List pertandingan terbaik di Shoujiki Shougi !






“Shoujiki Shougi : A terrifying psychological game in which they try to uncover their opponent’s lies through the use of a lie detector”

Bagi kalian para fans dari AKB dan juga suka menonton acara variety show yang di bintangi sama idol grup ini pasti familiar dengan kata-kata diatas. Ya, tepat sekali, itu adalah opening dari Shoujiki Shougi, segment yang paling terkenal dalam sejarah AKBingo.

Kita mungkin harus berterima kasih sama Shoujiki Shougi karena berkat segment ini kita bisa mengetahui berbagai fakta dari member AKB, seperti bagaimana seorang princess idol, Kojima Haruna yang ternyata jorok di rumahnya, Takamina yang bener-bener "yankee" banget dan bagaimana mudahnya Mayuyu dengan tidak sengaja marah pada setiap member AKB dan disebut cyborg idol karena hal itu. Segmen ini dimulai dengan dipilihnya member untuk menjadi Sente (hitam) dan Gote (putih),  lalu masing masing member akan melayangkan berbagai macam pernyataan tentang diri lawan masing-masing, setiap pernyataan dari sente atau gote yang berhasil menjebak lawannya mendapat point 1, hingga seseorang berhasil meraih 3 point dan dialah pemenangnya. Dalam pertandingan ini akan di dampingi oleh Sata-san, lalu temannya yang ga bisa dipercaya, Oouso Kiyoto (orang tua yang lebih suka berbohong daripada makan -istilah-), dan Shimizu atau Shinsaku sensei (bergantian selama AKBingo), seorang dokter yang menghandle mesin pendeteksi kebohongan yang terhubung pada jari tangan member yang bermain. Ane demen banget sama segmen ini karena simple aja, konsepnya berbeda dengan acara variety show AKB lainnya, disini kita bisa melihat "celah" dalam diri member ketika mereka merespon jawaban dari pernyataan yang dilontarkan member lawannya dan juga secara langsung dapat menjadi "medan perang" bagi mereka untuk membuka fakta tentang diri masing-masing member. Kalian bisa merasakan terdapat cukup banyak fakta dalam apapun yang mereka katakan, tapi kita hanya dapet sebagian kecil dari itu semua. Jadi, ane pikir ini sebabnya ane bikin list ini, bukan hanya untuk memperlihatkan kembali sebagian kecil fakta yang ada dalam Shoujiki Shougi, tapi juga duel serangan yang bertubi-tubi pada masing-masing personality dan reputasi member AKB di Shoujiki Shougi ini. Ya, ini adalah pertarungan Shoujiki Shougi terbaik yang pernah ane tonton, mungkin ada banyak pertandingan yang telah di tampilkan dalam sejarah AKBingo, tapi ane punya dua persyaratan dalam memilih pertarungan terbaik di "kompetisi catur kejujuran" ini,

Pertama : Pernyataan dan Jawaban yang benar-benar real atau nyata dalam kehidupan member.
Kedua : Pertandingan yang bikin ane ngakak sampe pinggang ane chopot waktu nontonnya :v

Mungkin kalian ada yang ga setuju sama list ini, tapi ane yakin pasti ada 2-3 pertandingan dalam list ini yang kalian suka. Dan yang harus kalian tau, jika kalian heran bagaimana keakuratan dari mesin pendeteksi kebohongan ini ? mari kita teriakan bersama-sama, KYU JYU KYU TEN KYU PAASENTO DESU !!


10. MIYAZAWA SAE vs. AKIMOTO SAYAKA


Miyazawa Sae vs Akimoto Sayaka (credit to Saeyaka)

Miyazawa Sae (credit to Saeyaka)


Akimoto Sayaka (credit to Saeyaka)


Ya, ini adalah pertarungan SaeYaka, duel antara twin tower dari Team K dan mungkin adalah salah satu duel yang paling dinanti-nanti dalam sejarah Shoujiki Shougi. ane pikir, semua orang termasuk ane sendiri, sangat ingin melihat apa yang akan ditanyakan oleh kedua best friend ini selama pertandingan berlangsung. Pertarungan mereka pasti gaakan ngecewain, karena mereka berdua akan "berdarah-darah" saling menusuk satu sama lain dengan pernyataan fakta yang menarik dan juga memalukan.
Oshima Yuko, selaku komentator dalam duel ini memperkenalkan masing-masing player, " Akimoto-san dan Miya.... moto " ?! Well, Yuko ngejek nama Sae dan cukup bikin ane ngakak juga, wkwk :v
Sae diberi kesempatan untuk menyerang pertama, dia memberikan pernyataan , "Meskipun seorang idol, aku jelek dalam memberikan senyuman" , Akimoto dengan tampang cool nya bilang " Iiiee " dan safe. Sae terlihat sangat frustasi sama hal ini karena dia yakin kalo Akimoto tu orangnya selalu khawatir terhadap apapun dan akan gagal menjaab pernyataan ini. Namun Akimoto hanya menjawab simple " Smilling is my life " , kampret bener kan :v . Akimoto menyerang balik dengan memberikan pernyataan tentang selera fasion Sae dan tentu saja itu akan membuat Sae instant killed. Ane jadi pengen tau apa Sae berpikir kalo Uematsu-san itu salah ketika dia membahas tentang pemahaman fashion cewek terutama pada Sae, dan bagaimana Sae ga pernah bisa cocok dengan hal yang feminim tapi dia tetep mikir kalo dirinya tu fashionable ? Ane nyerah dah sama Sae-chan yang bener-bener keras kepala sama hal yang menurut dia sendiri menarik, dan bahkan ketika orang-orang gaada yang berfikir kalo dia terlihat menarik, karena membutuhkan sebuah keberanian untuk ngomong kalo kalian tu menarik ketika tak ada seseorangpun yang berfikir kesitu. Buat ane, Sae adalah member yang sangat menarik, karena ane suka sama kepribadiannya yang "genki" , tapi kaga ame selera fashion nya. Sae kemudian menerjang balik dengan pernyataan yang mengacu pada Akimoto yang selalu membawa pulang makanan dari tempat kerja (sebutlah AKB) ke rumahnya hanya untuk dimakan bersama keluarga, hal ini sontak membuat seluruh audience yang ada di studio ketawa ngakak dengernya dan Akimoto terus didesak untuk mengakui bahwa dia selalu membawa makanan ke rumah, bener-bener konyol kali !

Pertempuran terus berlanjut hingga kita bisa menarik sebuah kesimpulan, seperti betapa beratnya memerankan seseorang yang Genki bagi Sae dan Akimoto yang selalu berlatih sangat keras hingga terlihat abs nya yang terlihat sangat cool . Duel ini adalah pertunjukan klasik antara dua member yang telah kenal baik satu sama lain, mereka saling jujur dan terbuka.

