi yang cukup realistis bisa diraih oleh Yui di Sousenkyo hanyalah berada di Undergirl. Tapi ane mencoba bertaruh tahun ini bahwa Yuiyui akan merangsek masuk ke Senbatsu. Ane yakin kalo aja dia berhasil masuk, kaga ada yang bakalan protes. Senbatsu dengan Oguri Yui didalamnya adalah Senbatsu yang hebat !



Sebenarnya Yabuki Nako memiliki kesempatan untuk dapat meraih rank yang lebih tinggi tahun ini, tapi ane bakalan "main aman" dimari dan bilang kalo dia memang pasti akan berhasil masuk Senbatsu tahun ini, tapi peringkatnya ga setinggi apa yang diharapkan oleh fansnya. Nako berada di rank #28 tahun lalu, ini merupakan sebuah prestasi yang cukup amazing untuk seseorang yang dalam 2 tahun partisipasinya di SSK selalu tidak masuk rank. Ane ngerasa kalo kepopulerannya yang meningkat belakangan ini akan menarik seluruh fans untuk memberikan Nako banyak vote hingga akhir Mei nanti.

Nako sekarang mulai dewasa dan meninggalkan image pairing NakoMiku yang selalu tersemat padanya, dan ane pikir dalam 1-2 tahun ini Nako juga selalu terlihat "caper" pada Sasshi, dia melakukan apapun di HKT untuk mengesankan senpainya itu. Nako benar-benar sangat total dalam bekerja untuk bisa menjadi yang terbaik dari member-member lain di HKT dan bahkan tempat dirinya kennin, AKB48.

Skill dance Nako sangat baik dan hal ini telah dia buktikan diatas panggung berulang-ulang kali sehingga dirinya menjadi member yang bisa diandalkan dan juga konsisten di setiap penampilannya. Meskipun ane lebih memilih Miku dibanding Nako dalam duet combo NakoMiku ini, ane ga bisa menyangkal bahwa Nako akan membooking satu spot di Top #80 Sousenkyo tahun ini. Dia masih muda, cute, lucu dan memiliki semua kriteria sebagai moe idol, Nako adalah "berkah" bagi Sasshi.

Jadi, kesimpulannya adalah, salahin sama lesung pipit Nako yang ngegemesin itu ! Ga peduli kalian suka atau engga, Nako bakalan masuk Senbatsu tahun ini !


#14 Minegishi Minami ( AKB48 Team K ) / Furuhata Nao ( SKE48 Team KII )



Ane cukup prihatin dengan rank Minegishi Minami di setiap pergelaran Sousenkyo, ane pengen banget Miichan berada di posisi yang lebih tinggi dari posisi nya selama 4 tahun ini (#18,#22,#19 dan #17), ada sedikit peluang bagi dirinya untuk menggeser Kitahara Rie dan menempati rank #12 atau #13 tahun ini. Tapi feeling ane berkata lain, persaingan untuk memperebutkan spot #16 Senbatsu sangatlah sulit bagi Miichan, tapi ane juga sempet berfikir kalo Miichan tidak akan mempertahankan posisinya sebagai center Undergirl tahun ini, dan sebagai gantinya dia akan kembali masuk Senbatsu ! Ane yakin Miichan akan melakukan ini dan dia akan disambut dengan hangat oleh para member Senbatsu dan juga para fans AKB diseluruh dunia.

Satu-satunya wildcard untuk Miichan bisa masuk Senbatsu tahun ini adalah dengan melihat fakta bahwa dirinya telah mengumumkan tahun ini adalah Sousenkyo terakhirnya. Jadi sangatlah mungkin para fans dari Miichan ini akan memutuskan untuk mendorong Miichan jauh lebih dalam ke jajaran Senbatsu. Jika ane diberikan kekuatan untuk bisa leluasa menentukan posisi Miichan di SSK tahun ini, dia bakalan ane tempatin di Kami-7 karena gaada alesan lain, ini adalah Sosuenkyo terakhirnya !

Akan tetapi, faktor lain yang membuat Miichan akhirnya "kembali" bisa mendapatkan rank Senbatsu jauh lebih dalam pada tahun ini adalah karena dia satu-satunya anggota Generasi pertama AKB yang tersisa, ini merupakan hal yang luar biasa dan sesuatu yang ga pernah ane duga sebelumnya akan terjadi. Maksudnya, coba kalian pikirin deh ;

Miichan adalah member terakhir yang berdiri di stage ketika hari pertama AKB48 melakukan debutnya hingga detik ini ! Wow .... ini adalah sesuatu yang harus kita hormati.

Dan jangan lupa juga bahwa Miichan telah melakukan pekerjaan yang luar biasa untuk menjadi mentor bagi member-member muda dan menjadi senpai yang baik untuk mereka. Kerja keras seperti itu pasti sangat perlu untuk dihargai !




Di sisi lain, Furuhata Nao adalah member yang tidaklah diperhitungkan akan masuk kedalam Senbatsu. Tapi, ane lebih memilih untuk mengangkut Nao-chan ke jajaran Senbatsu karena ane pikir ini adalah tahunnya dia. Rank Nao benar-benar menurun drastis di SSK tahun lalu meskipun dia masih berada di posisi Undergirl. Nao mungkin masih akan berkutat di UG, tapi ane tetep ngerasa kalo sikapnya ketika HS akan membantu meningkatkan jumlah fansnya sejak tahun lalu. Ya, Nao dikenal sebagai " Kami-Handshake " , siapapun yang HS sama Nao, pasti mereka bakalan ketagihan karena begitu ramah dan lucunya Nao. Jadi, dengan special skill nya dalam HS, jumlah vote nya pasti akan bertambah dan menjadi modal untuk bisa menerobos ke Senbatsu. Jika Nao berhasil masuk Senbatsu tahun ini, AKB akan sangat beruntung memiliki dia di single ke-49 nya itu.


#13 Kojima Mako ( AKB48 Team 4 ) / Tomonaga Mio ( HKT48 Team KIV )




Kedua member yang nempatin spot #13 ini menimbulkan sebuah tanda tanya yang besar bagi ane. Ane kaga ragu kalo Kojima Mako akan berhasil masuk Senbatsu tahun ini, karena dia hampir aja meraih posisi Senbatsu pada Sosuenkyo tahun lalu (#19), dan grafiknya di Sousenkyo dari tahun ke tahun selalu meningkat ( SS 5 : not ranking - SS 6 :  #36 (Next Girl) - SS 7 : #26 (Undergirl) - SS 8 : #19 (Undergirl) ). Kojimako selalu melompat sebanyak 10 spot disetiap Sousenkyo yang dia ikuti kecuali pada tahun lalu (hanya melompat 7 spot). Jika tren positifnya di SSK tetap konsisten di tahun ini, maka dirinya akan berada di posisi yang ane prediksiin sekarang.

Yang menjadi masalahnya adalah apakah Kojimako akan bisa meraih banyak simpati fans untuk memberikan dorongan yang dibutuhkan untuk mencapai spot #13 ini ? atau apakah sikap my pace nya telah membuat para fans "males" buat ngevote Kojimako dan posisinya akan drop jauh tahun ini ?

Seperti pada apa dia bicarakan dalam acara AKBingo baru-baru ini, Kojimako mungkin telah belajar bahwa selama HS, seorang member harus memberikan service yang baik untuk para fansnya, bukan memperlakukan mereka dengan "cuek" dengan memperlihatkan gesture kalo kalian bosan untuk bertemu dengan fans yang mengidolakan kalian. Dengan perubahan sikapnya yang cuek ketika HS, itu berarti Kojimako bisa berbangga diri karena dirinya telah menempati spot di Senbatsu. Maksudnya, Kojimako sekarang sudah bersikap dewasa dan sudah seharusnya hal itu bisa membawa dirinya berada di jajaran Senbatsu. Perlu kalian garis bawahi, Kojimako adalah salah satu face yang paling mudah bisa dikaitkan dengan AKB48 akhir-akhir ini, dan hanya dengan melihat dia berada di posisi center dalam satu lagu pada Shonichi stage baru Team 4 kemarin di Teater AKB, ane bisa langsung kesihir. She looked awesome and cheerfull ! dan inilah Kojimako yang ane kenal selama ini.




Untuk Tomonaga Mio, dia seperti tidak bisa keluar dari lingkaran member Undergirl. Tapi yang jadi pertanyaannya adalah, apakah dia akan benar-benar mendapatkan perhatian dari fans yang akhirnya membuat Mio masuk kedalam Senbatsu, dan bahkan hingga jauh ke peringkat ke #13 ini ? atau Apakah seluruh fansnya hanya memberikan jaminan pada Mio dan dia harus kembali berada di Undergirl satu tahun lagi ?

Mio masih sangat muda, tapi ane pikir setelah mengetahui bahwa rank nya sangat mengecewakan tahun lalu dimana peringkatnya malah menurun dari peringkat #21 ke #23, meskipun sebelum SSK kemarin dihelat Mio telah merilis photobook, itu tidak membantu sama sekali terhadap ranking nya. Melihat hal ini, Mio pasti benar-benar khawatir dengan apa yang akan terjadi padanya di SSK sekarang.

Tapi, Mio adalah Mio, seorang member yang adorable banget. Dia sekarang sudah dewasa, menyenangkan banget bisa ngeliat dia, um.... mature , menjadi seorang wanita yang anggun (alesan aje lu tong :v). Well, yang jadi pertanyaannya adalah, ada berapa banyak orang yang merasakan hal sama dengan fans Mio yang akan memberikan vote sangat besar bagi Mio ? 

Hal ini bikin ane rada pesimis bisa ngeliat Mio di Senbatsu, tapi ane terus punya feeling kalo Mio bakalan bikin surprise dan melesat lebih jauh di jajaran Senbatsu tahun ini.


#12 Kato Rena ( AKB48 Team B ) / Takayanagi Akane ( SKE48 Team KII )




Bagi ane, nama Kato Rena sudah pasti akan masuk rank Sousenkyo tahun ini. Peringkat Renacchi dalam 3 tahun partisipasinya di SSK terus menanjak, dan ga bakalan aneh sih kalo dia bakalan masuk Senbatsu tahun ini. Dia memiliki acara " Renacchi Sousenkyo " yang udah 2 tahun ini berjalan, acara ini telah menyita banyak perhatian fans tahun lalu di AKBingo! dan sangat diminati oleh seluruh member muda atau kouhai yang ada di 48Group, Renacchi sendiri dipanggil " Rena-P " oleh kouhainya. Hal ini membuatnya berhak dan layak untuk menjadi member Senbatsu di SSK tahun ini, ditambah dengan fakta bahwa dalam 4-5 single terakhir AKB, Renacchi selalu menjadi anggota Senbatsu. Manajemen tentu memiliki pemikiran bahwa Renacchi harus berada di jajaran Senbatsu, tapi yang jadi pertanyaannya, apakah fansnya memikirkan hal yang sama ? Kalo menurut ane sih mereka bakalan mikir kek gitu, dan efeknya spot #12 adalah tempat yang pas bagi Renacchi.




Rasanya seperti sebuah "takdir" bagi Takayanagi Akane untuk terus berada di Undergirl. Maksud ane, dalam Sousenkyo yang dihelat 2 tahun lalu, Chuuri berhasil masuk ke Senbatsu dengan berada di rank ke #14, dan tampaknya dia akan bisa melakukannya lagi di tahun ini karena Chuuri adalah pilar penting dari SKE48, sudah pasti juga kalo namanya telah lama dikenal oleh seluruh fans 48 Group. Jujur aja, ga peduli kalian fans dari AKB, HKT, NMB, atau NGT, kalo kalian ngeliat foto di atas, pasti langsung ngomong, " oh, si Chuuri itu mah ! member SKE yang demen ame burung ! " .

