Reveal The Truth ! : Urban Legend dibalik MV 10nen Zakura dan hubungannya dengan MV Otona Ressha !





Sebenernya udah banyak banget blog yang membahas tentang hal ini, baik yang di mancanegara maupun didalam negeri kita tercinta ini, Indonesia. 
Tapi ada sebuah garis lurus diantara banyaknya blog luar Jepang yang membahas tentang " Urban Legend " ini, ya, tepat sekali, itu adalah " isi ceritanya yang sama " atau mungkin COPAS, bener kan ? iya lah ente liat aja sendiri kalo mau bukti :v Jadi ane ga kaget sama isi blog itu, judulnya aja yang dibikin wow tapi isinya ........... SAMA AJA ! -_- . Ane yakin kalo mereka emang bertujuan buat ngasih info, tapi, menurut ane itu mubasir lah, ane ngarepin sesuatu yang berbeda dari tiap masing-masing blog, tapi ternyata sami mawon. Sorry kalo ada yang ga enak sama kata-kata ane ini, bukan artinya ane arogan, ane emang orangnye ceplas ceplos bro, kalo mungkin ente pade suka baca isi dari blog ane, mungkin dah ngarti sama omongan ane ini :v daripada nusuk dibelakang, mending langsung dari depan *kek lagu BMTH True Friend B-)

Jujur, kalo cerita asli versi Jepangnya ane tau dari akhir tahun 2010 lalu, liat para fans Jepang debat saling bacok *eh kaga deng :v , satu sama lain tentang MV yang penuh kontroversi ini di Forum Blog Jepang (2ch) bikin ane merinding ! rinci banget ! *Sumpah serem banget, ane aja nulis ni artikel sambil gemeter inget itu :'( . Waktu itu ane sempet kenalan sama salah satu member  'Bashira no Kai ' yang aktif banget di blog untuk bahas kontroversi ini, bahasa Inggris dia cukup baik untuk ukuran orang Jepang dan ane gunain kesempatan ini buat ngorek jauh lebih dalam tentang back story dari MV 10nen Sakura, nickname dia 'nanayonku', dan ane pun dapet gambaran dari berbagai macam teori fans tentang MV ini. Lalu setelah booming banget di Jepang sekitar akhir 2010an, pada tahun berikutnya, diangkatlah kedalam versi Bahasa Inggrisnya sama AKB Wrap Up, ane masih inget waktu itu judulnye nyinggung Takamina meninggal apa engga di MV 10nen Sakura, sekarang juga masih ada si linknya, cuman Wrap Up dah kena Malware ye ? wkwk. Well, I feel bad for them , dan setelah Wrap Up ngebahas Urban Legend ini tentu membuat semakin viral di dunia maya, fans luar Jepang pun mulai ikut mengeluarkan pendapatnya dalam sebuah blog atau dalam wadah apapun. Hal ini bikin ane tergugah buat bikin versi Indonesianya, tapi kampret dah ane gaada waktu, ane masih SMA kala itu *yaelah pake 'kala' segala , mana masuk SMA favorit yang tugasnye seabreg-abreg gila :v , lagian ' Idol ' waktu itu masih kering kerontang di Indo, tapi ternyata ane salah .....

Awal September 2011 di Matome (waktu itu ane gandrung banget ama hal yg kaitannya ame AKB, ampe bela-belain baca blog-blog jepang sambil ditranslate pake bing :v) rame banget berita kalo Dentsu Inc. (cikal bakal JOT ) kolaborasi ame AKB48 untuk membuat sister grup pertama AKB diluar Jepang, dan mereka memproyeksikan untuk ngediriin di Indonesia, kampret ane seneng banget tu dengernye :v . Dan puncaknya waktu acara Handshake Event single ' Flying Get ' ditahun yang sama diumumin kalo JKT48 resmi dibentuk. Para sebagian staff AKB48 dipindahin ke anak perusahaan Dentsu yg didiriin di Indonesia, yaitu 'Dentsu Media Group Indonesia' sebagai JKT48 Operation Team. Buset dah, ane kaget kalo ternyata Aki-P juga nyempetin dateng ke JKT buat nyeleksi member secara langsung ! Big Boss cuman dateng pas final audition di Hotel Grand Hyatt. *Lah lah, nape ane jadi cerita JKT :v well, sebelumnye mohon maaf, ane sebagai warga Indonesia ngerasa kalo ga ngedukung JKT yang dibuat langsung oleh manajemen AKB, cukup miris dimana orang-orang diluaran sana pengen AKB untuk bentuk sister grup di negaranya, tapi ane yang negaranya diberi "kesempatan" oleh AKB untuk mendirikan sister grupnya disini malah "mengacuhkan" , ane pribadi ga benci JKT, karena ane fokus ame kakaknye, tapi ane liat perkembangannye kok dari dulu, jarang ikut campur, cuman sekali nonton JKT waktu awal-awal, ane lupa event apa -_- . Untuk awal-awal JKT di dirikan, ane bisa deskripsiin kalo para fans JKT tu bener-bener " aman-tentram-rapi-berwibawa-total " , keren banget pokonya, mereka dukung penuh JKT di Teater maupun di event lainnya dengan chant yang "normal" dan juga attitude mereka yang baik, hampir 11-12 gaungnya kek yang di Donki lah, apalagi waktu denger kalo "Heavy Rotation" bakal jadi single pertama atau mungkin resital ya, ane lupa :v , ane sempet nyesel nape ga bikin blog pas kemaren-kemaren pengen bahas Urban Legend 10nen Sakura, pasti gaakan sia-sia ane bikin juga gara-gara ada JKT, mereka kan pasti penasaran ke AKB ? ya, bubur udah menjadi nasi *bener kaga nulisnye ? ternyata ane salah perkiraan :v

Fans JKT terus bertambah tapi malah semakin banyak masalah sekarang ini, mungkin setelah liat bahasan diatas dan semua postingan ane di blog ini, kalian pasti sempet berfikir kalo ane " TERLALU MENGGAGUNGKAN MASA LALU " , ya, ane akuin itu, sebagian dari diri ane masih gabisa lepas dari kedigdayaan 48 Grup masa lalu. Tapi emang bener kenyataannya kok, kalo ditanya enak jaman sekarang atau jaman dulu, pasti jawabannya jaman dulu, tanya aje dah ame fans-fans jaman jebot :v  Tapi ane berusaha buat ngubah persepsi itu, buktinye ane nulis hal-hal yang harus AKB perhatiin kalo pengen survive dimasa depan, artinya ane curious ame masa depan AKB, iye kan ?

BACK to TOPIC !

6 Tahun kemudian setelah "10nen Sakura" rilis, AKB48 merilis single " Green Flash " , sebenernya ga terlalu "wah" single nye kalo menurut ane meskipun meraih penjualan diatas 1 juta copy, tapi ane mengapresiasi single ini karena akhirnya Kashiwagi Yuki meraih center murni pertamanya setelah sebelunya cuman W doang sama member lain. Yang bikin ane ngelirik jauh lebih dalem ame ni single tu malah dari couplingnya, lagu "Punkish" , "Sekai ga Naiteru Nara" , "Hakimono to Kasa no Monogatari" ame "Otona Ressha" . Nah, yang jadi menarik disini, ketika HKT mengeluarkan MV dari lagu " Otona Ressha " , ane atau mungkin beberapa fans diluar sana cukup merasa ' aneh ' sama isi MV ini, terutama ketika diakhir scene MV ini Miyawaki berkata " Jadi teringat dengan ibu yang telah memberikan ku nama ' Sakura ' " . Dafuq !!!!! Pikiran ane jadi kembali jauh ke belakang teringat ame single AKB 6 tahun kemarin, ya, 10NEN SAKURA ! , ane buru-buru buka forum blog Jepang sana, dan............. Well, the chaos begin ....

Ternyata setelah 2 tahun ane nganalisis MV 10nen sakura ditambah dengan bantuan Mr. nanayonku *bukannye kaga ada kerjaan ane ngabisin waktu buat hal kek gini, ane penasaran aje ame ni MV :v , 3 tahun kemudian Otona Ressha release , setelah tau kalo ada yang gaberes sama isi MV nya ane langung buka lagi hasil analisis ane dan whoila ! Ada sebuah kelanjutan alur cerita dari kedua single ini, ditambah dengan bantuan dari fans-fans Jepang diluar sana, ane akan bahas secara rinci tentang single yang MV nya malah jauh lebih terkenal daripada lagunya, setelah hampir 3 tahun nyimpen ni kisah ditambah setahun kemudian kasus Otona Ressha yang ane simpulin cukup ‘ringan’ buat ditangani, ini waktunye ane mengungkap kisah dari Urban Legend terbesar dalam sejarah 48 Grup, rileks aje bro mungkin sambil nyiapin cola, popcorn, kripik kentang, batu bata *lah mang Limbad :v atau makanan apapun buat baca hasil penelitian ane ini karena akan cukup ngabisin waktu kalian :v  Please Enjoy The Ride ! 

*Sorry tanpa pic, ane males ngupload, ntar aje kalo ada waktu ye




【再考~MV・10年桜 理論】
RETHINK : MV 10NEN SAKURA THEORY


Ada banyak sekali teori yang bisa diungkap dalam MV 10nen Sakura, dan ini menjadi topik hangat yang selalu didiskusikan oleh para fans seperti teori " Dunia setelah kematian " . Tema dari lagu ini adalah " Kelulusan / Soutsugyo " dan mereka kembali ber reuni setelah 10 tahun lulus dari sekolah mereka, ya, ini adalah hal yang "normal" kan ? Kita juga pasti akan ber reuni dengan teman SD, SMP atau SMA kita setelah lulus dari sekolah. Yang jadi pertanyaan dari MV ini adalah ;
  • Member yang turun dari bis sekolah. Apa mereka kembali kerumah mereka ?
  • Setelah reuni 10 tahun kemudian, kenapa hanya ada 6 member yang terlihat di MV ?
  • Takahashi Minami berperan sebagai siapa ? masih menjadi sebuah misteri.
  • Dance koreo yang seperti gerakan jurus Ultraman ?


Berdasarkan sebuah forum 2ch, terdapat sebuah kisah yang mengatakan kalo tema "Sotsugyo" dari MV 10nen Sakura ini menggambarkan sebuah insiden kecelakaan bus yang menyebabkan beberapa siswi yang sedang merayakan sotsugyo ini meninggal. Apakah benar ?

Scene awal MV dimulai dengan memperlihatkan Atsuko Maeda sedang membaca sepucuk surat sendirian diatas tanggul *yang suka dipake emak-emak | sanggul itu ma tong ! | eh iye maap , pinggir sungai, ane bisa simpulin kalo Atsuko ada dalam dunia yang ' real ' atau nyata. Surat yang sedang dibaca oleh Atsuko adalah surat yang diterimanya 10 tahun lalu. Bertemakan " Mari kita bertemu 10 tahun lagi " , dan hari ini (dalam MV) adalah hari yang dijanjikan oleh si penulis surat itu. 

Beberapa saat kemudian datnglah Oshima Yuko ke tempat Atsuko duduk, Yuko terlihat sedang hamil. 

Atsuko : " Abunai yo ! / Awas Berbahaya " , Dengan tanggap Atsuko kemudian menggenggam tangan Yuko.
Yuko : " Ah, kau sedang membaca surat itu " 
Atsuko : " Ya... , Sekarang aku tidak tau harus melakukan apa lagi "
Yuko : " Oh.... Tapi momen saat itu sangatlah menyenangkan, menunjukan bagaimana untuk melakukan perpisahan yang baik. Apa ' dia ' akan datang ? .......... Aku masih merasa semua ini seperti mimpi. "
Atsuko : "Tentu saja dia akan datang ! ....  benar, semua itu serasa mimpi bagiku."

* 'dia' yang dimaksud Yuko adalah Takahashi Minami. Dengan Yuko yang bicara kek gitu ane jadi nyimpulin kalo Takamina gaada kabar setelah upacara kelulusan.


Kemudian scene berganti ke Itano Tomomi, Kojima Haruna dan Watanabe Mayu yang sedang bercengkrama mengenai kenangan mereka dibawah pohon sakura.

Itano " Kalian ingat waktu kita masuk purikura / photobooth ? "
Haruna dan Mayu : " Ah iya ! "
Itano : " Mungkin aku bisa bilang itu bukan foto purikura, tapi sebuah album foto karena banyak sekali hasil foto kita ! "

Ya, ini adalah kenangan dari persahabatan mereka ketika berkumpul untuk pertama kalinya setelah hampir 10 tahun. Mereka bertiga ada dalam dunia " kematian " , kalian bisa mengetahui mengapa mereka ada di dalam dunia kematian jika terus membaca sampai habis artikel ini.