9. MAEDA ATSUKO vs. TAKAHASHI MINAMI



Maeda Atsuko vs Takahashi Minami






Satu lagi duel yang melibatkan antara sahabat yang sangat dekat. Ya ane menemukan hal yang menarik disamping duet Atsumina ini, ya, itu adalah Takamina, dia selalu jadi bahan objek bully-an dari setiap pernyataan yang ditunjukan pada player disetiap pertarungan Shoujiki Shougi. Dan ini menjadi dokkiri yang terus bertahan lama dan itu selalu menjadi momen yang memalukan bagi Takamina. Melihat dia sekarang bermain sebagai player , itu berarti akan menjadi " pertarungan untuk membuat Takamina mati konyol selama duel Shoujiki Shouji " . Ane ga sabar banget buat bisa menonton duel ini selama acara Shoujiki Shougi.

Tapi kemudian duel ini ga terlihat seperti " pertandingan catur kejujuran " yang seharusnya, iya kan ? Maeda dan Takamina adalah sahabat yang sangat dekat. Maeda langsung menyatakan bahwa diantara dirinya dan Takamina, Maeda adalah seseorang yang lebih berperasaan, Takamina juga mengakui kalo Maeda seperti itu. Jadi, apapun yang terjadi diantara mereka tidaklah mengurangi duel epic ini, dalam artian kita masih mendapatkan jawaban yang jujur dari mereka berdua.

Takamina tersentak ketika mendapat pernyataan tentang keinginannya untuk bertambah tinggi, Maeda dapat point dengan mudah. Tapi Takamina menyerang balik dengan pernyataan yang seharusnya membuat dirinya meraih point, tapi jiwa akting dan ketidakpeduliannya terhadap orang lain dari Maeda mampu menipu lie detector. Pertarungan berlanjut dengan pernyataan yang menyeret nama Akimoto Sayaka, Maeda gagal menjawab pernyataan ini, dan Takamina terlihat bahagia sekali karena kali ini dia bisa membully member lain. Lalu, kedua player terus saling menekan dengan melontarkan pernyataan-pernyataan yang menunjukan pribadi masing-masing, dan mereka berdua mendapat point dari pernyataan itu. Duel ini berbalik dari yang cukup ngebosenin menjadi duel yang sangat cool abis dah ! . Setelah mereka saling serang dan point tetap sama, maka pernyataan final tentang Shinoda Mariko dari Maeda menjadi penentuannya. Di akhir pertandingan ini, tidak hanya Takamina yang kalah, tapi Mariko juga kalah dalam karakter failnya. Dan inilah keindahan dalam Shoujiki Shougi, kita gaakan tau siapa yang akan menang tanpa " terbuka aibnya " .

Satu hal yang membuat ane ga nyaman adalah karakter Acchan sebagai seorang Ace yang selalu dilindungi. Ane udah pernah lihat ini setiap kali Acchan muncul di AKBingo, karena dia selalu absen di variety show ini karena ada acara off air drama, seperti ada sebuah aturan tidak tertulis bahwa Acchan tidak boleh ada dalam posisi member yang kalah atau membuat dia malu dalam sorotan media. Ayolah, dia kan Cente / Catur putih dalam permainan ini ! buang jauh atribut idol dari kedua pemain yang bermain Shoujiki Shougi !

8. WATANABE MIYUKI vs. YAMAMOTO SAYAKA



Watanabe Miyuki vs Yamamoto Sayaka

Jujur, ane ketawa kenceng banget waktu nonton ni battle, tentu ada banyak alasan yang bikin ane ngakak gila, tapi ane bakal menyebutkan beberapanya disini.

Ane suka hal apapun tentang Milky. Ane bukan diehard fans dari Sayanee tapi ane sangat respect sama bakatnya dan dia adalah member yang sangat mudah untuk bisa dikenali oleh semua orang ( termasuk dengan strong pointnya, dagu yang panjang :v ). Tapi ane gabisa masuk ke dalam diri Sayanee karena beberapa hal. Cukup aneh bagi ane karena ane mencoba untuk bisa menyukai member yang kepribadiannya serius, dan Sayanee adalah orang yang tepat karena dia selalu bisa menghadapi situasi yang baru dan respond nya yang selalu serius terhadap suatu berita atau hal apapun (inget reaksi dia waktu Mechaike fake-graduate dari Takamina ?). Tapi ane lebih milih untuk bandingin antara dia dan Milky, jika kalian menyandingkan Sayanee dengan Milky, ane pikir Milky yang akan selalu menang. Kenapa ? simple aja, karena Milky tu good dan easy going.

Oh ya, dia juga tsurishi / fisher terbaik yang ada di 48 Grup. Uuummmm .... Ane punya cerita buat kalian semua ni, berdasarkan dari kisah yang ane baca cerita di forum Stage48, ada seorang fans yang pergi untuk bertemu dengan Milky di Handshake Event dan dia bertekad untuk tidak terkena bait dari Milky dan ternyata kemudian Milky entah lakuin apa sehingga membuat si fans itu " instanly killed " !! . Ane jadi bener-bener penasaran pengen handshake sama Milky yang dalam waktu 10 detik bisa bikin fans " not moving around " kek gitu -_-

Okey, kita balik maning nang laptop, melihat Milky bertarung melawan "center dari NMB" sangatlah amazing. Meski Sayanee memiliki serangan yang kuat, seperti mengungkapkan bahwa Milky punya kebiasaan selalu menggaruk selangkangannya disetiap waktu, tapi sepanjang itu real ato engga, di akhir duel Milky melakukan beberapa hal yang sangat menarik dibanding hasil dari pertarungan sendiri. Milky menyerang pada selera fashion dari Sayanee yang buruk, dan Sayanee terlihat ga percaya sama Milky karena Milky berusaha untuk mengungkapkan fakta dalam pertandingan ini. Kalian pasti bisa rasain kalo Sayanee berusaha untuk menahan kekesalanya, terlihat dari gestur tubuhnya yang tidak tenang dan Milky menggunakan itu untuk terus memojokan Sayanee. Lalu, Milky juga mengeluarkan pernyataan tentang kebiasaan Sayanee yang selalu mencabuti rambut di tangannya dan didaerah tubuh lainnya, Milky mengaku dia telah mendengar hal ini dari teman Sayanee bahwa Sayanee sangat khawatir dengan " tubuh berbulunya ". Dan momen yang bikin ane pecah dalam tawa adalah ketika Sashihara sontak berteriak " Menggaruk selangkangan dan mencabuti bulu, apa yang sebenarnya terjadi di NMB ! ". Hahaha anjir kampret bener dah si mak kosan ! :v Ya, seperti biasa Sasshi adalah si the comment dan langsung melontarkan apa yang ada di pikirannya ketika menemukan ruang bagi dirinya untuk berteriak.