Chuuri tu orangnya menarik sekaligus "aneh" gitu. Seperti yang ane bilang sebelumnye, dia sangat sangaaat menyukai burung (binatang ye bukan burung yang laen), siapapun yang mengabdikan dirinya untuk merawat dan memelihara binatang peliharaannya apalagi yang ada di alam liar, mereka patut diberikan apresiasi dan akan dituliskan dengan tinta emas dalam buku " 10 wanita paling mengagumkan di seluruh dunia " versi ane, sumpah dah !

Meskipun dia bukanlah Oshi ane, tapi ane demen banget ame Chuuri. Ane sadar kalo nempatin Chuuri di posisi Senbatsu tahun ini "mungkin" datang dari impian ane. Jika Chuuri berhasil masuk Senbatsu, mungkin hanya akan berada di ujung ekor saja, antara #15-#16 lah, gaakan sedalem yang ane prediksiin ini. Tapi, sekali lagi inilah Sousenkyo, sesuatu yang tidak terduga selalu bisa terjadi dan ada kemungkinan bagi Chuuri untuk meraih spot Senbatsu terjauh yang pernah dia tempati.


#11 Shiroma Miru ( NMB48 Team M ) / Kitagawa Ryoha ( SKE48 Team S )




Dalam 3 Sosuenkyo terakhir, Shiroma Miru telah melakukan tugasnya dengan cukup baik (#43, #34 dan #24) , dan sekarang dia menjadi satu-satunya member NMB yang selalu ikut "disibukan" dalam banyak kegiatan di AKB48 (tentu saja bersama Sayanee). Tampaknya Mirurun ditakdirkan untuk menjadi kapten NMB48 selanjutnya setelah Yamamoto Sayaka memutuskan untuk pergi dari NMB48. Jujur aje, ane selalu mikirin kalo Sayanee sebentar lagi bakalan graduate dari NMB, terutama setelah dia mundur dari Sosuenkyo tahun ini, dan Mirurun mungkin akan menerima cukup banyak tekanan untuk mengisi lubang yang ditinggalkan Sayanee di NMB.

Apa Mirurun bisa ? Ane yakin Mirurun bisa ngisi kekosongan itu. Ya, dia member yang sexy as hell , mungkin salah satu member ter-hot yang ada di AKB, selain itu juga dia bisa menyanyi dan menari dengan sangat baik. Ane inget pernah liat dia jadi center dalam lagu " Kamonegix " ketika konser graduatenye Takahashi Minami, dan dia melakukan itu dengan super banget ! Gaada celah dalam ngelakuin dance Kamonegix yang cukup sulit itu. Teknik vocal Miru juga ga jelek-jelek amat. Ane demen waktu dia mulai heboh ngobrolin sesuatu yang berbau "hentai" , bukan masalah ane "petapa mesum" atau hentaiholic, tapi konyol aje gitu liatnya. Dan seperti yang kita tau, Mirurun dikenal memiliki kepribadian yang konyol, abnormal dan mesum, tapi hal ini ga mempengaruhi daya tariknya untuk menggaet para fansnya. Ane pikir mungkin dia bakalan berada di jajaran Senbatsu lebih dalem lagi, tapi ane cukup maen aman aja dengan nempatin dia di rank ke #11 ini. 

Manajemen NMB harusnya bisa memberikan dukungan pada member yang berpotensi bisa lebih "menusuk" kedalam jajaran Senbatsu selain Sayanee yang akan membantu nama NMB berkibar di 48 Group, mulai dari tahun ini dan juga kedepannya. Mirurun ga hanya harus bisa mengisi tempat Sayanee, tapi juga posisi Watanabe Miyuki yang sampai saat ini masih belum bisa ditambal.




Hah ? Kitagawa Ryoha ?? oke, oke, ane tau.. nempatin dia di posisi ini atau di peringkat lain dalam Senbatsu pasti akan membuat shock seluruh fans 48 Group yang ada di seluruh dunia. Dalam 2 Sosuenkyo terakhirnya Ryoha hanya berkutat di rank 60-an, jadi tidak masuk akal bagi Ryoha untuk memiliki kesempatan bisa menembus Senabtsu hingga sejauh ini di Sosuenkyo '17 , bener kan ?

Tapi itu semua SALAH BESAR ! Dengan absennya 6 nama besar di jajaran senbatsu dalam Sousenkyo tahun ini akan menjadi kesempatan bagi Uha untuk melakukan mega jump ke posisi yang ane prediksiin sekarang. Ane pikir SKE48 juga membutuhkan lebih banyak perwakilan di jajaran Senbatsu tahun ini dan Ryoha lah orangnya. Ane bukanlah fans dari Uha, tapi ane pengen banget SKE melakukan restorasi agar bisa bersaing dengan Grup lainnya di dunia 48, karena belakangan ini mereka dianggap "tidak layak" untuk menantang AKB48 bersama dengan sister grup lainnya.

Ryoha juga telah keluar dari image nya sebagai member yang pendiam selama berada di SKE48. Hal ini ditandai dengan diberikannya jabatan Kapten Team S kepada dirinya ketika Bulan Februari lalu ! Itu adalah penghargaan yang sangat luar biasa bagi Ryoha, seorang member yang dianggap sebagai ace masa depan grup dan masih berusia 18 tahun saat itu ! 

Jika Uha tidak berhasil masuk Senbatsu tahun ini, paling banter dia bakalan "hinggap" ke Undergirl, tapi jujur aje ni, jika ada member yang pantas untuk melompat sangat jauh dalam sousenkyo tahun ini, itu adalah Kitagawa Ryoha, Oguri Yui no 2.


#10 Takahashi Juri ( AKB48 Team 4 )




Ane pikir Takahashi Juri bakalan bisa merangkak jauh lebih dalam dibanding prediksi ane ini, tapi kita berfikir realistis aja, Juri lebih pas berada di rank ke #10 tahun ini. Juri sangatlah pantas untuk berada di jajaran Senbatsu, dan ya, dia berhasil mendapatkan hal itu di SSK kemarin yang cukup sweet untuk bisa dikenang oleh dirinya. Tapi di tahun ini, ane lebih pengen ngeliat dia bisa lebih mature dulu sebelum Juri akhirnya memutuskan untuk melangkah lebih jauh ke atas, dan ketika dia duduk, bukan lah di spot ke #8 atau #5, tapi di TOP #3 ! Kalo kalian mikir kalo ane "gila" dan ngada-ngada, coba pertimbangkan fakta bahwa Mayu, Sasshi, Yukirin dan Sayanee yang bisa saja graduate dalam 1-2 tahun kedepan, tapi ane gaada pikiran mereka harus graduate sih. Dan ane yakin mereka (Sasshi dan Mayu) akan melakukan yang terbaik dalam Sousenkyo terakhir mereka tahun ini. Jadi ini adalah sebuah jalan bagi member jisedai / next generation untuk bisa mengisi spot-spot kosong di Senbatsu, dan untuk spot Kami-7 sendiri kita bisa tempatin member kek Juri yang sudah cukup lama "bersabar" untuk bisa masuk 7 besar. Dan menurut ane Juri bakalan ngelakuinnya tahun depan, itu pasti !

Untuk saat ini, spot ke #10 udah cukup bagi Juri. Sebelumnya jujur aje, ane ga pernah tertarik pada apapun yang berkaitan dengan Takahashi Juri hingga akhirnya ketika ane ngeliat dia solo drum dalam lagu Seventh Code sambil bernyanyi di Yokohama Arena selama Konser AKB Group Doji Kaisai tahun lalu. Sumpah dia keren banget, luar biasa dah ! nyanyiannya seperti sebuah bisikan malaikat yang bikin ane tertidur lelap banget selama penampilannya, pokonya S.U.G.O.I !!!

Ane juga sempet nonton beberapa Showroom nya, terutama pas dia mencoba untuk demo masak gitu, set dah si Juri liar banget ! ane ngakak terus di setiap detiknya ngeliat dia yang terus teriak-teriak setiap mau masak. Juri memiliki kepribadian yang ga biasa, tampangnya cantik dan di push besar-besaran ame manajemen maupun fansnya, dan ane yakin kalian pun bakalan setuju kalo prediksi palm reading yang bilang kalo dia bakalan "terpuruk" tahun ini gaakan jadi masalah besar untuk Juri dalam peringkatnya di Sousenkyo tahun ini.

Jujur aje, ane pikir dia "diberkati" , bukanlah "dikutuk" , dan ane harap untuk kedepannya bisa menjadi big fans dari Juri..

#09 Komiyama Haruka ( AKB48 Team 4 ) / Suda Akari ( SKE48 Team E )




Komiyama Haruka dan Suda Akari memiliki banyak keuntungan dalam Sousenkyo tahun ini. Menurut ane, kisah mereka dalam Sousenkyo tahun ini memiliki jalan cerita yang mirip karena keduanya memiliki pengaruh yang besar bagi fansnya, ketika tiba saat untuk memberikan vote untuk mereka, masing-masing fansnya akan bertaruh sangat besar untuk kedua member ini. Contohnya aja ketika SSK tahun lalu, Komiyama berkata pada fansnya jika dia tidak berhasil masuk rank di Sousenkyo, dia akan graduate dari AKB. 2 tahun sebelumnya, Komiyama selalu tidak masuk dalam top #80 Sousenkyo dan itu membuat dia "sakit hati" . Selain itu, dia juga selalu " di lewati " untuk dimasukan kedalam single-single AKB yang mana juga terdapat member generasi ke-15 sama seperti dirinya (contohnya kek di lagu Tsubasa wa Iranai, disini ada Mukaichi Mion yang malahan jadi center di ntu lagu), ditambah lagi dengan fakta bahwa Komiyama sepertinya bener-bener berjuang untuk terus eksis di AKB (seperti yang bisa kita lihat di documentary AKB). Rasanya Komiyama ga ditakdirkan untuk tinggal lebih lama lagi di 48 Group. 

Komiyama disebut sebagai seseorang yang black-hearted oleh member lainnya dan hal ini di bongkar dalam acara AKBingo! , dimana Komiyama diharuskan untuk melakukan sesuatu ketika dirinya berfoto dibelakang 2 temannya dalam box sehingga wajahnya kehalangin sama 2 orang yang ada didepannya. Ini adalah hal yang "menyebalkan" bagi Komiharu yang sudah pasti ngerasa jengkel, tapi untung aja masuk si koplak Takamina dan membantu Komiharu dengan wejangan-wejangannya yang bijak itu. Oh iye, ane sebelumnya nyebutin documentary, iya kan ? nah, ane pikir karena menonton documentary itu, para fans Komiharu jadi lebih mengenal dekat kek gimana sih Komiharu itu dan kemudian memutuskan untuk terus mendukung Komiharu apapun yang terjadi. Jadi intinya, apa yang harus dilakukan fans untuk membantu Komiyama ? Ah, ga banyak-banyak ko, hanya membuat Komiharu melesat dahsyat ke posisi #21 di SSK tahun lalu ! Kampret dah, dari unranked selama 2 tahun kemudian meledak ke peringkat #21 dan menjadi bagian dari Undergirl ?! Ini luar biasa loh ! Sebuah kemenangan bagi Komiyama Oshi dan juga kepuasan untuk Komiyama sendiri !

Selain itu, dia terus menjadi bagian "penting" di AKB48 selama setahun ini, dia menjadi bagian dalam single Janken Tanabe Miku karena meraih posisi ke-3 karena kalah di semifinal melawan sang juara, Tanamin. Lalu kemudian dia terlibat dalam side-B single HIGH TENSION, SHOOT SIGN dan Negaigoto no Mochigusare, kalo ini semua ga cukup, dia juga punya kesempatan tampil di Cabasuka Gakuen sebagai cast member !!