Jadi, ane bisa nyimpulin kek gini :
  • Member yang ada dalam Dunia Nyata / Real World atau yang masih hidup adalah Oshima Yuko dan Atsuko Maeda. 
  • Kojima Haruna, Itano Tomomi dan Watanabe Mayu berada dalam Dunia Kematian / Afterlife
  • Dan Dunia ketika 10 tahun lalu ketika mereka merayakan Sotsugyo / Kelulusannya.
Ada 3 Dunia dalam MV ini.

Lalu kamera beralih pada isi dari surat yang diterima Atsuko yang mencerminkan tentang perjalanan yang terjadi 10 tahun lalu, 

Isi teks :

Terima kasih untuk hari ini. Setelah acara kelulusan, aku sangat senang kita bisa bersenang-senang bersama hingga akhir. Sampai saat ini, banyak sekali hal yang terjadi dan itu membuatku mungkin tidak bisa kembali masuk kesekolah. Tapi, semua orang terus mendukungku, memberi semangat padaku, yang membuatku berfikir kalau aku harus bisa lulus bersama-sama. Bersama dengan kalian sampai akhir hari ini sangatlah menyenangkan. Kalian mungkin bisa melihat aku berteriak bersama dengan kalian dan melakukan hal-hal yang konyol, sungguh, aku berterima kasih pada kalian semua. Sekarang, aku tidak akan melupakan kenangan kita ini, mungkin setelah kelulusan ini kita semua tidak akan bisa segera bertemu. Jika bisa, dan kalian mungkin mengingatku lalu ingin bertemu. Mari kita bertemu lagi...... 10 tahun kemudian.

Tampaknya ni surat dibikin setelah "dia" bersenang-senang dengan temannya ketika acara kelulusan itu. Tapi pada bagian  Sampai saat ini, banyak sekali hal yang terjadi dan itu membuatku mungkin tidak bisa kembali masuk kesekolah " kalian pasti berpendapat kalo maksud dari bagian ini pasti bukanlah sesuatu yang baik. Kemudian dilanjut dengan " Tapi, semua orang terus mendukungku .." , apa mungkin karena si Takamina dibully ? tapi ane bisa melihat latar belakang yang lebih kompleks kek mungkin aja Takamina mengalami sakit kronis, sedang mengalami masalah dalam keluarganya, atau juga mungkin si Takaminaini punya masalah yang sangat sulit dan menyebabkan dia menjadi sangat depresi, tapi dukungan dari teman-temannya membuat dia bangkit dan akhirnya bisa lulus bersama.

Lalu bagian "Setelah acara kelulusan, aku sangat senang kita bisa bersenang-senang bersama hingga akhir. " ane menemukan sesuatu yang janggal disini, " hingga akhir " . Ya mungkin kalian pasti berpendapat "apa salahnya ? wong ini surat perpisahan kok jadi wajar ada kata 'hingga akhir' " . Tapi jika lebih teliti lagi, ada banyak kata "akhir" dalam surat ini.

" Hingga saat terakhir " , Apakah maksudnya ? Mungkin sebuah penggambaran tentang insiden yang terjadi pada "10 tahun" yang lalu.


Semua siswi satu kelas naik dalam sebuah bis, mungkin ini adalah bus jemputan setelah upacara kelulusan mereka, ane gatau apa mereka pergi ke suatu tempat setelah kelulusan mereka, tapi yang pasti, mereka semua menaiki bus ini. Dalam forum dikatakan kalo bus ini akan terguling. Well kita masih belum bisa asumsikan kalo bus akan terguling, tapi kemudian sesuatu terjadi...

Ane bisa bilang kalo bis yang terguling itu terjadi, bisa dilihat ketika scene member bernyanyi dan menari didepan sekolah di cut lalu menampilkan kamera yang terbalik. 

Sebagian besar dari teman sekelas ini meninggal. Ada juga sebuah scene juga yang meyakinkan kalo ada insiden kecelakaan bus di MV ini, contohnya dibawah ini :

Disini terlihat jalan yang sedang ditempuh oleh bis, dan juga seseorang yang sedang menggerakan sebuah mainan bis, ini seperti menandakan kalo mainan bis yang digerakan oleh salah satu siswi ini menrefleksikan bis yang dinaikin sama member itu sendiri.

Bus masih berjalan dengan normal, tapi kemudian...

Bus mainan yang digerakan oleh siswi ini menyimpang dari jalan yang seharusnya dilalui oleh bis,


Kemudian scene berpindah ke stiker bintang berwarna merah (darah dari member yang kecelakaan?) yang ada di jendela bis itu. Dan kalian tau jumlah bintang yang ada di jendela bis itu berjumlah 48 !

Kojima Haruna mengenakan pita di rambutnya, simbol dari Takahashi Minami ?

Suasana di Bis kemudian jadi ramai dan heboh, kegembiraan dari teman sekelas ini lebih heboh dari sebelumnya, beberapa dari mereka bergelantungan di besi pegangan bis, ada juga yang heboh main raket kek roker lagi ngegitar, mereka juga jingkrak-jingkrak sambil naik keatas kursi bis. Melihat hal ini, apakah ini menggambarkan sebuah kepanikan saat kecelakaan bis ?

Lalu kemudian di scene selanjutnya susana berbanding terbalik dari sebelumnya, menjadi hening dan tenang. Kepanikan yang terjadi sebelumnya sudah berakhir, semua siswi ini tidak lagi berada di dunia nyata dan berkata jika "mereka sudah menerima kenyataan jika mereka semua meninggal" .

Para siswi ini turun satu persatu dari bis. 

" Meskipun hanya sebuah jalanan yang sepi dan panjang, aku tidak punya alasan apapun untuk berhenti " 

Mungkin ini quote yang pas untuk mereka yang meninggal.

Bis ini menggambarkan Dunia Nyata, sedangkan diluar Bis sendiri adalah Dunia Kematian, tentu kalian udah pasti ngerti, kalo turun dari Bis itu berarti telah meninggalkan dunia nyata, atau dalam kata lain, Meninggal.

Para siswi yang turun dari bis ini telah meninggal.


Di bus tinggal tersisa Atsuko Maeda dan Takahashi Minami, Atsuko tertidur dibahu Takamina. Ketika Atsuko terbangun dan melihat sebelahnya, Takamina tidak ada. Ketika Atsuko melihat jendela belakangnya, Takahashi terlihat turun dari bis.

Seperti yang ane bilang sebelumnya, turun dari bis artinya......... ?

Takahashi menangis melihat Atsuko dari luar Bis.

Ditangan Atsuko terlihat sepucuk surat yang diberikan oleh Takahashi.

Well, mungkin kalian bertanya-tanya " dimana Yuko ?? Gue ga liat scene doi turun bis atau duduk di bis waktu scene ini ? " Well, ane juga sempet mikir dia meninggal juga, tapi, kemunculan Yuko yang lagi hamil di MV dan waktu doi ngbrol ma Atsuko, " Aku masih merasa semua ini seperti mimpi. " , berarti Yuko masih hidup kan ?

Dalam bagian "mungkin setelah kelulusan ini kita semua tidak akan bisa segera bertemu." . Ini adalah tulisan yang normal dari seseorang yang baru saja lulus. Tapi ane ga yakin kalo kata "tidak bisa bertemu" karena sibuk bekerja, masuk perguruan tinggi, atau pindah dari Tokyo, aneh kan ? masa aja gabisa luangin waktunya sebentar buat ketemu.

Dan dalam bagian, " Jika bisa, dan kalian mungkin mengingatku lalu ingin bertemu " , ini seperti bukan kata-kata yang keluar dari seseorang setelah bersenang-senang bersama temannya setelah kelulusan. 

Kata dalam bagian "Jika bisa" ,  apakah Takamina menginginkan suatu keadaan sehingga memungkinkan bagi Takamina untuk bisa bertemu dengan Atsuko atau Yuko ? atau dalam arti lain, Menginginkan Kematian dari mereka berdua ? "

Ane bisa nyimpulin kek gitu karena sebelumnya ada bagian, "Kita semua tidak akan bisa segera bertemu" . bagian ini juga bisa ditafsirkan menjadi, "Karena aku telah meninggal, aku jadi tidak bisa segera bertemu dengan kalian dan tetap berada di dunia (Nyata) ini. "

Takahashi meninggal bukan karena insiden kecelakaan bus, tapi mungkin karena penyakit yang serius.

Dan yang lebih creepy atau menakutkan, adalah bagian terakhir dalam surat itu,

" MARI KITA BERTEMU LAGI....... 10 TAHUN KEMUDIAN "

Akan bertemu dimana ? Di MV ini terdapat 3 Dunia.

Dunia Nyata ?
Dunia Kematian ? atau..
Dunia 10 Tahun yang lalu ??

Di dunia mana Takahashi dan Atsuko akan bereuni kembali ?


Atsuko : " Impian ? hm~ Sepertinya aku ingin kembali ke 10 tahun yang lalu "
Yuko : " Oh, begitu~ "
Atsuko : " Apa Impianmu ? "
Yuko : " Hm~ aku heran kapan ini (lahir).... (sambil menggosok perut)"
Atsuko : " *tertawa kecil* ayo kita pergi, semua orang sudah menunggu. "
Yuko : " Apa mereka sudah berkumpul ? "
Atsuko : " Ya, aku yakin.. "

Seseorang telah datang, dan 3 siswi (Kojima-Itano-Mayu) yang sedang duduk dibawah pohon sakura melambaikan tangannya pada seseorang itu.

Takahashi datang sesuai janjinya yang dia tulis 10 tahun lalu.

Atsuko : " Apakah kau sudah memutuskan nama untuk anakmu ? "
Yuko : " Jika yang lahir perempuan......... Sakura "
Atsuko : " Eehh !? "
Yuko : " Aku yang memtuskan, gaada alasan lain ! "
Atsuko : " Thehehe~ "

Hanya Atsuko dan Yuko yang tersisa di Dunia Nyata, dari percakapan mereka sebelumnya, Atsuko berkata kalo impiannya ingin kembali bertemu dengan teman sekelasnya 10 tahun lalu, lalu tiba-tiba dia mengalihkan pembicaraan dengan bertanya tentang apa impian Yuko. Atsuko disini seperti ga peduli sama impian Yuko yang telah diberi kehidupan baru dalam dirinya (hamil), Atsuko pun memotong pembicaraan lalu berkata, "ayo kita pergi".

Mendengar sahabat yang mempunyai impian  "mempunyai seorang anak" , ane pikir itu adalah kabar yang baik. Tapi Atsuko tidak berkomentar apapun tentang hal ini, meskipun mereka adalah teman sekelas 10 tahun yang lalu. Yuko dengan impiannya dimasa depan (kelahiran anak) membuat Atsuko kurang sreg sama Yuko. Apa Atsuko berharap untuk tidak mempunyai masa depan di dunia nyata ini ?

Ketika Atsuko bertanya mengenai nama anak Yuko jika sudah lahir. Yuko berkata, "jika yang lahir perempuan.... Sakura." . " Eehh !! " Atsuko sangat kaget dengan jawaban Oshima. Disini mulai berkembang lagi spekulasi kalo nama "Sakura" adalah nama dari "Takahashi Minami" di MV ini. Kalo ente mikir kek gitu, ga salah juga kok wong ekspresi Atsuko yang kaget ngegambarin semua itu. Seseorang memberikan nama sahabatnya yang telah meninggal 10 tahun yang lalu pada anaknya.

Ini seperti sebuah kejutan ? ya bisa aja.