Tsuri-Baka Idol dihancurkan oleh Sayanee, tapi, ketika Sayanee memberikan pernyataan yang tak terduga, yaitu tentang bagaimana Milky memanggil para staff laki dengan nama pertama / nama pemberian orang tua mereka kemudian ditambahkan "-kun" di akhir namanya seolah-olah Milky dan para staff itu sudah lebih dekat dan akrab dari sekedar teman kerja ( Ane jelasin buat kalian yang kaga ngarti manner orang Jepang, di jepang sono, orang yang lebih muda kalau memanggil seseorang yang usianya lebih tua harus dengan nama keluarga (jika tidak akrab / baru kenal) atau sebaliknya (dengan nama pemberian ortu jika udah sahabatan deket banget) dengan akhiran "-san" (atau -kun kalo udah sahabatan). Dalam kasus Milky, dia memanggil staff yang hanya sebatas rekan kerja dengan nama pertamanya dan memakai -kun, ini TIDAK SOPAN) . Apakah milky menggoda mereka ? atau apakah Milky hanya ingin bersikap ramah ? Ane mendapatkan hal yang menarik bahkan lebih dari hal ini, sikapnya itu adalah respon dari Milky ketika dia bisa membaca pikiran cowo yang ingin lebih dekat dengannya, dan dia bisa dengan mudah dapetin tu cowo dengan menggunakan kata-kata manis andalan Milky. Kemudian, kalian bisa melihat Milky berkata " Karena mereka semua (member AKB) berfikir aku orangnya kek gitu (tsurishi / fisher), jadi ya wajar aja kalo aku lakuin itu ! " , audience kemudian heboh dan nyorakin Milky. Karena merasa itu terlalu terlihat fake, dia menghentikan bicaranya lalu tertawa dan Sata-san menangkap kode itu, lalu melanjutkan momen ini dan menunjukan pada penonton bahwa ini adalah asli kepribadian Milky, jadi Milky mendemonstrasikan " keahlian memancingnya " pada Shinsaku-sensei, dokter monitoring dari lie detector. Tapi apa kalian menangkap apa yang Milky katakan pada sensei ? alih-alih memakai "-kun", dia memanggil dokter, "Shin-chan" , Ini sangatlah girly , tapi mungkin lebih bisa disebut "konyol" daripada "cinta" , tapi kalian pasti tidak tau, kalau ada sesuatu yang tersirat didalamnya, seperti Milky sedang mencoba untuk menjauhkan dirinya dari apa yang dituduhkan oleh Sayanee tentang dirinya ketika memanggil staff laki-laki dengan nama pertama dan ditambahkan -kun.

Anyway, duel kembali berlanjut dan kita bisa melihat lebih banyak kekuatan fishing dari Milky. Ane bersumpah jika dia bilang sama ane dia pengen chapu-chapu, ane bakalan berlutut dan membiarkan apa yang mau dia lakuin ma ane. Maksud ane, inilah Milky, dan meskipun mungkin dia tidak dihargain oleh teman-temannya di AKB, ane pikir, untuk kita sebagai fans, sangat sulit untuk tidak melihat senyum menawan dari Milky yang jatuh dalam kekalahan, atau ketika dia berbicara dengan penuh pesona. Apa kalian bisa menahan bisikan Milky di telinga dan berkata kalo dia mencintai dan menginginkan kalian ? ah, ane menyadari ada " actual ending " dalam duel ini, tapi ane tersesat dalam "Milky World" seperti para fans laki-laki lainnya yang telah terikat pada dunia ini.

Set dah Milky, ane pikir ane kena bait ente waktu nulis ni battle ! :v

MATSUI JURINA vs. MATSUI RENA





WMatsui, atau Duo-Matsui. Kalian pasti tau kalo diantara mereka, Jurina lah yang paling kuat di pertandingan ini, sejak Jurina tak terkalahkan dalam hal apapun di AKBingo, dan juga ane yakin di dalam semua bidang yang dia jabanin, Jurina gaakan mudah untuk kalah. Dan itu bukan berarti Rena ga peduli atau ga ada minat untuk bertanding dengan sahabatnya tersebut, tapi hanya karena Rena lebih polos, suci dan cukup " black hearted " juga, ada banyak karakter yang mungkin bisa ditemukan dalam jiwa idolnya yang sangat dalam itu. Jadi, hanya dengan melihat kedua member ini bergandengan tangan, itu cukup bikin ane ngakak ketawa.

Jurina bilang akan mengawali duel ini dengan santai, tapi kenyataannya adalah " right punch to the face ", dia menyerang image "ojou idol" dari Rena-san, dan kalian akan melihat taktik Jurina yang terus mendesak dengan mengulang pernyataan yang dilontarkan hingga Rena mulai meragukan pikirannya dan menyerah untuk memberikan poin pada Jurina, sangat luar biasa. Serangan balasan Rena tidaklah efektif, dan tentu saja ini giliran Jurina untuk menyerang kembali, kali ini menyeret nama yang kaga asing buat dibully, Takahashi Minami, yang dengan mudah membuat Jurina mendapat poin. Tapi tidak sampai disitu, Jurina mengatakan bahwa dia akan " bermain-main " sejenak dengan Rena karena duel ini terlalu mudah untuknya. Benar-benar siswi sekolah menengah yang menyeramkan bukan ? Tapi buat ane, bagian yang lucu akan segera dimulai, ketika Rena menyatakan sesuatu tentang masa lalu Jurina yang sangat memalukan untuk dibahas, dan Rena meniru taktik Jurina untuk terus mendesak Jurina dengan pernyataan yang sama hingga Jurina menyerah. Dan apa yang membuat ini konyol adalah Rena yang terus berteriak mengulang-ulang pernyataannya dan setiap dia melakukan itu bikin ane ketawa histeris :v Itulah kenapa ane cukup menyukai Rena-san, dia mempunyai image seorang idol yang real, tapi kemudian dia bisa berubah menjadi seorang yang biasa dan berteriak seperti karakter dalam film horror dalam hitungan detik. Mungkin itu kenapa dia memainkan karakter horror dalam MV Gingham Check dan juga Gekikara dalam Majijo.