Seluruh fansnya telah memberikan segalanya untuk Komiharu, dan hal ini pun direspon dengan memberikan Kami-Handshake pada semua fans yang mendukungnya, ini adalah sebuah hubungan timbal balik yang sangat bagus. Jadi ketika kalian memberikan seluruh kepercayaan / vote kalian pada Komiharu, dia akan melakukan hal yang sangat amazing tahun ini. Ane ga bakalan kaget kalo misalnya dia ternyata akan menggantikan salah satu member di line up Kami-7.




Suda Akari agak berlawanan, tapi hal inilah membuatnya serupa dengan Komiharu. Artinya adalah para fans dari Dasu sangatlah bersemangat, akan tetapi rasa semangat ini bisa menjadi sesuatu yang baik dan juga buruk bagi Dasu. Bagian yang buruk dari fans Dasu adalah mereka sangat inkonsisten terhadap dukungannya kepada Dasu, inilah yang ane bliang kenapa dia berlawanan dengan Komiyama. Contoh ; jika kalian melihat history peringkat Dasu di Sousenkyo selama 4 tahun terakhir, maka akan terlihat seperti roller coaster, naik turun gitu. Pada Sousenkyo tahun lalu dia berhasil masuk Kami-7, jadi, kalo kita ikutin tren history Sousenkyo nya itu, maka tahun ini akan menjadi tahun yang sulit bagi Dasu. Dan alasan mengapa peringkatnya selalu naik dan turun disetiap Sousenkyo adalah karena fansnya yang kadang support gila-gilaan, kadang juga males buat ngevote, tidak konsisten.

Selama bertahun-tahun para fans dari Dasu ini pasti telah membicarakan dan membanggakan Oshimennya itu pada orang lain, termasuk membicarakan penampilannya yang um... well mungkin bukan yang terbaik dari seluruh member 48 group, tapi dia adalah salah satu member yang sangat cool dan easy going ketika HS. Tapi itu bukanlah hal yang bisa membantu Dasu bisa masuk Kami-7 tahun lalu dan tampaknya Kami-7 untuk Dasu itu seperti ga ada artinya. Coba aja liat di single HIGH TENSION, dia bahkan ga diikut sertain dalam single itu, what the hell ?! Tapi inilah arti sebenarnya dari sousenkyo, jadi jika kalian berhasil masuk Kami-7, maka member Kami-7 tu bukanlah bener-bener seorang Kami / Dewa yang ga bisa digantikan oleh member lain.

Dan juga, ketika kalian melihat list dari Kami-7 prediksi ini, ane pikir kalian mungkin akan mengerti bahwa ada terlalu banyak persaingan tahun ini untuk bisa menentukan dimana Dasu akan duduki, meskipun terdapat banyak spot-spot kosong yang ada di daftar Kami-7.

Masalahnya adalah si Dasu ini member favorit ane di SKE, jadi cukup bikin hati ane sakit untuk nempatin dia di posisi #9 ini yang artinya dia kembali harus turun #3 spot dari tahun lalu, tapi ane berkaca pada peringkatnya 2 tahun lalu ketika dia berada di posisi ke #18, Dasu menangis sangat pilu dan terlihat kecewa dengan apa yang telah terjadi karena ditahun sebelumnya dia berada di jajaran Senbatsu (#10), para fansnya pun merespon dengan memasukannya ke Kami-7 pada SSK tahun lalu. Di Sousenkyo tahun ini Dasu ga perlu nangis, jadi para fansnya mungkin gaakan merasa "kesulitan" seperti tahun kemarin ketika harus "ngelempar" Dasu ke Kami-7. Yang bisa ane bilang adalah, menebak-nebak dimana Dasu bakalan berlabuh di Sousenkyo tahun ini menjadi hiburan tersendiri bagi ane. Tapi ane pikir posisi #9 adalah rank yang tepat bagi Dasu, sad to say. Ane hanya bisa berharap Dasu gaakan ngumumin kelulusannya karena hal ini.


#08 Yokoyama Yui ( AKB48 Team A )




Kita harus memberikan credit pada Yokoyama Yui tahun ini. Dia memiliki beban yang luar biasa berat ditahun pertamanya sebagai Soukantoku. Yuihan tampaknya telah banyak mengerti peran sebagai Soukantoku karena dalam setiap konser atau live show, kehadirannya menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh para fans. (Meskipun dia keringetan banyak banget, seperti saat Shonichi THUMBNAIL baru-baru ini. Perlu kalian ketahui si Yuihan ini salah satu member yang keringetnya banyak banget, baru 3 lagu aja keringetnya hampir 5 ml). Ane pikir dia telah memperbaiki kemampuan bernyanyinya belakangan ini dan juga menantang dirinya sendiri untuk melakukan hal-hal yang sulit seperti bernyanyi sambil bermain piano. Jangan main-main loh, maenin piano sambil nyanyi tu sulit banget, mungkin harus latihan sehari 77x untuk bisa cepet mahir dalam hal ini. Ane yakin kalo Yuihan ga punya banyak waktu untuk latihan, tapi dia bisa menginspirasi orang-orang yang ada di sekitarnya, seperti saat Yuihan perform lagu "365 Nichi no Kamihikouki " milik Sayanee dengan piano dan kemudian dia "blunder" ketika memainkan pianonya, kerumuman fans yang ada dihadapannya terus berteriak untuk mendukung Yuihan agar tetap menyelesaikan lagu itu, ini adalah momen yang sangat menginspirasi banyak orang daripada dia memainkan lagu itu dengan sempurna. Jujur, ane terharu ketika melihat adegan ini, dan ditambah dengan beberapa waktu lalu, Yuihan menyanyikan salah satu lagu milik Oshima Yuko di National Handshake. Ketukan dia pas banget disetiap note nya, apalagi falsetto nya beuh, nangis ane dengernya !

Yuihan sangatlah berbeda dengan Takamina. Yui lebih tenang, teliti dan lebih " Kyoto " dengan pendekatan " Zen " nya. Ane kira itulah sebabnya kenapa Yuihan dipilih menjadi Soukantoku meskipun pendekatannya berbeda dengan Takamina yang to the point dalam mengelola Grup AKB48. Ane pikir walaupun peringkatnya turun di Sousenkyo tahun lalu, sekarang dia akan meraih posisi yang "cukup" bagus diluar Kami-7 karena betapa kerasnya dia bekerja (sebagai soukantoku) dalam setahun terakhir ini untuk terus mengawasi AKB, terlebih lagi di tahun lalu 48 Grup melakukan langkah ambisius dengan mendirikan STU48 dan BNK48 yang tampaknya setiap saat akan bisa meledak ke media. (Kata kuncinya adalah "tampaknya" , kenapa ? karena kita semua tau satu-satunya sister grup yang selalu melakukan shit things belakangan ini adalah JKT48).

Ane ngerasa Yuihan secara historis akan terus melakukan hal yang sama seperti Takamina lakukan saat berada di AKB. Ane ga bermaksud kalo artinya Yuihan harus beberapa kali berada di Kami-7 seperti Takamina dulu, tapi dia akan menjadi " Kami-7 shadows " di posisi #8, #9 atau #10, dimulai dengan tahun ini yang mana ane prediksiin dia akan berada di posisi #8. Ane ga tau berapa lama lagi rencana Yuihan untuk terus berada di AKB, ane harap setidaknya Yuihan masih beredar di AKB beberapa tahun lagi. Meskipun ane ngomong kek gitu, ane ngerasa kalo seluruh fans AKB menginginkan line up senbatsu beberapa tahun kedepan nanti diisi oleh fresh member karena simple aja, kita semua tahu kalo Yuihan memiliki "tanggal kadaluarsa" yang tanpa bisa diduga akan cepat mendekat, jauh lebih cepat dibandingkan dengan Yabuki Nako atau Imamura Maria. Ane harap Yuihan akan "mengacuhkan" berapapun peringkat yang dia raih dalam Sousenkyo dan fokus terhadap pekerjaannya sebagai Soukantoku, dan ketika dia graduate dari AKB, orang-orang akan mengenang dia sebagai " the greatest Soukantoku in 48 History ".


==========*====*===========


THE KAMI 7 (Update at 19/05/2017)




#07 Kitahara Rie ( NGT48 Team NIII )




Ane rada kaget juga waktu Kitahara Rie ngomong pengen ikut Sousenkyo tahun ini. Ane pikir dia tu lagi sibuk banget jadi Mak kost buat para kouhainya di NGT belakangan ini, tapi apakah dengan berada di jajaran Senbatsu, dia akan membantu popularitas NGT di mata para fans ? itu tentu saja, karena ane gatau siapa lagi member NGT yang bisa berhasil menembus Senbatsu atau malah Kami-7 selain Kitarie di SSK tahun ini. Kitarie adalah member yang di setiap Sousenkyonya selalu mendapat jaminan untuk memiliki satu spot di senbatsu, dan tahun lalu dia meraih rank kedua tertinggi selama partisipasinya di SSK dengan berada di peringkat #12. Tapi, ketika kita melihat fakta bahwa Kitarie telah mengubah NGT dari grup "ecek-ecek" menjadi powerhouse group dalam satu tahun ! dia menjadi panutan dan daya tarik yang positif bagi kouhainya. Kitarie juga salah satu member jebolan generasi ke-5 AKB yang legendaris ; salah satu membernya mempunyai restoran Yakiniku (Uchida Mayumi), ada lagi si mad dog (Nito Moeno), lalu member kontroversial yang meraih rekor Sousenkyo (Sashihara Rino), jadi cukup masuk akal kalo Kitarie akhirnya bisa masuk Kami-7 tahun ini.

NGT48 membutuhkan leader yang kuat dan setelah Yukirin tidak berpartisipasi tahun ini (jasanya buat NGT sedikit banget, beda sama Kitarie yang secara full aktif disini), membuat Kitarie bertugas untuk memimpin NGT di Sousnekyo. Ane pikir dia bakalan jadi member yang paling diuntungkan dari kosongnya spot-spot di Kami-7 yang selalu dihuni oleh member "langganan" disetiap tahunnya. Ane punya rencana mau mewek pas namanya dipanggil di peringkat ke #7 karena inilah saatnya dia untuk shine ! old member yang selalu "disisihkan" tapi tetap sabar dan menjaga konsistensinya di Sousenkyo. Kitarie, you can do it !


#06 Okada Nana ( AKB48 Team 4 / STU48)




Okada Nana. Well, yang bisa ane omongin dimari adalah tentang lompatan luar biasa yang akan dia lakukan dalam ranking Senbatsunya. Ane bener-bener kaget dia berhasil meraih spot ke #14 tahun lalu, dan ane yakin tahun ini dia akan kembali merangkak ke atas dan menempati posisi yang lebih tinggi dari kemarin. Tapi ane pikir penyakit yang dideritanya tahun lalu agak ngeganggu momentum Naachan dalam meraih Senbatsu pertamanya di SSK. Meskipun begitu semua fans sangatlah menghormatinya, dan ketika dia memberikan speech nya yang keren banget dimalam saat Sousenkyo tahun lalu, itu adalah sebuah sign untuk memberitahu pada kita semua untuk bersiap-siap di tahun ini karena Naachan akan melakukan hal yang amazing. Dan akan masuknya Naachan kedalam Kami-7 tahun ini adalah salah satu hal amazing yang akan dilakukannya. Ane pikir si Naachan ini bener-bener mendorong dirinya sendiri ke AKB sekarang, dia menjadi sengat deket banget sama grup AKB untuk menangani mental issues nya tentang " tidak ingin berada di AKB48 lagi " apalagi hal ini diperparah dengan perginya Nishino Miki yang merupakan sahabat dekatnya. Tapi, ane nganggep kalo kisahnya ini adalah salah satu cerita yang ingin ane lihat ending nya bakalan gimana karena gaada gunanya sih untuk menjadi seorang Idol yang perfect. Jika Naachan telah menjadi Idol yang sempurna, apa dia masih membutuhkan vote kita lagi ? i dont think so

Naachan tu imperfect , ga sempurna. Itu sangatlah masuk akal karena alasan utamanya adalah dia selalu berusaha untuk mengatasi semua rintangan yang ada dalam hidupnya dengan hati, kedisplinan dan juga passion yang ada dalam darah Naachan, dan ane pikir, kalo ane pengen support seorang Idol yang sangat hebat, jika dia memiliki " masalah pribadi " yang bikin ane ngerti dan merasa simpati pada dirinya, itu akan membuat diri ane ingin pengen tau lebih dalam lagi kek mana kehidupan pribadi si member ini sepenuhnya. Dan itulah impression ane buat Naachan.