 Director dari MV 10nen Sakura, Eiki Takahashi, berkata di Twitternya :

" Ketika saya berkomentar tentang Short Drama berdurasi 10 menit dalam MV Sakura no Hanabiratachi 2008 (Februari 2008), saya berkata ' ini bertemakan kelulusan sekolah, reuni sekarang atau mungkin 10 tahun lagi ? ' Hal ini mungkin yang membuat Akimoto-sensei untuk membuat 10nen Sakura pada Maret 2009, itu membuatku sedikit ketakutan ! "

" Ini masih menjadi sebuah misteri (tertawa). Menurut saya mungkin ada sebuah hubungan dari kedua MV ini. MV 10nen Sakura dan Sakura no Hanabira temanya sama, yaitu ' Kelulusan ' dan ' (bunga) Sakura ' . Saya berpendapat bahwa 2 hal ini sama artinya dengan ' kehidupan ' dan ' kematian ' . Lahir yaitu 'masuk kedalam gerbang sekolah' , meninggal adalah 'sotsugyo/ kelulusan' . Tentu saja jika ' Kematian '  adalah 'Kelahiran' dalam tahap berikutnya (reinkarnasi) *dalam agama buddha-red . Jika diibaratkan mungkin seperti bunga Sakura, bunga sakura yang mekar berarti menunjukan 'Kelahiran' , lalu bunga Sakura yang berguguran adalah 'kematian' , Setelah bunga mati maka akan tumbuh bunga yang baru lagi (reinkarnasi ?) . Secara simbolis, bunga Sakura memberitahukan pada kita hal seperti itu. Mungkin sekolah adalah tempat untuk merasakan siklus kehidupan dan kematian yang palsu. Dalam MV ini mereka membicarakan mimpi dan kenangan ketika berada di sekolah. 10 tahun kemudian Atsuko dan Yuko mengingat kenangan mereka tentang sekolah dan juga suasana ketika didalam bis, dalam benak mereka ada bayangan seperti ' Hei, Menyenangkan sekali saat itu ! ' . Jadi adegan sekolah dan bus di MV ini adalah kenangan atau mimpi dari mereka yang bereuni. Jadi fine-fine aja kalo di MV para siswi ini diturunkan ditempat yang sepi dan jauh dari manapun. di MV ini juga simbol dari Oshima Yuko yang sedang mengandung (makanya nama anaknya sakura) . Siapa yang merasa kalo Takahashi Minami meninggal di MV ini ? saya rasa mereka mempunyai pemikiran yang sangat tajam. "

Takahashi Minami yang juga bernama " Sakura " di MV ini disimbolkan sebagai "Kematian" . Dan Impian Atsuko untuk menemui teman-temannya 10 tahun lalu, artinya " dia bunuh diri "  untuk bisa memenuhi janji sahabatnya 10 tahun yang lalu, mencoba untuk pergi dari dunia nyata dan pergi ke Dunia Kematian. Semua ini dalam rangka untuk bertemu lagi dengan teman lamanya. Mayu, Haruna dan Itano melambaikan tangan pada Takahashi dan juga Atsuko. 

Atsuko yang ingat dengan janji untuk bertemu dengan Takahashi setelah 10 tahun kemudian bertukar kehidupan. Daripada berada di dunia Nyata, dia lebih memilih untuk menempati janji bersama dengan sahabatnya di alam kematian. Lalu Oshima Yuko, untuk memahami perasaan Atsuko, dia bahkan membahayakan dirinya sendiri (ketika naik ke tunggul pinggir sungai) dan bertemu dengan Atsuko untuk terakhir kalinya. Dan tentu saja, Yuko melanggar sumpah untuk menjaga janji untuk bertemu dengan 'Sakura / Takahashi' dan akan menjaga " Sakura " yang ada dalam kandungannya.


==

Gimana tentang ini ? Well ini cuman analisis ane aja. Apakah ini masuk akal atau tidak, ane kasih ke kalian semua. Ya, hanya Oshima Yuko yang masih hidup dan ada di dunia nyata. Atsuko lebih memilih " Mati " daripada ada di dunia Nyata, dia berusaha untuk menjaga janji dari sahabatnya itu.

==

Berdasarkan dari BTS MV 10nen Sakura, Takahashi Minami pun mengatakan, " Peran ku disini misterius. " . Lalu sang director, Eiki Takahashi juga mengeluarkan komentarnya di Twitter, " Saya sendiri tidak bisa menafsirkan hal itu (kontroversi MV 10nen Sakura) dengan baik. Semua yang menonton MV ini boleh mengungkapkan pendapatnya masing-masing, tapi tidak ada satupun yang benar. jadi no comment ! "



Ane juga buatin secara special timeline dari MV 10nen Sakura ini :


● 0: 35 : Itano, Kojima dan Watanabe berkumpul kembali setelah 10 tahun.
Sebenarnya mereka ini anggota kelas yang telah meninggal 10 tahun lalu karena kecelakaan bus, mereka datang berkumpul untuk memenuhi janji yang dibuat 10 tahun yang lalu (surat Takamina).

● 1: 30 : Atsuko : "Sekarang aku tidak tau harus melakukan apa lagi"
Atsuko mengingat kenangan dengan Takahashi.

● 1: 50 : (Isi surat Takahashi)  "Sampai saat ini, banyak sekali hal yang terjadi dan itu membuatku mungkin tidak bisa kembali masuk kesekolah "
Takahashi sakit sangat parah.

● 1: 50 : (Isi surat Takahashi) "Tapi, semua orang terus mendukungku, memberi semangat padaku, yang membuatku berfikir kalau aku harus bisa lulus bersama-sama."
Takahashi meninggal setelah upacara kelulusan selesai

● 2: 05 : Oshima : "Apa ' dia ' akan datang ? "
' Dia ' yang dimaksud adalah Takahashi

● 2: 09 : Oshima : "Aku masih merasa semua ini seperti mimpi." . Atsuko : "Tentu saja dia akan datang, benar, semua itu serasa mimpi bagiku !"
Setelah 10 tahun kemudian, bahkan setelah kejadian bus kecelakaan, Oshima dan Maeda tidak percaya kalo Takahashi meninggal.

● 2: 57 : Layar terbalik.
Ini menggambarkan bahwa kecelakaan bus jatuh terjadi.

● 4: 41 : Bus mainan yang dimainkan oleh salah satu siswi 'tergelincir' ke kanan
Ini adalah saat ketika bus kecelakaan.

● 4: 48 : Keadaan menjadi heboh di dalam bus.
Menggambar keadaan panik ketika kecelakaan bus

● 5: 31 : Suasana tiba-tiba menjadi hening.
Berhenti berjuang untuk tetap hidup setelah kecelakaan, mereka menerima kenyataan kalo mereka gabisa lepas dari kematian.

● 5: 30 · 05:39 · 05:42 · 05:44 · 05:47 : setiap siswi turun dari bus Kasai - Minegishi - Ono Miyazawa - Itano - Oshima (Mai) - Matsui - Shinoda
Hal ini menunjukan bahwa siswi yang turun adalah siswi yang meninggal, hanya Oshima (Yuko) yang lolos dari kematian. (baca diatas kenapa Yuko selamat)

● 6: 11 : Takahashi turun dari bus
Hal ini menunjukkan bahwa Takahashi meninggal.

● 6: 18 : Bus yang akhirnya hanya membawa Maeda seorang.
Hal ini menunjukkan bahwa Maeda selamat.

● 6: 21 : (Isi Surat Takahashi) "Bersama dengan kalian sampai akhir hari ini sangatlah menyenangkan. Kalian mungkin bisa melihat aku berteriak bersama dengan kalian dan melakukan hal-hal yang konyol, sungguh, aku berterima kasih pada kalian semua. " 
Seluruh teman sekelasnya khawatir tentang keadaan Takahashi yang sedang sakit tapi malah ikut pergi pada upacara wisuda.

● 6 : 21 : (Isi surat Takahashi) :" Sekarang, aku tidak akan melupakan kenangan kita ini, mungkin setelah kelulusan ini kita semua tidak akan bisa segera bertemu. Jika bisa, dan kalian mungkin mengingatku lalu ingin bertemu. Mari kita bertemu lagi...... 10 tahun kemudian. "
Akhir tulisan Takahashi hanya sebelum kematiannya. nb. banyak yang berpendapat kalo ini "suicide note" dari Takamina.

● 6: 54 : Maeda " Apa Impianmu ? " . Oshima : " Hm~ aku heran kapan ini (lahir).... (sambil menggosok perut)" . Maeda "..."
Meskipun 10 tahun yang lalu mereka teman sekelas, Maeda tidak berkomentar apapun untuk impian Oshima ini. Dalam arti lain, Maeda telah memutuskan untuk pergi ke tempat Itano, Kojima dan Watanabe yang meninggal.

● 7: 06 : Maeda : " ayo kita pergi, semua orang sudah menunggu. "
Ini merupakan cara gimana doi meninggal untuk lebih memilih pergi ke tempat Itano, Kojima dan Watanabe yang meninggal. Atau dengan kata lain, Maeda memutuskan untuk menjaga janji yang dibuat 10 tahun lalu.

● 7: 16 : Lambaian tangan dari Itano, Kojima dan Watanabe.
Melambaikan tangan kepada Maeda dan Takahashi di tempat pertemuan.

● 7: 25 : Maeda : " Apakah kau sudah memutuskan nama untuk anakmu ? " . Oshima : " Jika yang lahir perempuan......... Sakura " . Maeda : " Eehh !? "
Maeda sangat terkejut pada Oshima yang memberikan nama "Sakura" pada anaknya. Nama Takahashi di MV ini adalah "Sakura".


Kesimpulan :
  • Hanya Oshima Yuko yang selamat.
  • Sebenernya Oshima Yuko juga turun dari bis, cuman doi orangnye nyantai, jadi belakangan banget setelah Maeda (Meninggal secara natural karena usia Tua karena Maeda memutuskan untuk 'bunuh diri' ?).
  • Kasai-Minegishi-Ono-Miyazawa-Itano-Matsui Jurina-Kojima-Watanabe-Shinoda-Oshima Mai meninggal dalam kecelakaan bus.
  • Penyakit yang menerpa Takahashi ? itu membuatnya meninggal.
  • Maeda bunuh diri untuk memenuhi janji sahabatnya.
  • Untuk gerakan koreo yang seperti Ultramen ? Ya itu melambangkan huruf kanji 10 (十 Ju).


Ya, selain teori " Bus Incident " , ada juga teori lainnya :


1. Tragic Love Story Theory

Takamina mempunyai masalah yang sangat besar sehingga mengharuskannya berhenti dari sekolah, tapi teman sekelasnya berusaha untuk membuatnya tegar. Dan akhirnya Takamina bisa melewati ujian chunnin itu dan bisa lulus bersama dengan teman-temannya. Teman-temannya berusaha untuk menghibur Takamina, mereka menaiki bus dan pergi ke suatu tempat untuk bersenang-senang dan berkaraoke ria, mungkin seperti melepaskan rasa jenuh. Lalu kemudian mereka pulang kerumah masing-masing (turun dari bis). Takamina meninggalkan surat pada Acchan sebagai ucapan terima kasih dan juga pada teman-temannya yang sudah menghibur doi. Lalu 10 tahun kemudian mereka melakukan reuni. 

Tapi ada sebuah kenjanggalan disini, 

- Yuko yang memberi nama anaknya " Sakura " , sehingga bikin Acchan kaget.
- Hanya ada Yuko, Acchan, Tomochin, Mayu, Kojima dan Takamina, kemana yang lainnya ? apa mereka ketinggalan reuni ?
- Dalam lirik 10nen Sakura tampaknya bertemakan tentang hubungan cinta, lirik "kamu" yang ditunjukan dari "aku" itu untuk siapa ? jika dalam pandangan tentang occultisme, mungkin si "kamu" disini sudah meninggal.


Lirik lagu 10nen Zakura :

Di suatu tempat kelopak bunga sakura..
Menari dengan lembut bersama udara..
Seseorang mengepakkan sayapnya..
Dan pergi ke tempat yang ia suka..

Dapat bertemu denganmu..
Artinya adalah pergantian musim..
Senyummu itu begitu cemerlang..
Kita tak dapat pergi bersama..
Namun jangan menangis..
Aku takkan melupakanmu..

Mari bertemu 10 tahun lagi..
Dan aku akan menunggu di sini..
Bersinarlah lebih terang daripada aku saat ini..
Perpisahan adalah proses pembaruan dari tekad kita..
Bahkan ketika cinta ini telah lenyap..
Kamu masih berharga untukku..

Karena aku cinta padamu..
Melebihi dari siapa pun yang telah ku temui hingga sekarang..
Aku ingin dapat melindungi..
Kenangan impian darimu..

Meski pun rasa sakit tetap datang..
Dan banyak hal yang tidak berjalan dengan baik..
Musim semi terus menerus terlewatkan..
Aku dapat menjadi kesepian..
Namun jika aku percaya pada masa depan..
Aku akan dapat terus maju..

Mari bertemu 10 tahun lagi..
Di kala bunga sakura itu mulai mekar..
Apa pun yang terjadi aku akan datang ke sini..
Perpisahan adalah awal dari perjalanan yang abadi..
Meski pun jika sesuatu menjadi gelap, kamu akan melambaikan tangan padaku..