Meskipun para member AKB yang menonton dan Sata-san berpikir kalo duel ini membosankan, Rena melakukan hal yang sama, yaitu mengulang-ulang pernyataan dengan nada yang cukup keras hingga Jurina mengakui ada sesuatu yang terjadi antara dirinya dan Ono Erena, seorang member yang duduk di jajaran audience. Ini menjadi sebuah diskusi fantasi yang sangat heboh tentang Jurina dan Erepyon yang berciuman di hotel, lalu, entah bagaimana kemudian Akimoto Sayaka dan Oshima Yuko turut ikut campur dalam diskusi ini. Di akhir diskusi delusional ini, Akimoto terlihat seperti kalah dalam perdebatan dan memperlihatkan wajah jahatnya pada Yuko. Bener-bener konyol dan cool banget melihat semua ini.

Kedudukan seri dengan 2 poin, lalu keluarlah pernyataan terakhir yang Jurina kirim dan juga membuat audience gempar, kali ini pernyataan tentang diri Rena-san dan bagaimana dia bisa menjadi seseorang yang "licik" ketika dia gabisa mendapatkan sesuatu dari orang lain.

Menjadi anak muda memang sangatlah menyeramkan....


6. OSHIMA YUKO vs. KASAI TOMOMI






Queen of Variety vs Man Killer , epic !

Kasai terlihat lebih "dewasa" selama duel ini, dia terlihat sudah berumur 29 tahun. Di wajahnya seperti mengatakan bahwa dia telah mempunyai banyak pengalaman dalam hidup, dan Kasai juga mempunyai pola pikir kedepan jika sedang dalam pembicaraan dengan siapapun. Ane ga tau apa ini masuk akal, tapi inilah yang ane dapetin waktu ngeliat match ini. Jadi sangatlah pas ketika Yuko-san memberikan pernyataan pertama pada Kasai tentang isu kekuatan "menggoda" Kasai untuk bisa menpadatkan apapun yang dia inginkan. Kasai sangat terlihat dewasa, iya kan ? Maksudnya, ketika kita sudah lebih dewasa, satu hal yang secara natural kita pelajari adalah menguasai jurus "menggoda" ini, meskipun untuk sebuah kelicikan. Kalian bisa liat "jurus penggoda " ini selalu bekerja untuk Kasai dan terlihat efeknya. Buat ane,duel ini tu sangatlah cool bingitz ! Yang menjadi pointnya adalah ketika mereka berdiskusi tentang phrase yang selalu dipakai Kasai, " Chiyuu~ " , mereka bertanya pada Shimizu-sensei tentang phrase ini, Shimizu-sensei bilang dia ga ngerti apa arti tentang phrase itu, dan sontak membuat audience tertawa. Lalu, Sata-san memberitahu sensei arti Chiyuu dan kenapa Kasai selalu menggunakan kata itu.

Selanjutnya, Yuko kembali membahas kekuatan "menggoda" dari Kasai, kali ini berbicara tentang bagaimana Kasai bisa mendapatkan pria dengan sangat mudah, Kasai gagal untuk menjawab pernyataan ini, Sata-san kemudian menggunakan insting variety nya dan menggunakan momen ini untuk bertanya pada Shimizu-sensei apa yang dia pikirkan saat melihat ini ? Shimizu-sensei menjawab dengan sangat senang dan berkata, " Kawaii desu ne ? ", tapi kemudian Kasai terlihat kesakitan karena kakinya kram, dan Sata-san mengatakan bahwa Kasai melakukan ini hanya untuk mendapatkan perhatian, lalu mereka kembali bertanya pada Shimizu-sensei tentang hal ini dan dia hanya mengulangi bagaimana Kasai terlihat sangat cute ketika kesakitan. Oshima Yuko, yang ga mau kalah atau "terabaikan" dalam scene ini menggunakan skill timming-variety nya ( ya, dia adalah Queen of variety show AKB) dan berkata bahwa kakinya kram juga. Sata-san melihat ini dan bertanya pada dokter apa yang dokter pikirkan ketika melihat yuko kesakitan, dan tebak apa yang dia katakan ?

Well, kalian harus menontonnya sendiri dan melihat apa yang dokter katakan pada Yuko, sangatlah jauh dari harapan, ngakak njirrrrr :v seluruh segmen ini tentu tanpa script, dan benar-benar murni tanpa ada rekayasa. Dan ini juga sebagai sebuah reminder yang sangat keren, inilah sebabnya ane suka AKBingo waktu awal-awal ditayangin, duel Yuko vs Kasai ini ngena banget di hati ane, mereka seperti sedang belajar sesuatu yang baru. Ane pikir duel Shoujiki Shougi ini ditayangkan pada awal-awal AKBingo, mungkin episode 56 atau 57. Ane bisa menonton acara ini berulang-ulang kali dan merasakan semacam perasaan sedih untuk Yuko dan juga Kasai karena mereka telah lama pergi dari AKB. Tapi edisi lama Shoujiki Shougi ini juga sebagai pengingat tentang mengapa seseorang bisa "jatuh dan tenggelam" dalam dunia AKB. Intinya, AKB di masalalu sangatlah menarik seperti saat ini, dan dalam beberapa kasus malahan lebih menarik dari pada AKB yang sekarang. Dan ya, ane jadi rindu Yuko sama Kasai waktu nulis ini. Ane gabisa lagi denger " Chiyuu " dari Kasai, suara lucu yang dibuat-buatnya juga, ane gapercaya bisa bilang gini karena dulu ane kesel banget kalo denger dia bilang Chiyuu. Hanya kita mengingat kembali ke duel ini dan pada awal-awal masa AKB, bikin hati ane cukup tersengat dan menyadari betapa banyak momen hebat dari variety AKB yang gaakan bisa diulang kembali saat ini.