Side note ; Dan karena hal inilah selain buat Naachan, ane tujukin juga buat Hirate Yurina. Tampaknya dia memiliki dark side gitu dibalik tatapannya yang tajam. Meskipun ane tau sebagian "masalah pribadinya" dalam artikel yang ane post sebelumnya, ane pengen tau jauh lebih dalam lagi. Ane rasa hanya ada beberapa orang yang "berani" nunjukin perjuangan hidup mereka lebih terbuka daripada orang lain, dan Hirate adalah salah satunya. Begitu juga Naachan, itulah sebabnya ane bahas Hirate dimari. Mereka berdua memiliki pengertian yang sama tentang gadis Majime, perjuangan masa lalu dan perubahan di masa kini.

Anyways, Naachan akan menembus Kami-7 tahun ini. Apa yang menarik dalam kesuksesannya masuk Kami-7 adalah fakta bahwa dia akan berada di peringkat ke #6, hal ini akan membuat Naachan menjadi possible Ace dimasa depan AKB48 dengan catatan jika dia terus konsisten dalam trajectory history Sousenkyonya yang selalu naik. Bersamaan dengan itu, posisinya sebagai leader di STU48 akan mendorongnya untuk menjadi salah satu dari 3 atau 4 top AKB girl di Sousenkyo masa depan jika kita melihat fakta sejarah bahwa setiap kapten di 48 Group selalu berperingkat bagus di SSK. Ane ngerasa kalo Naachan dipersiapin buat menjadi pengganti Yuihan sebagai Soukantoku, atau menjadi Kapten di salah satu Team AKB, dia gaakan lama-lama berada di STU. Atau mungkin justru sebaliknya ; Naachan bakalan habis-habisan ngepush STU48 menjadi grup terbaik di 48 Group dengan penampilannya totalnya disetiap single dan menjadi senpai yang hebat sehingga membuat seluruh kouhai didikannya "dibajak" oleh AKB48 seperti yang mereka lakukan selama bertahun-tahun terhadap sister grupnya itu.

Well, now there’s a thought!


Meskipun begitu, ane berharap yang terbaik untuk Naachan ditahun ini. Ane ga sabar pengen ngeliat senyum dan air mata kebahagiaan ketika namanya dipanggil keatas stage tahun ini, bukan air mata kesedihan yang dia berikan pada kita seperti ketika speech nya tahun lalu. 


#05 Mukaichi Mion ( AKB48 Team K )




Sudah tentu jika Mukaichi Mion akan memanfaatkan "celah" yang ada di Kami-7 tahun ini. Dia masih muda (19 tahun), menjadi senbatsu dalam setiap single AKB dalam beberapa tahun terakhir ini (termasuk menjadi center dalam Tsubasa wa Iranai), di push gila-gilaan oleh AKS, menjadi bintang baru dalam acara TV, dia juga membuat sebuah kejutan besar dalam 2 Sousenkyo terakhir, dari Next Girl (#44) ke Senbatsu (#13), 31 kursi dia lompatin cuy ! . Momentum ada dalam diri Mion, dia hanya bisa dihentikan oleh nama-nama besar di AKB48 sekarang, atau mungkin malah dia yang akhirnya menjadi Ace tahun ini. Di tahun-tahun selanjutnya, tentu saja Mion akan menjadi topik diskusi disetiap fandom 48 Group mengenai tahta queen of Senbatsu, gaakan ada yang bisa ngeraguin itu. Ane pikir Mion bakalan berada di spot ke #5 tahun ini dan menjadi tanda bahwa AKS menaruh harapan besar padanya untuk menjadi the next Oshima Yuko.

Yang jadi pertanyaannya adalah ;  apakah fansnya akan terus mendukung Mion untuk tetap berada dalam spotlight Sousenkyo ?

Sayangnya bagi ane itu engga sama sekali, jujur aja ane kurang suka sama Mion. Ya, memang dia cantik, tapi ga termasuk dalam tipe "cewek antik" tipe ane. Kepribadiannya ga terlalu menarik buat ane, dan meskipun dia menjadi center dalam TwI, sedikitpun kaga ada kesan yang nempel di pikiran ane. Ane bukanlah fans Mion, tapi ane ga bisa nyangkal kalo kekuatan dan pengaruh dia kepada grup AKB48 dan juga para fans lain sangatlah hebat. Orang-orang sangatlah menyukai Mion, dan its ok bagi ane karena ane ga sepenuhnya ngebenci dia. Ane seneng kalo AKB memiliki seseorang yang mereka pikir dia sangatlah potensial sehingga bisa menyandang nama besar Oshima Yuko di bahunya. Thats good for her..

Tapi, ane bener-bener gamau Mion ada di single AKB selanjutnya karena dia push gila sama manajemen. Ane rasa lebih enak ngeliat Tani Marika, Ichikawa Miori atau Kinoshita Momoka yang dipush ketimbang Mion, mereka adalah member-member yang memiliki kepribadian yang unik. Ane gabisa menemukan hal keren atau unik dalam diri Mion yang bisa bikin ane ngedukung dia.

Tapi, mau bagaimanapun, Mion akan tetap meluncur di Sousenkyo tahun ini dan berada di peringkat #5. Ini akan menjadi sebuah petunjuk bagi pergelaran Sousenkyo kedepannya, dalam artian akan terdapat pertempuran antara dirinya melawan Jurina dan Sakura untuk meraih posisi teratas, oh iya jangan lupakan Naachan. 

Jika saja rank Mion tahun ini naik hanya 1-2 spot saja atau malah jatuh tahun ini, itu akan menjadi salah satu kejutan terbesar malam dibulan Juni nanti. Ane ga bisa bayangin kalo hal itu akan terjadi, tapi jika saja itu terjadi, secara pribadi ane bakalan prihatin, tapi disisi lain ane juga ngerasa lega sebagai fans AKB dan menunggu seseorang untuk menggantikan dirinya. Ane ngemeng gitu bukan berarti ane ngedukung dia ga masuk senbatsu loh, karena ane punya pemikiran lain tentang Mion, terutama tentang fakta kalo dia selalu bekerja keras dan selalu ingin menjadi yang terbaik, inilah prinsip seorang idol dan dia melakukan itu dengan baik. Ane rasa tinggal nunggu waktu aja dimana Mion melakukan sesuatu yang bikin ane takjub lalu ane berbalik jadi negdukung dia di AKB dibanding ane harus muja-muja dia "hanya" karena Mion menjadi salah satu member papan atas AKB bebrapa tahun ini. Mion masih memiliki waktu untuk mengubah pandangan ane tentang dirinya, dan ane harap dia bakalan ngelakuin itu.


#04 Miyawaki Sakura ( HKT48 Team KIV / AKB48 Team A)




Miyawaki Sakura. Dia terus mendaki dinding tebal Sousenkyo disetiap tahunnya, dan jika kita melihat pada Sasshi yang juga melakukan hal sama seperti Sakuratan, maka ane cukup masuk akal bagi ane untuk nempatin dia di spot ke #4 tahun ini. Sayanee & Yukirin keluar dari persaingan SSK yang membuat peringkat #4 - #5 menjadi terbuka bagi semua orang, dan member-member heavyweight yang layak untuk mengisi spot ini pun sedang berjuang dalam mega-battle memperebutkan tahta Queen of Senbatsu di peringkat top #3. Dan kalian pasti sepakat dengan ane kalo ketiga member teratas ini akan mengumumkan kelulusannya dalam beberapa tahun kedepan, jadi AKB48 akan bertumpu pada seorang Sakuratan dengan asumsi ada gangguan dari Naachan atau Mion yang akan kembali membuat persaingan Top member menjadi ramai.

Tapi, untuk tahun ini Sakuratan sama halnya kek Mion karena dia dipush banget sama manajemen, mungkin selamanya. Dia juga masih berusia 19 tahun, dan menjadi center dalam single AKB. Basically, Sakura adalah Mion versi HKT48. Sakura menjadi pusat perhatian dalam serial Majisuka Gakuen dan Kyabasuka Gakuen, ditambah dia juga tampil dalam Tofu Wrestling, seperti apa yang dikatakan Sakuratan bahwa dia ingin menjadi aktris setelah graduate dari AKB. Ane pikir ini adalah jembatan yang sangat mudah baginya untuk bisa meraih impiannya itu, terimakasih pada serial TV "berbau" AKB yang selalu memberikan peran utama pada dirinya. Setiap ada AKB pasti ada Sakura, dan itu ga masalah buat ane karena sekarang ane ngedukung dia sampe modyar. Kalo dikasih kesempatan buat HS ke Jepang sono, ane bakalan buru-buru masuk line Oshimen ane, terus ke Sakuratan karena ane sekarang balik ngehormatin ni bocah Hakata, dalam melakukan sesuatu dia selalu memberikan yang terbaik dan akan tetap mempertahankannya apapun yang terjadi. Maksudnya, dia telah nguasain HKT dan AKB sejak tahun 2011 lalu. Dia juga memiliki momen yang mana membuat ane berfikir kalo dia adalah the new Acchan di AKB. Momen itu mungkin telah dilaluinya karena Sakuratan suka ngebicarain AKB setiap saat, entah itu lagi interview, becandaan atau di TV show, terutama kalo dia pengen lebih kompetitif dengan member lain, menurut ane Acchan ga bener-bener ngelakuin hal ini selama karirnya di AKB.

Kita semua mencintai Atsuko karena dia humble dan down to earth, sikapnya yang santai membuat dirinya bisa dengan mudah diterima oleh setiap fans. Dalam beberapa tahun ini Sakuratan terlihat sangat "berani" , dan ane pikir ini adalah sesuatu yang bagus bagi Sakura akan tetapi tidak bagi para wota diluar sana. 

Ane pikir ini adalah masa remajanya, tapi jujur aja, ketika ane ngeliat dia, ane masih bisa ngeliat Sakura sebagai youngster (meskipun bentuk badan dan wajahnya udah terliat mature tahun kemarin), dan hal ini membuat ane cukup mudah untuk mendukung Sakura. Dia keliatan "kurang ajar" seperti para remaja yang memang "kurang ajar" karena mereka masih mencari jati diri. Ane agak seneng ngeliat dia "liar" kek gitu, dan juga waktu ngeliat cara dia berlari, dia gabisa lari kek orang normal gitu ! Coba deh kita masukin Sakura kedalam lomba maraton 200 m, pasti ane bakalan ngakak guling-guling sampe nangis darah ngeliat dia lari.