Tidak peduli entah berapa kali..
Bunga sakura ini mekar..
Aku tak akan lupa..
Matahari terbit hari ini..

Mari bertemu 10 tahun lagi..
Dan aku akan menunggu di sini..
Bersinarlah lebih terang daripada aku saat ini..
Perpisahan adalah proses pembaruan dari tekad kita..
Bahkan ketika cinta ini telah lenyap..
Kamu masih berharga untukku..

Di suatu tempat kelopak bunga sakura..
Menari dengan lembut bersama udara..
Seseorang mengepakkan sayapnya..
Dan pergi ke tempat yang ia suka..
Aku ingin dapat lebih melindungimu lagi..

Mari bertemu 10 tahun lagi..



" Aku " dalam lirik 10nen Sakura mungkin adalah Acchan, dan "kamu" adalah Takamina, kedua orang ini saling menyayangi satu sama lain, tapi karena ini melanggar norma sosial (lesbian ?) kemudian mereka ditentang oleh lingkungan sekitar (sekolah). Takamina, yang berada di pihak yang "lemah" tidak bisa apa-apa dan kemudian di DO dari sekolah.

Mungkin Acchan sendiri adalah anak dari ketua komite sekolah sehingga dia ga diberi hukuman yang berat, hanya diberi teguran ringan. Acchan berfikir kalo hukuman bagi Takamina dirasa terlalu berat dan ga masuk akal, maka dari itu dia meminta bantuan rekan-rekan sekelas dan juga pada PTA. Orang-orang dari PTA ditambah rekan sekelas Acchan dan Komite Sekolah berdebat sengit tentang hal Takamina dan akhirnya keluarlah hasil kalo Takamina tidak jadi di DO dan bisa kembali ke sekolah.

Mereka pun lulus dari sekolah bersama. Setelah upacara kelulusan, Takamina memutuskan untuk bunuh diri. Kenapa ? Karena Acchan menulis lirik lagu 10nen Sakura sesaat setelah kelulusan. Setelah kelulusan, Takamina dan Acchan berjanji akan terus selalu bersama, tapi setelah melihat lirik lagu yang dibuat Acchan, Takamina merasa kalo itu semua omong kosong. Dan ya, Takamina terkejut dengan hal itu, Takamina marah dan sempat membuat perselisihan yang ' bodoh ' dengan teman-teman sekelasnya, lalu kemudian dia bunuh diri dan menulis surat kematian / suicide note. Dalam surat Takamina tertulis, " Mari kita bertemu lagi..... 10 tahun kemudian " menjadi sebuah hal yang ironis bagi Acchan.

Dan 10 tahun kemudian, diadakan reuni SMA dan juga sebagai peringatan bagi "Takamina" . Acchan berkata "Sekarang aku tidak tau harus melakukan apa lagi" , Acchan tidak menyangka kalo Takamina akan bunuh diri waktu itu. Yuko berkata : " Apa ' dia ' akan datang ? " , ini menunjukan kalo 'dia / Takamina' datang sebagai hantu. Ketika Yuko akan memberi nama anaknya "Sakura" dan Acchan kemudian kaget, itu karena ada hubungan antara nama Sakura dan Takamina. Kemudian adegan Tomichin, Kojiharu dan Mayuyu melambaikan tangan ke arah lain menunjukan kalo mereka memanggil Erepyon, Shinoda, Jurina, Mai, Sae, Miichan, dan Kasai, Acchan dan Yuko datang belakangan. Sementara itu Takamina yang menjadi hantu hanya bisa menatap mereka dari kejauhan dan di alam yang berbeda.


2. Deadly Illness Theory

Mungkin kecelakaan bus itu tidak pernah terjadi, tapi apa arti dari surat dari Takamina itu ?
Apakah karena dia mempunyai penyakit yang parah sehingga membuatnya jarang masuk sekolah, lalu, dukungan dari teman-temannya kemudian akhirnya Takamina bisa untuk datang kembali ke sekolah tapi dalam keadaan yang lemah. ( " Sampai saat ini, banyak sekali hal yang terjadi dan itu membuatku mungkin tidak bisa kembali masuk kesekolah. Tapi, semua orang terus mendukungku, memberi semangat padaku, yang membuatku berfikir kalau aku harus bisa lulus bersama-sama." )

Tapi setelah kelulusannya, penyakit dari Takamina semakin memburuk dan kemudian dia diharuskan untuk dirawat secara intens di rumah sakit. Penyakit ini sangat serius dan bisa menyebabkan dirinya berujung pada kematian, Mungkin waktu dia hanya tinggal 10 menit lagi ada di dunia, maka dari itu Takamina sejenak melupakan penyakit yang dideritanya dan membangkitkan kenangan ketika bersama rekan-rekannya dulu yang selalu memberikan semangat. ( "Bersama dengan kalian sampai akhir hari ini sangatlah menyenangkan. Kalian mungkin bisa melihat aku berteriak bersama dengan kalian dan melakukan hal-hal yang konyol, sungguh, aku berterima kasih pada kalian semua. ")

Takamina berjuang untuk melawan penyakitnya, tapi akhirnya takdir berkata lain, Takamina kalah. (Meninggal) ("Dan jika bisa, dan kalian mungkin mengingatku dan ingin bertemu. Mari kita bertemu lagi...... 10 tahun kemudian.")

Tomochin, Kojima dan Mayuyu terlihat melambaikan tangan, dan kemudian scene berpindah ke wajah Takamina. Mungkin disini kalian berfikir kalo " Wah, Takamina masih hidup ! Dia dateng ke reuni ko, tuh buktinye Takamina nampang di MV " . Well, ane pikir, mereka semua, (Kojima, Itano, Yuko, Mayu, Acchan) ga tau kalo sebenernya Takamina udah meninggal atau masih hidup.

3. Atsuko Maeda's Dream Theory

Ane juga dapet masukan dari om Nanayonku, kalo ini semua tu sebenernya dunia ilusi yang dibuat oleh Acchan. Pada saat kecelakaan bus, hanya Acchan yang selamat, semua temannya meninggal. Acchan mengalami gegar otak dan kemudian dia berhalusinasi. Reuni 10 tahun setelah kejadian kecelakaan bus itu hanyalah ilusi dari dunia yang dibuat acchan oleh mimpinya, ini ditujukan untuk memenuhi janji yang buat oleh Takamina dalam suratnya 10 tahun yang lalu. 


4. Memories from My Best Friend Theory

Setelah terus menerus kita membahas MV 10nen Sakura ini, sepertinya tidak ada jawaban yang pasti untuk mengungkap makna dari MV ini. Tapi, Director dari MV 10nen Sakura, Eiki Takahashi berkata di twitternya : " 'Kelulusan' dan 'Kematian' mempunyai arti yang sama." . Jadi wajar aja kalo semua siswi di MV ini disebut merayakan " Kematiannya " yang dalam arti lain " Lulus dari Sekolah " . Namun, image "kematian" yang real di MV hanyalah dari Takahashi Minami saja.

Dalam teori ini, ane pikir gaada kecelakaan bus, dan juga gaada teori "turun dari bis = mati " . Kehebohan dan gila-gilaan bareng yang mereka lakukan didalam bis dan juga suasana dikelas yang ramai adalah kenangan dari Atsuko Maeda yang mengingat kelulusan mereka 10 tahun yang lalu. Daripada teori " Kecelakaan Bus " yang jadi topik belakangan ini, suasana 10 Tahun ketika kelulusan mereka itu sangat membekas disetiap siswi sekolah itu, seperti yang diucapkan oleh Maeda dan Oshima "semua itu serasa mimpi" atau bisa diumpamain juga jadi, " wah ! menyenangkan banget waktu itu !"

Ketika para siswi ini turun dari bis, ya mungkin momen ini wajar aja karena mereka udah waktunya untuk pulang dan ngucapin "selamat tinggal" buat temen-temennya, tapi kenapa ga dihalte seperti umumnya bis menurunkan penumpang ? Harusnya si lebih umum ye -_- .

Setiap siswi turun dari bis dengan senyuman diwajah mereka, tapi kenapa hanya Takamina yang menangis ? Apa ada sesuatu yang terjadi sama Takamina ? Ane pikir mungkin karena Takamina akan meninggal setelah kelulusan sekolah, dan itu yang menyebabkan dia ga bisa selalu ada di sekolah karena penyakit yang dideritanya atau ada insiden lainnya.

Dukungan yang diberikan oleh teman-temannya dan melakukan hal-hal yang konyol adalah sebagai special treatment bagi Takamina. Dan kenangan itu digambarkan dengan suasana yang ada didalam bus sekolah.

10 Tahun kemudian Takamina muncul, tapi tempat dari Takamina ini sepertinya berbeda dengan tempat dimana Kojima, Itano, Mayu, Yuko dan Atsuko berada. Tampaknya Takamina ada di "dunia lain"

Apa mungkin arti dari menit ke 1:34 : " Oh.. Tapi momen saat itu sangatlah menyenangkan, menunjukan bagaimana untuk melakukan perpisahan yang baik. "  adalah sebagai persembahan Teman-teman sekelas dari Takamina untuk membuatnya merasa nyaman ?

Kemudian pada scene terakhir, ketika Maeda terkejut ketika Oshima berkata anaknya akan diberi nama " Sakura " . Tapi Oshima seperti lebih menekankan kata " Ku " dalam " Sakura " , normalnya dalam nama "sakura " , harusnya yang lebih ditekankan itu adalah huruf " Sa " . Melihat hal ini, ane bisa simpulin kalo Oshima merujuk pada " bunga Sakura " .

nb. Ada satu teori lagi, tapi ane pisahin di bagian Otona Ressha.


Di MV ini juga terdapat hal yang mistis, 

■ Hantu di Jendela Sekolah ?

Mungkin cukup konyol dengernya, tapi ada beberapa dokumentasi tentang hal ini, kalian juga bisa mengecek sendiri kebenarannya. Pada menit ke 3.08 di jendela sekolah disebelah Kuramochi Asuka terdapat sebuah bayangan "sadako" . (Ane pikir ini cuman kaca yang ada disisi lain ruangan dan tersorot kamera )

Well, ane pikir ini yang lebih "hebat" pamor nya dibanding dengan 2 hal mistis lainnya yang ane sebutin dibawah, dan malah sampe masuk acara TV juga loh ! berikut adalah ringkasannya :

" Pada 5 Agustus 2015 AKB48 menggelar acara debat di FujiTV berjudul 『僕らが考える夜 / Malam untuk Berfikir』. Dengan tema " Apakah kau takut hantu ? " , di acara ini menampilkan berbagai macam pengalaman mistis dari para member. Nyatanya, AKB48 juga ternyata punya hubungan dengan sesuatu yang mistis. Ya, seperti yang kita tau, pada tahun 2009 lalu ketika AKB merilis single 10nen Sakura meninggalkan kisah mistis yang selalu diperbincangankan oleh para fans dalam waktu yang cukup lama. 

Bahkan, pada menit ke 3:38 di MV 10nen Sakura, terlihat sesosok wanita dengan baju putih hanya diam terpaku di jendela sekolah menonton para member menari. Tentu saja masalah ini kembali dibahas dalam acara TV. Sashihara Rino, yang juga berpartisipasi dalam single 10nen Sakura berkomentar, "tidak ada siapapun disekolah itu ketika kita sedang proses adegan dance didepan sekolah ! " 

Sashihara Rino memiliki banyak sekali pengalaman mistis dan menjadi perhatian dalam acara ini. Sasshi mengungkapkan ketika dia pertama kali datang ke Gunung Fuji untuk syuting sebuah acara TV, dia mendapatkan pengalaman horror ketika menginap di hotel yang berada di sebelah Fuji no Jukai (Aokigahara). Sasshi mengatakan kalo lampu diruangannya menginap mendadak mati, lalu nyala lagi ketika Sasshi mendengar suara tempukan tangan 「パチパチ / pachipachi」. Dia juga bilang kalo ada ketukan yang berulang 「バタバタバタ / batabatabata」 di jendela yang ada di depan kasurnya . 

Menurut Sashihara juga, Takajo Aki pernah melihat sesosok hantu yang ada di backstage teater AKB, lalu kemudian membuat Akicha terhuyung dan merasa sesak nafas. 

■ Bayangan wajah ?

Terdapat bayangan wajah dibawah siku kanan dari Minegishi Minami pada menit ke 4:34

■ Tangan Hantu ?