5. WATANABE MAYU vs. KOJIMA HARUNA




Cyborg Idol vs. Airhead Idol dari AKB kayanya ga bakalan jadi pertandingan yang bagus. Dan ya, hubungan mereka juga ga begitu deket. Minegishi Minami, selaku komentator berkata bahwa setiap pernyataan yang akan di ajukan oleh kedua player ini bakalan ga masuk akal.
Tapi apa yang membuat pertandingan ini luar biasa adalah ketika Mayu menyeret semua personil No3B, Minegishi Minami, Takahashi Minami dan Kojima Haruna kedalam bullyannya, dan juga, Mayu "menghina " selera fashion dari Kenbo Kobayashi. Mayu sepertinya "tersandung" sama kata-katanya untuk mencoba menjelaskan bahwa dia ga bermaksud untuk berkata tidak sopan, tapi sayangnya, jika Mayu melihat kembali duel ini, dia pasti akan menyadari betapa bahayanya kata-kata Mayu untuk para member yang ada di sekelilingnya. Tentu saja itu semua sangatlah menghibur, tapi disana terdapat sebuah sayatan luka didalam hati beberapa member, meskipun hanya beberapa saat. Contohnya, Mayu lebih memilih beli CD anime dibanding CD No3b. Mayu bilang kalo Takahashi Minami ga punya aura kek seorang Idol. Mayu juga bilang kalo Kojima adalah tipe cewek penggoda, disini Kojima terlihat marah karena mukanye yang jutek kek mau begal Mayu, Mayu juga jiper liatnye terus ngasih kode "sumimasen" sama tangannya. Lalu Mayu juga menyinggung Miichan dalam menjawab pernyataan dari Kojiharu yang berkaitan tentang Miichan, dan Mayu tetap bilang kalo dia gaada maksud untuk ga sopan dengan komentarnya. Dia bilang Gachapin ? seriuskah ? Kalian haruslah melihat seperti apa Gachapin itu dan meneriaki seseorang dengan nama Gachapin, cukup masuk akal jika menamakan hewan peliharaan dengan Gachapin, kalo buat manusia ? itu keterlaluan. Memanggil Miichan dengan Gachapin karena melihat matanya yang besar dengan kelopak matanya yang sayu, apa Mayu ga melihat kalo mungkin pasti ada yang marah ketika dipanggil seperti itu ? Dalam beberapa saat Kojiharu pasti merasakan ada "angin segar" karena ga menjadi satu-satunya seseorang yang "bodoh" di AKB.

Ane pikir sangatlah luar biasa jika membandingkan Mayuyu yang sekarang dengan dia di masa lalu, jauh ketika duel ini terjadi. Mayu saat ini duduk manis di atas tahta dan menjadi seorang Leader ketika Takamina sudah "membereskan" barang-barangnya dan bersiap untuk meninggalkan AKB tahun ini. Dan juga, ane pikir Sasshi adalah salah satu leader dari AKB tapi dia sangatlah sibuk untuk membuat HKT jadi grup yang hebat dalam 48Grup. Jadi, yang tertinggal hanyalah si Cyborg Idol yang sekarang telah menanggalkan kulit robotnya untuk menjadi seorang gadis cute dan men-centeri dari single yang didalam MVnya melibatkan anjing-anjing cute dan di MV ini juga dia mengenakan piama yang cute ketika sedang tidur di ranjang lucunya dan bersikap menjadi member yang cute. Ya.. semua menjadi serba cute disini. Mayu tidak terlihat "dingin" dan "seperti baja" lagi, ya kan ?

Satu catatan terakhir tentang duel ini, Kojiharu tampak begitu sangat senang ketika duel berakhir, sepertinya dia ga bisa membantu member lainnya yang juga terbully, tapi dia malah terlihat sebagai member bodoh yang sangat manis sekali disini. Dia mungkin gaakan selamanya menjadi "the most beautiful member" dari AKB, ane ga peduli sama apa yang dikatakan orang-orang bahwa Kojiharu tu orangnya polos atau apapun itu. Kojiharu adalah Idol yang beautiful dalam segala hal, dan ane kagum banget saat melihatnya. Insiden pengumuman Fake graduate dari Kojiharu ketika Sousenkyo 2 tahun lalu menjadikan dia sebagai salah satu dari member terkenal dalam sejarah AKB (popularitasnya semakin naik sejak kejadian itu) meskipun ane cukup khawatir saat itu :v.


4. KATAYAMA HARUKA vs. NISHINO MIKI 









Ane ga cukup tertarik sama Haruka ataupun Miki-chan, ya mungkin ada beberapa video dari Miki yang ngeliatain kalo rekasi berlebihannya bener-bener ngingetin ane sama Yukirin. Sejak saat itu, ane pikir Miki adalah Second Queen of Reaction setelah Yukirin :v , seperti ketika di salah satu episode AKBingo ketika Miki menaruh tangannya pada " guessing box " dan harus merasakan ada apakah didalamnya, ini adalah satu dari berbagai macam momen lucu yang ada di AKBingo, para gadis ini sampai mengalami "serangan jantung (istilah) " hanya untuk menebak apa yang ada di dalam kotak itu, ini hal yang sangat ane suka daripada pengen tau apa yang ada di dalem kotak. Dan juga ada satu momen dengan 2 orang member (Yukirin dan Tani Marika) ketika dia bermain sebuah game "pop up pirate", sesuatu terjadi, dan Miki, yang sedang duduk, kemudian terkejut dan meronta-ronta hingga sepatunya melayang dan menghantam dada Yukirin, Miki kemudian jatuh dilantai karena merasa shock. Ya, dia memiliki banyak sekali momen konyol, tapi gaada yang bikin ane merasa tertarik sama Miki-chan. Ane denger dia juga sangat hebat ketika penampilan teater.

Lalu Haruka, dia tidak terlalu bikin ane terkesima, sosok Adejo Idol yang ada dalam diri Haruka ga berpengaruh sama ane, kecuali kalo itu Mariko :v Tapi apa yang membuat duel ini sangat sengit adalah Haruka terlihat sangat "kejam" dan berniat untuk "menghancurkan dan akan membuat menangis" kouhai-nya tersebut. Ketika keduanya ditanya untuk mengungkapkan antusiasme nya terhadap pertarungan ini, Miki menjawab dengan memanggil Haruka dengan "aku tidak akan kalah dari BABA (wanita) tua yang menyebalkan" , hal ini pasti membuat kita bertanya-tanya apakah yang terjadi diantara kedua member beda generasi ini ? Mungkin gaada masalah diantara mereka, tapi sangatlah menyenangkan untuk berfikir jika ada sesuatu diantara mereka ketika berada di balik panggung. Tapi itu bukanlah sebuah masalah karena duel ini dapat dengan cepat menarik perhatian audience kala itu. Pada awal segment Shoujiki Shougi ini terdapat debat yang sangat lama dalam pernyataan "berapakah umur asli Haruka" sehingga Miki menjatuhkan "bom waktu" ini tentang benar atau tidak kah jika Haruka memalsukan umurnya. Jika Haruka benar memalsukan umurnya, apakah usia asli Haruka adalah 30 tahunnan ? Seluruh audience terpaku pada duel ini, semua audience seakan tidak percaya pada Haruka karena dia (mungkin) telah menyembunyikan umur aslinya selama ini. Itu cukup untuk membuat Haruka terlihat ingin menangis.

Ada hal yang cukup "damaging" tentang Miki diakhir segmen, kalian tonton sendiri aja untuk ngerti apa yang ane maksud. Tapi ane rasa, secara overall saat momen ketika Haruka menyembunyikan usiannya pada semua orang adalah momen yang pasti kalian ingin lihat setiap menonton Shoujiki Shougi episode ini. Ane kadang suka bayangin duel ini dan ngerasa kasihan waktu ngeliat wajah malang Haruka saat mengetahui bahwa dirinya benar-benar seorang Baba yang tua :v . Atau mungkin itu hanya perasaannya saja, tapi yang penting "damaging" ini sudah selesai.