Sakuratan tu adorable banget loh ! Jadi, ane bakalan ngevote dia untuk menjadi center Sousenkyo dalam edisi selanjutnya. Sakuratan akan baik-baik saja di SSK tahun ini, dan ane harap dia ga punya pikiran kalo berada di posisi #4 tu hal yang buruk. Pertarungan sebenarnya bagi Sakura di Sousenkyo dimulai dari tahun depan, dan kemudian berlanjut disetiap tahunnya. Jika 2 dari 3 member top #3 (ditambah Yukirin dan Sayanee) benar-benar memutuskan untuk tidak ambil bagian di Sousenkyo lagi, maka tahun ini adalah momentumnya Sakuratan untuk memulai dinasti di Sousenkyo. AKB akan dikuasai oleh Sakura, dia telah ditakdirkan untuk menjadi the next Queen of Senbatsu.


#03 Watanabe Mayu ( AKB48 Team B )




Mungkin orang-orang yang baca ni artikel pasti bakalan geleng-geleng kepala dan bilang kalo ane "goblok" dan "bullshit" karena nempatin Watanabe Mayu di posisi ke #3. Ya, jujur aja ane ga bakalan menyangkal kalo pertempuran tersengit tahun ini adalah antara dirinya dengan Sashihara Rino. Dan ya, Sasshi akan memiliki keuntungan yang besar untuk melangkahi Mayu karena dia memiliki fans yang bersaku sangat tebal sekali sehingga mungkin akan memberikan vote yang sangat luar biasa insane untuk bisa kembali menjadi center di Sousenkyo AKB tahun ini. Sementara itu, Mayuyu akan merasakan sekali lagi kekalahan yang sangat pedih dan efeknya bagi kita adalah harus sekali lagi berada dalam dunia Sasshi yang sangat "aneh".

Well, tulisan diatas cuman narasi doang kok.

Versi lain dari narasi diatas juga ane bikinin ; Mayu akan mengalahkan Sasshi dan dia akan kembali menjadi Queen of Senbatsu. Hal ini terjadi karena ;
  • Ada banyak fans yang ga mau ngeliat Sasshi bisa menang Sousenkyo 3 kali berturut-turut.
  • Mungkin karena Mayu seperti memberikan "kode" kalo dia bakalan graduate tahun ini dan membuat para fansnya ingin sekali lagi melihat Mayu sebagai center dalam lagu major AKB yang terakhir.
  • Atau mungkin juga karena fans Yukirin yang memutuskan untuk memberikan vote nya pada Mayu (yang notabene sahabatnya Yukirin) dengan harapan bisa menjatuhkan Sasshi di singgasananya.
  • (ini alesan yang gila) Atau karena mungkin para fans di China "mencuri" 50.000 jumlah vote Mayu tahun kemarin dan akhirnya mereka sadar lalu meminta maaf dengan cara mengembalikan votenya itu tahun ini. Oleh karena itu, jumlah vote Mayu bakalan membengkak dan akan mendekati jumlah 240 ribu vote milik Sasshi.
Hahaha, mungkin yang bagian China itu diabaikan aja ye, cuman iseng doang ko kaga ada kerjaan ane. Tapi kalo menurut versi ane, ini yang akan terjadi pada Mayu tahun ini ;

Ane sadar kalo nempatin Mayu di peringkat #3 tu cuman angan-angan doang, atau mungkin karena itu keinginan ane untuk bisa ngeliat member baru yang akan memakai jubah dan mahkota Sousenkyo bulan Juni nanti. Tapi bukankah akan sangat menarik jika ada rasa kekesalan yang timbul ketika Sousenkyo tahun ini berakhir ? Contohnya ; tahun ini bukan hanya satu, tapi dua member yang diharapkan bakalan menang Sousenkyo tapi ternyata mereka berdua kalah dan ngambek karena percaya diri bakalan menang.

Mayu mungkin akan menjadi member yang layak menjadi pesaing utama Sasshi. Percayalah, ane udah hatam sama hal ini. Dan jika Mayu bisa bersaing dengan Sasshi yang memiliki jumlah vote yang kampret gila itu, atau jumlah votenya bisa dianggap kompetitif karena gaada yang lebih dominan gitu votenya, maka ane rasa Mayu bakalan nyingkirin Sasshi dan menjadi Queen dari AKB selanjutnya.

Akan tetapi, dalam dunia Idol ane yang sangat sempurna ini, hal itu ga bakalan terjadi. Dengan segala hormat, Mayu harus puas berada di posisi ke #3, menyisakan ruang untuk sebuah duel yang sangat dahsyat di abad ini antara dua idol yang ane cintai dalam sejarah ane ngidol ! ( Sorry Mayu ! Ane ga bakalan pernah bisa suka sama ente ! ) dan semoga Mayu bisa berlapang dada serta menerima peringkat ke #3 ini karena perlu kalian ketahui, Mayu udah ga butuh AKB48 lagi.

Mau jadi aktris, penyanyi atau apapun, jalur karir Mayu sudah terbuka luas. Mayu telah menjadi salah satu icon AKB48, dia juga telah merasakan menjadi Queen dalam Senbatsu 2014 lalu, jadi, jika Mayu kembali naik ke kursi Queen tahun ini, maka itu ga memberikan arti apapun bagi Mayu karena dia udah menyelesaikan apa yang bisa dilakukan Mayu di AKB48. Dibanding Sousenkyo, Mayu memiliki gunung yang lebih besar untuk didaki (dunia entertaint), dan ane pikir ini adalah alasan kuat kenapa kita harus mencoba untuk nempatin Mayu di posisi #3 sehingga the real race Sousenkyo tahun ini bisa kita nikmati dengan "brutal".



#02 Sashihara Rino ( HKT48 Team H / STU48 )





Tepat sekali, kalian ga salah baca : Sashihara Rino berada di peringkat #2 , tapi kalo ane bener kalo Mayu bakalan ada di posisi #3, maka akan membuat pertarungan yang sangat menarik, siapakah yang bakalan ane pilih untuk menjadi si nomer #1 Sousenkyo ? Hanya takdir yang bisa mengubah hidup seseorang, dan ane tau hanya ada sekitar 0.0005% peluang untuk bisa membuat Sasshi turun ke runner up, jika hal ini terjadi, internet seluruh dunia bakalan down selama 17 Juni nanti, seluruh wota di berbagai belahan dunia bakalan bersuka cita, marah, kesal, bahagia ketika melihat Sasshi gagal untuk meraih 3 kali berturut-turut Sousenkyo dan "dipaksa" lengser dari tahtanya.

Sekarang, kalian bisa mengeluarkan "bacot no jutsu" bahwa Sasshi memiliki fans berkantong tebal yang akan membuat jumlah vote nya mustahil bisa terkejar sama member manapun tahun ini. Menurut ane, akan sangat bagus buat Sasshi jika dia bisa ngumpulin 300 atau 400 ribu vote karena itung-itung membantu AKB secara finansial, iya kan ? Tapi masalahnya adalah ane ga yakin apa itu akan membuat ending dari sousenkyo tahun ini terasa indah dan menyenangkan ? Bisakah kita mengatakan " Boseeennn dia mulu yang menang ! " ? Ane ngomong kek gini bukan berarti ane gasuka sama Sasshi, but i love her ! Dia bisa aja jadi Kami-Oshi ane, ane ngehormatin dia disetiap waktunya dan ane pikir apapun yang dia lakukan untuk AKB disetiap detiknya sangatlah berharga, dia adalah member yang tak tergantikan. Sasshi adalah malaikat yang dikirimkan Tuhan ke AKB, dan tentu saja merupakan member yang tepat untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan Acchan dan Yuko beberapa tahun lalu. Sasshi merupakan Idol yang lengkap, dimana dia juga menyukai apa itu Idol (karena dia dulu wota), dia juga sexy, banget malah.

Sasshi terlalu powerfull disetiap level kehidupan Idol dan semua yang dia lakukan untuk AKB, mulai dari menjadi center untuk mempromosikan AKB keseluruh penjuru Jepang, lalu menjadi Teater Manager, Produser Musik, Produser Konser, solo artist, dan menjadi satu-satunya member AKB yang 2 kali berturut-turut menjadi pemenang dalam Sousenkyo, kehebatan Sasshi gaada yang bisa ngebantah, she's untouchable !

Yang jadi pertanyaannya adalah ; Apakah Sasshi bener-bener membutuhkan gelar keemapt Sosuenkyo ?

Jawabannya tidak, atau mungkin Sasshi punya rencana untuk itu ? tapi dia udah beberapa kali juara Sousenkyo, bukankah sudah saatnya bagi member lain untuk merasakan mahkota dikepalanya ?

Sasshi memiliki satu kaki yang dia jejaki di AKB dan satu kaki lagi dijejakan pada ribuan hal lainnya yang non-AKB, tapi meskipun dia sibuk gila, ane ngerasa kalo Sasshi tu gapernah absen di AKB, ane pernah ngerasain hal kek gitu waktu sama Kojima Haruna, dan sekarang dia telah graduate, tapi rasanya si Kojiharu ini udah luaaamaaa banget graduate saking seringnya ane ngeliat Kojiharu pas sebelum grad. Untuk Sasshi, meskipun dia bukanlah member AKB, tapi ane gapernah ngerasain hal kek gitu. Sasshi ga ngebutuhin AKB, dan ane yakin sama pendapat seorang fans yang ngomong gini ke ane ; " setelah dia graduate, Sasshi bakalan tinggalin semua hal tentang AKB dan gaakan ngelakuin hal seperti mengganti AKI-P, menjadi manajemen AKB, atau apapun yang berbau AKB " . Ane ngerti kenapa dia bisa ngomong kek gitu, tapi sekali lagi, Sasshi selalu mengatakan kalo dia suka banget sama duit (mata duitan), karena berada di AKB berarti pendapatannya bakalan ngalir lebih banyak disetiap tahunnya. Bukan berarti kalo Sasshi ga punya kerjaan laen selain jadi "parasit" di AKB karena dia mungkin telah ditawari kontrak kerja yang "mahal" banget dari stasiun TV untuk menjadi MC atau menjadi model cover majalah mingguan di Jepang. Seperti yang ane katakan sebelumnya, dia ga butuh AKB untuk menjadi "mesin penghasil uang" buat dirinya dimasa depan, tapi mungkin dengan rasa " cintanya " terhadap "pendapatan yang pasti" (jika bener dia doyan ame duit), dia bakalan masih tetep ada di AKB selama beberapa tahun kedepan dengan memegang jabatan di managerial (karena di AKB, pendapatan bagi Sasshi undah pasti terjamin).

Namun, ane juga berfikir kalo Sasshi juara Sousenkyo (lagi) tahun ini, langkah selanjutnya yang harus dia lakukan hanyalah satu, siap-siap untuk graduate, gaada hal lain lagi. Ane ga yakin kalo memenangkan SSK 3 kali berturut-turut memiliki arti besar bagi dirinya. Dan ane harap kalo Sasshi "mengalah" dan duduk diposisi runner up Sousenkyo tahun ini, dia akan menyadari betapa berharganya sistem "kejutan" yang ada di AKB48. Kejutan itu akan membangunkan kita dari serangkaian single AKB yang terdengar sangat "mengerikan" dan tentunya menghindarkan para fans untuk merasa jenuh pada AKB48. Menurut ane, AKB48 telah mencapai batasnya, karena mereka telah meraih capaian apapun sebagai grup, dan sekarang mereka tidak tahu bagaimana caranya menembus batasan itu. Dan hal ini juga dirasakan oleh Sasshi, meskipun dalam kasusnya itu dia berusaha untuk menerobos batasan pencapaian pribadinya. Untuk Sasshi, yang menjadi masalahnya adalah saat dia berhasil menerobos batasannya itu, dia akan merasa bosan, dan ane pikir kalo dia memenangkan Sousenkyo untuk yang ketiga kalinya secara beruntun, itu akan membuatnya bahagia tapi cuman sementara aja, dan akhirnya dia akan bertanya pada dirinya sendiri, "apakah gelar Sosuenkyo 3 kali beruntun ini penting ?" . Ane pikir Sasshi telah memiliki jawabannya, dan mungkin sudah saatnya dia menemukan batasan baru agar bisa dia jangkau dan kemudian menerobosnya.