Jari tangan yang terlalu panjang bagi ukuran manusia. ( Well, ini hanya histeria masa, sebenernya itu karena kamera yang blending, jadi jari member itu terlihat ga normal )




【再考~MV・大人列車 理論】
RETHINK MV OTONA RESSHA THEORY


4 Maret 2015 lalu AKB48 merilis single ke 38, "Green Flash" dan pada type H single ini, terdapat lagu coupling " Otona Ressha " yang dinyanyikan oleh HKT48. Kayanya seperti biasa aja, eits, tapi tunggu dulu, MV dari "Otona Ressha" ini ternyata menimbulkan sebuah perbincangan panas dari kalangan fans di netizen. Banyak sekali fans yang mencoba untuk memecahkan misteri dari MV Otona Ressha yang sangat misterius ini. Jadi, ane tergugah buat ikut serta untuk "kembali" memecahkan MV misterius di 48 grup, setelah sebelumnya MV dari AKB48, " 10nen Sakura " cukup menemui titik terang.

Tapi sebelum ane mengungkap misteri MV ini, mari kita liat dulu storyline dari MV Otona Ressha :


・THE STORYLINE / INTRO

Dalam setiap MV, HKT48 selalu memiliki cirikhas adegan koreo dance yang energic, ya kek MV idol seperti umumnya lah, kiyuut kiyuut getoo :v apalagi membernya yang loli loli, duuh om pedo pasti kaga nahan :v . Tapi, di MV Otona Ressha ini tidak ada scene koreo dance, mereka lebih memilih untuk menyisipkan sebuah mini-drama didalam MVnya. Ini adalah pertama kalinya bagi HKT48 menunjukan MV dengan memasukan sebuah drama dan tentu saja berbeda dari MV mereka sebelumnya.

28 Februari 2035, Sakura (Miyawaki Sakura) pergi ke sekolah khusus wanita. Di sekolah, dia selalu menerima 'bully-an' yang kejam dari beberapa orang siswi. Sakura tidak tau harus mengadu kesiapa lagi, dia sudah putus asa dengan semua bully-an yang selalu menimpanya, teman-temannya dan juga para guru sudah tidak lagi percaya pada semua yang dikatakannya. Kemudian, sebuah 'insiden' muncul yang menyebabkan Sakura kembali terlibat didalamnya. Patung yang dianggap sebagai simbol sekolah ini dinodai oleh cat warna merah, ketika ditanya siapa yang melakukan ini oleh salah satu guru, tim pembully menjawab " Sakura " , ya, Sakura difitnah.

" Aku hanya memikirkan kapan aku bisa menghilang di dunia ini.. "
Sakura yang terus menerima bully-an secara tidak sadar berkata seperti ini.

" Kejadian hari ini juga, pasti akan disalahkan padaku.. "

Belakang tempat seseorang yang sedang tidur menyamping terdapat 15 orang siswi yang sangat cemas dan khawatir melihatnya. Ternyata seseorang yang sedang tertidur menyamping itu adalah Sakura, sedangkan ke-15 siswi yang seragamnya berbeda dari Sakura nampaknya tidak terlihat oleh Sakura, atau dengan kata lain, mereka itu Hantu.

Ada seorang gadis berpakaian biru yang sama dengan siswi yang ada diruangan Sakura tidur menyamping (Kodama Haruka / di MV ini dia disebut Haruka) yang selalu memperhatikan Sakura, dia sangat khawatir dengan keadaan Sakura ini. Gadis ini selalu melihat Sakura dibully oleh siswi lain.

" Sepertinya, ini juga akan ditunjukan pada Sakura " 
Ungkapan kekhawatiran Haruka ke Sakura ketika melihat patung yang berlumuran cat merah di menit 1:10

Kesedihan dan rasa frustasi yang dialami Sakura dirasakan oleh " 15 gadis tak terlihat " , sehingga kemudian ke "15 unseen girl" ini pergi membagi tugas masing-masing. 13 gadis mencari pelaku yang ngecat patung sekolah, 1 gadis pergi ke gudang untuk mencari album foto lama (Sashihara Rino), 1 gadis lagi bertugas untuk tetap bersama Sakura (Haruka).

Dalam pelukan Haruka, Sakura yang mungkin karena menerima dorongan semangat dari 'sesuatu' (baca : Haruka) tiba-tiba berlari pergi ke suatu tempat.

Disini terlihat jika Sakura seperti sedang "dirasuki" oleh roh Haruka. Dia berlari ke arah seseorang yang ternyata....


Ya, seseorang yang menjadi pelaku dalam kasus patung sekolah dan juga yang menimpakan kesalahan ini pada Sakura.

Ketika Sakura yang juga bersama 'Haruka' itu berpapasan dengan pelaku, ke 13 ' ghost investigator ' pun datang dan salah satunya (Tashima Meru) menunjuk si pelaku yang sebenarnya.

Sakura (dan juga roh Haruka) sekarang berhadapan dengan pelaku sebenarnya. Ekspresi wajah Sakura menjadi "kuat" dan penuh dendam. 

Sakura dan juga roh Haruka yang ada di dalam tubuhnya mengangkat tangan utnuk siap menampar wajah si pelaku.

Kemudian datang Ibu guru bersama dengan siswi lainnya. Kasus pengecatan patung sekolah sudah berhasil diselesaikan dan Sakura terbukti tidak bersalah. 

Setelah insiden selesai, Sakura dan juga Ibu Guru menatap patung simbol sekolah yang sudah bersih.

" Kenapa... " Sakura membuka percakapan dengan Ibu guru.

" rasanya tiba-tiba ada yang mengatakan ' Jangan pernah melarikan diri lagi ! ' padaku, tapi bukan berarti dia marah padaku, rasanya ada seseorang yang memberikanku semnagat... " , lanjut Sakura.

Kemudian, sang guru pun memberi tahu Sakura tentang latar belakang dari patung itu,

" Patung ini.... adalah benda yang sangat penting. Dahulu kala, murid-murid dari sekolah ini, saat melakukan perjalanan wisata sekolah mengalami kecelakaan kereta yang menyebabkan banyak orang meninggal. Ini kecelakaan yang sangat parah, 15 orang meninggal dalam kecelakaan ini. Sekolah diharuskan untuk bertanggung jawab atas kejadian ini dan akan ditutup. Tapi taukah kamu, ada puisi-puisi yang ditulis oleh para murid yang telah meninggal karena insiden kereta itu. Saya yakin mereka sangat menyukai sekolah ini. Setelah membaca puisi-puisi yang telah ditulis oleh mereka, kami memutuskan untuk terus melanjutkan sekolah ini. Dan Patung ini.... adalah sebagai peringatan untuk mereka."

Setelah mendengar cerita dari gurunya Sakura tersenyum kecil sambil melihat patung sekolah itu.

Scene kemudian berpindah ke tempat dimana Sakura mengahbiskan waktunya untuk menghindari bully-an. Terlihat kalo Sakura sedang memegang sebuah Album Foto yang telah usang. Dia kemudian membuka album foto itu dan matanya menangkap salah satu foto yang menarik.


Sakura melihat foto dimana terdapat 15 orang siswi duduk berbaris didalamnya.


Ketika melihat foto itu Sakura merasakan adanya suara kereta berjalan yang terus terdengar dari kejauhan.


Lalu, Sakura kemudian teringat dengan ibunya yang telah memberikannya nama " Sakura. " . Dia kemudian tertawa kecil.


Kisah lain dari MV misterius yang lebih heboh daripada lagunya setelah 6 tahun lalu.

Well, ane dah jabarin kisah MV dari Otona Ressha ini. Selanjutnye ane bakalan membahas secara rinci tentang back story dari MV Otona Ressha. Kek dejavu ye ? :v Oh iye bagi kalian yang ngerasa ane, " woi tong ! nape tulisan lu kaga nyeleneh kek postingan lu yang udeh udeh ?? " , haha ane cuman pengen lebih formal dalam ngebahas kedua Topik ini. Kalo ane pake ada acara becandaan kan ga cocok, iye ga ? paling ane sisipin dikit lah biar kaga tegang :v kalo dah tegang pake sabun

Oh iye, dalam storyline yang ane tulis diatas, ada beberapa point penting yang harus diperhatiin :

  • Tanggal 28 Februari 2035. Pada menit ke 2:43 di MV terlihat kalender yang nunjukin bulan Februari tahun 2035, lalu dibelakang Akiyoshi Yuka terdapat tulisan tanggal di papan tulis "28". Jadi bisa ane simpulin kalo scene MV ini berlatar belakang tahun 2035, tanggal 28 Februari.
  • Dalam MV ga disebutin ni SMA biasa atau SMA khusus Wanita (buat Sekolah Sakura). Tapi, dalam album yang dibuka oleh Sashihara tertulis " Saat kelulusan SMP " (Kejadian insiden kecelakaan kereta) dan juga di MV tidak terlihat ada murid laki-laki yang seliweran, jadi mungkin diperkirakan kalo sekolah ini adalah " Sekolah khusus wanita " (Sekolah Sakura)
  • Miyawaki Sakura (Sakura) bermain sebagai tokoh utama / hero dalam MV ini. Sedangkan Kodama Haruka (Haruka) sebagai hantu yang menjadi pemeran pembantu tokoh utama yang lebih major dari pemeran hantu lainnya. Mungkin sebenernya Haruppi di MV ini dipanggil " Kodama " , tapi, ane pikir kalo ane manggil dia " Haruka " feel nya lebih dapet.

■  OTONA RESSHA, BEHIND THE STORY (1) | THE BEGINNING |

Sebenernya kisah yang ada dalam MV ini tu simple banget, tapi yang bikin semua orang tumpeh-tumpeh heboh dan gundah gulana tu karena disisipin sedikit "misteri" didalamnya. Ane bakalan bahas bagian-bagian yang penuh misteri ini dan menghubungkan bagian-bagian ini dengan yang lainnya sehingga menjadi satu cerita utuh. Makanye, ane ngasih tag line " Behind the story (1) .. (2) ... (3) " buat dibahas secara rinci atu-atu.

Takahashi Eiki, sang director MV Otona Ressha menunjuk Kodama Haruka  untuk memainkan peran "Hantu yang paling penting / major " di MV ini, Eiki berkata pada Kodama " Kau mempunyai peran sebagai ibu dari Sakura " 1).

Pada tahun 2035, Sakura berusia 16 tahun 2) , melihat hal ini, ane bisa bilang kalo Sakura lahir pada tahun 2019. Di sisi lain, jika kita melihat Kodama Haruka yang lahir 1996 (tahun lahir asli Haruppi), maka pada tahun 2019 dia berusia 23 tahun. Jadi, spekulasi hubungan "Ibu dan Anak" antara Haruka dan Sakura menjadi tidak masuk akal. Ane yakin waktu syuting ni MV, Eiki Takahashi pun berfikiran sama kek ane. Jadi, cerita Haruppi yang ditunjuk oleh Eiki Takahashi untuk menjadi Ibu dari Sakura itu tidak ada, ini adalah murni sebuah kesalahpahaman, Haruppi salah tangkap dengan apa yang dikatakan director Takahashi 3).

Karena kesalahpahaman ini, Tim editing kemudian langsung melakukan editing video secara darurat. Namun setelah video berhasil di edit, Takahashi cukup kebingungan dengan hasilnya. Ketika Sakura melihat album foto lama (menit ke 9:36) , kita bisa lihat kalo semua foto yang ada di album ini berwarna hitam dan putih. Sakura lalu membuka halaman selanjutnya dan terpampang foto ke 15 murid sekolah yang menarik perhatian Sakura 4) , kalian bisa liat kejanggalan warna dari foto ini ? . Ya, warna foto ini sangat berbeda dengan foto hitam putih lainnya yang ada di album foto dan terlihat lebih "fresh " fotonya tu. Sebelum di edit, Eiki Takahashi menyadari kalo foto ke 15 murid ini tidak pas dengan foto lainnya yang ada di album, maka dari itu dia buru-buru merubah foto ini. Tapi karena waktu udah mempet dengan perilisan dan juga ketika editing warnanya gabisa mendekati sama warna foto jadul yang ada di album, maka foto " 15 murid " ini diubah menjadi hitam putih yang simple aja. Karena pengeditan ini, peran Kodama Haruka pun diganti dari "Ibu dari Sakura" menjadi " Nenek dari Sakura atau Nenek Buyutnya " 5)

nb.

