Artikel Spesial Tahun Baru : AKB48 tetap kuat setelah hampir 10 tahun !







Super Idol Grup Jepang, AKB48, merayakan ulangtahunnya yang ke 10 pada tahun 2015 lalu dengan digelarnya 2 event besar yang dihelat pada awal bulan Desember kemarin. Dalam event ini dihadiri oleh sebagian besar mantan member AKB yang telah graduate yang membuat acara ini semakin meriah.

Selama satu dekade terakhir, para member AKB48 ini telah menulis banyak sekali rekor dalam sejarah industri musik Jepang. Bener-bener mantep kali dah ! Maka dari itu, ane disini akan membawa ente pade untuk melihat kembali kebelakang dari sejarah Idol Grup terbesar di dunia ini, from zero to hero .

Single terakhir AKB48, "Kuchibiru ni Be My Baby" terjual sebanyak 813.000 copy pada 9 Desember 2015 lalu, dihari ketika pertama kali single ini rilis berdasarkan Oricon Inc. Hal ini membuat total penjualan seluruh single AKB meraih rekor sebanyak 36.158.000 copy ! melebihi rekor sebelumnya yaitu 35.809.000 dari duet rock B'z.

Ya, AKB48 sangatlah terkenal sekarang ini dan telah memecahkan berbagai macam rekor di industri musik Jepang ini, tapi ternyata, awal dari perjalanan Grup ini tidaklah semulus yang dibayangkan. Pada 8 Desember 2005, ketika AKB48 pertama kali mementaskan stage show pertama mereka di Teater Ekslusif yang ada di distrik kota Akihabara hanya di tonton oleh 7 orang penonton saja ! Setelah merilis 2 single label independen / indi, AKB memutuskan untuk pindah ke major label dengan single debut yang menjadi " Icon Song " mereka, yaitu " Aitakatta " .

Pada tahun 2007, AKB48 membuat penampilan perdana mereka di event musik akhir tahun terbesar di Jepang, " NHK Kouhaku Uta Gassen " . Meskipun hanya tampil selama 35 detik karena mereka joint medley dengan Shoko Nakagawa dan Leah Dizon, tapi itu cukup untuk bisa meraih perhatian masyarakat pada AKB48.

AKB mulai merangsek masuk dalam perasingan musik Jepang pada tahun 2008. " Oogoe Diamond " adalah single pertama mereka sejak pindah label ke King Record, dan single ini meraih posisi ke #3 dalam Oricon Weekly Chart, sebuah situs pencatat ranking musik terbaik di Jepang. Ini adalah pertama kalinya single AKB bisa masuk ke top 3 di Oricon. Keberhasilan ini adalah hasil dari kerja keras para member yang tidak kenal lelah mempromosikan single mereka di setiap shopping mall yang ada di seluruh Jepang.

Di tahun 2009, single "Namida Surprise" menjadi official song untuk perayaan ulang tahun ke-135 tahun dari Yomiuri Shimbun, koran terbesar yang ada di Jepang . Single ini digunakan sebagai jingle dalam iklan koran mereka di TV yang juga sebagai tanda "persahabatan" antara Yomuri Shimbun dan AKB48, karena semua berita yang berkaitan tentang AKB48 akan secara resmi akan di publish dalam koran ini. Pada tahun ini juga, untuk pertama kalinya di gelar event "Senbatsu Sousenkyo" , sebuah kontes untuk meraih vote dari fans agar menjadi member yang terfavorit, dan juga menjadi member yang menjadi topik utama di setiap diskusi para fans.

Pada bulan Oktober tahun 2009, "RIVER" menjadi single pertama dari AKB yang meraih peringkat ke #1 dalam Oricon Chart. Setelah pada tahun sebelumnya hanya menjadi "figuran" , di tahun 2009 ini AKB48 berhasil mengisi line-up di NHK Kouhaku Utagassen sebagai Akagumi , impian mereka untuk tampil reguler di Kouhaku berhasil diraih dan menjadi sebuah prestasi tersendiri. Hal ini membuat nama AKB48 mulai menapaki jalan menuju stardom dan menjadi perbincangan di seluruh negeri Sakura saat itu.