Ga peduli dimana akhirnya dia akan duduk dalam Sousenkyo tahun ini, Sasshi tetaplah seorang ace sejati dari AKB48. Kita gaperl bikin dia jadi nomer satu di SSK dulu untuk mengetahui hal ini, karena jika dia berada di posisi #2, kita masih bisa ngeliat dia mondar-mandir di AKB, atau lebih tepatnya kita akan bisa ngeliat Sasshi dalam acara yang berkaitan dengan AKB sebanyak yang dia inginkan. Apa kalian ga tau kalo Sasshi nguasain AKB ?

Oke, ini pemikiran terakhir ane mengenai Sasshi sebelum ane memilih siapa yang akan menjadi Queen of Senbatsu tahun ini ;

Sasshi mungkin member AKB yang paling sukses, meskipun jika dia ga menang SSK tahun ini. Tapi jika kita berbicara tentang siapakah member yang paling hebat di AKB, jawabannya pasti Atsuko Maeda. Sasshi bisa saja memenangkan 5 Sousenkyo berikutnya dan itu masih mungkin bisa jadi kenyataan. Atsuko mungkin "hanya" bisa mendapatkan 130.000 lebih vote dalam SSK terakhirnya, tapi dia adalah face AKB dan telah menjadi center disebagian besar jumlah single AKB sebelum Sousenkyo sehingga Acchan gaperlu lewat Sosuenkyo untuk memberitahu kita semua kalo dia adalah..... the real Queen of AKB. Dia hanya berpartisipasi dalam 3 Sousenkyo dan memenangkan 2 kali dalam 3 edisi itu. Dan kita bisa menyaksikan Acchan menjadi sangat emosional karena Sousenkyo, dan secara bersamaan dia juga dicintai oleh seluruh fans AKB. Sampai saat ini, dia masih memiliki anugerah yang sangat menakjubkan seperti saat dia masih berada di AKB, keramahannya, kelembutan hatinya, kesensualitasannya, auranya, dll. Acchan masih menjadi seorang pemenang Sosuenkyo AKB sejati, dulu.. sekarang.. dan selamanya..

Ane ga yakin apakah ada Acchan yang lain (Sakuratan ga termasuk, dia mirip doang). Jadi untuk berfikir entah mau berapa kali Sasshi juara Sousenkyo, Acchan telah melakukan hal itu jauh sebelum yang Sasshi lakukan saat ini. Ane ga bermaksud kalo dedikasinya pada AKB selama 4 tahun ini "useless" kalo dibanding Acchan, ane bener-bener gaada niat untuk nyerang Sasshi disini, tapi kalo ada waktu ane bakalan bikin artikel tentang perbandingan Sasshi ame Acchan ntar.

Jadi, inti yang ingin ane sampaikan adalah memenangkan lagi Sosuenkyo adalah hal yang bagus karena itu artinya Sasshi telah memenangkan SSK lebih banyak dari siapapun. Dan juga jika tahun ini Sasshi menang,  dia akan memiliki rekor yang mungkin gaakan di pecahkan oleh member lain selama 1000 tahun lagi dengan meraih 3x kemenangan berturut-turut. Bagi ane, kalo Sasshi menang, itu lebih terdengar teknis karena kemenangannya hanya untuk bisnis semata, dan ini hanya terjadi di zaman ketika Sasshi juara saja, karena sang juara yang asli, tanpa ada embel-embel apapun adalah ketika Atsuko dan Yuko berjaya di AKB.

Sasshi akan berada di posisi runner up, jika dia punya pemikiran ingin AKB tetap fresh dan tidak menjemukan. Ane cukup percaya kalo tahun ini dia sengaja untuk "mengalah" hanya untuk menciptakan sebuah publisitas yang besar untuk AKB. Atau mungkin tidak ? Karena Sasshi adalah tipikal orang yang suka kompetisi, " dia ga biasa makan dikursi kedua karena dalam 2 tahun terakhir ini, dia selalu duduk di meja utama dan memangku mangkuk terlebih dahulu. " - istilah.

Dengan kekuatan dan status seperti itu, mungkin bukan suatu hal yang membuat Sasshi menyerah tahun ini. Jadi, dengan mengatakan hal itu, SSK sekarang mungkin akan menjadi salah satu pertempuran paling gila untuk memperebutkan posisi teratas yang akan terjadi di AKB. Sebagian dari diri ane ingin Sasshi menjadi sang juara, tapi sebagian dari hati yang lebih besar ini mengatakan bahwa sekarang adalah saatnya member fresh yang menjuarai Senbatsu Sousenkyo edisi kali ini...
 

#01 Matsui Jurina ( SKE48 Team S )




Well, sudah 4 tahun lamanya sejak Matsui Jurina memenangkan Janken Taikai. Ane ngerasa kalo trophy Janken adalah sebuah "hadiah hiburan" bagi dirinya, itu adalah cara "licik" AKS untuk terus menjaga Jurina agar tetap ceria karena ditahun-tahun berikutnya Jurina hanya bisa melihat Mayu dan Sasshi bergantian di pos teratas. Ane punya asumsi kalo AKS menjadi dalang dibalik hasil dari Janken tahun 2013 lalu, dimana Jurina menjadi pemenangnya. Ane juga merasakan hal yang sama dengan Shimazaki Haruka yang menang ditahun sebelumnya, mungkin ini adalah cara yang instan untuk menempatkan member pilihan agar menjadi center dalam sebuah single. Diskusi mengenai pertandingan Janken yang telah diatur oleh manajemen mungkin bakalan ngabisin waktu ane buat nulis ni prediksi jadi ntar aje ye dibahasnye.

Hanya dengan melihat Jurina berada di peringkat ke #3 dengan menggantikan Mayu yang naik ke posisi #2 tahun lalu, ane jadi punya feeling kalo tahun ini nasib Jurina bakalan mujur. Selama karirnya di 48 Group, kalo bukan karena campur tangan manajemen, dia gaakan pernah bisa menjadi center di single AKB seperti contohnya adalah Oogoe Diamond, atau membantunya untuk memenangkan Janken.

Ane juga ngeliat karir spektakuler Jurina bersama AKB dan juga statusnya saat ini sebagai supreme leader di SKE sebagai faktor penting untuk mengubah presepsi fans karena dia "pushing member" dan membuatnya memenangkan Sousenkyo tahun ini. Kompetisi ada didepan matanya, yaitu Mayu dan juga Sasshi, akan lebih menarik kalo ada Yukirin atau Sayanee. Jika kita melihat pada prestasi yang mereka berempat raih ;

  • 2 dari mereka telah memenangkan Sosuenkyo dan bahkan salah satunya meraih 3 trophy serta merupakan juara bertahan.
  • 3 dari mereka secara konsisten selalu berada didepan Jurina disetiap pagelaran Sosuenkyo.
  • Mereka semua memiliki solo song milik mereka sendiri, dan dalam beberapa kasus, karir mereka setelah graduate dari 48 Grup menjadi solo artist (Ya, ane tau kalo Jurina punya beberapa single solo, tapi itu hanyalah supporting song / coupling gitu, jadi ane ga ngerasa kalo itu lagu solo milik Ju sepenuhnya.)
Persaingan antara Jurina-Mayu-Sasshi saja udah sengit. Tapi, jika kita tambahin 2 member yang absen tadi kedalam persaingan dan vote mereka berpotensi masuk kedalam kantong Mayu, Sasshi atau member lain selain Jurina, ya, ini akan menjadi sebuah kejutan yang paling "menggelegar" dalam sejarah Sousenkyo jika Jurina ternyata melakukan hal yang impossible disini. 
 
Tapi, guys, ini akan menjadi great moment bagi seluruh fans AKB dan juga 48 Group ! Jurina masih memiliki kemampuan special untuk melakukan hal yang ga diduga. Dia akan membawa trophy no #1 Sousenkyo ke tanah Nagoya tahun ini. Dan ga cuman itu, ini akan memperkuat argumen ane tentang Jurina yang hanya diketahui oleh para fansnya ; Jurina adalah Perses, the god of destruction / sang dewa penghancur !

Ane ga lagi becanda loh. Pernahkah kalian ngeliat seorang gadis seperti Jurina yang dalam melakukan segala sesuatunya bisa terlihat dengan sangat mudah ? Sumpah dah, apa yang dilihat orang susah, menurut dia mah piece of cake ! keliatan kek rutinitas sehari-hari aja gitu seperti dancing, menyanyi, attitude pada orang lain dll. Jika dia memenangkan Sosuenkyo tahun ini, dia akan menjadi satu-satunya member yang telah mencapai semua raihan tertinggi di 48 Group ; menjadi center, memenangkan janken, dan trophy Sousenkyo . Bahkan Sasshi aje yang punya trophy Sousenkyo 3 kali ga pernah dapetin Janken. Jurina telah membuktikan bahwa sendirian aja, dirinya bisa mengalahkan dan mengambil alih AKB48 dalam setiap pertandingan yang mereka lakukan (Coba tonton AKBingo waktu Jurina vs 10 member Allstar AKB, ini adalah clue pertama kalo Jurina adalah reinkarnasi dari Dewa Perses). Ane ngerasa kalo tahun ini Jurina memiliki chance untuk melengkapi satu kepingan puzzle lagi dalam karirnya di 48 Group karena dalam Sosuenkyo beberapa tahun sebelumnya, para fans dari Jurina ini masih ragu untuk ngepush Oshimennya ini ke puncak Sousenkyo, tapi di tahun ini mereka bakalan yakin 100% untuk mengantarkan Jurina mengenakan mahkota Sosuenkyo. Satu-satunya hal yang mungkin menghalangi ambisi Jurina, selain Sasshi yang berpotensi mendapatkan jumlah vote yang sama seperti tahun lalu, adalah Fans Mayuyu yang akan memberikan satu kesempatan terakhir pada Mayu untuk duduk di posisi teratas sebelum dia mengumumkan kelulusannya. Jadi karena hal inilah mengapa Jurina mengatakan kalo dirinya akan terus berada di 48 Group setidaknya 5 tahun lagi. Itu artinya mungkin para fans dari Jurina sedang menunggu Mayu, Sasshi, Yukirin dan bahkan Sayanee keluar dari 48 Group sebelum mengangkat Jurina ke top spot dengan vote mereka. Seluruh fansnya Jurina berfikir kalo bakalan sia-sia untuk mencoba mengalahkan Sasshi ketika dia diprediksi akan memiliki lebih dari 400ribu jumlah vote tahun ini. Tapi ane punya pendapat mengenai pemikiran fans Ju itu (meskipun ane fans Ju, tapi ane punya pemikiran lebih dinamis dibanding mereka), apa artinya kalo Jurina memenangkan Sousenkyo karena gaada persaingan sengit yang harus diatasi ? Kalo ane pribadi sih bakalan kecewa kalo ane jadi juara catur kalo rival terberat ane (sebutlah Shikamaru) absen dari turnamen, karena gaada seseorang yang ingin banget dikalahkan. Kemenangan akan terasa sangat manis jika berhasil mengatasi rival terberat kalian, iya kan ?
 
Jurina bisa melakukan apapun yang dia pengen. Pernah ane nonton Showroomnya bulan Desember tahun lalu dimana Jurina bernyanyi dengan lirik yang ditulis random oleh fans di chatroom. Dia kemudian menyusun lirik itu bersama dengan seseorang yang jago ngemix musik lalu kemudian membuat rekaman dan hasilnya ? keren banget dah !