1)  Dalam gugutasu nya (Google +), Haruka menulis tentang perannya sebagai Ibu dari Sakura. Berikut adalah isi dari Google+ Haruka :

Kodama Haruka - 2015/02/22 : 

" 。。。Dan, dalam acara ini, lagu coupling dalam single AKB48 "Green flash" yang dinyanyikan oleh HKT, "Otona Ressha" , akan pertama kalinya di tampilkan ! Di MV ini lebih difokuskan pada sisi Dramanya. Aku sangat menikmati peran sebagai hantu Ibunya Sakura ! "

2)  Jika sekolah dalam MV ini yaitu Sekolah Khusus Wanita, maka rentang usia siswinya yang masuk sekolah ini antara 16 sampe 18 tahun. Bahkan, jika Sakura berusia 18 tahun, Kodama Haruka yang bilang kalo doi ibunya Sakura berarti ngelahirin Sakura tahun 2017, dan usia Kodama waktu tahun 2017 tu masih 21 tahun, dan ini ga masuk akal.

3) Setelah ane baca-baca spekulasi yang terjadi di forum internet, ternyata ga banyak yang tau kalo teori " Ibu-anak" antara Haruka dan Sakura ini adalah sebuah kesalahpahaman. Jika kalian semua jeli, sebenernya dari MV pun terlihat jelas kalo gaada hubungan " Ibu dan anak " antara Sakura dan Haruka.

4) Foto ke 15 murid muncul di MV, tapi fotonya hitam-putih. Banyak yang berpendapat kalo ini adalah foto Haruka dan teman sekelasnya saat berumur 16 tahun pada tahun 2019 ?? Gue ngakak bacanye tong ! :v masa aje tahun 2019 pake foto hitam putih wong jaman udah modern ko :v . Ya mungkin karena mereka berfikir kalo foto ke 15 murid ini berwarna berbeda dengan foto lainnya. Tapi coba liat lagi deh, ni foto tu beneran hitam putih, mungkin karena tim editing terburu-buru mengedit foto berwarna menjadi versi hitam putih jadi warnanya ga sama dengan foto yang ada di album ini. Kalo ni foto beneran hitam putih, maka teori Haruka sebagai ibunya Sakura menjadi terbantahkan. Mungkin banyak yang ga terlalu memperhatikan masalah "foto ke 15 murid" ini dengan jelas. Ketika syuting "Otona Ressha" ini terdapat sebuah perubahan setting, dan bisa dilihat ketika adanya kesalahpahaman antara Haruka dengan director Eiki Takahashi.

5) Meskipun dalam album foto tertulis " tahun 31 " , melihat foto-foto yang ada dalam album ini maka dapat disimpulkan kalo yang dimaksud "tahun 31" itu adalah "31 Showa" bukan "31 Heisei" karena fotonya hitam putih. Tulisan yang terdapat di album, "saat kelulusan SMP"  , berarti ke 15 murid ini sedang dalam tahun pendaftaran masuk SMA, yang artinya foto ini diambil pada tahun 31 Showa = tahun 1956 . Maka dari itu, jika usia masuk SMA berumur 16 tahun, maka ke 15 murid ini lahir pada tahun 1940. Jadi, berfikir Haruka jadi seorang ibu dari Sakura yang berumur 16 tahun pada 2035 ane pikir sangat sangat mustahil, ditambah dengan keluarnya statement "kesalahpahaman sakura dengan director Takahashi ".

■  OTONA RESSHA, BEHIND THE STORY (2) | THE GUARDIAN SPIRIT |

Untuk membuat alur cerita bisa lebih dimengerti dari masalah foto ke 15 murid ini, ane yakin kalo Director Eiki Takahashi kembali mengedit seluruh scene dari MV ini. Sakura yang pada tahun 2035 berusia 16 tahun berarti dia lahir tahun 2019. Haruka lahir pada tahun 1940, jadi jika kedua orang ini mempunyai hubungan keluarga, ane yakin bukan sebagai "Ibu-Anak" , tapi " Nenek-Cucu" atau "Buyut-Cicit" . Pada usia 16 tahun (1956) , Haruka mengalami kecelakaan kereta ketika sedang perjalanan wisata Sekolah 1).

Ibu Guru mengatakan pada Sakura kalau dulu terdapat sebuah insiden kecelakaan kereta api, "murid-murid dari sekolah ini, saat melakukan perjalanan wisata sekolah mengalami kecelakaan kereta yang menyebabkan banyak orang yang meninggal. Ini kecelakaan yang sangat parah" . Kemudian Ibu guru itu melanjutkan kata-katanya, "15 orang meninggal dalam kecelakaan ini" . Melihat ini kita secara otomatis akan teringat dengan foto 15 murid yang ada didalam album foto dan bisa ane simpulin kalo ke 15 murid yang ada di foto adalah 15 murid yang dimaksud oleh bu guru itu 2).

Tapi ada yang cukup ngegantung dari kata "kecelakaan kereta yang menyebabkan banyak orang yang meninggal" , apa "banyak orang yang meninggal " artinya ada orang lain yang jadi korban selain 15 murid ini ? 3).

Di MV ini terdapat "15 hantu perempuan " (2 hantu bersama : Haruka-Sashihara dan 13 hantu lainnya ). Ada hal yang menarik dari hantu-hantu ini :

1. Mereka (2 hantu Haru-Sasshi dan 13 Hantu lainnya) kenapa tidak pernah berada dalam satu scene (Kecuali waktu scene Terakhir).
2. Hanya Haruka dan Sashihara yang berbicara, 13 lainnya hanya diam.

Hantu-hantu ini mungkin sedang membagi tugas masing-masing 4).

13 Hantu yang tidak berbicara ini mungkin karena mereka meninggal ditempat ketika insiden kecelakaan kereta tahun 1956 lalu 5). Di katakan jika seseorang meninggal ditempat ketika mengalami sebuah kecelakaan, maka arwahnya akan gentayangan di dunia, roh ke 13 murid ini tidak tau harus kemana lagi lalu mereka memutuskan untuk kembali ke Sekolah.

Sedangkan Haruka dan Sasshi bisa selamat dari insiden kecelakaan kereta, lalu kemudian meninggal secara natural / alami (karena usia yang sudah tua). Sehingga mereka berdua bisa berkomunikasi. Mungkin ane bisa bilang kalo Haruka dan Sasshi ini adalah hantu yang tingkatannya lebih tinggi, hahaha :v 6).

nb.

1Di Forum internet pun ada seseorang  yang mengemukakan teori kecelakaan kereta di MV ini dengan kejadian kecelakaan kereta yang benar-benar terjadi di Jepang pada tahun 1956, tapi menurut director Eiki Takahashi mengatakan dalam sebuah konfrensi pers kalo MV ini gaada hubungannya dengan insiden asli tahun 1956, hanya sebuah kebetulan. Back to MV, mengingat teori "Haruka sebagai ibu Sakura" dengan merujuk tahun lahir asli Haruka pada tahun 1996 kemudian diubah menjadi lahir pada tahun 1940, tampaknya menjadi semakin meyakinkan kalo kecelakaan kereta di MV ini mirip dengan kejadian aslinya.

Ya, kecelakaan kereta api yang nyata di Jepang pernah benar-benar terjadi, tepatnya pada 15 Oktober tahun 1956 ada sebuah insiden besar yang bernama " 六軒事故 / Rokken Jiko " . 2 kereta penumpang bertabrakan dan tergelincir di Stasiun Rokken pada JNR Line Sangu di kota Matsusaka, Prefektur Mie. Sebanyak 42 orang meninggal dan 94 orang luka luka dalam insiden. Sinyal pemancar yang error adalah penyebab dari Insiden ini.

2) Ya, ke 15 murid yang ada di foto ini mengalami kecelakaan kereta, sebagian murid meninggal dari kecelakaan ini. Ada teori yang bilang kalo ada seorang wanita yg sedang hamil, dan meninggal karena insiden ini, tapi ajaibnya bayi yang dikandung wanita itu selamat dan si bayi itu, "Sakura" , bisa lahir saat insiden kereta terjadi, entah darimana datangnye tu teori, konyol kali :v

3) Sekolah tidak akan ditutup jika pihak sekolah bertanggung jawab atas kejadian ini, apa mungkin karena sekolah ini hanya mengenali 13 mayat muridnya (Haruka dan Sasshi selamat) dan 2 mayat lagi berasal dari sekolah lain, sehingga sekolah akan ditutup karena sekolah tidak bertanggung jawab sama 2 mayat ini?

4) Tampaknya director Eiki Takahashi telah menyiapkan 2 kelompok dari 15 hantu ini. 2 orang hantu bersama dan 13 hantu lainnya. Dalam scene dimana Sakura akan menampar pelaku yang membully-nya, terlihat kalo hantu Haruka ada dalam diri Sakura, dan ke 13 hantu lainnya ada di seberang tempat Sakura berdiri. Lalu dimana Sasshi ? (lol) Mungkin Sasshi ditugaskan untuk tugas yang lain (nyari album foto lama).

5) Patung yang dibuat oleh pihak sekolah adalah sebuah "memorial" bagi ke 13 murid yang meninggal. Mari lupakan sejenak penyebab mereka meninggal, disini ke 13 murid menyelidiki siapa yang menodai patung dengan cat merah, sepertinya 13 murid ini "dihidupkan kembali " rohnya ke dunia, atau mungkin mereka melepaskan segel yang ada di dalam patung (jadi kek naruto :v) dan ditunjukan untuk menyelidiki kasus ini. Salah satu roh yang dihidupkan kembali (Tashima Meru) akhirnya menemukan siapa dalang dari kasus patung ini. Ya, Hantu Meru sepertinya tidak ada hubungannya dengan Sakura, tapi Meru dan juga 12 hantu lainnya memberitahu teman sekelasnya dulu, Haruka yang ada dalam diri Sakura untuk menunjukan siapa Pelaku sebenarnya. Haruka pun membawa Sakura ke pelaku yang sebenarnya. Ya, Haruka sebagai seorang nenek sangat care dengan cucunya, Sakura.

6) Haruka adalah "guardian spirit / roh pelindung" dari Sakura. Haruka mungkin muncul di Sekolah Sakura untuk melindungi cucunya / cicit nya ini. Sedangkan Sashihara ? ane cukup bingung doi memerankan siapa :v . Sasshi tidak ada hubungan darah dengan Sakura, Sasshi juga tidak disegel dalam patung karena dia ga meninggal waktu kecelakaan kereta. Mungkin dia "hanya lewat"  ke depan sekolah terus ketemu Haruka yg ada disekolah buat ngawasin Sakura terus ngerumpi dulu bentar, dah gitu dia nyari album foto buat nostalgia sama sekolah dan juga rekan-rekannya yang meninggal ? . Saat scene awal MV Otona Ressha ini Sashihara Rino berteriak " Hati hati ! itu adalah cat " pada Haruka, ane jadi penasaran apa mereka berdua jadi teringat sama kejadian 1956, dimana mereka berdua selamat dan melihat banyak darah menggenang dari jasad teman-temannya ? . Tapi, kemudian Haruka berkata "wha ! iya benar, aku pikir ini sesuatu yang lebih berbahaya " , Haruka yang selamat dari kecelakaan dan menjalani hidup dengan normal pun ga menyadari kalo itu adalah cat, dia berfikir itu adalah darah. Sashihara pun cukup kaget dengan pola fikir Haruka ini dan kemudian menimpali Haruka " bukan ! bukan ! ini saja sudah cukup berbahaya " , Sasshi mungkin merasa trauma mengingat kejadian masa lalu dan tidak ingin Haruka melanjutkan komentarnya.


■  OTONA RESSHA, BEHIND THE STORY (3) | THE CHILD OF PROPHECY |


Ane juga nemuin sesuatu kalo latar belakang cerita MV Otona Ressha ini bisa menjadi lebih kompleks, seperti dihubungkan dengan single AKB yang rilis pada tahun 2009 lalu, yaitu " 10nen Sakura " 1). Kisah 10nen Sakura : Pada tahun 2009, para siswi SMA merayakan kelulusannya dan 10 tahun kemudian, pada tahun 2019, mereka kembali ber reuni bersama dengan teman sekelas. MV dari 10nen Sakura pun di sutradai oleh orang yang mendirectori MV Otona Ressha, Eiki Takahashi.