MIYAZAWA SAE vs. SHIMAZAKI HARUKA





Oke, kita sekarang masuk pada pertarungan Genking vs Salt Queen. Kalian pasti berfikir duel ini bakalan menjadi pertandingan yang ngebosenin, dan terutama bagi ane yang mikir kalo 2 member ini tu kaga deket banget, tapi duel ini berubah jadi salah satu duel yang sangat menarik dan juga yang paling konyol karena Sae bertindak sebagai SAE-CHAN, lengkap dengan mimik wajah yang "kewanitaan" dan juga reaksinya yang berlebihan (cara membanting papan caturnya kek tokoh kartun anime) dan Paruru, yang hampir tanpa ekspresi selama pertandingan. Kalian tau, kalo perbedaan antara Sae dan Paruru ini sangatlah mengundang tawa :v

Buat ane, satu bagian yang bikin ane bisa nonton duel ini berulang-ulang kali adalah ketika Paruru memberikan pernyataan pada Sae bahwa para member AKB suka ngeledek selera fashion Sae yang sangat buruk. Sae-chan tertawa sebentar lalu menjawab " Iiee~ / tidak " " zen zen ii ee ! " dengan sangat lucu, dia memainkan kata dengan suara mengejek seolah-olah apa yang di nyatakan oleh Paruru itu salah. Jujur, ane denger dia bilang ini selama 1 jam lebih, hahaha ini konyol banget njir ! :v

Ada banyak hal yang terdapat dalam duel ini, terutama tentang Jiwa Ikemen dari Sae-chan dan bagimana dia bisa menjadi terlihat sebagai seorang gadis yang manis dalam beberapa hari kalo lagi ada di rumah (Sae manja ame nyokap nye). Ane juga suka muter-muter terus adegan ekspresi wajah Sae, dia selalu nunjukin wajah yang unik dan kemudian mengeluarkan mimik wajah yang keheranan ketika melihat jarum pada lie detector bergerak ke arah yang ga dia harapkan. Sae terlihat bertarung dengan pikirannya ketika diberi pernyataan kalo Sae lebih enjoy terlihat seperti laki-laki (ikemen) dibanding jadi perempuan. Kalian pasti akan merasa heran dalam beberapa saat karena ada beberapa fakta disana, dan pada alasan bahwa dia mungkin diam-diam "suka" waktu ngeliat para member AKB, Sae telah menjadi seorang Ikemen yang hebat untuk "menggaet" gadis-gadis AKB.

Di sisi lain ane sangat menyukai senyuman yang terpancar dari wajah Sae, ya meski terlihat ga sempurna karena gigi depannya seperti miring kesamping, atau mungkin dulu dia pernah dipukul oleh seseorang sehingga membuat mulutnya cukup "miring" dan ga kembali ke tempat normalnya ? Ane gatau, yang pasti " crooked smile " dari Sae-chan ini sangat menarik buat ane dan menjadi daya tarik dalam ekspresi wajah yang selalu dibuat Sae dalam duel ini. Reaksi dari seluruh audience sangatlah priceless, tapi, reaksi wajah dari Genking lah membuat pertandingan ini menjadi salah satu dari yang terbaik. Ane sempet lupa kalo ada Paruru disana, karena dia tetap dengan trademark nya, tembok tanpa ekspresi di wajahnya,

Duel ini juga menunjukan sebuah misteri yang paling membingungkan di AKB, bagaimana bisa dia dipush oleh AKB untuk hal yang ga lebih besar dari yang seharusnya ? Maksudnya, dia di dikirim ke China untuk menjadi bintang disana, kemudian dilempar ke SKE, dan sekarang apa ? Ane ga ngerti kenapa harus ke China dan bagian yang menyedihkannya adalah dia merupakan tipe Idol yang sangat diinginkan oleh fans. Sae ga sempurna, tapi dia adalah seseorang yang akan selalu ada dan yang selalu ingin berada dalam diri kalian. Jika kalian memiliki kesempatan untuk mengenalnya secara pribadi, mungkin ga bakalan ada hal yang romantis, tapi dia akan menjadi sahabat yang sangat baik. Dan ane pikir Sae adalah tipe orang yang jika melihat kalian terperangkap didalam mobil yang terbakar, dia akan dengan sekuat tenaga mengeluarkan dan menyelamatkan kalian dari mobil itu. Sae memiliki pribadi yang penuh dengan kasih sayang.

Jadi, inti dari pertandingan ini adalah "all about Sae-chan" . Ane pikir dia bisa membuat orang-orang yang disekitarnya merasa respect padanya, seperti ketika hari pada saat duel ini berlangsung. Maeda Atsuko, sang ultimate Ace dari AKB pun terus berkata "Kawaii" pada Sae-chan, kita tau sekaliber apa Maeda di AKB, Sae-chan is incredible girl eh boy eh girl eh whatever ! :v

2. MURASHIGE ANNA vs. TANAKA NATSUMI






Ane tergoda banget untuk membuat list ini diisi dengan member HKT, mungkin ane "mengkhususkan" untuk menulis member dari Hakata di rank ke #2 ini. Tapi, ane gamau siapapun yang membaca list ini ngomong kalo ane terlalu mempush member HKT daripada member AKB. Inilah alasannya :

Boss (Tanaka) adalah Matsui Jurina nya HKT, Dia baru berumur 13 tahun ketika duel ini ditayangkan dan dia juga "mengerikan" sama kek Jurina di umur yang sama, dalam artian Boss sangatlah keras kepala, kejam dan tidak akan mundur dari segala hal apapun. Secara overall dia mendapatkan nama panggilannya itu ketika dia berbicara atau melakukan hal apapun saat di variety show. Jadi ane bener-bener terdorong untuk bisa melihat duel ini dan mungkin akan menjadi lebih ke one-sided battle dengan Boss yang sepenuhnya mengontrol duel dan acara ini.

Gamau kalah sama Boss, dalam hal ini, Anna adalah sebuah anomali dalam dunia AKB. Dia sangatlah Narsis tapi ga terlalu nyebelin sih. Dia berdarah setengah Rusia dan Jepang, yang menjadi pertanyaan adalah apa waktu dia lagi ngobrol atau becandaan sama member HKT lainnya, pake bahasa Rusia ape Jepang ? ato malah dicampur ? :v . Dan yang terbaik dari semua itu, dia dikenal dengan gerakan dan teriakan " Mentaiko ! " nya, sebuah lelucon fail (kek Takamina & Jurina), dan Anna juga adalah seorang member yang selalu ingin menjadi pusat perhatiandalam setiap pembicaraan. Dia sangatlah GuiGui atau agresif. Dan ane pikir berdasarkan dari beberapa episode dari Odekake, pada awal-awal HKT dibentuk ada sebuah gesekan yang terjadi antara Anna dengan beberapa member HKT, termasuk Boss, tapi sejak saat itu mereka telah tumbuh dan bersahabat dengan Anna dan bahkan melindungi putri Rusia ini.