Meskipun dia Oshimen ane, jujur aje ane jarang banget nonton Showroomnya, tapi setelah nonton yang di bulan Desember itu, ane jadi cukup sering nonton SR nya, dan ane rasa ini adalah media yang tepat untuk meningkatkan popularitasnya. Jurina pernah menjadi bagian "the dream team" Team K AKB48, mengalahkan banyak member Team K setiap kali dia berada diatas panggung bersama mereka. Dia juga Leader SKE48 yang sangat hebat, siapapun ga bisa ngejatuhin dirinya dalam jabatan ini, bahkan Matsui Rena pun ane pikir masih susah, Jurina merupakan member andalan SKE48 sejak pertama kali SKE dibentuk. Secara de facto, Jurina juga salah satu leader AKB48 dan ini telah dibuktikan dengan dedikasinya terhadap grup meskipun dia cedera, Jurina masih bisa tampil di stage dengan memakai perban di jarinya, matanya diperban, kaki di gips dll. Line HS nya selalu penuh, servis HS nya juga memberikan kesan yang mendalam bagi yang melakukan dan dia juga telah menjadi bagian penting dalam sejarah lagu-lagu ikonik AKB.
 
Jurina adalah member generasi pertama SKE, dia tetap bekerja di AKB dan SKE selama bertahun-tahun dan telah banyak melihat member-member penting AKB, SKE dan NMB datang dan pergi setiap tahunnya. Dan jika semua ini ga cukup, Jurina juga mempunyai kepribadian yang baik, bebas dari skandal (skandal makan dulu cuman salah paham) dan merupakan tipe perfect idol yang bisa kalian dukung, meskipun dia "sempurna" (Mungkin karena kesempurnaan inilah yang membuat Jurina susah memenangkan Sosuenkyo, karena member-member yang telah memenangkan Sousenkyo, semuanya telah berhasil mengatasi rintangan yang ada dalam hidupnya *dengan Oshima Yuko sebagai pengecualian). Dan dia bisa "menghancurkan" apapun, termasuk dalam setiap MV yang dia ikutin. Kalian gabisa ngelepasin pandangan kalian pada Jurina.

Contoh Kasus ; Dalam coupling Song yang dia centerin di single terbaru AKB, Negaigoto no Mochigusare, yaitu Tenmetsu Pheromone, didominasi banget sama Jurina. Semua member yang ada dalam lagu coupling ini terlihat sexy dengan rambut yang terurai kek America’s Next Top Model gitu dah, tapi tetep aja, ini lagunya Jurina. Ke-19 member lain yang ada dalam lagu ini semuanya kek figuran, Jurina mengambil semua spotlight dan Tenmetsu Pheromone ini dapat dengan mudah masuk kedalam the best 48 song versi ane di sepanjang tahun ini, tepat di sebelah single ke-4 Keyakizaka. Hal ini terjadi karena satu orang ; Matsui Jurina. Wajahnya hampir setiap detik nongol di MV. Ane bahkan gabisa nonton MV coupling ini tanpa mikirin kalo Jurina tu makhluk yang " suci ", gaada kata gagal dalam hidupnya. Ane ga ngerti kenapa seseorang yang sempurna kek Jurina bisa hadir ke dunia ini, dan lewat MV terbarunya itulah bisa dibilang kalo dia adalah seorang Dewi yang hidup diantara kita. 
 
Dia adalah Perses, the destroyer of the worlds, dan harapan ane untuk Sosuenkyo tahun ini adalah semoga Jurina juga jadi Perses disana, the destroyer of Sousenkyo .

Ganbatte Jurina ! Ane yakin dia bisa ngelakuinnya ! Dan jika dia berhasil, ane yakin single Sosuenkyo AKB yang akan diberikan padanya bakalan lebih keren, berbobot dan berkualitas dibanding single Sousenkyo 4 tahun sebelumnya, pasti bakalan sama kek lagu-lagu saat zaman keemasan AKB di tahun 2007-2012 yang selalu menelurkan single berkualitas A+ . Percayalah deh sama ane, akan sangat bermanfaat banget bagi Jurina untuk memenangkan Sousenkyo tahun ini, dan ketika namanya dipanggil terakhir di SSK nanti, ane ga bakalan ragu buat treak-treak di komplek rumah ! Pegang janji ane !

Ane berencana untuk begadang pas malem peng-anugrahan jika Jurina menjadi Queen Senbatsu, karena ane ga punya kemampuan untuk mencerna apa yang telah terjadi, ane pasti bakalan ngerasa kalo separuh jiwa ane hilang. Jurina pasti bakalan langsung menghisap jiwa ane ketika dia berdiri di atas podium, mengeluarkan speech dan duduk diatas singgasana yang telah lama di idamkannya itu. Jika kalian suka baca-baca artikel dimari pasti tau kalo Oshimen asli ane Jurina, ya ane dulu sempet nge Oshiin Ono Erena, tapi kemudian ane pindah haluan ke Ju. Ane bener-bener punya feeling kalo bulan Juni nanti, ini akan menjadi kenyataan.


Intinya adalah Jurina akan mengacaukan prediksi orang-orang dengan menjadi pemenang di Sosuenkyo kali ini. I love her, and i know you secretly love her too. Jadi tolong dukung dan vote dia sebanyak yang kalian bisa. 

Jadi, inilah list prediksi ane di Sousenkyo 2017. Ane harap kalian bisa nikmatin pendapat ane mengenai member-member yang bakalan ngsisi spot top #16 kali ini. Ane jadi ga sabar prediksi ane ini banyak yang bener atau kaga, wkwkwk. 

Kalo kalian punya pandangan yang berbeda dengan ane mengenai list prediksi Senbatsu ini, tolong corat coret di komen biar ane bisa ngeliat pendapat kalian, arigato gozaimasu !

Dimanakah Senbatsu Sousenkyo 2017 akan digelar ? Kapan ?



Sebelum ane bahas tentang venue dan jadwal Sosuenkyo tahun ini, ada satu berita yang menarik dan menjadi viral di Jepang sana, entah karena mendengar sekilas dari para staff yang lagi ngegosip, Goto Moe mengumumkan dalam akun official 755 nya bahwa Sousenkyo akan dihelat di Kobe.



Malang bagi Moekyun, setelah diumumkan jika ternyata Sousenkyo dihelat di Okinawa, dia jadi bahan bullyan fans Jepang, ane gaakan nulis kek mana bullyannya, takut dihujat fans AKB, wkwk.

Oke, mari kita tinggalkan kasus Moekyun itu, Senbatsu Sousenkyo tahun 2017 ini resmi akan digelar pada tanggal 17 Juni di Toyosaki Seaside Park, Toyosaki Villa SUN Beach, Prefektur Okinawa. Pengumuman tentang venue Sousenkyo ini dipublikasikan pada 20 Maret lalu di Makuhari Messe ketika AKB48 sedang launching Single terbaru mereka, " Thumbnail " . General Manager dari AKB, Yokoyama Yui mengeluarkan pendapatnya mengenai Sousenkyo yang akan di gelar di Okinawa, " Ya, Sousenkyo telah diumumkan akan dihelat di Okinawa, aku sangat terkejut mendengarnya ! Aku tidak tau apakah ada kejutan di Sousenkyo tahun ini, tapi yang pasti di Okinawa nanti akan ada festival yang sangat megah dan aku merasa akan ada pertempuran yang sengit tahun ini " , " Tapi disana outdoor, tidak ada atap, aku harap cuacanya akan cerah nanti ! " .

Toyosaki Seaside Park

Di edisi sebelumnya, dalam 6 edisi awal, Sousenkyo selalu dihelat di daerah wilayah metropolitan Tokyo, dan baru pada Sousenkyo ke 6 dan 7 baru digelar di luar Tokyo, Fukuoka Yahoo! Auctions Dome (HKT48 Headquaters) dan HARD OFF ECO Stadium Niigata (NGT48 Headquaters) menjadi pilihan manajemen AKB kala itu. Ketika mendengar bahwa Sousenkyo akan dihelat BUKAN di homebase salah satu grup 48Family benar-benar mengejutkan ! Para fans pun keheranan kenapa Sousenkyo digelar dipantai terbuka ?

Kekhawatiran Kondisi Cuaca di Okinawa Bulan Juni nanti




Perlu digaris bawahi, pagelaran Sousenkyo bulan Juni nanti di Okinawa ternyata tidak didukung oleh kondisi cuaca yang baik. Diprediksi bahwa bulan Juni nanti, Okinawa akan terkena curah hujan yang cukup lebat. Berdasarkan dari salah satu staff dari AKS yang menjadi panitia Sousenkyo tahun ini, latar belakang kenapa Sousenkyo digelar di Okinawa adalah untuk menjaring fans-fans baru di Jepang. Tapi kenapa harus dihelat saat lagi musim hujan ?! Ane yakin di Okinawa nanti selain hujan akan diselingin petir yang akan menyambar pantai dan membuat Sousenkyo digelar tanpa adanya penonton. Ya gila lah kalo ada yang nonton mah, mau kena petir lu ?!

Untuk pertama kalinya AKB akan menggelar event di Okinawa, staff AKB tersebut memberikan komentarnya, " Di prefektur Okinawa, banyak sekali tempat yang pas dengan keinginan manajemen (untuk menyelenggarakan Sousenkyo) seperti Naha-shi dan Toyomishiro-shi, keputusan berada ditangan perusahaan (AKS) yang bekerja sama dengan perusahaan lainnya (salah satunya adalah perusahaan yang berada di Okinawa) "

Akan tetapi, daerah Okinawa akan mengalami curah hujan yang cukup besar pada 23 Juni, meskipun Sousenkyo digelar seminggu sebelum tanggal ini, tapi tetap saja dalam rentang seminggu itu intensitas hujan rata-rata cukup tinggi, tentu ini adalah berita yang cukup "buruk" bagi panitia Sousenkyo,

" Mau cuaca hujan atau cerah, jika ada tanda badai akan terjadi, Sousenkyo akan di delay. Sudah direncanakan jika ada banyak petir menyambar nanti, maka venue akan dipindahkan ke tempat yang berbeda dan akan digelar dengan tanpa adanya penonton . " , ucap Staff AKB itu.

Bicara tentang Okinawa, Miyazato Rira adalah satu-satunya member di 48 Grup yang berasal dari sana, apakah Miya-chan akan membuat kejutan di homebase nya ini seperti yang Kato Minami lakukan tahun lalu ?


Keluhan fans mengenai pagelaran Sousenkyo di Okinawa, " Gua bakalan bangkrut ! "


Seperti yang ane bilang sebelumnya, venue Sousenkyo di Okinawa membuat seluruh fans dari 48 Grup terkejut, selain karena tempatnya yang " asing " , mahalnya akomodasi, hotel dan juga makanan membuat fans pusing 7 keliling.  Berikut adalah komentar-komentar fans Jepang yang ane kumpulin dari Twitter dan di translate ke bahasa Indonesia yang enak dibaca ;

" Buset dah Okinawa ! Gue bakalan bangkrut ! "
" Sousenkyo akan diadakan di Okinawa, perasaan gue kaga enak nih, kondisi keuangan kek lagi diuji gitu "
" Nyewa hotel sehari sampe 40.000 yen ! Gue bisa bangkrut njeng ! Satu hal yang penting bagi kalian yang ingin pergi ke Okinawa tapi duit pas-pasan adalah ' Niat ' ! "

Kecemasan para fans tentang kondisi finansialnya juga banyak diposting ;

" Setelah hitung-menghitung, biaya tiket Pulang-pergi Tokyo-Okinawa, terus biaya nginep di Hotel, biaya buat ngisi perut, kampret dah.... Meningan uangnye dipake beli CD buat ngevote dah ! "

" Sousenkyo... ane pikir kalo kalian pengen banget pergi ke Okinawa, dengan terpaksa kalian harus kurangi kebiasaan beli banyak CD (buat ngevote) dan pake duitnye buat biaya hidup lu disana. "


Jika kondisi di Okinawa tidak memungkinkan, dimana lagi venue yang pas untuk Sousenkyo?