Sebuah scene di MV 10nen Sakura menampilkan Atsuko Maeda yang bertanya mengenai nama yang akan diberikan Oshima Yuko pada anaknya yang akan lahir tahun 2019 itu. Yuko menjawab,  " Jika yang lahir perempuan......... Sakura " . Kemudian ane jadi nemuin lagi teori kalo Sakura yang ada di "Otona Ressha" adalah putri dari Oshima Yuko yang lahir ketika "10nen Sakura" 2).

Itu sebabnya kalo Sakura lahir tahun 2019 (10nen Sakura), maka di tahun 2035 (Otona Ressha) doi akan berumur 16 tahun, perfect banget kan ? ditambah dengan ketika scene terakhir di MV Otona Ressha, dimana Sakura berkata " ..... entah kenapa aku menjadi teringat dengan ibu yang memberiku nama 'Sakura' "  . Seperti yang ane bilang sebelumnye, hal ini terjadi mungkin karena efek dari pergantian peran dari Kodama Haruka. Teori jika Haruka yang memberi nama 'Sakura' pada Sakura mungkin akan melenceng jauh. Ketika Sakura membuka album foto, mungkin kalian berfikir kalo Haruka yang ada di album foto adalah Oshima Yuko ketika muda, (tapi sebenarnya Sakura tu ga tau kalo foto Haruka yang ada didalem album tu ibunya, itu sebabnye doi bilang "entah kenapa aku....." ) , jadi yang sebenarnya terjadi adalah ketika Sakura melihat foto Haruka, dia menjadi teringat foto ibunya ketika masih muda (Oshima Yuko) 3).

Kemudian munculah silsilah hubungan keluarga diantara mereka : [Haruka - Yuko - Sakura] (3 generasi) atau [Haruka - ○/Unknown - Oshima Yuko - Sakura] (4 generasi) 4).

nb.

1Melihat tanggal perilisannya yang sama (4 Maret), apakah lagu "Green Flash" menjadi jawaban dari 10nen Sakura ? Ane sendiri bisa ramalin kalo disingle 'Green Flash" jika ada lagu yg dikomposerin ame Inoue Yamashita, ane yakin itulah jawabanya ! wkwk (soale 10nen Sakura di komposerin ame mr Yoshimasa, dan tentu aja kalo mau ngelanjutin misteri yang udah doi bikin di MV sebelumnya, Yoshimasa sendiri harus ada di MV selanjutnya untuk menjawab MV sebelumnya) . Tapi ternyata "Green Flash" tidak nyambung dengan "10nen Sakura" . Lalu keluarlah pendapat kalo lagu lanjutan dari 10nen Sakura ini ada dalam lagu AKB lainnya dalam CD "Green Flash" , dan ya, ternyata bukan dari lagu yang dinyanyiin sama AKB, tapi dari HKT48, yaitu "Otona Ressha" karena bisa dilihat dari sang directornya, Eiki Takahashi yang juga mendirectori MV 10nen Sakura. 

2) Ya, kedua MV ini ( 10nen Sakura dan Otona Ressha) terhubung satu sama lain. Dalam MV 10nen Sakura, setelah Maeda kaget mendengar nama yang akan diberikan oleh Yuko pada anaknya, Yuko dengan ceria berkata, " Aku yang memtuskan, gaada alasan lain ! " . Ya, kalo Oshima melahirkan seorang putri, tapi kalo ternyata laki-laki ?

3) Ada teori yang berhembus di forum internet tentang hal ini, yaitu, teori " Haruka 'dianggap' memerankan Oshima Yuko ketika masih muda " , well, berarti 2 orang yang sama kan dengan teori "Sakura nama putri Oshima Yuko di '10nen Sakura' " ? ane jadi bisa simpulin kalo Yuko itu bener-bener Ibu dari Sakura.

4) Jika 3 generasi, [Haruka (lahir tahun 1940) - Oshima Yuko ( lahir 1991 / Haruka berusia 51 tahun) - Sakura (lahir 2019 lahir / Oshima Yuko berusia 28 tahun)]. Tapi, jika 4 generasi, diubah menjadi [Haruka (lahir tahun 1940) - ○Unknown ( Lahir 1963  / Haruka berusia 23 tahun) - Oshima Yuko (tahun lahir 1991 tahun lahir / ○Unknown berusia 28) - Sakura (lahir 2019 / Oshima Yuko berusia 28 tahun)] . Haruka bisa aja Nenek dari Sakura atau malah Buyutnya. Perlu di catat juga, tahun lahir asli dari Oshima Yuko adalah 1988, tapi dalam 10nen Sakura, 10 tahun sebelum acara reuni atau pada tahun 2009, Yuko berusia 18 tahun.


■  『大人列車』OTONA RESSHA dan 『10年桜』 10nen SAKURA , " The cycle of friendship Teory "


Ketika kita meihat MV dari "10nen Sakura" , pasti pikiran kita langsung terlintas pada "taste of death" yang sangat kuat tercium dari MV ini. Atau dengan kata lain, MV ini menceritakan " kenangan dari teman sekelas yang meninggal karena kecelakaan bus " ? 1) Well, lagi-lagi ane harus membahas hal yang lebih "real" daripada opini itu.

MV "10nen Sakura" ini menceritakan Oshima Yuko dan juga teman sekelasnya yang lulus dari SMA pada tahun 2009, lalu "10 tahun kemudian" yaitu pada tahun 2019 mereka kembali bereuni lagi di SMA nya dulu, ane gabisa liat dimana bagian mereka jatuh dalam insiden kecelakaan 2).

Melihat "Bus" sebagai sesuatu yang mewakili bencana yang akan para siswi alami mungkin terdengar ga masuk akal. Bus ini hanyalah refleksi dari " dunia kehidupan " sang tokoh utama, Atsuko Maeda. Teman-teman yang datang ke kehidupan Atsuko ketika masuk SMA kemudian berpisah setelah kelulusan, atau bisa diibaratkan menjadi "setelah naik dan bersama-sama dalam bis, ini waktunya kami turun dari bis " , teman-teman Atsuko mulai turun dari " bis Atsuko " ini, dari yang terjauh (teman yang jauh ?) sampai teman terdekatnya, yaitu Takahashi Minami pun turun paling akhir dari bis ini. Ada saatnya kursi dari "bis Atsuko" ini kembali terisi penuh dengan teman-teman dan kenalannya yang baru, tapi ya, ada saatnya juga mereka akhirnya turun dari bis ini... 3)

Banyak sekali Netter yang berpendapat kalo "Insiden Kereta " dari "Otona Ressha" sama dengan "Insiden Bus" dari "10nen Sakura" , njirrrrr sumpeh dah, mereka adalah orang-orang yang mempunyai khayalan tingkat tinggi :v

Kecelakaan Kereta di MV " Otona Ressha " gaada kaitannya sama Insiden Bus 10nen Sakura !

Hanya Haruka yang mengalami kecelakaan dari keluarga ini ? Mungkin iya, karena baik Sakura maupun Oshima Yuko tidak mengalami kecelakaan apapun.



nb.

1) Menurut informasi yang ane dapetin di Forum internet, ketika director MV Eiki Takahashi berkomentar tentang "Sakura" dan "Kematian" , ane ngerasa kalo jalan cerita dari 10nen Sakura ini menjadi penuh teka teki dan semakin rumit. Meskipun "kesensitifan" rakyat Jepang terhadap "Sakura" dan "Kematian" sehingga menyebabkan banyaknya fans Jepang yang menyimpulkan kalo MV 10nen Sakura ini penuh dengan hawa "Kematian" , ane pikir dalam teori The Cycle of Friendship ini, " Kematian" ga ada dalam MV 10nen Sakura. Mungkin latar belakang dari MV ini adalah Takahashi Minami yang mengalami hamil diluar nikah saat masih sekolah SMA, lalu dia berjanji, jika perempuan yang lahir akan diberi nama ' Sakura ' , tapi kemudian kandungannya mengalami keguguran. Teman-teman sekelasnya berusaha untuk melindungi Takahashi agar tetap berada disekolah, karena Takamina akan diusir oleh pihak sekolah karena kondisinya yang hamil itu. Teori ini cukup masuk akal jika kita melihat surat yang ditinggalkan oleh Takamina. Maka dari itu, ketika Yuko bilang kalo anaknya yang lahir perempuan akan diberi nama 'Sakura' , Maeda langsung terkejut.

2) Di dalam MV "10nen Sakura" , Takahashi Minami yang berusia 28 tahun (di MV), datang ke tempat reuni 10 tahun kemudian.

3) Dalam kehidupan kita akan selalu mengalami "pertemuan" dan "perpisahan" , seperti bunga Sakura, " kelopak bunga Sakura bermekaran, setelah mekar lalu terbang tertiup angin " . Tema ini kemudian dimasukan kedalam MV "10nen Sakura" .



■ KESIMPULAN

MV "Otona Ressha" ini secara overall mengisahkan tentang seorang "guardian spirit" yang melindungi cucu / cicit nya, yaitu Sakura yang juga bersekolah ditempat sang guardian spirit ini dulu bersekolah (mekipun beda seifuku, tapi mereka berada di sekolah yang sama.) . ke 13 roh yang bersemayam *lah kek dunia lain ye ? :v di monumen patung "wanita telanjang" membuka segel mereka dan membantu Sakura untuk menemukan siapa pelaku yang membully Sakura dalam kasus "cet merah" ini. "Guardian Spirit" ini (Haruka) mengulurkan bantuannya untuk memberi keberanian pada Sakura untuk menghadapi bully-an ini 1).

Tapi, apakah menempatkan "patung memorial yang di cat merah" dalam MV ini juga sebagai bentuk rasa "protes" dari Eiki Takahashi, sang director MV Otona Ressha yang berasal dari daerah Kanto, untuk mereka (msayarakat Jepang) yang melupakan orang-orang yang telah meninggal dunia ? Takahashi yang berasal dari Tohoku apa mungkin "marah" sama pemerintah Jepang yang "melupakan" para korban dari Great East Japan earthquake "東日本大震災 / Higashi nihon daishinsai" , dan pemerintah Jepang seperti tidak memperingati insiden ini ? 2)

Well, Sakura memilih untuk tegar menghadapi nasibnya dengan keberanian yang secara tiba-tiba di dapatkannya. Lalu pada scene terakhir Sakura mendengar suara kereta dari kejauhan. Mungkin sebentar lagi Sakura akan menaiki "Otona Ressha / Kereta Kedewasaan / Masa depan" ini.

nb.

1) Sebenernye ane cukup ragu apa akhirnye Otona Ressha ini ada kaitannye ame 10nen Sakura. Jika saja Oshima Yuko ternyata melahirkan seorang anak laki-laki di MV 10nen Sakura, pasti bakalan gaada kaitannya sama MV Otona Ressha, iya kan ? Teori "Oshima Yuko adalah Ibu Sakura" saat scene terakhir di Otona Ressha ketika Sakura berkata dia jadi teringat sama "ibunya" yang memberikan nama Sakura menjadi "failed" , ane jadi mikir-mikir lagi apa si Sakura ini anak atau cucunya Haruka. Ya, mungkin ini akan kembali ke teori awal, yaitu "Haruka adalah ibu dari Sakura" , dan dampaknya gaakan terlalu major sih dalam struktur cerita yang ada di MV ini. Jika hal ini terjadi, bukankah akan membuat peran 'Misterius" Oshima Yuko di 10nen Sakura akan sedikit berkurang ?


2) Banyak monumen di Jepang yang "dirusak" oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, mungkin dalam MV ini Takahashi seperti berkata "Jangan merusak monumen memorial nasional ! " . Para siswi yang "mengecat" patung ini diibaratkan sebagai orang yang tidak menghormati pada mereka yang sudah meninggal (patung wanita telanjang). Apakah Takahashi memang mensetting MV Otona Ressha untuk memberikan pesan seperti ini ?



================================*********================================



Ane juga menemukan fakta menarik dari Hubungan MV 10nen Sakura dan Otona Ressha ini, mungkin interview ini untuk mengklarifikasi pernyataan sebelum-sebelumnya di Twitter yang cukup 'ngegantung' , sebelumnye ane ucapin makasih buat para fans "sepuh" AKB di Jepang yang sudah menginterview Takahashi ( hello ren-san ! Arigato for your help ! XD ), dan banyak dipublikasiin di forum Jepang, silahkan dibaca dulu :

「 [Final Interview] Penjelasan Eiki Takahashi tentang MV Otona Ressha di Morioka Film Festival 2015」

Eiki Takahashi menghadiri Festival Film Morioka pada tahun 2015 lalu untuk menghadiri Press Conference dokumentari terbaru dari AKB48 dan juga untuk memperkenalkan MV Otona Ressha. Dalam acara ini juga Takahashi akan berkomentar tentang MV Otona Ressha yang sudah sangat membuat penasaran para fans. Berikut adalah report hasil interview dengan Takahashi.