Tapi tidak untuk kali ini.....

Boss telah siap untuk mengeluarkan pernyataan tentang Anna yang menurutnya sangat aneh dan juga menjengkelkan. Tentu saja, ane ga berfikir sampe kesitu tentang Anna karena dia adalah top 5 member HKT versi On the sprot *eh versi Ane maksudnya. Tapi sebelum Boss memiliki kesempatan untuk berbicara, ternyata Anna terlebih dahulu yang menyerang dan memberikan pernyataan kalo Boss suka menyuruh member HKT lainnya (dalam kasus ini, Kumazawa Serina) untuk membelikan buku Erotik untuknya karena terlalu memalukan kalo Boss sendiri yang membelinya, dan lewat pernyataan ini, ane pikir, Anna telah maju satu langkah untuk memenangkan seluruh duel ini. Dan itulah Anna, "pukul jatuh lawan duluan sebelum lawan menjatuhkanmu" . Reaksi dari semua yang ada di audience, para komentator dan juga Boss sendiri, terutama ketika Anna menyebutkan genre buku Erotic yang disukai oleh Boss (Ya ini tentu sangatlah berkonten pornografi, dan AD pun mem-bleep kata-kata Anna ketika menyebutkan majalahnya, tapi melihat ekspresi muka Tano Yuka, kek nya si Boss ini sangatlah sesat :v ) membuat duel ini sangat special, dan berfikir kalo Anna pasti akan dengan mudah memenangkan pertandingan. Ya kan ?

Tapi, ketika Anna menyerang kembali dengan pernyataan yang lebih pribadi yaitu tentang bagaimana Boss menaruh dendam pada Juri yang mentertawakannya saat Audisi HKT (Boss berkata pada juri kalau dia pengen jadi bintang besar kek Maeda Atsuko), lalu kemudian video footage insiden Boss ditayangkan, semua orang yang ada di studio tertawa lepas banget :v . Tapi kejutan belum selesai, setelah itu video beralih ke momen memalukan ketika Anna mengikuti Audisi HKT, yang pasti kita semua tau kalo staff AKBingo pasti melakukan ini juga pada Anna di segmen ini, dan ane cuma bisa bilang.... ya tuhan :v :v
Dan ya, respon dari audience lebih heboh dari sebelumnya, bahkan ada yang ampe ngeluarin air mata :v
Ini mungkin adalah video audisi terbaik yang pernah ane tonton dari seluruh Idol Grup di Dunia. Ngeliat Anna yang sangat serius, menari mengikuti irama musik hip-hop yang ga terlalu jelas dan lalu, TWERKING ?!!
Ane gapernah bayangin selama berjuta-juta tahun bisa ngeliat member AKB ngeTwerking -_-

Kalian pasti akan berhenti menonton duel ini karena video audisi yang konyol ini, secara histeris Anna protes pada AD dan semua audience masih tertawa hingga menitikan air matanya itu. Ya, ini ga menghasilkan point untuk Boss, tapi ini adalah sebuah kemenangan bagi Shoujiki Shougi sebagai salah satu komponen yang harus ditonton di AKBingo. Maksud ane, ni video bener-bener jadi legenda hidup sob ! :v dan ane bersumpah kalo ane dikasih kesempatan buat HS sama Anna, ane bakal Twerking di mukanya dan bilang " OBOITERU ? " . Pasti gokil banget :v

Dan tentu saja duel masih belum berakhir sampe disini. Hal-hal tentang pribadi Anna mulai keluar disini. Tentang rencana " Memberi makan hingga gemuk " untuk Haifu (member berdarah campuran) Yamashita Emili yang akan bergabung dengan HKT ? Murashige berbohong sama berat badan aslinya ?  Di akhir duel, Anna hampir naik ke atas meja dan menyerang Boss, dan ane pikir Boss udah nunggu waktu buat meninju tepat di mukanya jika itu terjadi. Sangatah konyol melihat ini semua dan ane bener-bener menikmatinya, dan mungkin kalian semua juga.

1. WATANABE MAYU vs. KASHIWAGI YUKI











Ane bener-bener bingung untuk nentuin duel mana yang berhak jadi yang terbaik, karena ane pengen masukin duel historikal Sasshi vs Mayu jadi top list ini. Dan itu pertandingan yang epic menurut ane meski ga ane masukin di top list, kecuali di rank #1, terutama ketika pernyataan jika Sasshi meminum produk kacang kedelai untuk memperbesar payudaranya (Ini bikin Sasshi skakmat dan gabisa bicara apa-apa lagi), dan Mayu yang ga mau ngembaliin CD game Nitendo DS milik Sasshi selama 2 tahun lebih meminjam game tu, lalu pada diskusi tentang Yuko dan Mayuyu hang out dan mengembangkan akting Oshiri Sister, Maksud ane, duel ini sangatlah hebat meski sudah berakhir, Mayu tetap masih diizinkan untuk bertanya pada Sasshi dan (kembali) menyeret Takahashi Minami kedalamnya. Ya, sangatlah sulit untuk menentukan mana yang nomer satu karena duel-duelnya sangat bagus. Jadi, mari kita kembali pada duel yang udah ane putuskan untuk jadi yang pertama.

Ane memilih duel legendary dari Yukirin melawan sahabat baiknya Mayuyu di posisi teratas. Ini adalah pertandingan yang paling jujur, brutal, konyol dan sangat epic yang pernah ane tonton dalam semua duel-duel yang telah di sajikan di Shoujiki Shougi. Ini adalah duel antara dua sahabat yang nyata, dan pada akhir duel, kalian pasti menyadari bahwa kalian telah menyaksikan duel paling langka dalam sejarah Shoujiki Shougi, karena, disetiap pernyataan yang di layangkan benar-benar jujur dan nyata. Seperti ketika kalian menonton beberapa duel Shoujiki Shougi belakangan ini, tampaknya para member telah diberi "arahan" oleh produser untuk membuatnya lebih menarik. Ane bahkan ga terkejut jika urutan pernyataan yang dipilih  para member seperti sudah di setting sebelum duel dimulai. Dan siapakah yang menulis pernyataan-pernyataan ini ? Apa kalian berfikir para member yang menulis pernyataan itu ? Banyak pernyataan yang tampaknya dibuat dari kebiasaan dan kepribadian yang dilihat dari luar oleh manajemen atau apa yang secara umum para wota pikirkan dan tahu tentang member AKB ini. Jadi, di pertandingan ini sepertinya para member ini memutuskan untuk "masa bodoh" dan menghantam satu sama lain dengan pernyataan yang benar-benar mencerminkan diri mereka masing masing, karena mereka sudah menjadi teman yang sangat dekat meski sedang tidak memakai seragam AKB.