 Tahun 2015 lalu Fukuoka diberi mandat untuk menggelar Sousenkyo dan tahun 2016 kemarin giliran kota Niigata. Sosuenkyo tahun ini telah diumumkan akan digelar di Okinawa, akan tetapi terdapat sebuah " hambatan " karena dkhawatirkan akan turun hujan dan badai bulan Juni nanti. Jadi, jika Okinawa batal menjadi host Sousenkyo, manakah yang berpotensi untuk menjadi venue yang pas dari pengganti Okinawa ?
  1. Kembali ke wilayah Kantou - Homebase AKB48
  2. Wilayah Nagoya - Homebase SKE48
  3. Wilayah Osaka - Homebase NMB48
  4. Setouchi - Homebase STU48 

Muscat Stadium (Okayama)
 
Mazda Stadium (Hiroshima)


Homebase dari STU48 dikatakan sebagai tempat yang layak, wilayah Chugoku-chiho / San'in-San'yo-chiho ini terdapat banyak sekali tempat yang menarik, contohnya adalah venue-venue yang ada di kota Okayama atau Hiroshima. Mazda Stadium ( Hiroshima ) dan Muscat Stadium ( Okayama ) menjadi tempat yang potensial, tapi, karena ternyata ada Jadwal game bisball di stadion Mazda, jadi kandidat kuat hanyalah Muscat Stadium.

Kyocera Dome


Suita Stadium, markas Gamba Osaka

Karena Tokyo Dome dan Nagoya Dome tidak bisa digunakan karena pada tanggal 17 Juni nanti akan ada game disana. Mungkin yang possible menjadi venue SSK selain di Okayama adalah di daerah Kansai, yaitu Osaka Kyocera Dome karena pada tanggal 17 gaada kegiatan apapun disana alias free. Suita Soccer Stadium juga bisa digunakan untuk Sousenkyo. Mulai bulan Februari tahun lalu, Suita Stadium dibuka untuk umum. Untuk masalah penyewaan, baik Muscat Stadium, Suita Stadium dan Kyocera Dome memiliki harga yang "cukup" murah, jadi tidak ada masalah. 

Nagoya Dome tidak bisa dipakai karena ada jadwal game
Kandidat terbesar dari ketiga venue ini adalah dari wilayah Kansai, kenapa ? Karena jadinya Sosuenkyo akan "kembali" digelar di markas 48 Grup, yaitu NMB48. Dalam setiap Sousenkyo, member NMB48 selalu struggling untuk bisa mendapatkan spot top #80, tapi ketika dalam periode 2015-2016, Yamamoto Sayaka yang menjadi center dalam single AKB yang menjadi theme song asadora (drama pagi) " Asa ga Kita " membuat semua mata masyarakat Jepang tertuju padanya, dan mengangkat nama NMB48. Jika selain di wilayah Kansai, maka Nagoya menjadi pilihan utamanya karena disana adalah markas dari SKE48, akan tetapi seperti yang ane bilang sebelumnya, Nagoya Dome tidak bisa dipakai karena ada kegiatan disana. Okayama dengan Muscat Stadium nya bisa digunakan, tapi karena jaraknya jauh, jadi hanya Suita Stadium atau Osaka Kyocera Dome yang pantas jadi pengganti Toyosaki Seaside Park.


Jadwal Senbatsu Sousenkyo 2017, Rules and Date





➤ Member yang boleh berpartisipasi, Periode pendaftaran Member 48 Group dan Jadwal voting fans

Tanggal Pagelaran Sosuenkyo : 17 June 2017

Venue : Toyosaki Seaside Park, Toyosaki Villa SUN Beach

Official Website : http://www.akb48.co.jp/sousenkyo49th


Member yang boleh Berpartisipasi : Semua member dari AKB48, SKE48, NMB48, HKT48, NGT48, STU48 dan Team Kaigai yang terdaftar sejak 20 Maret 2017 , Chikano Rina.

AKB48 : 126 member
(Team A : 11 member; Team K : 14 member; Team B : 12 member; Team 4 : 17 member; Team 8 : 46 membes; AKB48 Kenkyuusei: 25 member)
    

SKE48: 75 member
(Team S: 17 members; Team KII: 19 members; Team E: 17 members; SKE48 Kenkyuusei: 22 members) 

NMB48: 58 members
(Team N: 16 members; Team M: 15 members; Team BII: 15 members; NMB48 Kenkyuusei: 12 members) 

HKT48: 52 members
(Team H: 17 members; Team KIV: 15 members; Team TII: 10 members; HKT48 Kenkyuusei: 10 members) 

NGT48: 25 members
(Team NIII: 15 members; NGT48 Kenkyuusei: 10 members) 

STU48: 44 members
All member; Team Kaigai (1 member)
    

Total: 380 members 

Periode pendaftaran member : 25 Maret 2017 (Sabtu) pukul 11:00 JST hingga 31 Maret 2017 (Jumat) pukul 24:00 JST.

Periode Voting : 30 Mei 2017 (Selasa) pukul 10:00 JST  hingga 16 Juni 2017 (Jumat) pukul 15:00 JST.

Cara Vote :
  1. Membeli Single ke 48 AKB (Negaigoto no Mochigusare) dan masukan serial numbernya
  2. AKB48 Fanclub member
  3. AKB48 OFFICIAL NET membership
  4. AKB48 Official Smartphone App Member
  5. AKB48 Group Revival!!ON DEMAND membership
  6. AKB48 LIVE!! ON DEMAND member
  7. SKE48 LIVE!! ON DEMAND member
  8. NMB48 LIVE!! ON DEMAND member
  9. HKT48 LIVE!! ON DEMAND member
  10. NGT48 LIVE!! ON DEMAND member
  11. AKB48 Mobile member
  12. SKE48 Mobile member
  13. NMB48 Mobile member
  14. HKT48 Mobile member
  15. NGT48 Mobile member
  16. AKB48 Mail member
  17. SKE48 Mail member
  18. NMB48 Mail member
  19. HKT48 Mail member
  20. NGT48 Mail member

Preliminary Result : 31 Mei 2017 (Rabu) di teater AKB48.

Cara penghitungan Vote :  Untuk penghitungan jumlah vote, manajemen AKS meminta pihak ketiga untuk bertugas menghitung vote yang masuk agar tidak ada "kecurangan" jika dihandle oleh staff 48 Grup. Selama proses penghitungan, akan diawasi secara ketat oleh beberapa pengacara. Setelah semua selesai dihitung, para pengacara itu menyusun nama-nama yang masuk kedalam top #80 di amplop, dijaga secara khusus dan  lalu kemudian diserahkan kepada MC ketika Sousenkyo digelar.

Other : Single ke 49 AKB48 akan dirilis pada bulan Agustus.

Ranking
  1. Senbatsu ( #1 - #16 ) 
  2. Undergirl ( #17 - #32 )  
  3. Next Girl ( #33 - #48 ) 
  4. Future Girl ( #49 - #64 ) 
  5. Upcoming Girl ( #65 - #80 )    
PREDIKSI SOUSENKYO 2017 AKAN DI UPDATE PADA TANGGAL PERTENGAHAN MEI 2017

10 comments

Menurut saya tulisan mimin menarik nih :)
dan ternyata Yukirin sama Sayanee gak ikut, jadi kemungkinan adanya koalisi Mayukirin untuk melengserkan Sasshi akan terjadi :D

Tapi saya lebih fokus ke team 8nya sih, udah masuk tahun 3 team 8 masa baru Naru sama Nagi yg masuk SSK, mengingat mereka team yg penuh talenta dan masa depan yg cerah :D

Saya sih berharap minimal 5 member team 8 yg masuk SSK tahun ini, kalo Kuranoo Narumi sama Sakaguchi Nagisa kemungkinan masih masuk SSK, terus Oguri Yui "member team 8 yg paling populer saat ini" juga berpeluang masuk SSK, mungkin bahkan bisa ngalahin rank Naru sama Nagi. Yamada Nanami kemungkinan juga bisa tembus SSK, karena dia salah satu member populer team 8, kalo Nakano Ikumi mungkin bisa juga tapi mengingat popularitasnya turun akhir2 ini mungkin agak berat sama dia.

Kalo Okabe Rin sama Hayasaka Tsumugi kemungkinan juga bisa masuk, Okabe Rin rame di HSnya, Hayasaka emang lagi rame diperbincangkan fans team 8, kalo Momoka Onishi entah kenapa agak susah menurut saya, soalnya masih banyak member2 populer di team 8 seperti Oda Erina, Sato Nanami, Ootan Nao, Yokoyama Yui atau Nagano Serika yg berpeluang masuk SSK. Terutama Oda Erina yg kemaren masuk Senbatsu di single ke-48.

Prediksi saya:
-Kuranoo Narumi (Undergirl)
-Sakaguchi Nagisa, Oguri Yui (Undergril/Next Girl)
-Okabe Rin/Hayasaka Tsumugi/Yamada Nanami (Future Girl)
-Oda Erina/Nakano Ikumi/Sato nanami/Momoka Onishi/Oota Nao/Nagano Serika/Yokoyama Yui (Upcoming Girl)

Saya berharap ini jadi tahunnya team 8 :D :)

Buat post baru, Gan. Masalahnya
Yukirin sama Sayanee nggak ijut SSK tahun ini.

gan jujur gan ane bahagia banget liat susunan ini, ya meskipun belum pasti tapi sudah ada gambaran setidaknya setelah ane lelah liat oshi ane ( kojimako ) di UG, klo bisa tahun ini di SENBATSU sungguh bersyukur ane gan, ya setidaknya di #15-#14 gpp lah,thanks gan sebelumnya dh bikin ane gk jadi Frustasi, ya meskipun blm bisa di pastikan. Ane tunggu kabar selanjutnya dari agan. Hontonni Arigatou Gosaimassu GAN....

Update listnya bang, banyak member kuat kayak Sayanee gak ikutan SSK atau grad, jadi pasti bakal berubah kedepannya. Prediksi sih Mayu yang megang meski si monster Sashi bakal susah ditumbangin

kok annin absen SSK tahun ini? 😨

whatttt .......... matsui jurina ..........
ane mundur dehh di single 49 klo itu trjadi 😫

feeling ane juga sependapat gan, kalo jurina yang menang n jadi center ntar lagunya udah pasti dibikin keren ma Aki-P :D

Setuju deh ma admin yan atu ini kalo bakal ada perubahan besar di ssk taun ini, tapi yuiyui keknya bakal nyampe under dulu deh taun ini tapi nako keknya bakal nembus ke senbatsu itu bener min
Tapi ane berharap dari team8 yokoyama yui ama hashimoto haruna bisa masuk msuk ke top 80

Min, spengetahuan ane sbelumnya sorry buat para wota yg oshimenya sashihara rino karena oshi gue jurina matsui tp dsni gue bhs soal scandal yukirin tentang photo sama member Ne*s, info yg gue dpet yg nyebarin pic ke public itu tdak lain tdak bukan yah si sashi dy tau yukirin saingan terkuat. pd ssk th sblmnya. Dan hasil kputsan ssk th ini gue kecewa. Btw thanks infonya min.

Sasshi triple win menyebankan Mayuyu graduate. Sebagai penggemar Sasshi, saya diserang dari berbagai sisi. Haha~
Saya puas dgn hasil SSK tahun ini.


EmoticonEmoticon