[Talkshow dengan Fans ketika Takahashi sedang Press Conference ]

Takahashi :  "Sebelum saya berbicara di Press Conference film dokumenter AKB48 ini, saya akan berbicara sedikit tentang MV Otona Ressha pada kalian semua. Tema dari MV Otona Ressha adalah sebuah 'old story' . Saya lebih memilih HKT untuk menyanyikan lagu ini. Disini saya akan mencoba untuk menjawab kebingungan kalian  tentang MV ini. "

Takahashi " Miyawaki Sakura menjadi tokoh utama dalam Otona Ressha. Saya pikir kehadiran Miyawaki di AKB48 seperti Atsuko Maeda di masa mendatang. Aktingnya juga sangat bagus, saya pikir dia bertalenta untuk menjadi seorang Aktris.

*Jawaban mengenai Misteri Album Foto di MV

Takahashi : " Album foto yang menunjukan 'Showa-31' di MV untuk mengingatkan saya dengan orang tua saya, album foto itu milik ibu saya. Hubungannya dengan kejadian 六軒事故 / Rokken jiko yang terjadi pada 1956 lalu benar-benar sebuah kebetulan ! "

Talkshow kemudian berakhir. Tapi kami merasa belum puas dengan komentar Takahashi, maka dari itu kami berinisiatif untuk menunggu Takahashi-sensei diluar gedung untuk "menyerang" kembali beliau dengan pertanyaan, tapi itu menjadi sia-sia, karena setelah beliau keluar, di lobby gedung sudah ada kurang lebih 10 fans yang juga sama seperti kami, "ga puas sama statement Takahashi-sensei waktu PC ! ". Well, kami kemudian hanya bisa mendengarkan komentar Takahashi-sensei yang sedang "dikerubuti" itu.

*Jawaban mengenai Hubungan 10nen Sakura dan Otona Ressha.

Takahashi : " Banyak yang berkata kalo Otona Ressha ada hubungannya dengan 10nen Sakura. Well, itu benar. Tapi, pada kisah pertama (10nen Sakura), Akimoto-sensei menuliskan skenario yang menceritakan tentang kecelakaan bus, kemudian pada kisah Otona Ressha, kisah diubah menjadi tentang kecelakaan kereta (sesuai nama judul lagu). Nama Sakura dalam kedua MV ini memang ada hubungannya (Ibu-anak). Kalian melihat kalender 2035 dan menerawang semua latar belakang MV dari tahun kalender ini ? Saya sangat terkejut mendengarnya, kalian hebat ! "


Takahashi : "Saya pernah diminta untuk mengganti peran Kodama dan Miyawaki, tapi saya tidak setuju. "

Takahashi, " Kenapa di MV ini tidak ada scene tarian ? karena beberapa para member tidak mempunyai waktu / sibuk . "

Aku : " Apakah anda sempat bingung siapa member yang harus menjadi "tokoh utama" dalam MV ini ? "
Takahashi, : " Ya tepat sekali, aku sempat berfikir nama Matsuoka-san, Motomura-san dan Kodama-san. Oh iya, Okada Kana pun masuk dalam list. "

Takahashi-sensei sepertinya sangat menghargai Sakura Miyawaki untuk meraih peran utama dalam MV ini. Aku bertanya seperti itu karena aku pikir Kodama lebih pantas untuk menjadi peran utama dalam MV, hehe.. udah kepalang tanggung, aku teken terus Takahashi-sensei,

Aku : " Akting para member disini sangatlah perfect ! Apakah anda memberikan arahan pada mereka ? "
Takahashi, " Ya tentu saja, tapi gimana orangnya juga sih. Seperti Miyawaki Sakura, dia tidak bertanya apapun pada saya, dia melakukannya secara natural. Sashihara Rino selalu datang padaku untuk bertanya, Kodama berlatih sangat keras, tapi ketika dia sudah 'mentok' dia akan bertanya pada saya. "

Aku, " Miyawaki adalah seorang "pahlawan" di MV ini, tapi Kodama lah yang mengarahkan Sakura untuk menjadi 'berani' dalam MV ini, apa artinya ? "
Takahashi, " Apa maksud anda mereka tidak W Center di MV ini ? Jika melihat jalan cerita drama MV ini saya pikir mereka berdua 'seimbang' . "

Kemudian topik pembicaraan bergeser pada pertanyaan kalo Haruppi memainkan peran sebagai ibunya Sakura,

Fans : " Apa benar Kodama berperan sebagai Ibu dari Sakura ? "
Takahashi ; " Tidak, itu salah. Spertinya Kodama-san salah paham dengan apa yang saya bicarakan tentang skenario MV ini. "

Selain kami mendapatkan info tentang MV Otona Ressha dan 10nen Sakura, kami juga mendapatkan info lain,
  • Kehadiran Takahashi Minami di scene terakhir 10nen Sakura masih menjadi misteri
  • Eiki Takahashi sangat terkesan dengan analisis dari para fans mengenai latar belakang MV Otona Ressha hanya dengan melihat kalender tahun 2035 di awal MV.
Setelah interview kecil ini, Takahashi-sensei kemudian melambaikan tangan kearah fans lalu masuk kedalam mobil jemputannya.

nb. Oh iya, waktu kami nanya-nanya ke Takahashi-sensei juga ada salah satu fans Nogizaka bertanya tentang MV single Nogizaka yang juga penuh misteri, cuman aku ga denger terlalu jelas (maaf)

=============================***********=================================

Well, kalian bisa simpulin gimana akhirnya arti dari kedua MV ini setelah melihat isi interview dari Takahashi Eiki diatas.

Ya, MV Otona Ressha ini memang penuh misteri, tapi banyak hal positif yang bisa kita pelajari dalam MV ini. "Otona Ressha" adalah salah satu MV yang bener-bener HEBAT buat ane selain 10nen Sakura, ane sangat sangat saaangaaattt salut sama Eiki Takahashi yang mengemas drama dalam kedua MV ini dengan sangat "outstanding" ! Takahashi-sensei ! Ane tunggu MV misterius lainnya ! *Gaya L Lawliet :v Oh iye, untuk MV Nogizaka yang punya latar belakang misterius juga ane bakal bahas kalo ada waktu, ane gaakan nyebut apa singlenye, tunggu aja :v 


CASE CLOSED

11 comments

Wow, keren pol. Btw, thor itu ada yang salah ketik kayaknya,"Sakura menjadi ibu dari Sakura" ?
Aku salut sama pemikiran panjang author, keren bangeeettttttt!!!
Kayaknya author cocok jadi detektif.
Penjabarannya juga rinci, mendetail pula. Gila keren banget....

jadi selama ini yg aq dngerin itu.. lagu sedih :" Sumpah nyesegk bgt.. setelah tau apa yg sbnernya terjadi dalam MV .. jadi keinget anime Little Buster..

gw malah ngerasa sedih dari awal denger lagu '10year cherry blossom' (juunen zakura udh terlalu mainstream nyebutnya :v ) gk peduli dari berbagai issu mistis nya.. sampe yg katanya ada penampakan lah.. gw kira itu kesalahan kamera aj atau klw pun emg ada makhluk halus itu yg baik krn gw gk ngerasa aura jahat (:v) sama skali ketika nonton MV,BTS,sampe bonus video yg 'kissu shite' dari 10 year cherry blossom ini.
sedih.. kesedihan mendalam karena flashback masa lalu gw di 2009 + liatin member2x yg udh grad :'( :v
btw 2009.. 2019.. damn waktu berlalu begitu cepat

ada jari2 panjang misterius wkwk. ane nontonnya rada merinding

Harrupi menjadi hantu Ibunya Sakura. Berarti Haruppi itu neneknya Sakura

ane nulis komen ini sambil nonton MV. setelah ane liat lagi, kalo emang cuma Acchan sama Yuko doang yang selamat, pas lagi pada "gila-gilaan" di bis setelah kecelakaan cuma mereka berdua yang gelantungan di pegangan bis buat penumpang yang berdiri. Tapi ane nggak tau gimana caranya mereka berdua selamat.

Dan kalo boleh ane mau nambahin 1 teori lagi nih. Pas ane nggak sengaja ngeklik MV Sakura Ki ni Narou, ane nemuin teori ke-1 1/2 (sesudah 10nen dan sebelum Otona Ressha). Ini baru sekedar asumsi loh yaa. jadi maaf kalo salah. Menurut ane di MV Sakura Ki ni Narou (disingkat jadi SKnN biar nggak capek ngetik :v) ini, ternyata semua murid yang ada di bis yang kecelakaan itu selamat semua, kecuali Jurina dan satu murid misterius. Di MV ini dia jadi semacam hantu gentayangan. entah itu emang beneran gentayangan apa hanya ilusi para korban selamat ane nggak tau. ane tulis timeline nya berdasarkan MV di youtube:

1. 0.12 - 0.52 : semuanya seneng pas ngeliat laut kecuali Acchan. Dia keliatan sedih karena belum bisa move on dari kecelakaan dulu. Apalagi di scene ini mereka lagi naik bis.

2. 1.02 - 1.14 : mereka dateng ke makam salah satu korban. Disini ane berasumsi kalo makam ini makamnya Mayu. karena kalo nyambungin dari MV 10nen, cuma Mayu yang nggak ada disitu.

3. 2.23 - 2.46 : Ada satu bangku kosong diantara Acchan dan Takamina. Tapi ane nggak begitu ngerti pas bagian scene ini. Karena nanti di akhir, bangku itu diisi sama Jurina. Ane nggak tau itu emang bagian dari backstory nya apa kesalahan shooting nya. Kalo ada yang lebih mengerti tolong beritahu saya :v

4. 3.00 - 5.12 : Arwah Jurina mulai bergentayangan. Asumsi ane soal kenapa Jurina gentayangan adalah karena dia belum sempet ngucapin selamat tinggal ke 5 temennya itu. Sedangkan Mayu yang sempet ketemu lagi sama yang lain nggak gentayangan. Dan disini anaknya yuko udah lahir. Dan mungkin aja nama "sakura" itu namanya Jurina di MV itu.

5. 5.17-5.37 :Akhirnya Jurina udah bisa "move on" ke dunia sana. Karena dia sudah bertemu ke-5 temen baiknya itu.

Dan soal suratnya Takamina, mungkin itu emang murni surat yang dia tulis sebelum kelulusan. Dan kecelakaan pun terjadi sehingga membuat isi dari surat itu jadi "ucapan selamat tinggal" untuk selama-lamanya. Tapi ternyata Takamina selamat dari kecelakaan itu tapi Takamina cedera parah jadinya dia nggak bisa ketemu lagi sama yang lainnya selama 10 tahun. Dan selama 10 tahun itu juga dia nggak tau kalo Takamina selamat dan Jurina lah yang nggak.

Begitulah tambahan dari ane. Kalo ada yang mau nambahin sangat dipersilahkan. Terima kasih.

Gila keren banget bang pemikirannya. Dari awal jg w ngerasa nih mv ada yg janggal

Menurut pemikiran singkat aku malah

Emg yg lain telat pas ketemuan trs si yuko n acchan ada di sanaan lg dr tmpt mrk, trs yg pas dulunya itu emg mrk cm lg seneng seneng aja sbg hr terakhir di sekolah, trs pas di bis mereka msh seneng seneng, dan tb2 diem krn bentar lagi ud dkt rumah satu member jd mereka diem karna ud capek dan mau nyampe, mungkin sekolahnya di asrama jdnya pulangnya gt banget, member yg lain pas turun agak mellow2 jg kok bukan takamina aja, itu takamina nangis grgr dia ngerasa acchan terlalu berharga dihidup dia

Ini pemikiran demi gk ngerasa bahwa mv 10nen sakura terlalu berat :v

Dan pas yuko ngasih nama anaknya sakura, si Acchan kagetnya kaget bingung doang kali kenapa nama anaknya sakura, trs jg mukanya acchan senyum2 aja tu gak shock

Ternyata beneran ada yg ngulik dong.... Dari pertama gw liat MV 10nen zakura gw udah feel agak aneh pas bagian pada diem tiba2 di bis.... Dan walaupun lagunya ngebeat, cuma entah kenapa ada weird feeling selama dengerin/nonton MVnya....

Takamina juga gak muncul di bagian close up member


EmoticonEmoticon