Kepopuleran AKB48 menjadi sebuah social phenomena pada tahun 2010 dengan single "Heavy Rotation" yang menampilkan center kharismatik, Oshima Yuko. MV single yang dibuat oleh Mika Ninagawa ini menyebabkan sensasi dan kontroversi karena menampilkan para member yang mengenakan lingerie. Beberapa fans juga mulai mengcover dance dari single fenomenal ini.

Kegilaan ga berhenti sampai disitu. single selanjutnya setelah Heavy Rotation, yaitu " Beginner " menjadi single pertama AKB yang meraih penjualan mencapai satu juta copy pada bulan Januari tahun 2011, tiga bulan setelah single ini dirilis.

Pada tahun 2012, Atsuko Maeda , member yang paling penting dan juga menonjol selama bertahun -tahun di AKB mengumumkan graduate nya. Sashihara Rino menjadi pemenang dalam Senbatsu Sousenkyo 2013, hal ini menegaskan akan ada transisi generasi dalam tubuh AKB48. Sister grup AKB, yaitu SKE, NMB dan HKT meraih kesuksesannya masing-masing dan bisa dikatakan kalo kekuatan masing-masing dari sister grup AKB ini mewakili AKB itu sendiri.

AKB48 telah melebarkan sayapnya ke luar negeri, dengan membuat sister grup mereka di Shanghai dan Jakarta. Di tahun 2016 ini, kita bisa melihat akan ada anggota baru dari Grup AKB48, yaitu NGT48 yang berbasis di Niigata.

Acara ulang tahun AKB dihelat pada 6 dan 8 Desember 2015 lalu adalah perayaan yang bersejarah bagi AKB48, dan dihadiri juga oleh original member yang telah graduate.

Pembukaan perayaan ulang tahun ke-10 AKB berlangsung di Hotel Tokyo pada 6 Desember 2015. Tiket untuk event ini dimasukan kedalam special photobook AKB yang dijual tahun 2008 untuk menandai perayaan ulangtahun kedua mereka ini.

Takahashi Minami, Soukantoku dari AKB48, merasa tidak percaya para fans yang membeli special photobook pada tahun 2008 lalu masih menyimpan tiketnya ;

" Kalian bener - bener hebat. Ternyata kalian ga buang tu tiket ! "

Teriak Takahashi pada 500 fans yang membeli photobook tahun 2008 itu. Tiket Premium yang sepaket sama photobook ini di dalamnya terdapat peringatan, " Event tidak akan dilaksanakan jika AKB dibubarkan sebelum perayaan ulangtahun ke-10 " .

Konser spesial perayaan ulang tahun AKB ke 10 digelar pada 8 Desember 2015 di Theater AKB. Dalam konser ini, terdapat momen penyerahan "tongkat estafet" Soukantoku, Takahashi Minami menyerahkan jabatan ini kepada Yokoyama Yui untuk membimbing para member AKB dimasa mendatang.

Setelah menerima pengabsahan jabatan Soukantoku, Yokoyama Yui berkata pada audience ;

" Saya yakin bahwa AKB48 dibuat oleh kalian semua (fans) dan juga oleh para member yang telah graduate, terutama para member generasi pertama dan juga member-member yang berasal dari generasi kedua dan ketiga. Ini adalah dinding tebal yang harus kita lewati sekarang, sebagai AKB yang baru. Tolong dukung kami mulai saat ini juga ! "


Single "Bokutachi wa Tatakawanai" adalah top-selling single AKB tahun kemarin dengan penjualan 1,78 juta copy berdasarkan Oricon Inc pada 22 Desember 2015. Ini adalah single yang membuat AKB menjual top-selling single selama 6 tahun berturut-turut.


EmoticonEmoticon