Pernyataan pertama yang dilontarkan di duel ini adalah dari Mayuyu pada Kashiwagi, dan mereka terlihat seperti sedang "bermain-main" satu sama lain. Mayu awalnya berfikir bahwa Kashiwagi mempunyai aura gadis yang kaya, tapi sebenarnya adalah seorang Gadis yang polos dengan sesuatu yang gelap dan berwarna hijau berada didalam kamarnya (Meskipun Mayu tidak pernah masuk kedalam kamar Yukirin, dia hanya menerka-nerka kalo kamar Yukirin itu aneh seperti itu, hmm, mungkin hal ini jadi referensi manajemen buat bikin Green Flash ?? :v). Yukirin menyerang balik dengan memberitahu pada semua orang kalo Mayu sejujurnya adalah tipe Idol yang sangat Gloomy (Idol yang suram). Itu adalah kebenaran tentang pribadi yang terungkap mengingat hanya Yukirin yang lebih tahu dari semua orang karena mereka lebih lama menghabiskan waktu bersama-sama. Tapi kemudian Mayuyu menyerang Yukirin dengan pernyataan tentang kerjaannya sebagai reporter cuaca, dan bagai mana Yukirin melakukannya dengan begitu tidak acuh atau cuek .Yukirin memprotes Mayu tentang ketidak peduliannya dalam bekerja, tapi ketika Sata-san bertanya pada Yukirin tentang ramalan cuaca yang akan terjadi setelah tapping acara AKBingo selesai, dia tidak menjawabnya. Ya kejujuran lain yang berhasil diungkap. Lalu, Mayu mengungkapkan kalo rekasi berlebihan dari Yukirin membuat Mayu merasa sebal, dan kalian pasti bisa liat kalo Yukirin terlihat sangat kesal. Kemudian Yukirin mengomentari tentang Mayu adalah seorang pembohong ketika dalam kasus "smsan" satu sama lain. Mereka terus bertarung hingga meraih point yang sama, 2 lawan 2, mereka telah mengungkapkan masing-masing hal yang sangat memalukan, dan juga, teriakan-teriakan dan silat lidah yang terjadi diantara mereka, tentang bagaimana Yukirin mengabaikan pesan teks dari Mayu dan dia lakuin itu didepan Kojiharu, yang kemudian mengkonfirmasi kalo itu adalah hal yang benar. Lalu tiba-tiba, itu seperti.. kalian bisa menyaksikan benteng dari Yukirin dan teman baiknya ini seperti mulai retak dan mereka menjadi 2 teman yang biasa, para gadis muda yang ingin membunuh satu sama lain saat itu. Jujur, sangat konyol dan menyakitkan juga ketika menonton ini. Yukirin dengan reaksi trademarknya, Mayu dengan image Cyborg Idolnya pada saat itu. Melihat  lebih dekat pada mereka yang telah berteman baik, hidup bersama dan bekerja di AKB, mengetahui satu sama lain dengan baik dan kemudian menggunakan sebuah variety show untuk mengungkapkan kebenaran yang tersembunyi dibalik dari makeup idol dan kebesaran nama mereka. Dan ini adalah momen sejarah bagi kedua member ini, Yukirin dan Mayuyu dimana mereka melepaskan semua dan membiarkan persahabatan mereka "hancur". Ini bener-bener sangat gila. Kalian tau, ketika ane berfikir tentang kenapa ane membuat list ini, karena ane pengen menghabiskan waktu ane bersama dengan AKB, dan mungkin menjadi sebuah hal yang membangun, bukannya membuat ane terlihat pasif dalam keterlibatan ane dengan hidup para member ini. Ane sangatlah enjoy menikmati setiap sajian yang ada di AKBingo, dan ane ga berfikir kalo segmen Shoujiki Shougi adalah segmen yang ketinggalan jaman, meski ada waktu ketika ane udah tua dan beruban dimana-mana, ane pasti akan menghibur diri dengan menonton acara ini.

Jika ane bisa melihat Yamada Nanami, member team 8 yang ane suka berpartisipasi di Shoujiki Shougi, dan bertanding dengan member yang sangat konyol, seperti Nakanishi Chiyori, atau mungkin
ada referensi dari kalian semua, para fans dari 48 Grup ? Ane mungkin bakal ngerombak list ini dimasa depan, jika ada match yang menghebohkan dunia 48 Grup, tapi untuk saat ini, ane punya banyak duel Shoujiki Shougi yang keren disini, dan ane sangat excited untuk kembali menonton duel duel yang ada di list ini, dan besoknya nonton lagi, dan besoknya, dan besoknya, dan besoknya..

5 comments

Min.. yang atsuko ga bisa kliatan sebagai member yang kalah karna dia ace.. rasanya kurang pas min..

Di akb 0ji59pun sama 1ji59pun.. atsuko selalu kalah loh min.. ampe berkali2 kena tepung..
Di beberapa acara akbingo pun dia suka kalah.. di muchaburi dodgeyball juga pernah..

Jadi yaa.. sebenernya karna dia jarang tampil aja makanya kliatan kayak dia ga boleh kalah..

Hhmm teranyata bukan ane doang min yang berpikiran kalo Acchan dalam akbingo terutama shoujiki shougi ini kayak gk boleh kelihatan kalah/malu/terbully(?)/tersakiti suka mikirin itu dalam hati sendiri sih hahaha yang harus terlihat manis di depan kamera *saya bilang gini bukan saya gk suka dia, justru oshi saya si Acchan sama Takamina :)* saya hanya merasa ada perlakuan "sedikit" beda dg member lain tapi apapun itu tetap angkat topi buat member old but gold nya akb 😁

Hhmm teranyata bukan ane doang min yang berpikiran kalo Acchan dalam akbingo terutama shoujiki shougi ini kayak gk boleh kelihatan kalah/malu/terbully(?)/tersakiti suka mikirin itu dalam hati sendiri sih hahaha yang harus terlihat manis di depan kamera *saya bilang gini bukan saya gk suka dia, justru oshi saya si Acchan sama Takamina :)* saya hanya merasa ada perlakuan "sedikit" beda dg member lain tapi apapun itu tetap angkat topi buat member old but gold nya akb 😁

Episode berapa aja ya yang ada shoujiki shougi


EmoticonEmoticon